Apa Sih Pengertian dan Perbedaan Pengantar Ilmu Hukum (PIH) dan Pengantar Hukum Indonesia (PHI) ? : #HukumKita5

Apa Sih Pengertian dan Perbedaan Pengantar Ilmu Hukum dan Pengantar Hukum Indonesia? - lbhmawarsaron.or.id

Sumber Gambar lbhmawarsaron.or.id

PIH Hanya Mengenalkan Ilmu Hukum Secara Umum
PHI Justru Lebih Fokus pada Hukum Positif di Indonesia

Kalo udah malam paling males lewat kuburan
Ada banyak wangi bunga yang mendadak tercium
Hukum dibuat agar masyarakat punya keteraturan
Tapi justru penegak hukum yang melanggar hukum

Salam Mas Bro dan Mbak Bro

Belajar ilmu pengetahuan itu ga bisa langsung jadi. Ibarat meniti tangga, setiap langkah yang kita lakukan merupakan tahapan untuk bisa lebih memahami dan mengerti tentang keilmuan yang dituju. Hal ini juga berlaku bagi Ilmu Hukum. Harus diawali dengan sebuah pengantar yang akan membawa kita untuk bisa lebih memahami disiplin ilmu ini.

Salah satu yang harus dipahami sebelum mendalami ilmu hukum adalah perbedaan antara Pengantar Ilmu Hukum (PIH) dan Pengantar Hukum Indonesia (PHI). Setiap yang belajar ilmu hukum harus bisa membedakan apa itu PIH dan PHI. Jangan sampe tertukar, karna keduanya punya objek yang berbeda.

Baca Juga
1. Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Peristiwa Hukum?
2. 
Apa Sih Itu Pengertian Hukum Pidana?

Nah, sebelum ngelangkah lebih jauh lagi Mas Bro dan Mbak Bro mengenai perbedaan PIH dan PHI ada baiknya memahami dulu pengertian keduanya. Memahami pengertian PIH dan PHI bakal menjadi dasar untuk bisa mengerti perbedaan di antara keduanya.

Apa Sih Pengertian dan Perbedaan Pengantar Ilmu Hukum dan Pengantar Hukum Indonesia? - jasahukumsurabaya.blogspot.co.id

Sumber Gambar jasahukumsurabaya.blogspot.co.id

PIH Hanya Mengenalkan Ilmu Hukum Secara Umum

Istilah Pengantar Ilmu Hukum mulai digunakan di Indonesia bersamaan dengan lahirnya Universitas Gajah Mada Yogyakarta pada 13 Maret 1946. Sementara istilah PIH sendiri merupakan terjemahan dari bahasa Belanda “Inleiding tot de Rechtswetenschap”. Istilah dalam bahasa Belanda ini udah mulai digunakan sejak berdirinya Rechts Hoge School pada 1942 di Jakarta.

Dari sisi etimologi, Pengantar Ilmu Hukum terbagi dalam dua bagian. Yaitu pengantar dan ilmu hukum. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pengantar adalah pandangan umum secara ringkas sebagai pendahuluan. Sementara Ilmu Hukum yaitu pengetahuan yang khusus mengajarkan perihal hukum dan semua seluk beluk yang berkaitan di dalamnya.

Sehingga pengertian Pengantar Ilmu Hukum menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia merupakan ilmu pengetahuan yang memperkenalkan hukum secara garis besar. PIH menjadi semacam penunjuk jalan ke arah cabang-cabang ilmu hukum. PIH memberikan pandangan ringkas mengenai kedudukan Ilmu Hukum di samping ilmu pengetahuan lain dan menjelaskan soal asas dan penggolongan Ilmu Hukum.

Di sisi lain, pengertian Pengantar Ilmu Hukum menurut ahli sampe saat ini punya pandangan yang berbeda. Meski demikian, selalu ada irisan di antara pengertian Ilmu Hukum yang dikemukakan para ahli. Berikut beberapa pengertian Pengantar Ilmu Hukum menurut ahli:

A.Sudarsosno: Pengantar Ilmu Hukum berkaitan dengan pokok, keadaan, prinsip, tujuan, dan maksud dari hukum yang paling mendasar. Serta tata hubungan antara bagian yang paling mendasar dengan hukum sebagai ilmu pengetahuan.

B.JB Daliyo: Ilmu hukum adalah ilmu pengetahuan dengan hukum sebagai objek. Maka ilmu hukum akan mempelajari semua seluk beluk mengenai hukum. Misalnya asal mula, wujud, asas-asas, sistem, macam pembagian, sumber-sumber, perkembangan, fungsi, dan kedudukan hukum di dalam masyarakat.

C.Satjipto Rahardjo:  Merupakan ilmu yang mencakup dan membicarakan segala hal yang berhubungan dengan hukum untuk memperoleh pengetahuan tentang segala hal dan semua seluk beluk hukum.

Secara umum jenis pengantar Ilmu Hukum terbagi ke dalam dua bagian. Yaitu Hukum Pidana dan Hukum Perdata. Hukum Pidana merupakan macam pengantar Ilmu Hukum yang mengatur hubungan di dalam masyarakat. Hukum Pidana hanya bisa diterapkan bila masyarakat memang membutuhkannya.

Sedangkan Hukum Perdata merupakan jenis pengantar Ilmu Hukum yang mengatur hubungan antara subjek hukum dalam sebuah hubungan keluarga dan masyarakat. Hukum Perdata menyangkut seluruh kaidah hukum tertulis maupun ga tertullis.

Setelah mengetahui pengertian dari Pengantar Ilmu Hukum, kini saatnya Mas Bro dan Mbak Bro mengetahui tujuan Pengantar Ilmu Hukum itu sendiri. Karna tanpa mengetahui tujuan dari PIH maka kita juga ga akan sempurna dalam mempelajarinya.

Bisa dibilang PIH adalah pondasi untuk mempelajari lebih lanjut tentang ilmu hukum. Tanpa mempelajari pondasi ini, mustahil Mas Bro dan Mbak Bro akan mampu memahami ilmu hukum secara benar.

Karna itu tujuan Pengantar Ilmu Hukum adalah menjelaskan mengenai keadaan, inti, dan maksud dari bagian penting hukum. Termasuk hubungan antara bagian-bagian tersebut dengan ilmu hukum itu sendiri. Sedangkan manfaat Pengantar Ilmu Hukum yaitu untuk bisa memahami bagian-bagian ato jenis-jenis ilmu hukum.

Dengan mempelajari Pengantar Ilmu Hukum kita akan punya gambaran apa aja unsur yang ada di dalam Ilmu Hukum. Pada dasarnya hukum adalah kumpulan peraturan, baik tertulis maupun ga tertulis, yang bisa berupa larangan ato perintah yang bersifat mengikat dan memaksa masyarakat ato individu.

Karna bersifat mengikat maka ada sanksi bagi mereka yang melanggar. Sanksi ini diberikan kepada individu ato masyarakat melalui sebuah lembaga yang berada di bawah kendali penguasa.

Namun demikian keberadaan hukum sebenarnya untuk memberi rasa keadilan kepada masyarakat. Sehingga masyarakat bisa merasakan suasana yang damai, adil, dan penuh kebahagiaan. Sudah tentu dengan kondisi ini akan tercipta masyarakat yang produktif dan sejahtera.

Apa Sih Pengertian dan Perbedaan Pengantar Ilmu Hukum dan Pengantar Hukum Indonesia? - slideshare.net

Sumber Gambar slideshare.net

PHI Justru Lebih Fokus pada Hukum Positif di Indonesia

Pengantar Ilmu Hukum (PIH) dan Pengantar Hukum Indonesia (PHI) merupakan sama-sama mata kuliah dasar. Jika PIH menjadi pengantar untuk mempelajari Ilmu Hukum secara umum, maka PHI juga menjadi pengantar untuk memahami tentang Hukum Indonesia.

Secara etimologi, Pengantar Hukum Indonesia juga terbagi menjadi pengantar dan hukum Indonesia. Kata pengantar dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia merupakan perluasan dari kata antar. Artinya adalah alat untuk mengantarkan ato pandangan umum secara ringkas sebagai pendahuluan.

Dengan demikian pengertian Pengantar Hukum Indonesia menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah mengantarkan ato memperkenalkan secara garis besar Hukum Indonesia kepada siapa aja yang berminat mempelajarinya. Seperti PIH, PHI juga hanya membeberkan secara umum tata hukum yang berlaku di Indonesia.

Penjelasan lebih terang akan terlihat ketika membaca pengertian Pengantar Hukum Indonesia menurut ahli. Dalam bukunya Pengantar Hukum Indonesia, R. Abdul Djamali menyebutkan bahwa Tata Hukum berasal dari bahasa Belanda Recht Orde. Artinya adalah susunan hukum. Dengan kata lain tata hukum Indonesia adalah menyusun dengan baik dan tertib aturan-aturan hukum dalam pergaulan hidup agar dengan mudah diketahui dan digunakan untuk menyelesaikan setiap peristiwa hukum yang terjadi. Maka itu dalam tata hukum  terdapat aturan hukum yang berlaku pada saat dan tempat tertentu. Inilah yang disebut dengan hukum positif (ius constitutum).

Sedangkan pengertian Pengantar Hukum Indonesia menurut ahli seperti Soediman Kartohadiprodjo ga jauh beda. Yang dimaksud tata hukum Indonesia adalah hukum yang berlaku di Indonesia. Arti kata “berlaku” di sini adalah memberi akibat hukum kepada peristiwa dalam pergaulan hidup yang terjadi pada saat ini. Bukan peristiwa pada masa lampau ato bahkan masa yang akan datang.

Pernyataan ga jauh berbeda diungkap Kusumadi Pudjosewojo. Dia mengatakan bahwa  tiap bangsa punya tata hukum sendiri. Begitu pula dengan bangsa Indonesia yang mempunyai tata hukumnya sendiri. Siapa pun yang mempelajari tata hukum Indonesia ingin mengetahui hukum yang berlaku saat ini di negara Indonesia.

Sementara Achmad Sanusi mengatakan bahwa Pengantar Hukum Indonesia merupakan sebuah pelajaran pengantar ilmu hukum sebagai sebuah hukum positif yang berlaku di Indonesia. Materi yang dipelajari PHI adalah konsep dan teori hukum yang berlaku di Indonesia sesuai dengan idealisme bangsa Indonesia.

Lalu apa tujuan kita mempelajari Pengantar Hukum Indonesia? Tujuan Pengantar Hukum Indonesia tak lain untuk mempelajari susunan sistematika tata hukum di Indonesia. Tujuan Pengantar Hukum Indonesia lainnya adalah untuk membantu tata tertib di masyarakat.

Dengan mengetahui tata hukum yang saat ini berlaku maka dapat menumbuhkan tingkat kesadaran hukum masyarakat. Masyarakat tau mana yang melanggar hukum, mana yang mematuhi hukum. Tujuan Pengantar Hukum Indonesia berikutnya adalah mengetahui fungsi hukum yaitu yang mengajarkan dasar-dasar pengetahuan di antara hukum.

Dapat disimpulkan bahwa tujuan dari Pengantar Hukum Indonesia adalah ingin mengetahui lebih dalam soal:

1.Macam-macam bentuk dan isi hukum yang berlaku di Indonesia.

2.Kedudukan hak dan kewajiban tiap orang dalam masyarakat dan negara menurut hukum Indonesia.

3.Prosedur hukum yang harus dijalani jika mengahadapi masalah hukum dengan setiap orang dan para pelaksana hukum Indonesia.

4.Jenis lembaga ato institusi pembentuk ato pembuat dan pelaksana ato penegak hukum menurut hukum Indonesia.

5.Perbuatan apa aja yang dilarang, diharuskan, dan diperbolehkan menurut hukum Indonesia.

Setelah mengetahui pengertian dan tujuan dari Pengantar Hukum Indonesia, kini saatnya Mas Bro dan Mbak Bro mengetahui jenis Hukum Indonesia. Boleh dibilang Indonesia yang sangat majemuk ini punya beragam hukum yang diberlakukan kepada masyarakat. Apa sajakah itu?

1.Hukum Administrasi Negara

Secara ringkas hukum administrasi negara adalah hukum yang mengatur tindakan pemerintahan. Pun mengatur hubungan antara pemerintah dengan warga negara dan pemerintah dengan organisasi pemerintahan. Dengan kata lain Hukum Administrasi Negara merupakan upaya mengatur organ pemerintahan menjalankan tugasnya.

2.Hukum Perdata

Merupakan sebuah hukum privat yang mengatur hubungan antara subjek hukum dengan subjek hukum yang lain yang terkait dengan sebuah objek hukum yang sama.

3.Hukum Pidana

Hukum pidana adalah sebuah hukum yang mengatur mengenai tindak kejahatan ato pelanggaran aturan terhadap masyarakat umum. Hukum pidana punya fungsi represif maupun preventif.

4.Hukum Acara Perdata

Merupakan hukum yang mengatur bagaimana sebuah pelaksanaan hukum perdata materiil bisa berjalan dengan baik. Tujuannya adalah untuk melindungi hak seseorang dan mempertahankan hukum perdata materiil.

5.Hukum Acara Pidana

Hukum acara pidana adalah hukum yang mengatur cara kelengkapan alat negara melaksanakan tuntutan sampe kepada putusan dan memastikan siapa yang melaksanakan putusan.

6.Hukum Dagang

Merupakan sebuah hukum yang mengatur  soal perdagangan dan semua hal yang ditimbulkan dari perdagangan tersebut yang merupakan bagian dari hukum perdata. Pengertian perdagangan di sini adalah kegiatan usaha yang di jalankan oleh orang atau badan secara terus menerus seperti mengadakan barang-barang atau jasa maupun fasilitas-fasilitas untuk diperjualbelikan ato dipertukarkan dengan tujuan mendapatkan keuntungan bersama.

7.Hukum Adat

Ini adalah salah satu hukum yang ga tertulis. Bersifat dinamis bisa menyesuaikan dengan perubahan zaman. Meski ga tertulis hukum adat punya sebuah kekuatan berupa sifat sakral yang mampu membuat masyarakat yang berada di bawahnya mengikuti aturan yang dibuat hukum adat.

8.Hukum Islam

Ini merupakan terjemahan dari al fiqh al islamy. Hukum yang dalam konteks tertentu merupakan pengejawantahan as syariah al islamy ato ajaran syariat Islam.

9.Hukum Agraria

Menurut Undang-undang Pembaharuan Agraria, pengertian agraria adalah meliputi bumi, air, dan ruang angkasa serta kekayaan alam yang terkandung di dalamnya. Dengan demikin Hukum Agraria merupakan sebuah hukum yang berupaya melindungi seluruh kekayaan alam yang terkandung di bumi, air, dan ruang angkasa.

10.Hukum Pajak

Merupakan aturan yang meliputi wewenang pemerintah untuk mengambil kekayaan seseorang lalu kemudian menyerahkannya kembali ke masyarakat melalui kas negara. Merupakan hukum publik yang mengatur hubungan hukum antara negara dengan orang ato badan hukum yang telah menjadi wajib pajak.

11.Hukum Acara Tata Usaha Negara

Hukum acara tata usaha negara merupakan sebuah hukum acara dalam skala luas. Ga hanya mengatur bagaimana cara mengajukan perkara di Pengadilan Tata Usaha Negara tapi juga mengatur soal kedudukan, susunan, dan kekuasaan dari Pengadilan Tata Usaha Negara.

Apa Sih Pengertian dan Perbedaan Pengantar Ilmu Hukum dan Pengantar Hukum Indonesia? - hukumonline.com

Sumber Gambar hukumonline.com

Apa perbedaan Pengantar Ilmu Hukum dan Pengantar Hukum Indonesia?

Meski sama-sama merupakan mata kuliah dasar, Pengantar Ilmu Hukum dan Pengantar Hukum Indonesia tetap punya perbedaan. Beberapa perbedaan yang terlihat bahkan termasuk yang mendasar.

Baca Juga
1. Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Hukum?
2. 
Apa Sih Itu Pengertian Peristiwa Hukum?

Pengantar Ilmu Hukum membahas dasar-dasar hukum secara umum dan bersifat universal. Artinya, pembahasan tentang sebuah aturan akan dilakukan secara sama meski waktu dan tempatnya berbeda. Sedangkan Pengantar Hukum Indonesia membahas konsep, pengertian dasar, dan sejarah terbentuknya hukum dan lembaga hukum serta aturan hukum dalam hukum positif di Indonesia.

Perbedaan Pengantar Ilmu Hukum (PIH) dan Pengantar Hukum Indonesia (PHI)
PIH PHI
Objek
                        Umum Khusus
Berkaitan dengan hukum secara keseluruhan tanpa batas Berkaitan dengan hukum tertentu yaitu Indonesia
Tidak ada fokus pada hukum positif tertentu, tapi pada ilmu hukum secara umum Fokus pada hukum positif Indonesia
Fungsi
Mempelajari hukum secara umum dan berbagai hal yang terkait didalamnya Mempelajari hanya hukum positif di Indonesia
Pedagogis: menumbuhkan sikap adil dan membangkitkan minat untuk mau secara penuh mempelajari ilmu hukum
Sifat
Filosofis: mempelajari dan mendalami nilai kehidupan filsafat (keadilan, kebenaran, moralitas, dan kesusilaan) dalam perumusan hingga penegakan hukum Praktis dan teknis tapi terikat dengan waktu dan tempat tertentu
Interdisipliner hukum: membutuhkan berbagai sudut pandang dalam analisis dari sisi non hukum. Bersifat khusus karna hanya fokus pada satu disiplin ilmu yaitu mempelajari hukum positif di Indonesia

Gimana bahasan kali ini Mas Bro dan Mbak Bro?

Tentu ada manfaatnya dong, terutama bagi kalian yang tengah belajar ilmu hukum. Silahkan loh disebar di medsos yang dimiliki Mas Bro dan Mbak Bro.

Ga ada salahnya ‘kan ikut menebar ilmu yang bermanfaat?

Semoga berguna.

Seneng bisa berbagi.

Mencari uang receh sampe ke dalam saku
Menyeberangi kali Ciliwung pake sampan
Pahami dan dalami Ilmu Hukum yang berlaku
Agar hidup lebih jelas arah dan tujuan

Sumber Tulisan
Adrianus Eryan. 2013. Catatan Pengantar Ilmu Hukum http://bem.law.ui.ac.id/fhuiguide/uploads/diktat/pengantar-ilmu-hukum-(ver-1.1).pdf  diakses pukul 14:35 WIB pada hari Selasa, 7 Februari 2017
Agung Gumelar. 2013. Pengantar Ilmu Hukum acceleneun.blogspot.co.id/2013/02/pengantar-ilmu-hukum.html diakses pukul 13:29 WIB pada hari Selasa, 7 Februari 2017
Tim kekitaan. 2015. Perbedaan PIH dan PHI kekitaan.com/2015/09/29/perbedaan-pih-dan-phi-serta-pengantar-pengantar-ilmu-hukum-pih-1-hukumkita5/ diakses pukul 13:05 WIB pada hari Selasa, 7 Februari 2017
Umar Said. 2012. Pengantar Hukum Indonesia usaidsugiharto.blogspot.co.id/2012/05/pengantar-hukum-indonesia-bab-1.html  diakses pukul 16:01 WIB pada hari Selasa, 7 Februari 2017
Yhuel. 2016. Pengantar Ilmu Hukum kuliahhukum.com/pengantar-ilmu-hukum/ diakses pukul 13:05 WIB pada hari Selasa, 7 Februari 2017

Sumber Gambar
hukumonline.com diakses pukul 22:01 WIB pada hari Selasa, 7 Februari 2017
jasahukumsurabaya.blogspot.co.id diakses pukul 22:55 WIB pada hari Selasa, 7 Februari 2017
lbhmawarsaron.or.id diakses pukul 22:25 WIB pada hari Selasa, 7 Februari 2017
slideshare.net diakses pukul 22:40 WIB pada hari Selasa, 7 Februari 2017

Tentang Kita
Twitter :
kekitaan_
Line :
@kekitaan
Facebook :
Kekitaan Kita
Google+ : Kekitaan Kita
Youtube : Kita/
Linkedin : kekitaan_
Pinterest : kekitaan_
Instagram : kekitaan_

3 Responses to “Apa Sih Pengertian dan Perbedaan Pengantar Ilmu Hukum (PIH) dan Pengantar Hukum Indonesia (PHI) ? : #HukumKita5

Trackbacks & Pings

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *