Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Hukum? : #IstilahHukumKita6

Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Hukum? - Sumber gambar: Wikiwand.com

Sumber gambar: Wikiwand.com

Pengertian Hukum Menurut KBBI dan Para Ahli
Asal Usul dan Sejarah Hukum di Indonesia

Apa sih itu sebenernya pergertian hukum
Kita obrolin disini Mas Bro dan Mbak Bro
Jawaban gampang karna udah dirangkum
Bisa kita cerna sambil pelan makan combro

Salam Mas Bro dan Mbak Bro

Udah pada akrab bukan sama yang namanya Hukum?

Ya, di Indonesia ini hukum bukan lagi barang baru dan pastinya udah akrab di telinga Mas Bro dan Mbak Bro. Segala macam persoalan tentang hukum ini bisa Mas Bro dan Mbak Bro liat di berita-berita. Mulai dari berita di layar kaca sampe segala macam berita di media cetak.

Setiap kali Mbak Bro dan Mas Bro liat berita itu, pastinya, kebanyakan berisi tentang tentang hukum ato juga peristiwanya yang negatif. Mungkin, sesekali ada berita yang baik-baiknya. Sebenernya hukum itu berkontek luas loh, Mbak Bro dan Mas Bro. Gak Cuma yang Mas Bro dan Mak Bro liat di media-media tadi ato yang Mak Bro dan Mas Bro pelajari sewaktu duduk di bangku sekolah pake embel-embel Pendidikan Kewarganegaraan itu.

Dalam garis besarnya, kalian bisa liat definisi hukum dan pengertian hukum di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia ato di dalam buku-buku pelaku hukum dan para ahli hukum. Hukum di Indonesia juga punya sejarah yang panjang dan berliku-liku untuk bisa hadir seperti sekarang ini. Perjuangan dari orang-orang di masa lampau juga jadi cerita tersendiri buat hadirnya Hukum dan segala ketentuannya di Indonesia sekarang ini.

Nah, dari pada bingung-bingung dan galau mikirin hal-hal yang berkaitan sama hukum, mendingan Mas Bro dan Mbak Bro belajar tentang Hukum disini dan lihat seluk beluknya. Jadi, untuk yang pertama ini mari kita liat definisi ato pengertian hukum menurut KBBI dan para ahli.

Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Hukum - Sumber Gambar: diahayu.blogspot.co.id

Sumber Gambar diahayu.blogspot.co.id

Pengertian Hukum Menurut KBBI dan Para Ahli

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Mbak Bro dan juga Mas Bro akan menemukan arti dari hukum ialah:

1.Aturan-aturan ato adat yang secara resmi dapat bersifat mengikat yang di buat oleh penguasa ato pemerintah;

2.Undang-undang, peraturan ato yang sejenisnya yang berguna untuk mengatur kehidupan masyarakat;

3.Kaidah-kaidah, patokan, ato juga ketentuan mengenai segala macam peristiwa tertentu; dan juga pengertian sejenisnya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia ini.

Pengertian hukum menutut KBBI diatas udah bikin Mbak Bro dan Mas Bro paham belum?

Walau sebenernya pengertian dari Kamus Besar Bahasa Indonesia ini udah paling mendasar. Tapi, untuk lebih menjelaskan tentang arti dari hukum itu sendiri. Maka para ahli hukum punya pendapat yang lain tentang definisi hukum itu. Berukut uraiannya:

1.Pengertian Hukum Menurut Achmad Ali

Beliau menjabarkan definisi hukum dalam bukunya. Dan menurut beliau hukum adalah “Seperangkat norma mengenai apa saja yang benar dan apa saja yang salah. Hukum dibuat dan diakui eksistensinya oleh pemerintah dengan istansi-instansinya, baik itu yang tertuang dalam aturan tertulis ato juga yang ga tertulis. Hukum juga terikat dan sesuai dengan kebutuhan masyaraka yang menyeluruh. Hukum juga mempunyai ancaman berupa sanksi untuk yang melanggar aturan dari norma tersebut”.

2.Pengertian Hukum Menurut Mochtar Kusumaatmaja

Disini beliau berpendapat bahwa definisi hukum adalah keseluruhan kaidah-kaidah serta semua asas yang dapat juga mengatur mengenai pergaulan hidup dalam masyarakat. Hukum pun bertujuan untuk memelihara ketertiban dan juga meliputi segala macam lembaga.

Hukum juga memiliki proses yang panjang yang nantinya dapat berguna untuk mewujudkan berlakunya segala macam kaidah yang berguna untu pedoman hidup manusia. Berlakunya hukum juga sebagai suatu kenyataan dalam masyarakat.

3.Pengertian Hukum Menurut J.C.T. Simorangkir

Beliau berpendapat mengenai hukum, bahwa hukum adalah segala macam peraturan yang memiliki sifat yang memaksa. Dan hukum juga memiliki sifat yang menentukan segala tingkah laku manusia dalam kehidupan bermasyarakat dan hukum itu juga dibuat oleh pemerintah ato suatu lembaga yang berwenang.

4.Pengertian Hukum Menurut M.H. Tirtaatmidjaja

Pengertian hukum menurut beliau ini adalah keseluruhan aturan-aturan ato juga norma-norma yang berlaku di pergaulan masyarakat, dan harus diikuti dalam setiap tindakan ato juga tingkah laku dalam pergaulan hidup. Dan untuk setiap individu yang melanggar, maka akan diberikan sanksi yang bisa berupa kurungan, denda, penjara, ato juga sanksi lainnya.

5.Pengertian Hukum Menurut Abdulkadir Muhammad

Beliau dengan singkat, berpendapat bahwa hukum merupakan segala peraturan baik itu yang sudah ditulis atopun yang ga ditulis; dan hukum tersebut juga memiliki sanksi yang tegas terhadap pelanggarnya.

6.Pengertian Hukum Menurut Prof. Subekti SH.

Disini beliau berpendapat bahwa hukum itu mengabdi pada tujuan negaradan juga pada pokoknya tujuan negara sama dengan mewujudkan kemakmuran serta memberikan kebahagiaan pada seluruh rakyat di negaranya. Pun. Hukum juga bertujuan agar seluruh rakyat di negara tersebut mendapatkan hak-hak hidupnya sebagai manusia dan sebagai rakyat.

Hukum disini akan banyak dipengaruhi berbagai faktor tenis dan non teknis lainnya. Dan itu semua merupakan tenggung jawab dari pemerintah dan penguasa-penguasa, selaku penggagas dan pembuat hukum. Namun juga, peranan rakyat pun diperlukan untuk mendapatkan hukum yang seimbang.

7.Pengertian Hukum Menurut S.M Amin

Nah, beliau juga punya gagasan terkait hukum disini. Beliau disini menuliskan gagasannya tentang hukum pada Bukunya yang terbit belasan tahun silam. Pengertian hukum menurut beliau adalah sekumpulan norma-norma dan juga sanksi-sanksi. Masih menurut beliau, hukum bertujuan untuk pengadaan ketertiban dalam pergaulan orang-orang di suatu masyarakat, sehingga keamanan dan ketertiban akan timbul serta senantasa terjaga.

Nah, Mas Bro dan Mak Bro, itu dia tadi pengertian hukum menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia dan juga para ahli. Gimana? Udah pada paham? Ato malah tambah pusing?

Biar Mas Bro dan Mak Bro gak tambah pusing dan sedikit bisa paham masalah hukum ini. Mendingan kita ambil poin-poin dari pengertian hukum di atas, lalu kita buat gagasan kita sendiri.

Jadi, kalo kita lihat dari pengertian hukum di atas, kita bisa mebuat gagasan pengertian hukum itu menjadi “Hukum adalah kumpulan peraturan-peraturan ato juga bisa norma-norma, yang mengatur tentang kehidupan manusia, dan semua peraturan itu bersumber ato berasal dari negara dan pemerintahannya”.

Hukum disini juga punya makna yang baik untuk kehidupan kita sehari-hari. Salah satunya hukum itu bertujuan untuk mengatur Mas Bro dan Mbak Bro supaya jadi manusia yang lebih baik di masyarakat, juga untuk menjaga orang-orang berbuat diluar batas kewajaran, dan tentunya mengatur stabilitas Negara, pemerintahan dan rakyat, supaya bisa lebih bermartabat.

Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Hukum - Sumber Gambar wikiwand.com

Sumber Gambar wikiwand.com

Asal Usul Hukum di Indonesia

Kalo tadi kita udah sedikit paham tentang pengertian hukum. Baik itu yang dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, para ahli, ato juga gagasan kita sendiri yang dibuat berlandaskan poin-poin tadi. Yuk, sekarang kita lihat asal usul hukum yang ada di Indonesia.

Pada mulanya, di Nusantara ini, hukum udah berlaku ratusan tahun yang lalu. Tepatnya, saat bangsa Indonesia masih di jajah oleh bangsa asing. Saat itu hukum udah berlaku dan diterapkan di Indonesia. Hukum pada waktu itu jelas mengadopsi struktur dan nilai hukum pada bangsa penjajah saat itu. Seperti hukum yang di Belanda, Portugis, Spanyol dan lainnya.

Pada waktu itu juga, hukum yang bertindak tegas hanya berlaku buat kaum-kaum pribumi yang gak memiliki kepentingan sama sekali buat sang negara penjajah.  Banyak sekali peraturan-peraturan dan isi hukum yang memberatkan kaum pribumi. Isi dalam hukum tadi juga gak bisa sepenuhnya di jalankan oleh sipil saat itu.

Dari sekian banyak hukum yang memberatkan itu, beberapa diantaranya adalah tanam paksa, kerja rodi, pemberian upeti, dan juga masih banyak yang lainnya. Tanam pakasa sendiri masuk dalam peraturan hukum saat Indonesia masih diajah oleh Belanda pada waktu itu. Belanda membutuhkan pasokan makanan yang banyak untuk negaranya yang sedang dilanda krisis berkepanjangan.

Untuk menuntaskan krisis itu, Belanda sengaja membuat peraturan yang bisa mengembalikan bangsanya ketingkat yang sebenarnya. Dengan mengambil jalan-jalan yang singkat, salah satunya pake cara tanam paksa tadi, yang  tanam paksa itu di buat jadi salah satu peraturan pemerintahan ato hukum.

Dan Mas Bro dan Mbak Bro juga harus tau, kalo gak Cuma tanam paksa aja yang jadi salah satu hukum yang memberatkan masyarakat Indonesia waktu itu. Ada lagi yang gak kalah menyengsarakan rakyat Indonesia, seperti kerja rodi ato juga kerja paksa.

Di dalam peraturan hukum untuk kerja rodi dan juga kerja paksa, masyarakat pribumi saat itu di perintahkan buat bekerja di luar batas kewajaran dan di luar batas waktu kerja manusia pada umumnya. Alasan para penjajah memperkerjakan rakyat Indonesia seperti itu untuk membangun bangsa Indonesia agar tampak seperti negaranya.

Kejadian-keadian yang serupa juga terjadi loh di berbagai wilayah yang lainnya. Indonesia benar-benar di landa kesusahan yang parah saat itu. Dan memaksa para pribumi untuk memberontak kepada penguasa ato pemerintahannya saat itu.

Setelah masa merdeka, Indonesia juga masih belum bisa lepas dari belenggu hukum luar negri, salah satunya saat pemerintah di era Soekarno dan Hatta baru aja dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden, pemerintah saat itu masih menggunakan skema hukum yang sama dengan yang digunakan saat era penjahan.

Banyak sekali peraturan-peraturan pemerintahan yang mengadopsi struktur hukum yang diterapkan di masa penjajahan. Struktur hukum itu juga ternyata hampir sama dengan yang ada di negara penjajah seperti Belanda, Portugis, Jepang dan juga yang lainnya.

Masa-masa hukum yang sama dengan era penjajahan ternyata berlangsung untuk waktu yang cukup lama loh. Walaupun, dalam waktu itu juga rakyat Indonesia juga udah memberontak terhadap pemerintah; yang karna mengadopsi struktur pemerintahan dan juga hukum yang berlaku di negara lain itu.

Era perubahan hukum baru benar-benar terjadi saat orde lama jatuh, dan mulainya orde baru. Saat itu presiden Indonesia kedua membuat rancangan hukum yang digagas oleh kabinetnya. Presiden yang berkuasa selama 32 tahun itu mengaku gerah dengan berbagai peraturan hukum yang ga mencerminkan Indonesia.

Maka, pada era kepemimpinanya perombakan besar-besaran terhadap struktur hukum mulai dijalankan. Dan pada satu periode masa kepemimpinannya, hampir setengah dari peraturan hukum di masa Soekarno Hatta diubah. Dan hal itu jelas mengundang banyak simpati dari kubu pendukung Jendral 32 tahun itu.

Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Hukum - Sumber Gambar wikiwand.com

Sumber Gambar wikiwand.com

Sejarah Hukum di Indonesia

Setelah era penjajahan selesai. Indonesia sedikit ragu untuk membuat berbagai macam peraturan untuk melanjutkan jalannya bangsa ini. Saat itu Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia ditugaskan untuk mengurus berbagai macam peraturan dan hukum yang akan berlaku di negara ini.

Beberapa tahun setelah Indonesia merdeka, hampir semua peraturan hukum untuk Indonesia mengadopsi peraturan hukum Belanda, Portugis dan juga Jepang. Kasus ini sebenarnya masih dalam batas wajar kalo dicerna, karna Indonesia baru aja merdeka dan belum memiliki pengalaman membangun peraturan hukum untuk negarannya sendiri.

Satu alasan lainnya, juga karna anggota pemerintahan Indonesia saat itu masih mayoritas rakyat non pribumi. Banyak dari kabinet Indonesia perta itu malah di penuhi oleh orang-orang dari Belanda, dan juga Jepang kebanyakan. Maka, dari itu juga skema hukum Indonesia masih mengadopsi hukum di negara penjajah dijalankan.

Gantinya periode, berganti pula sistem hukum di Indonesia. Jika dimasa pemerintahan Soekarno dan Hatta, mayoritas hukum Indonesia di kuasai oleh sistem hukum luar negeri, maka di  masa pemerintahan Soekarno, sistem hukum itu di rombak habis habisan.

Sang Jendral besar itu merobak sekitar 80 persen dari total hukum saat itu. Beliau meubah sistem hukum Indonesia dari yang bergantung besar terhadap negara lain, menjadi berdiri sendiri dan dapat membuat hukum yang sesuai dengan kondisi Indonesia saat itu. Dan tentunya hal itu disambut baik oleh rakyat Indonesia.

Berubahnya sistem hukum Indonesia saat itu juga tak lepas dari pengaruh para mentrinya yang memang udah banyak orang pribumi asli. Indonesia yang pada tahun 1970an yang baru merubah sebagian lebih sistem hukumnya terbukti sukses dan hanpir sebagian pula bertahan hingga saat ini.

Tapi, Mas Bro dan Mak Bro juga mesti tau kalo sistem hukum di Indonesia itu gak pernah diam ditempat, sistem hukum di Indonesia selalu berjalan beriringan dengan zaman. Sesuai zaman maka di sesuaikan pula sistem hukumnya. Agar, masyarakatnya pula dapat mengikuti sistem hukum itu dan ga keberatan Mas Bro dan Mak Bro.

Dan setiap pergantian Pemerintahan, sistem hukumnya juga bisa bergan ganti. Salah satu alasannya ya karna kabinet dan seluruh mentri ato pemerintahan di ganti total. Maka berganti pula pemikiran terhadap bangsa, sehingga berpengaruh pula untuk sistem hukum dan juga seluruh peraturan yang berlaku.

Pada era presiden Indonesia yang ketiga, sistem hukum di Indonesia juga banyak berubah. Terutama untuk masalah penyalahgunaan narkoba dan obat obatan terlarang lainnya. Pada masa itu memanglah Indonesia sedang darurat penyalahguaan narkoba dan berbagai zat adiktif lainnya.

Tapi, Mas Bro dan Mbak Bro, karna era kepemimpinan presiden Indonesia yang ketiga ini hnya berlangsung sebentar. Maka, berbagai sistem pemerintahannya juga cuman belaku untuk semenentar juga. Tapi, masih ada juga loh yang bertahan di era kepemimpinan presiden selanjutnya, dan juga ada yang hingga kini.

Sistem pemerintahan yang berganti setiap eranya, bertujuan satu. Yakini, agar masyarakatnya ga merasa dosa terhadap hukum yang berlaku. Dan juga ga berfikir bahwa hukum cuman itu-itu aja. Hal yang lainnya juga agar masyarakat taat akan hukum dan berpengaruh banyak untuk menjaga kestabilan bangsa dan negara.

Jadi, buat Mas Bro dan Mak Bro, selamat menjalankan hukum dan selamat mentaati hukum. Agar, bangsa Indonesia menjadi bangsa yang semakin nyaman dan tentram.

Obrolan ini emang berat Mas Bro dan Mbak Bro. Tapi jangan lupa dampaknya juga besar. Jadi segera bagikan sama temen dan keluarga ya. Buat yang masih ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar dibawah ya.

Semoga berguna.

Seneng bisa berbagi.

Hukum itu ga hidup diruang hampa
Jadi ga akan berjalan tanpa pelaksana
Jangan bilang ga akan terhadi apa-apa
Penegak hukum kesana kita kemana 

Tembalang, Semarang
Kamis, 16:41 WIB, 10 Oktober 2016
Tulisan Temen Kita – AH

Sumber tulisan:
Bang Joel. 2016> Pengertian Hukum. www.idjoel.com/pengertian-hukum-menurut-para-ahli/ , diakses pada pukul 02.00 WIB pada hari minggu, 30 Oktober 2016
KurniaJaya. 2016. Pengertian hukum menurut para ahli di dunia. pengayaan.com/pengertian-hukum-menurut-para-ahli-di-dunia diakses pukul 02.03 WIB pada hari minggu, 30 Oktober 2016.
Simorangkir T. 2013. Pengertian Hukum. www.temukanpengertian.com/2013/08/pengertian-hukum.html , diakses pukul 02.00 WIB pada hari minggu, 30 Oktober 2016

Sumber Gambar:
diahayu.blogspot.co.id diakses pukul 02.30 WIB pada hari minggu, 30 Oktober 2016
wikiwand.com diakses pukul 02.30 WIB pada hari minggu, 30 Oktober 2016

Tentang Kita
Twitter :
kekitaan_
Line :
@kekitaan
Facebook :
Kekitaan Kita
Google+ : Kekitaan Kita
Youtube : Kita/
Linkedin : Kekitaan Kita
Pinterest : Kekitaan Kita
Instagram : kekitaan_

Trackbacks & Pings

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *