Harga Cek Darah Lengkap

Berapa Harga Cek Darah Lengkap?

Kalau kamu mau tau harga cek darah lengkap, bisa bervariasi, tergantung tempatnya. Tapi biayanya biasanya antara Rp. 90.000 hingga Rp. 200.000 lebih, loh.

Nah, di sini ada beberapa tes yang biasanya kamu bakal dapet pas cek darah lengkap, beserta harganya:

  1. Cek Hemoglobin (Hb) Hemoglobin itu protein di sel darah merah yang bawa oksigen ke seluruh tubuh. Kalau harganya, sekitar Rp. 30.000 – Rp. 80.000.
  2. Hematokrit (Ht) Tes ini buat deteksi anemia. Biayanya sekitar Rp. 15.000an.
  3. Trombosit Trombosit itu penting buat nggak bikin darah kita terus bocor. Harganya kira-kira Rp. 15.000an juga.
  4. Sel Darah Merah (Eritrosit) Tes ini untuk cek penyakit kayak anemia dan perdarahan. Biayanya sekitar Rp. 50.000.
  5. Sel Darah Putih (Leukosit) Ini bagian penting buat lawan infeksi, dan harganya juga sekitar Rp. 15.000an.
  6. Gula Darah Tes ini buat ngecek kadar gula darah, dan bukan cuma buat diabetes. Harganya berkisar antara Rp. 35.000 sampai ratusan ribu.

Apa Itu Cek Darah Lengkap?

Cek Darah Lengkap, atau sering juga disebut dengan CBC (Complete Blood Count), adalah tes sederhana yang bisa memberi tahu kita banyak hal tentang kesehatan kita. Jadi, ini bukan cuma buat cek tingkat darah, ya. Di dalamnya ada berbagai informasi penting, termasuk jumlah sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit.

Kenapa Penting? Nah, guys, ini penting banget! Dengan Cek Darah Lengkap, dokter bisa ngecek kesehatan tubuh kita dari dalam, apakah ada tanda-tanda masalah seperti anemia, infeksi, atau gangguan darah lainnya. Makanya, ini jadi langkah awal buat ngejaga kesehatan.

Gimana Caranya? Tenang, prosesnya simpel. Biasanya, dokter bakal ambil sedikit darah dari pembuluh darah kamu, biasanya di lengan. Terus, darah itu diuji di laboratorium. Hasilnya akan ngasih tahu apakah semuanya oke atau ada yang perlu diperhatikan.

Ingat, harga ini bisa berubah ya, jadi pastikan tanyakan dulu di tempat yang kamu pilih. Kalau punya BPJS kesehatan, kamu bisa cek darah lengkap secara gratis di klinik, puskesmas, atau dokter yang bekerjasama dengan BPJS. Jangan lupa jaga kesehatan, guys! 💉💪😊

Sumber
dr. Rizal Fadli. 2023. Catat, Ini Harga Cek Darah Lengkap yang Perlu Diketahui. kita baca pukul 07:10 WIB, Jumat, 20 Oktober 2023. https://www.halodoc.com/artikel/catat-ini-harga-cek-darah-lengkap-yang-perlu-diketahui

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *