Harga Dijual Rumah

Berapa Harga Dijual Rumah?

Yo Bro/Sist! Biar rumah jualanmu laku keras, kita punya tips simpel buat nentuin harga dijual rumah nya. Check it out!

  1. Ngertiin Nilai Tanah dan Bangunan:
    • Rumus dasarnya: Total Harga Tanah + Total Harga Bangunan.
    • Info harga tanah bisa didapet dari kantor kecamatan, perbankan, atau gunain NJOP di struk PBB.
  2. Hitung Harga Tanah:
    • Contoh, tanah seluas 600 m² harga Rp5 juta/m². Hitungannya simpel: Rp5 juta x 600 m² = Rp1 miliar.
  3. Hitung Harga Bangunan:
    • Misal, rumah di Catalia Residence 3 dengan harga Rp2 juta/m² dan total luas bangunan 600 m². Hitungannya: Rp2 juta x 600 m² = Rp1,2 miliar.
  4. Gunain NJOP (Nilai Jual Objek Pajak):
    • Acuan berdasarkan aturan pemerintah setempat.
    • Hitungannya: (Luas Bangunan x NJOP per meter bangunan) + (Luas Tanah x NJOP per meter tanah). Cek NJOP di kantor pajak atau BPN.
  5. Nambahin Biaya Renovasi:
    • Kalo ada renovasi sekitar Rp10 juta, tambahin ke harga jual.
  6. Bandingin dengan Harga di Sekitar:
    • Cek harga rumah serupa di area sekitar. Jangan terlalu murah atau mahal banget, harus pas.
  7. Cek Kondisi Rumah:
    • Kalo rumah masih oke, bisa langsung jual. Kalo perlu renovasi, tambahin biaya renovasi ke harga jual.
  8. Perhatiin Lokasi:
    • Lokasi yang oke bisa bikin harga naik. Cek fasilitas dan infrastruktur di sekitarnya.
  9. Cari Info di Situs Jual Beli:
    • Banyak situs jual beli properti yang bisa bantu. Cari referensi di situs-situs kayak 99.co Indonesia.
  10. Nanya Agen Properti:
    • Kalo masih bingung, tanya aja agen properti terpercaya. Mereka tau harga pasaran.

Ingat, jangan ngepasar ya. Harga dijual rumah nya harus masuk akal. Gunain logika dan rasionalitas buat nentuin harga, bukan cuma emosi. Semoga sukses jualan rumahnya! 🏡💰

Sumber
Rachmi Arin Timomor. 2023. 9 Cara Menentukan Harga Jual Rumah dengan Mudah dan Tepat. kita baca pukul 07:46 WIB, Selasa, 31 Oktober 2023. https://www.99.co/id/panduan/cara-menentukan-harga-jual-rumah/

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *