Berapa Gaji Gubernur Bank Indonesia Sekarang

Berapa Gaji Gubernur Bank Indonesia Sekarang?

Berapa ya kira-kira gaji Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo?

Menurut beberapa sumber, gaji Gubernur BI ini mencapai Rp. 199.000.000/bulan. Jika dihitung dalam setahun, gajinya hampir mencapai Rp. 2.400.000.000 miliar.

Gaji yang Ia dapat, ternyata menjadi perbincangan setelah ia dilantik oleh Mahkamah Agung pada tanggal 24 Mei 2023.

Ia resmi menjadi orang nomor satu di Bank Indonesia untuk periode 2023-2028 sesuai dengan Surat Keputusan Presiden RI No. 38/P/2023 yang dikeluarkan pada 5 Mei 2023.

Ini adalah kali kedua Perry Warjiyo menduduki jabatan Gubernur setelah sebelumnya menjabat pada periode 2018-2023.

Dalam Undang-Undang (UU) No. 23/1999 tentang Bank Indonesia, di Pasal 51 ayat (1), disebutkan bahwa Dewan Gubernur Bank Indonesia memiliki kewenangan untuk menetapkan gaji mereka sendiri.

Hal ini berlaku untuk berbagai posisi di Bank Indonesia, termasuk Deputi Gubernur, Deputi Gubernur Senior, dan Gubernur BI.

Ayat (2) dalam UU tersebut menjelaskan bahwa Gubernur BI dapat mendapatkan gaji dua kali lipat dari jabatan tertinggi di Bank Indonesia. Artinya, gaji Gubernur bisa dua kali lipat dari gaji pegawai dengan jabatan tertinggi di bank tersebut.

Selanjutnya, ayat (3) dalam Pasal 51 UU tersebut menyebutkan bahwa ketentuan gaji ini akan diatur lebih lanjut melalui Peraturan Dewan Gubernur.

Perry Warjiyo memiliki karir yang sukses dalam dunia perbankan:

  1. Asisten Gubernur dan Direktur Eksekutif Departemen Riset Ekonomi dan Kebijakan Moneter Bank Indonesia: 2009-2013.
  2. Deputi Gubernur BI: 2013-2018.

Keberhasilan karir Perry Warjiyo ini tentu menarik perhatian banyak orang terkait gaji yang diterimanya sebagai Gubernur BI. Gaji tersebut memang cukup besar, dan hal ini tak lepas dari peran serta tanggung jawabnya yang besar pula di dalam mengelola Bank Indonesia.

Jadi, gaji Perry Warjiyo sebagai Gubernur Bank Indonesia memang mencapai jumlah yang signifikan, yaitu sekitar Rp199 juta per bulan. Namun, besaran ini sejalan dengan peraturan yang berlaku dan mencerminkan posisinya yang memiliki tanggung jawab besar dalam menjaga stabilitas ekonomi negara.

Sumber
Cita ZenithaMNC Portal. Ternyata Segini Besaran Gaji Gubernur BI Perry Warjiyo. kita baca pukul 19:46 WIB, Kamis, 17 Agustus 2023. https://economy.okezone.com/read/2023/05/25/320/2819899/ternyata-segini-besaran-gaji-gubernur-bi-perry-warjiyo?page=1

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *