Sudah Coba? 27 Kegiatan Bermanfaat Saat Liburan Sekolah : #KitaMain

  • by

Sumber Gambar gembiralokazoo,com

Apa Aja Sih Kegiatan Bermanfaat Saat Liburan Sekolah?
Enaknya Ngapain
Saat Liburan Sekolah ya?

Setiap hari Senin-sabtu buat kerja
Hari minggu jangan malas-malasan
Karna liburan sekolah udah tiba
Mari kita mulai lakuin 27 kegiatan

Salam Mas Bro dan Mbak Bro

Liburan ini mau ngapain nih?

Senang sekali rasanya ketika denger liburan sekolah udah datang. Beragam kegiatan yang pengen kita lakukan seakan membayangi pikiran kita. Mau kemana kita? Kita mau ngapain aja? Itulah contoh pertanyaan yang kerap muncul ketika mendengar liburan sekolah.

Mungkin banyak yang bisa kita lakukan saat liburan sekolah. Tapi, apakah saat liburan yang kita lakukan udah bermanfaat. Sayang loh Mas Bro dan Mbak Bro, kalo masa liburan kita sia-siakan dengan hal-hal ga berguna.

Terus kegiatan apa saja yang sebaiknya dilakukan saat liburan dan tentunya punya manfaat?

Yuk, kita liat 27 kegiatan bermanfaat saat liburan sekolah.

27 Kegiatan Bermanfaat Buat Liburan Sekolah

Sumber Gambar cukurhabis,com

1.Menulis

Saat liburan sekolah banyak waktu luang yang bisa digunakan untuk menulis. Entah menulis artikel, essay, puisi, ato naskah buku. Menulis banyak sekali manfaatnya, sebut saja melatih daya imajinasi, melatih berpikir kritis.

Lewat menulis juga kamu bisa menghasilkan uang lho. Dengan menjadi penulis lepas untuk penulisan artikel di situs ato blog. Enak kan? Liburan malah dapat uang jajan.

Baca Juga : 27 + 7 Makanan Khas Tradisional dari 34 Provinsi Indonesia

Sumber Gambar desainrumahkeren,com

2.Memoles Kamar

Kalo ga punya cukup banyak waktu luang, kamar kita kadang seperti kapal pecah. Berantakan sana-sini karna ga sempat merapikan saat ga libur. Maka dengan datangnya musim liburan sekolah, bisa kita manfaat untuk memperindah kamar.

Mulai dari mengganti sprai dan bed cover yang baru, ditambah perabotannya. Yang penting buat senyaman mungkin kamarmu. Kan enak kalo kamar bersih dan rapi, saat udah masuk sekolah kita bisa nyaman belajar di kamar.

Sumber Gambar berwirausaha-saja,blogspot,com

3.Bikin Usaha ato Jualan

Ciri-ciri pengusaha sukses adalah yang jeli melihat peluang. Liburan adalah di mana banyak orang yang jalan-jalan. Nah, kalian bisa tuh jualan ato bikin usaha jasa di tempat wisata. Misalnya, jualan cinderamata, jasa fotografer, dan lain sebagainya.

Jualan ga harus di tempat wisata. Dari rumah pun sekarang bisa, dengan memanfaat internet. Saat ini udah banyak anak muda yang menghasilkan uang dari berjualan online. Hanya duduk di rumah, pundi-pundi rupiah pun bisa kamu dapatkan. Asyik kan?

Sumber Gambar evhytamala,blogspot,com

4.Liburan Bareng Temen-temen

Kelamaan liburan biasanya bisa bikin bete kita. Salah satu alasannya, kita kangen sama teman-teman kita di sekolah. Karna libur sekolah otomatis kita juga ga ketemu sama mereka.

Ada baiknya kalo kamu ajak teman-teman kamu buat mengisi liburan bareng teman. Kamu bisa mengajak teman-teman liburan dengan kegiatan yang positif. Mungkin mengadakan acara bakti sosial, piknik bareng, dan masih banyak lagi. Biar hubungan pertemanan semakin akrab juga.

Sumber Gambar smalapararela,blogspot,com

5.Gunakan Untuk Olahraga

“Mens sana in corpore sano”, yang artinya jiwa yang sehat dalam tubuh yang sehat. Di dalam tubuh yang emang punya jiwa yang sehat. Oleh sebab itu supaya jiwa kita sehat, tubuh kita harus selalu sehat.

Mungkin di hari-hari biasa kita jarang berolahraga karna sibuk. Saat liburan sekolah pasti kita punya banyak waktu luang. Lebih baik gunakanlah waktu liburan untuk olahraga. Supaya badan kita sehat dan jiwa ato pikiran kita juga bisa lebih sehat.

Sumber Gambar – komunitasrumahpadi,blogspot,com

6.Belajar

Liburan sekolah bukan berarti kamu ga belajar sama sekali. Justru akan sangat bermanfaat kalo liburan tetap belajar. Belajar bisa dengan membaca buku, pergi ke perpustakaan dan lain-lain.

Manfaat liburan adalah kita punya banyak waktu luang. Kita bisa menggunakannya untuk belajar baik sendiri maupun dengan teman-teman. Dengan belajar, kita akan merasa lebih siap saat udah masuk sekolah.

Sumber Gambar radityakomputer,com

7.Ikut Kursus

Kalian bisa ikut kursus ato semacam pelatihan selama liburan. Dengan mengikuti kursus, ketrampilan kita bisa bertambah. Misalnya aja ikut kursus bahasa Inggris, service laptop, desain grafis, ato kursus penulisan.

Sangat bermanfaat apabila kita ikut kursus semacam itu ketika liburan sekolah. Keahlian kita dalam melakukan suatu keahlian bisa jadi modal hidup kita. Selain mendapat ilmu pengetahuan baru. Lewat kursus kita dapat langsung mempraktekkan ilmu yang kita dapat tersebut.

Sumber Gambar brilio,net

8.Menekuni dan Mengembangkan Hobi

Mas Bro dan Mbak Bro punya hobi? Kalo punya apa hobi kalian? Nah, mumpung lagi liburan sekolah, kalian bisa mngembangkan hobi. Siapa tau nanti dari hobi tersebut kalian bisa jadi sumber penghasilan. Hobi nulis; bisa jadi penulis, suka sepak bola bisa jadi pemain sepak bola profesional, dan lain sebagainya.

Intinya ga ada salahnya melakukan hobi di saat liburan sekolah. Karna biasanya di hari-hari biasa kita malah ga punya banyak waktu. Jadi maksimalkan dengan melakukan kegiatan bermanfaat saat liburan sekolah. Seperti tadi, menekuni ato mengembangkan hobi yang kita suka.

Sumber Gambar hobbygatha,blogspot,com

9.Berkebun

Menghabiskan waktu liburan ga melulu dengan pergi ke kota ato tempat-tempat wisata hits. Salah satunya dengan berkebun, berkebun bisa menghemat tenaga dan biaya. Berkebun bisa membuat kita menjadi lebih peduli pada alam.

Kita bisa praktek bagaimana cara menanam, merawat ato memelihara tanaman. Sehingga pengetahuan kita tentang tumbuhan pun akan bertambah. Itulah beberapa manfaat rekreasi di kebun.

Sumber Gambar wayakomala,web,id

10.Baca Buku

Kalo kalian udah lelah dengan pergi ke mana-mana selama liburan. Padahal waktu liburan masih panjang. Sembari menenangkan kembali tubuh, bisa kita manfaatkan dengan baca buku.

Mulailah membaca buku yang isinya agak enteng, seperti novel, kumpulan cerpen, ato semacamnya. Buat pikiran kalian menjadi lebih rileks, sambil menunggu hari libur usai.

11.Silaturahmi Ke Rumah Kerabat

Kadang kita jarang berkunjung ato silaturahmi ke tempat saudara kita. Yang disebabkan karna kesibukan, ga punya banyak waktu, ato tempatnya yang berjauhan. Saling bersilaturahmi bermanfaat untuk menyambung tali persaudaraan supaya makin erat.

Nah, sebelum disibukkan kembali oleh beragam aktifitas. Kita bisa memanfaatkan hari liburan sekolah untuk berkunjung ke sanak famili. Daripada liburan bosan, ga ngapa-ngapain. Kan lebih baik main ke tempat saudara, iya kan?

12.Berkunjung Ke Toko Buku

Daripada bosen di rumah saat liburan sekolah, lebih baik ke toko buku Mas Bro. Siapa tau ada buku-buku menarik yang baru terbit.  Daripada buang-buang duit buat hal-hal ga jelas kan lebih baik buat beli buku.

Kata pepatah kan buku adalah jendela dunia. Wawasan kita akan bertambah melalui aktivitas membaca buku. Hitung-hitung berkunjung ke toko buku buat meng-upgrade pengetahuan kita. Biar ga “ndeso” dan ga mudah kemakan berita “hoax”.

Sumber Gambar ekonomi,fkip,unej,ac,id

13.Berkunjung Ke Perpustakaan

Baca buku bukan berarti harus membeli buku lho ya. Kalo ga sedang punya duit buat beli buku, kalian bisa tuh pergi ke perpustakaan. Entah itu perpustakaan daerah, perpustakaan kota, asal bukan perpustakaan sekolah. Karna pasti tutup, kan liburan.

Mari budayakan membaca buku, supaya kita lebih berpengetahuan. Dan punya wawasan yang luas.

14.Mengadakan Bakti Sosial di Panti Asuhan

Sebagai manusia, udah seharusnya kita saling mengasihi satu sama lain. Terutama kepada mereka, anak-anak yang udah ga punya orang tua. Mereka butuh kasih sayang dari orang-orang di sekitarnya, termasuk kita.

Ajak teman-teman kita untuk mengadakan bakti sosial ke panti asuhan. Ga perlu jauh-jauh, cukup panti asuhan yang dekat dengan tempat tinggal aja. Sedikit kepedulian dari kita akan sangat besar artinya buat mereka.

Sumber Gambar benradit,wordpress,com

15.Piknik Ke Museum

Piknik ke museum bisa menjadi salah satu pilihan destinasi wisata ketika liburan. Ada banyak hal yang ada di museum yang ga kita ketahui sebelumnya. Dengan mengunjungi museum pengetahuan mengenai sejarah akan bertambah. Jangan lupakan kata-kata Bung Karno, “Jas Merah! Jangan sekali-kali melupakan sejarah.”

16.Ikut Kegiatan Outbond

Kegiatan luar rumah seperti outbond dapat melatih kemampuan motorik kita. Di samping itu, outbond sangat menyenangkan sekaligus menyehatkan. Karna kegiatan-kegiatannya emang sangat seru dan ga bikin bosan. Lumayan buat melatih ketangkasan dan kecerdasan kita.

17.Bersih-bersih Rumah

Liburan sekolah bisa juga kita manfaat untuk beres-beres rumah. Misalnya, merapikan kamar-kamar, membersihkan toilet, menyiram tanaman, mengelap kaca, dan lain-lain. Daripada bosan, bersih-bersih rumah sendiri bisa jadi alternatif saat liburan.

Sehingga kita dapat merasakan nyamannya berada di rumah sendiri. Orang lain ato teman-teman pun akan betah ketika main ke rumah kalian. Ingat pepatah, kebersihan sebagian dari iman. Mulailah menyucikan diri kita dengan membersihkan lingkungan sekitar dulu.

Sumber Gambar relawannusantara,org

18.Gabung Jadi Relawan

Hati yang paling tulus adalah hati para relawan. Mereka ga mengharap imbalan sedikitpun saat melaksanakan tugas. Kamu bisa gabung jadi relawan saat liburan. Selain untuk beramal dengan orang lain, juga untuk mengisi hari libur sekolah.

Kamu bisa ikut jadi relawan seperti penganganan bencana, penyuluhan kesehatan, pembangunan rumah ibadah, ato lain sebagainya. Itu bisa membuat hati kamu jadi lebih ikhlas ketika membantu sesama. Dan melatih jiwa sosial kita juga.

19.Ikut Dalam Kegiatan Organisasi

Liburan juga bisa kamu jadikan sebagai ajang ato kesempatan untuk berorganisasi. Banyak lho manfaat dari berorganisasi. Kamu bisa dapat teman banyak, soft skill kita juga bakal terasah, dan masih banyak lagi. Pokoknya ga ada ruginya kalo kamu menggunakan liburanmu buat aktif di sebuah organisasi ato komunitas.

20.Ikut Gabung di Komunitas Sesuai Dengan Minat

Saat ini banyak sekali komunitas yang dibentuk atas dasar hobi ato minat. Sebut aja komunitas blogger (penulis blog), komunitas klub motor, komunitas pecinta mobil, fotografer, dan sebagainya.

Kalian bisa ikut gabung dengan salah satu komunitas sesuai dengan minat kalian. Manfaat yang kalian dapatkan banyak. Bisa menambah koneksi, bisa belajar dari orang lain sehingga pengetahuan bertambah, dan sebagainya.

Sumber Gambar hydrococo,com

21.Bikin Vlog

Vlog ato video blog saat ini sedang banyak digandrungi oleh banyak orang. Khususnya para anak muda. Mereka mengunggah video mereka ke saluran video seperti youtube.

Jenis video yang dibuat pun dengan tema macam-macam. Ada yang berupa tips-tips kocak, tutorial, kegiatan sehari, dan masih banyak lagi. Daripada liburan ga ngapa-ngapain ga ada salahnya kalian bikin vlog.

Selain bisa menghibur ato memberi manfaat ke orang yang menontonnya. Dengan membuat vlog kalian juga punya penghasilan tambahan. Misalkan kalo pelanggan vlogmu udah banyak, vlog kamu bisa di monetize.

Sumber Gambar antiketombe-clear,co,id

22.Jogging

Jogging ato jalan pagi adalah salah satu aktivitas olahraga yang bisa kamu lakukan saat liburan. Dengan melakukan secara rutin bisa menjaga kesehat tubuh kita. Karna kadang kalo ga liburan sekolah, kita ga sempat buat joging. Paginya kita buat untuk siap-siap ke sekolah, kuliah, ato kerja.

Kita bisa mengajak jogging dengan sesama anggota keluarga ato teman-teman. Selain badan kita jadi sehat, jogging bersama bisa mempererat kebersamaan.

Sumber Gambar sekolahalam,org

23.Belajar Masak

Bagi kalian terutama yang cewek, momen liburan bisa kamu manfaatkan untuk belajar masak. Karna bagaimanapun kalian adalah para calon ibu dan istri. Udah sepantasnya kan kalo kamu, para cewek, harus bisa masak. Cobalah dengan mulai memasak masakan yang kalian suka.

Belajar masak di hari libur sekolah juga bisa kamu lakukan lho para cowok. Ga harus cewek, siapa tau kamu para cowok punya bakat masak terpendam. Malahan sekarang koki-koki di restoran ternama  didominasi para cowok.

24.Susun Jadwal Untuk Seminggu Ke Depan

Dengan menyusun jadwal ato rencana seminggu ke depan, kamu bisa merencanakan segala sesuatu secara mendetail. Sehingga rencana-rencana yang akan kamu lakukan bisa berjalan secara terjadwal. Beda kalo kamu ga menyusun jadwal secara rinci, rencana yang udah kamu rencanakan beresiko gagal.

Mulailah dengan merencanakan hal-hal yang penting hingga yang remeh-temeh sekalipun. Dipastikan jadwal kamu selama seminggu ke depan ga akan amburadul. Ingat pepatah, kalo kamu gagal merencanakan, kamu sedang merencanakan kegagalan.

Sumber Gambar ardilahsafitri,blogspot,com

25.Bangun Tidur Di Pagi Hari

Ayo siapa yang suka bangun siang saat liburan sekolah? Kebanyakan dari kita bangun siang kalo lagi liburan, iya kan? Sebaiknya meskipun libur, Mas Bro dan Mbak Bro tetap harus bangun pagi. Bangun pagi banyak manfaatnya lho.

Manfaat bangun pagi banyak sekali, di antaranya badan dan pikiran lebih segar, otak bekerja maksimal, dan masih banyak lagi. Jadi mulai sekarang, meskipun lagi liburan usahakan tetap bangun pagi ya Mas Bro dan Mbak Bro.

Sumber Gambar diujungislam,blogspot,com

26.Membantu Pekerjaan Orang Tua

Musim liburan sekolah ga harus melulu diisi dengan jalan-jalan. Masih ada banyak kegiatan bermanfaat yang bisa kita lakukan. Salah satunya adalah membantu pekerjaan orang tua kita.

Misalnya pekerjaan orang tua adalah pedagang, kita bisa membantunya berdagang. Pun dengan profesi orang tua lainnya, seperti petani, pengusaha dan lain-lain. Di samping kita bisa menyenangkan hato orang tua. Kita juga bisa mendapatkan ilmu dari pengalaman membantu pekerjaan orang tua.

Sumber Gambar hellosehat,com

27.Gunakan Liburan Untuk Beristirahat Secara Cukup

Masa-masa liburan sekolah adalah waktu yang tempat bagi kita untuk memperoleh waktu istirahat yang cukup. Setelah melalui berbagai kesibukan yang menguras tenaga seperti sekolah atopun pekerjaan.

Jangan sampai saat liburan kita malah disibukkan dengan hal-hal ga bermanfaat. Terlalu banyak berwisata ga baik, karna bisa buat badan kita jadi lemah. Akan lebih kalo jangan mengabaikan waktu istirahatmu. Jadi baiknya gunakanlah waktu liburmu untuk berisitirahat secara cukup, biar badan fit saat kembali sekolah.

Sekarang Mas Bro dan Mbak Bro udah tau kan kegiatan bermanfaat saat liburan?

Udah pernah coba belum?

Biar liburan sekolah lebih berkualitas yuk kita coba kegiatan-kegiatan tersebut.

Semoga berguna.

Seneng bisa berbagi.

Pada musim hujan di Februari
Bekas lumpur di lantai sekolah
Jadikan liburanmu lebih berarti
Biar lebih semangat masuk sekolah

Kulon Progo, Yogyakarta
Pukul 05.01 WIB, Sabtu 26 September 2015
Tulisan Temen Kita – H

Sumber Tulisan:

Admin. 2017. 5 Kegiatan Bermanfaat dan Menguntungkan Buat Mengisi Liburan Kamu. loop.co.id/articles/5-kegiatan-bermanfaat-dan-menguntungkan-buat-mengisi-liburan-kamu diakses pukul 14.00 pada hari Rabu, 01 Maret 2017
Amelia Ayunda. 2016. Kegiatan Bermanfaat Selama Liburan Sekolah. ameliablackjackbigbang.blogspot.co.id/2013/08/kegiatan-bermanfaat-selama-liburan.html diakses pukul 13.32 WIB pada hari Rabu, 01 Maret 2017
Khalila Indriana. 2015. 7 Tips Mengisi Libur Akhir Pekan Yang Bermanfaat. izwie.com/2015/01/7-tips-mengisi-libur-akhir-pekan-yang.html diakses pukul 14.56 pada hari Rabu, 01 Maret 2017
Slamet Wahyudin. 2016. 10 Kegiatan Keren Untuk Mengisi Liburan Semester Agar Lebih Berkesan. infomahasiswa.com/10-kegiatan-keren-untuk-mengisi-liburan-semester-agar-lebih-berkesan/ diakses pukul 13.34 WIB pada hari Rabu, 01 Maret 2017
Sritopia. 2016. Liburan? Coba 10 Hal Seru Yang Akan Mewarnai Hidupmu Ini! video.quipper.com/id/blog/liburan-coba-10-hal-seru-yang-akan-mewarnai-hidupmu-ini/ diakses pukul 13.00 WIB pada hari Rabu, 01 Maret 2017

Sumber Gambar:
gembiralokazoo,com diakses pukul 13.20 WIB pada hari Rabu, 01 Maret 2017
cukurhabis,com diakses pukul 13.21 WIB pada hari Rabu, 01 Maret 2017
desainrumahkeren,com diakses pukul 13.00 WIB pada hari Rabu, 01 Maret 2017
berwirausaha-saja,blogspot,com diakses pukul 13.00 WIB pada hari Rabu, 01 Maret 2017
evhytamala,blogspot,com diakses pukul 13.07 WIB pada hari Rabu, 01 Maret 2017
smalapararela,blogspot,com diakses pukul 13.07 WIB pada hari Rabu, 01 Maret 2017
komunitasrumahpadi,blogspot,com diakses pukul 13.00 WIB pada hari Rabu, 01 Maret 2017
radityakomputer,com diakses pukul 13.11 WIB pada hari Rabu, 01 Maret 2017
brilio,net diakses pukul 13.10 WIB pada hari Rabu, 01 Maret 2017
hobbygatha,blogspot,com diakses pukul 13.02 WIB pada hari Rabu, 01 Maret 2017
wayakomala,web,id diakses pukul 13.06 WIB pada hari Rabu, 01 Maret 2017
ekonomi,fkip,unej,ac,id diakses pukul 13.09 WIB pada hari Rabu, 01 Maret 2017
benradit,wordpress,com diakses pukul 13.07 WIB pada hari Rabu, 01 Maret 2017
relawannusantara,org diakses pukul 13.06 WIB pada hari Rabu, 01 Maret 2017
hydrococo,com diakses pukul 13.07 WIB pada hari Rabu, 01 Maret 2017
antiketombe-clear,co,id diakses pukul 13.00 WIB pada hari Rabu, 01 Maret 2017
sekolahalam,org diakses pukul 13.10 WIB pada hari Rabu, 01 Maret 2017
ardilahsafitri,blogspot,com diakses pukul 13.05 WIB pada hari Rabu, 01 Maret 2017
diujungislam,blogspot,com diakses pukul 13.08 WIB pada hari Rabu, 01 Maret 2017
hellosehat,com diakses pukul 13.04 WIB pada hari Rabu, 01 Maret 2017

Tinggalkan Balasan