Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Internet Marketing? : #KitaTanya2

Sumber Gambar beritagar.id

Asal Usul dan Sejarah Internet Marketing di Indonesia
Perkembangan Internet Marketing di Indonesia

Apa sih itu internt marketing
Apakah sesuatu yang penting
Sekarang kondisi sangat genting
Baca pelan dan pake insting

Salam Mas Bro dan Mbak Bro

Sederhana aja, apa sih sebenarnya pengertian internet marketing?

Jaman sekarang, siapa yang masih belum kenal internet, ya kan.

Jadi pertahun 2013 berdasarkan Indonesia Internet Survey pemake Internet di Indonesia tuh udah 74.000.000 Orang. Keren ga tuh?

apa-sih-itu-sebenernya-internet-marketing-sumber-gambar-katadata-co-id

Sumber Gambar katadata.co.id

Sekarang rasa-rasanya semua kalangan tau meskipun belum dapat dinikmati oleh semua kalangan dan ga semua akrab dengan penggunaannya. Di era di mana segala sesuatunya serba cepat dan dinamis ini kita sebagai penduduk dunia dituntut untuk ikut juga bergerak dengan kecepatan yang sama beriringan dengan perkembangan jaman.

Telat dikit, dibilang kuper. Ketinggalan dikit, dibilang gaptek. Seperti ga ada celah bagi kita untuk lengah dari peredaran informasi yang dibawa oleh internet.

Nggak cuma itu saja. Saat ini sudah banyak kegiatan yang dilakukan dengan dukungan internet. Hampir setiap kegiatan dapat didigitalisasi. Tinggal sentuh, geser, klik, dan aktivitas kita dapat berjalan sebagaimana kita menjalaninya seperti biasa.

Baca Juga
1. Apa Sih Itu Sebenarnya Pengertian Sales Letter?
2. Apa Akibatnya Kalau Website Ga Rajin Diperbaharui dan Posting Setiap Hari?

Sudah sedemikian dekatnya kita pada internet, ya. Tapi sebetulnya, apakah kita sudah sepenuhnya paham bahwa internet ga hanya dipakai oleh pengguna akhir seperti kita, yang tinggal mengkonsumsi?

Tau ga Mas Bro dan Mbak Bro kalo apa yang kita lihat di sudut-sudut halaman situs. Kalo apa aja yang kita akses seperti tulisan, gambar, video, dan iklan yang disodorkan pada kita lewat halaman-halaman situs itu adalah bentuk baru dari pemasaran modern bernama internet marketing?

Sebelum ngobrol terlalu jauh soal internet marketing. Pertama, kita harus sadar kalo internet marketing adalah alat yang bisa dipake banyak hal, yaitu:

1. Menaikkan omset penjualan – Untuk Pengusaha;
2. Menaikkan jumlah pengunjung – Untuk Blogger;
3. Menaikkan jumlah “pengikut” – Untuk Sosial Media.

Kedua, kita bisa lakukan internet marketing sendiri ato pake jasa orang lain. Kalo mau sendiri maka silahkan baca tulisan ini sampe selesai Mas Bro dan Mbak Bro. Tapi kalo mau dibantu sama pihak ketiga maka silahkan klik gambar dibawah. indotrading.com adalah layanan yang udah dipercaya sama agen properti, kontraktor bangunan, perusahaan IT, arsitektur, dan bidang usaha lainnya. Silahkan periksa lengkapnya dengan klik gambar.

Kalo udah selesai berkunjung ke situs diatas maka kita lanjut belajar sendiri apa sih itu sebenernya internet marketing.

Asal Usul Internet Marketing di Indonesia

Jika dirunut sampai ke asalnya, kita akan menemukan bahwa sejarah internet marketing muncul bersamaan dengan munculnya internet di Indonesia yang semakin berkembang di sekitar awal tahun 1990-an. Kecepatan, kepraktisan, serta perkembangan internet yang dipandang memiliki masa depan yang cerah, dianggap para pelaku pemasaran sebagai fitur yang cocok untuk jadi media pemasaran yang baik.

Internet di Indonesia yang pada awalnya adalah jaringan yang mengusung konsep paguyuban yang bernilai kekeluargaan dan gotong royong di antara para penggunannya, perlahan-lahan berubah menjadi lahan yang aktivitasnya lebih individual dan digunakan untuk keperluan komersial. Saat-saat ini kemudian menjadi asal usul internet marketing di Indonesia.

Sumber Gambar selular.id

Sumber Gambar selular.id

Sejarah Internet Marketing di Indonesia

Pada mulanya internet marketing berawal dari beberapa pemilik usaha yang menampilkan profil usaha mereka di situs yang saat itu masih memiliki tampilan sederhana. Dari kegiatan kecil inilah internet marketing pelan-pelan mengalami perkembangan di tengah penggunaan internet yang semakin marak.

Meskipun demikian, pengertian internet marketing masih belum terlalu akrab di telinga para pengguna internet. Penggunaan internet pun belum seaktif dan belum berkembang banyak seperti saat ini sehingga belum banyak pelaku pemasaran yang memanfaatkan internet sebagai media pemasarannya.

Perdagangan melalui internet dan pasarnya belum terbentuk sehingga ketika itu internet marketing adalah sesuatu yang masih kalah dan dianggap ga memiliki efektivitas layaknya pemasaran yang dilakukan secara konvensional.

Definisi internet marketing masih terlalu asing di telinga pengguna hingga kemudian lama kelamaan seiring dengan perkembangan internet. Kegunaannya yang semakin melebar di kehidupan sehari-hari. Usaha secara online mulai bermunculan dan meledak bersamaan dengan menjamurnya gaya hidup belanja online. Dari sanalah internet marketing mulai dipercaya akan menjadi sarana yang baik bagi pemasaran dan akan terus berkembang di Indonesia.

Sumber Gambar www.mandalamaya,com

Sumber Gambar www.mandalamaya,com

Pengertian Internet Marketing

Asal usul internet marketing ga dapat lepas dari perkembangan internet dan perkembangan teknik pemasaran modern. Dalam kurun waktu beberapa tahun sejak sejarah internet marketing dimulai, kegiatan pemasaran satu ini mengalami kemajuan yang amat pesat.

Hal ini dapat dilihat dari semakin maraknya pertumbuhan usaha online dan pasarnya yang kian meluas hingga saat ini. Pengertian internet marketing sebagai teknik yang mencakup beberapa aktivitas sekaligus dan dapat menjangkau berbagai kalangan, membuat pegiat aktivitas pemasaran berpandangan bahwa internet marketing adalah media yang subur bagi pemasaran yang efektif.

Internet marketing berada di bawah payung istilah ‘digital marketing’, bersama dengan istilah ‘online marketing’, ‘web marketing’, dan ‘e-marketing’. Definisi internet marketing sendiri dibangun dari dua istilah: internet dan marketing. Kedua istilah tersebut menjadi frase yang ga terpisahkan dalam aktivitas berinternet saat ini.

Internet marketing pada dasarnya didefinisikan sebagai proses mempromosikan merek, produk, dan jasa di dunia maya. Secara garis besar, internet marketing merujuk pada upaya periklanan dan pemasaran yang menggunakan internet melalui media seperti web dan e-mail untuk mendorong penjualan langsung melalui e-commerce. Ga hanya itu, cakupannya yang luas termasuk juga e-mail marketing, manajemen hubungan pelanggan elektronik, dan segala kegiatan promosional yang dilakukan melalui media wireless.

Internet marketing mengkombinasikan pula aspek kreatif dan aspek teknikal dari world wide web seperti periklanan, desain, pengembangan, serta penjualan. Ga hanya itu, internet marketing juga berkenaan dengan penciptaan dan penempatan iklan di segala macam bentuk.

apa-sih-itu-sebenernya-internet-marketing-sumber-gambar-nesabamediacom

Sumber Gambar nesabamedia,com

Jenis dan Tipe Internet Marketing

Sama halnya seperti ilmu-ilmu lain, internet marketing pun memiliki banyak tipe. Karena bentuknya yang bermacam-macam, setiap tipe memerlukan keterampilannya masing-masing sehingga ga salah apabila kita menyebut banyaknya tipe ini sebagai sebuah disiplin. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Search Engine Optimization (SEO)

Dalam Bahasa Indonesia disebut optimasi mesin pencari. Istilah yang satu ini sudah umum terdengar ya?

Kalo di telinga mereka yang rajin memanfaatkan mesin pencari buat kegiatan pekerjaan atau usahanya. Pasti udah biasa baca dan denger kata-kata ini. Search Engine Optimization adalah proses meningkatkan peringkat sebuah situs atau halaman situs di hasil pencarian ‘organik’.

SEO ini bertujuan untuk membuat peringkat halaman situs lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari atau seach engine result pages (SERP) untuk meningkatkan kemunculannya. Semakin tinggi peringkat halaman, semakin mudah terlihat halaman tersebut dan dengan demikian semakin tinggilah trafiknya.

Kita ga akan bahas rinci disini. Karna udah pernah kita bahas apa sih itu sebenernya pengertian SEO Search Engine Optimization?.

apa-sih-sebenarnya-pengertian-internet-marketing

Sumber Gambar female.kompas.com

2. Pay Per Click

Sebut saja bayar tiap klik, biar gampang kita pahami.

Dengan Pay Per Click atau PPC, tujuan yang paling utama adalah untuk menggerakkan viewer pasif agar menjadi prospek yang tertarik lalu mengubah prospek menjadi pembeli. Untuk melakukan ini, pertama-tama kita harus menggiring viewer atau user untuk mengklik sebuah iklan dan membawa mereka ke landing page yang cocok dengan iklan tersebut.

Jika dilakukan dengan benar, PPC akan menjadi bentuk internet marketing yang tercepat untuk memenuhi target trafik properti web kita. Namun jika ga hati-hati, internet marketing jenis ini malah mengharuskan kita mengeluarkan banyak biaya sementara keuntungannya sedikit. Karena itu penting bagi marketer untuk menguasai perhitungan pengembalian investasi yang akurat.

apa-sih-sebenarnya-pengertian-internet-marketing-1 Sumber Gambar tulisbaca.com

Sumber Gambar tulisbaca.com

3. Email

Email memang ga setrendi teman barunya, sosial media, tapi gabisa dipungkiri lagi merupakan bentuk komunikasi yang paling bersifat langsung dan pribadi. Karena alasan inilah, email masih menjadi tipe internet marketing yang paling efektif dalam hal mendorong penjualan. Internet marketing jenis ini biasanya berbentuk newsletter atau email transaksional.

Ada satu tips yang akan berguna. Pelaku pemasaran yang baik memanfaatkan sifat komunikasi email yang private ini dan dengan hati-hati memberikan perlakukan yang lebih spesial pada pelanggan email dari pada pada nonpelanggan.

Perlakuan khusus ini bisa diberikan misalnya dalam bentuk pemberian akses konten ekslusif, diskon untuk pelanggan email, atau produk ‘dalam’ yang ga diperuntukkan oleh publik dan hanya bisa didapat oleh pelanggan saja.

apa-sih-itu-sebenernya-internet-marketing-sumber-gambar-daily-oktagon-co-id

Sumber Gambar daily.oktagon.co.id

4. Blogging

Sebetulnya blog memang hanya ‘sekadar’ channel, sebuah saluran yang dapat berisi video, podcast, teks artikel, topik berita, menjual affiliate advertising, dan menyediakan instruksi atau pandangan akan suatu hal. Tetapi dalam internet marketing, kita ga hanya bicara soal blogging saja, melainkan juga soal konten yang mengisi channel tersebut.

Blogging masuk ke daftar ini karena mengelola sebuah channel memerlukan keterampilan tersendiri. Menjadwalkan konten, membuat kategori dan tag konten yang sesuai, mengelola arsitektur internal link, mengoptimasi item-item navigasi, dan banyak lagi. Manajemen blog merupakan hal yang vital bagi kesuksesan sebuah blog karena struktur dasarnya adalah apa yang mendorong mesin pencari menyusun indeks blog kita berdasarkan konten yang ingin kita tonjolkan sekaligus juga membantu pengunjung mengakses halaman yang sesuai di situs kita.

Sumber Gambar www.blogooblok,com

Sumber Gambar www.blogooblok,com

5. Content Marketing

Singkatnya content marketing adalah pemasaran dengan membuat materi pemasaran yang bermanfaat, ga asal jualan aja.

Content marketing adalah salah satu kata kunci yang sering kali kita dengar jika menyangkut internet marketing tetapi masih banyak orang, termasuk marketer, yang belum sepenuhnya mengerti tipe ini.

Jika blogging adalah tentang bagaimana segala sesuatunya didistribusi dan disusun, content marketing adalah tentang bagaimana praktik menciptakan media yang dapat membawa seseorang berinteraksi dengan konten tersebut terhadap 4 tujuan konten:

  1. Menyebarkannya di sebuah komunitas dan memberinya eksposisi secara maksimal
  2. Mendiskusikannya dan menjadi hal untuk memulai topik pembicaraan dalam sebuah komunitas
  3. Memunculkan kebutuhan di diri viewer dan menawarkan untuk memberi solusi bagi masalah viewer tersebut
  4. Memunculkan penjualan

Content marketing harus selalu memiliki salah satu dari 4 tujuan di atas karena tujuan-tujuan tersebut merupakan inti untuk membuat sebuah konten yang terfokus. Tanpa satu dari 4 tujuan ini, kita hanya membuat konten demi konten itu saja, bukan demi pemasaran yang lebih efektif.

Sumber Gambar icca.co.id

Sumber Gambar icca.co.id

6. Sosial Media

Potensi Indonesia itu keren loh untuk internet marketing. Dengan pengguna internet sebangak 63 juta orang, lalu pemake “buku muka” terbanyak keempat didunia, dan orang kelima paling banyak berkicau didunia.

Meski social media marketing memiliki definisinya sendiri, banyak yang memanfaatkan penggunaan social platform untuk mempromosikan merk mereka. Jika kita denisikan proses social media marketing, kita akan melihat channel-channel sosial media sama seperti bagaimana seorang pembeli melihat pemasaran produk atau jasa melalui media tradisional. Minat dan ketertarikan kita akan sama dengan iklan yang kita temukan.

Berbicara tentang social media marketing, kita ga cuma bicara tentang platform umumnya seperti buku muka, tukang kicau, katamatarenang+, tabungmu, dan “palingpintar” saja. Tapi juga jaringan-jaringan niche, forum, blog komunitas aktif, dan di segala tempat yang memungkinkan terjadinya percakapan dua arah.

Para pelaku pemasaran pertama-tama akan mengidentifikasi selera dalam komunitas tersebut melalui aktivitas mereka di sosial media lalu menentukan cara yang terbaik untuk menarik mereka.

Menggunakan pendekatan ini, pegiat pemasaran kemudian membuat konten yang sesuai dan dapat menarik. Inti dari pemasaran jenis ini adalah pendekatan untuk berbagi segala hal pada setiap orang.  Dengan menggunakan rencana yang strategis dan akurat, kita dapat mengembangkan komunikasi pemasaran dan membangun audiens yang terus meluas.

Sumber Gambar www.jayahost,com

Sumber Gambar www.jayahost,com

7. Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah tindakan menjual produk orang lain atau membuat orang lain menjual produk kita. Itu adalah pengertian affiliate marketing secara singkat. Orang yang menjual produk dapat menggunakan satu atau semua teknik dalam daftar tipe internet marketing ini untuk menjual sebuah produk afiliasi.

Yang membuat disiplin ini berbeda sendiri adalah seringnya seorang individu ga menjual produknya sendiri. Karena inilah setiap program afiliasi memiliki peraturan, tata cara, dan persyaratan masing-masing yang harus dipenuhi oleh penjual agar bisa diterima di sebuah program.

Banyak pengiklan afiliasi yang menyediakan konten unik mereka sendiri untuk membangun nilai jual produk afiliasi. Seseorang atau sebuah perusahaan yang membuat produk afiliasi pun menghadapi tantangan tersendiri. Mereka harus menciptakan produk yang bermanfaat dan menemukan orang yang tepat untuk menjual produk tersebut. Pembuat produk juga harus menciptakan bahan pemasaran standar yang bisa diadaptasi oleh afiliasi yang bekerjasama dengan mereka.

apa-sih-itu-sebenernya-internet-marketing-sumber-gambar-inovasipintarcom

Sumber Gambar inovasipintar.com

Perkembangan Internet Marketing di Indonesia

Apa sebetulnya yang memperkuat kedudukan internet marketing di Indonesia? Ada apakah di balik asal usul internet marketing? Kok, bisa sampai menyamai bahkan mengungguli kedudukan teknik pemasaran klasik yang sudah bertahun-tahun digunakan?

Menjawab pertanyaan ini berarti kita harus kembali lagi ke dinamika jaman. Ada kebutuhan baru yang mau ga mau harus kita penuhi, yaitu kebutuhan untuk bergerak bersama dengan kemajuan jaman. Kebutuhan inilah yang pada gilirannya membuat pola pikir kita berubah menjadi semakin kritis dan mempengaruhi setiap keputusan yang kita ambil.

Dalam bidang ini, ada faktor inbound yang membuat internet marketing memiliki masa depan cerah. Faktor ini berarti kita sebagai pembelilah yang datang mencari-cari produk atau jasa yang mereka butuhkan, bukan sebaliknya seperti yang biasa kita kenal dalam teknik pemasaran konvensional di mana penjual mengejar-ngejar pembeli.

Inbound adalah hasil yang ditimbulkan dari kesadaran pembeli terhadap merek dan kebutuhan pembeli itu sendiri. Kita sudah lebih mengenali dan ga sekadar percaya saja terhadap segala macam produk dan jasa yang disodorkan oleh perusahaan. Kita mengenali bahwa pilihan kita ga terbatas pada yang produk atau jasa dari perusahaan terbaik saja, sekalipun perusahaan mengklaim diri mereka yang terbalik di kelasnya.

Mata kita sebagai konsumen masa kini sudah mampu melihat bahwa ada yang lebih dari sekadar produk dan jasa terbaik. Lebih dari itu kita mencari nilai yang mereka tawarkan. Kita melihat dan memelihara keterhubungan dengan berbagai merk. Pergeseran gaya berpromosi ini juga dimanfaatkan oleh pelaku pasar yang memanfaatkan internet marketing sebagai media promosi.

Selain itu kegiatan kita yang padat di dunia maya juga turut menjadi faktor pendukung berkembangnya internet marketing di Indonesia. Orang Indonesia yang ‘latah’ ketika hal-hal baru mulai bermunculan di internet semakin memupuk pertumbuhan kegiatan pemasaran ini. Pasar dapat berkembang dengan cepat dan penjualan dapat dibangun dengan lebih mudah.

Faktor keunggulan bersaing juga ga lepas dari perkembangan internet marketing di Indonesia. Dengan menggunakan internet, setiap usaha dapat menciptakan keunggulan bersaing melalui berbagai cara.  Pelaku usaha berlomba-lomba memenangkan persaingan dengan memanfaatkan kemudahan akses internet yang semakin mudah dijangkau masyarakat Indonesia untuk meraih potensi penjualan yang maksimum.

Perusahaan pun berusaha memberikan nilai produk mereka dan membangun hubungan yang baik dengan pengguna internet melalui sosial media dan memberikan feedback yang baik pada pelanggan.

Sejarah internet marketing dan pengertian internet marketing saat ini telah dimengerti masyarakat umum dan mulai banyak dipakai dalam kegiatan usaha berbagai jenis dan skala usaha. Definisi internet marketing ga lagi menjadi sesuatu yang asing di telinga.  Perkembangan internet marketing di Indonesia ini bukan main-main, lho.

Baca Juga
1. Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Social Media Marketing?
2. 
Apa Sih Itu Sebenernya Tujuan dan Manfaat Content Marketing?

Buktinya saat ini semakin banyak orang berbondong-bondong mengikuti seminar atau kelas singkat khusus untuk mempelajari internet marketing dan menjadikannya teknik promosi tunggal bagi produk dan jasa yang mereka produksi.

Hasilnya?

Ga sedikit yang memiliki penghasilan berjuta-juta melalui internet marketing dan penjualan yang meningkat. Untuk ukuran sebuah industri yang terbilang masih muda, internet marketing adalah teknik yang sungguh menjanjikan, ya.

Untuk memenuhi aspek pemasaran yang mengandalkan kecepatan, kemurahan, dan kemudahan internet marketing adalah lahan yang pas di era digital ini. Dengan mengadopsi dan mengadaptasi tipe internet marketing yang tepat dan sesuai untuk tujuan serta kebutuhan kita.

Internet dapat menjadi tempat yang dapat meningkatkan dan memajukan usaha kita. Karena selama masih ada internet dan penggunanya, perkembangan internet marketing di Indonesia ga akan berhenti di satu tempat.

Karna sekarang Indonesia udah berkembang jauh, kini kita jadi pengguna internet ke 4 terbanyak di Asia. Jadi saking cepetnya teknologi informasi Asia berkembang  1.319 % dari tahun 2000 sampe 2015. Jadi jangan kita jangan sampe kalah ga mau belajar internet marketing ya.

Gimana Mas Bro dan Mbak Bro, suka sama tulisannya?

Jangan ragu buar disebarluaskan di media sosial ya. Ga bayar kok. Kalo masih ada yang bingung ato mau bilang makasih. Jangan ragu tinggalkan jejak komentar ya.

Semoga berguna.

Seneng bisa berbagi.

Kini udah tau internet marketing
Paham kalo yang satu ini penting
Jadi jangan ga ada lagi berpaling
Saatnya buat belajar udah genting

Tembalang, Semarang
16:51 WIB Jumat, 14 Oktober 2016
Ka2016/10/14/10-
Tulisan Temen Kita

Sumber Tulisan
afiliasi. 2014. Internet Marketing apiliasi.wordpress.com/2014/0802/internet-marketing/diakses pukul 06:06 WIB pada hari Kamis, 13 Oktober 2016
Harian TI. 2013. Indonesia Internet Survey 2013: Pengguna Internet Indonesia Kini Mencapai 74 Juta Orang. harianti.com/indonesia-internet-survey-2013-pengguna-internet-indonesia-kini-mencapai-74-juta-orang/ diakses pukul 17:06 WIB pada hari Jumat, 14 Oktober 2016
Doddy Saputra. 2014. Menguatnya Peran Digital Marketing di Indonesia marketing.co.id/menguatnya-peran-digital-marketing-di-indonesia diakses pukul 06:06 WIB pada hari Kamis, 13 Oktober 2016
Hartriani, Jeany. 2016. Indonesia Peringkat 4 Pengguna Internet Asia katadata.co.id/grafik/2016/01/13/indonesia-peringkat-4-pengguna-internet-asia diakses pukul 17:11 WIB pada hari Jumat, 14 Oktober 2016
Wikipedia. 2014. Sejarah Internet Indonesia id.m.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Internet_Indonesia diakses pukul 12:50 WIB pada hari Kamis, 13 Oktober 2016

Sumber Gambar:
beritagar.id diakses pukul 06:06 WIB pada hari Kamis, 13 Oktober 2016
female.kompas.com diakses pukul 06:06 WIB pada hari Kamis, 13 Oktober 2016
katadata.co.id diakses pukul 17:11 WIB pada hari Jumat, 14 Oktober 2016
selular.id diakses pukul 17:28 WIB pada hari Jumat, 14 Oktober 2016
tulisbaca.com diakses pukul 06:06 WIB pada hari Kamis, 13 Oktober 2016
www.mandalamaya.com diakses pukul 17:30 WIB pada hari Jumat, 14 Oktober 2016

Tentang Kita
Twitter :
kekitaan_
Line :
@kekitaan
Facebook :
Kekitaan Kita
Google+ : Kekitaan Kita
Youtube : Kita/
Linkedin : kekitaan_
Pinterest : kekitaan_
Instagram : kekitaan_

Trackbacks & Pings

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *