Biaya Cek Darah Lengkap

Berapa Biaya Cek Darah Lengkap?

Biaya cek darah lengkap rata-rata antara Rp. 90.000 sampai Rp. 200.000an. Kita punya daftar tes yang biasanya ada di cek darah lengkap beserta biaya perkiraannya:

  1. Cek Hemoglobin (Hb): Ini ngecek kadar oksigen di darah. Biayanya sekitar Rp. 30.000 – Rp. 80.000.
  2. Hematokrit (Ht): Buat ngecek apakah kamu punya anemia. Biayanya kira-kira Rp. 15.000an.
  3. Trombosit: Ini cek bagian penting buat nggak biarin darah bocor terus. Sekitar Rp. 15.000an juga.
  4. Sel Darah Merah (Eritrosit): Ngecek penyakit kayak anemia dan perdarahan. Harganya sekitar Rp. 50.000.
  5. Sel Darah Putih (Leukosit): Penting buat melawan infeksi. Biayanya juga sekitar Rp. 15.000an.
  6. Gula Darah: Buat ngecek kadar gula darah. Harganya bervariasi, antara Rp. 35.000 sampai ratusan ribu.

Mungkin kamu bertanya-tanya, “Eh, buat apa sih?” Nah, dengan hasil tes ini, dokter bisa ngecek apakah ada masalah kesehatan, kayak anemia atau infeksi. Jadi, kita bisa tahu gimana caranya untuk lebih sehat lagi.

Nah, gimana sih caranya tes ini dilakukan? Jangan khawatir, teman-teman! Biasanya, darah diambil dari vena di lengan kita. Terus, hasilnya bakal dianalisis di laboratorium. Gak sakit kok, cuma kayak digigit semut sebentar.

Oh iya, ada beberapa jenis tes Cek Darah Lengkap, tergantung sama apa yang ingin diperiksa sama dokter. Jadi, gak cuma satu jenis aja!

Tapi catat, biaya bisa beda di tempat berbeda, ya. Jadi pastikan kamu cek dulu di tempat yang mau kamu kunjungi.

Kalau punya BPJS kesehatan, kamu bisa cek darah lengkap gratis di klinik atau puskesmas yang bekerja sama dengan BPJS. Tetap jaga kesehatan, guys! 💉💪😊

Sumber
dr. Rizal Fadli. 2023. Catat, Ini Harga Cek Darah Lengkap yang Perlu Diketahui. kita baca pukul 07:10 WIB, Jumat, 20 Oktober 2023. https://www.halodoc.com/artikel/catat-ini-harga-cek-darah-lengkap-yang-perlu-diketahui

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *