Berapa Gaji Jokowi

Berapa Gaji Jokowi?

Siapa yang penasaran gaji Jokowi? Soal peranan dan tanggung jawabnya yang besar.

Gaji Jokowi selaku Presiden RI itu sekitar : 6 x Rp. 5.040.000 = Rp. 30.240.000/bulan. Gitu deh, kalo kita hitung-hitung!

Jadi kalo ditanya sebenernya gaji seorang Presiden RI berapa, udah jelas kan.

Berapa Gaji Jokowi?

Tapi …
Kalo kita liat Pasal 2 ayat (3) UU Nomor 7 Tahun 1978, Presiden juga dapet tunjangan jabatan dan tunjangan lain.

Nah, tunjangan buat Presiden tuh ada di Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 68 Tahun 2001 yang mengubah Keppres Nomor 168 Tahun 2000 tentang Tunjangan Jabatan buat Pejabat Negara tertentu.

Ga cuma itu, lho! Selain gaji pokok dan tunjangan, Presiden juga dapat fasilitas lain, kayak biaya yang berkaitan dengan tugas Presiden, biaya buat urusan rumah tangga, dan biaya perawatan kesehatan buat Presiden dan keluarga Presiden.

Nah, nggak berhenti di situ, negara juga nyediain tempat tinggal dan kendaraan yang udah lengkap buat Presiden.

Gaji Presiden Republik Indonesia ditentukan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1978 mengenai Hak Keuangan Administratif Presiden dan Wakil Presiden.

Besarannya : 6x lipat dari gaji pokok tertinggi yang diterima oleh pejabat negara selain Presiden dan Wakil Presiden.

Nah, berbicara soal gaji pejabat di Indonesia, ada aturan dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 75 Tahun 2000.
Jadi, menurut Pasal 1 huruf a dalam peraturan itu, gaji tertinggi untuk pejabat kayak Ketua MPR, Ketua DPR, dan Ketua DPA itu sekitar Rp. 5.040.000/bulan.

Kalo gaji pejabat negara lainnya berapa ya?
1. Gaji Pokok Pejabat Indonesia Periode 2019-2023?
2. Gaji Wakil Presiden?
4. Gaji Ketua MPR?
4. Gaji Ketua DPR?

Kira-kira, kalian mau tau gaji siapa lagi nih? Komen aja, nanti kita bakal bahas lagi!

Sumber
Gajimu.com. 2023. Daftar Gaji Pejabat Indonesia Periode 2019 – 2024. kita baca pukul 08:40 WIB, Jumat, 18 Agustus 2023. https://gajimu.com/gaji/gaji-pejabat-negara-ri

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *