Harga Cek Gula Darah di Prodia

Berapa Harga Cek Gula Darah di Prodia?

Kita bakal bahas seputar harga cek gula darah nih. Ada beberapa jenis tes dan biayanya juga. Mari kita kupas satu per satu.

Harga Cek Gula Darah di Prodia

  • Tes Gula Darah Sewaktu: sekitar Rp. 50.000.
  • Tes Gula Darah Puasa: juga sekitar Rp. 50.000.
  • Tes Gula Darah 2 Jam Post-Prandial: biayanya kurang lebih Rp. 50.000.
  • Tes HbA1c: mulai dari Rp. 220.000.

Jenis-Jenis Tes Gula Darah

Ada beberapa jenis tes gula darah yang berbeda, tapi intinya sama, yaitu buat ngecek kadar gula dalam tubuh. Bedanya, tiap tes punya fungsinya sendiri-sendiri. Nah, ini penjelasan tentang masing-masing tesnya.

  1. Tes Gula Darah Sewaktu (GDS)
    Tes ini bisa dilakukan kapan aja, tanpa perlu puasa. Hasilnya ngasih tau kalo kamu berisiko diabetes kalo kadar gula darahmu di atas 200 mg/dL.
  2. Tes HbA1c
    Tes ini ngukur rata-rata kadar gula darahmu selama 2-3 bulan terakhir. Gak perlu puasa, dan hasilnya nunjukin apakah kamu sehat, punya prediabetes, atau diabetes.
  3. Tes Gula Darah Puasa
    Ini tes buat ngukur kadar gula darah setelah kamu puasa minimal 8 jam. Hasilnya nunjukin apakah kadar gula darahmu normal, prediabetes, atau diabetes.
  4. Tes Toleransi Glukosa (GTT)
    Tes ini dilakukan sebelum dan sesudah minum larutan glukosa setelah kamu puasa. Hasilnya juga ngukur kadar gula darah setelah 2 jam minum glukosa, dan menunjukkan kondisi gula darah kamu.
  5. Tes Gula Darah 2 Jam Post-Prandial
    Tes ini ngukur kadar gula darah 2 jam setelah makan. Hasilnya dibagi berdasarkan kondisi, terutama buat penderita diabetes.

Selain itu, ada juga pemeriksaan lain yang bisa kamu cek di Prodia, seperti panel pemantauan prediabetes dan panel pengelolaan diabetes. Biayanya bisa lebih mahal.

Waktu yang Tepat untuk Cek Gula Darah

Kamu bisa cek gula darah kapan aja. Tapi, kalo kamu punya risiko diabetes, lebih baik rutin cek sesuai anjuran dokter. Kalau pengen tau gimana caranya liat harga cek gula darah di Prodia pake hp, bisa cek langsung di aplikasi U by Prodia. Praktis, kan?

Jadi, intinya, cek gula darah itu penting buat ngejaga kesehatan. Biayanya juga bisa disesuaikan sama jenis tes yang kamu butuhin.

Semoga info ini membantu, ya! 😊🩸💉📱

Sumber
Daus Achmad. 2023. Cek Gula Darah: Fungsi, Jenis Pemeriksaan, dan Biaya Tesnya. kita baca pukul 07:00 WIB, Rabu, 10 Oktober 2023. https://prodiadigital.com/id/artikel/mengenal-fungsi-cek-gula-darah-dan-jenis-pemeriksaannya#:~:text=Tes%20glukosa%20darah%20sewaktu%20biayanya%20berkisar%20Rp50.000.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *