Udah Coba? 27 Cara Sehat Agar Bisa Cepet Tidur : #KitaSehat12

27 Cara Agar Bisa Cepet Tidur - Sumber Gambar female.kompas,com

Sumber Gambar female.kompas,com

Gimana Caranya Supaya Gampang Tidur?
Kenapa Kita Susah Tidur?

Ada 27 cara sehat bisa cepet tidur
Kita tinggal obrolin pelan-pelan
Jangan cuma kaget dan budur
Begitu baca langsung lakukan

Salam Mas Bro dan Mbak Bro

Gimana cara agar bisa cepet tidur?

Tenang, kita obrolin disini jalan keluarnya ya. Saatnya bilang selamat tinggal sama begadang.

Sebagai makhluk hidup, manusia memiliki berbagai macam kegiatan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Mulai dari makan, bekerja, dan bermain. Selain hal tersebut, manusia juga memerlukan istirahat. Istirahat merupakan salah satu kebutuhan penting bagi manusia. Bahkan robot aja ngadat kalo dipake terus-terusan, ga ada berhentinya!

27 Cara Agar Bisa Cepet Tidur - Sumber Gambar bhataramedia.com

Sumber Gambar bhataramedia,com

Gimana Caranya Supaya Gampang Tidur?

Ga sedikit manusia yang mengalami kerusakan karena dipakai terus menerus. Seringnya, sih banyaknya pekerjaan membuat kita lupa sama badan yang perlu diistirahatin. Nah, giliran ga ada kerjaan, badan malah bingung gimana ya caranya supaya tidur cepet. Kita salah satu orang yang merasakan hal tersebut?

Perhatiin 27 cara agar bisa cepet tidur ini:

27 Cara Agar Bisa Cepet Tidur -

Sumber Gambar mypotik.blogspot.com

1.Lakukan Aktivitas Sampe Cape

Sekuat-kuatnya kita, pasti ada capenya juga, kan. Kalo badan kita diibaratkan barang elektronik. Misal nih tamiya, itu loh, mobil-mobilan yang sering kita mainin waktu masih kecil (buat anak era 90-an, sih).

Pernah liat kan tamiya yang lagi keren-kerennya melaju di trek, udah gaya banget, tuh. Eh, tiba-tiba malah mati sendiri. Batrenya soak, guys! Nah, badan kita juga kalo dipaksa terus terus, terus, dan terus beraktivitas, pasti bakal cape, dan istirahat dengan sendirinya.

Baca Juga
1. Apa Sih Itu Sebenernya Penyakit Amandel?
2. Parah!!! 27 Efek Buruk Begadang dan Akibat Kurang Tidur

Mungkin di antara kita yang baca ini ada yang ga suka dengan cara ini. Ga suka karena berarti harus tidur dengan keringat yang masih berlimpah, atau dengan baju yang bukan baju tidur, tenang aja. Kalo kita merasa udah cape banget, dan bakalan tumbang dalam seketika, bersihkan dulu tubuh kita dengan air hangat, dan jangan ngapa-ngapain lagi, langsung aja mendarat di kasurkesayangan.

Cukup biarkan diri kita terbaring, dan tadaa, kita bakal kaget sendiri karena tiba-tiba udah pagi.

27 Cara Agar Bisa Cepet Tidur - Sumber Gambar desainrumahkeren.com

Sumber Gambar desainrumahkeren.com

2.Berendam Air Hangat

Kalo cara pertama menurut kita terlalu menyiksa diri, masih ada cara lain, kok. Masih banyak stok cara-cara tidur cepet yang bakal dibahas di sini. Nah, cara yang kedua adalah dengan berendam di dalam air hangat. Metode ini udah teruji, loh.

Ini bukan karena airnya ada mantra ajaibnya, ya. Ini karena suhu yang hangat bisa membuat tingkat stress berkurang dan pikiran menjadi lebih jernih. Saat tubuh kita terkena air hangat, pasti tubuh akan tertular suhu dari si air, tapi saat kita selesai dengan air hangat itu, suhu tubuh akan turun lebih cepat. Keadaan ini membuat hormon yang ada di dalam tubuh kita mendukung kita saat kita mau tidur.

Ets, tapi jangan keasyikan berendemya, cukup 20 menit aja. Tambahkan air dengan minyak beraroma kalem seperti lavender untuk menambah ketenangan.

27 Cara Agar Bisa Cepet Tidur - Sumber Gambar maskoolin.com

Sumber Gambar maskoolin.com

3.Peregangan

Setelah bangun tidur, biasanya kita sering melakukan peregangan, atau lebih akrab dibilang ngulet. Ternyata, peregangan yang dilakukan sebelum tidur dapat membantu mengurangi masalah tidur, loh. Untuk kita yang merasa sulit tidur, bisa lakukan gerakan sederhana ini.

Posisikan badan kita terlentang, lalu tekukkan salah satu kaki, seolah-olah lutut kita akan bertemu dengan dagu. Tahan posisi tersebut sekitar 15 detik dan rasakan adanya peregangan pada paha dan bagian bawah punggung. Ulangi kembali dengan menggunakan kaki yang lainnya.

Gerakan lain yang bisa dicoba ialah dengan memposisikan diri bersila, lalu tangan kanan diletakkan di lantai, sementara tangan kiri di atas telinga. Setelah itu, miringkan tubuh kita ke arah kanan dan buat bahu mengenai lantai. Tahan selama 10 detik, ulangi pada sisi lainnya. Rasakan nikmatnya!

27 Cara Agar Bisa Cepet Tidur - Sumber Gambar phbskita.blogspot.com

Sumber Gambar phbskita.blogspot.com

4.Olahraga Teratur

Jangan-jangan selama ini biang keroknya karena kita yang malas olahraga. Olahraga teratur itu banyak manfaatnya, loh. Selain badan kita yang lebih kuat, stamina tahan lama, proses tidur kita pun bisa jadi lebih cepat. Rutinlah olahraga setiap pagi, misalnya jogging atau bersepeda. Kalo merasa ga sempat melakukannya di pagi hari, kita bisa melakukannya sebelum tidur.

Tapi, jangan lakukan kurang dari 3 jam sebelum tidur. Kalo kita melakukannya misalnya 2 jam sebelum tidur atau bahkan setengah jam sebelum tidur, yang ada kita bakalan melek terus dan jadi ga bisa tidur.

27 Cara Agar Bisa Cepet Tidur - Sumber Gambar id.wikihow.com

Sumber Gambar id.wikihow.com

5.Berlatih Napas

Bernapas aja kok dilatih? Itu, kan udah reflek.

Jangan berpikir gitu dulu, dong. Cobain deh kita bernapas dan benar-benar kita rasakan. Bernapas itu sangat mempengaruhi pikiran dan suasana hati kita, loh. Liat aja, kalo misalkan kita marah-marah, tiba-tiba napas kita jadi memburu gitu, kan. Kalo di komik sih, udah memerah dan keluar asep gitu.

Untuk membantu kita menyelesaikan masalah tidur kita, lakukan tarikan napas pertama selama 4 detik, lalu tahan napas selama 7 detik, terakhir, hembuskan napas selama 8 hitungan. Jadikan latihan napas ini rutinitas sebelum kita tidur, supaya tidur lebih lelap.

Delapan hitungannya biasa aja, ya. Ga usah dipercepat atau diperlambat.

27 Cara Agar Bisa Cepet Tidur - Sumber Gambar tentik.com

Sumber Gambar tentik.com

6.Ngemil dan Minum Minuman Hangat

Dih, kok sebelum tidur makan, sih? Memang sih, makan (apalagi makan berat) sebelum tidur bukan hal yang baik. Tapi, kalo perut kita orkes pas mau tidur, emang enak? Jangan biarkan diri merana hanya karena hal itu, konsumsilah camilan yang rendah lemak. kita bisa memilih makan buah, yoghurt rendah lemak, atau makanan ringan yang berasal dari kacang-kacangan atau biji-bijian.

Konsumsi sereal atau roti gandum juga baik, loh. Kandungan di dalam makanan tersebut meningkatkan kadar tryptophan. Tryptophan membuat otak memproduksi kandungan serotonin lebih banyak. Semakin banyak serotonin yang diproduksi, tubuh akan masuk ke dalam kondisi bahagia, santai, dan semakin mudah tertidur.

Tapi, plis, jangan cemilin yang tinggi lemak dan pedes, ya.

27 Cara Agar Bisa Cepet Tidur - Sumber Gambar obatdarahtinggi.id

Sumber Gambar obatdarahtinggi.id

7.Kurangi Kafein dan Nikotin

Kafein bukanlah istilah yang langka didengar atau diucapkan. Kafein disini bukan pula tentang grup band yang pernah terkenal di eranya. Ini tentang kandungan yang ada di dalam kopi. kita masih bisa mengonsumsi kopi, tapi hanya sampai jam makan siang. Ini karena kafein dapat bertahan dalam tubuh selama 5 jam setelah dikonsumsi.

Buat kita penikmat nikotin, jauhi juga deh, karena kerjanya sebagai stimulan sama kaya kafein.

Kalo bisa sih jangan dikurangin doang ya, tapi brenti.

27 Cara Agar Bisa Cepet Tidur - Sumber Gambar vemale.com

Sumber Gambar vemale.com

8.Pijat

Terlalu banyak bekerja bisa membuat badan kita kaku-kaku. Otot-otot dalam tubuh menjadi tegang dan tak jarang membuat kita kesulitan untuk tidur. Cobalah melemaskan badan dengan pijatan. Kalo udah punya pijat langganan, bagus, tapi kalo belum, kita bisa mendatangi beberapa tempat hasil survey di internet atau rekomendasi kerabat, kita.

Setelah pijat, badan kita akan lebih rileks dan tidur pun tak lagi sulit. Bahkan terkadang kita bisa ketiduran saat dipijat.

27 Cara Agar Bisa Cepet Tidur - Sumber Gambar alodokter.com

Sumber Gambar alodokter.com

9.Menjaga Kondisi Cahaya

Ingat rasanya kalo habis nonton bioskop, lalu lampu tiba-tiba menyala?

Ga nyaman banget di mata. Itulah salah satu contoh, kenapa cahaya menjadi faktor penting. Rutinitas apapun memerlukan pengaturan cahayanya masing-masing. Untuk membuat kita mudah terlelap, buatlah ruangan tempat kita tidur dalam kondisi gelap. Jangan biarkan lampu menyala, karena kondisi gelap membuat badan kita merasa bahwa udah tiba waktunya untuk tidur dan seluruh hormon dan organ lainnya bekerja sama untuk membuat kita merasa ngantuk.

Alat elektronik yang mengeluarkan cahaya, seperti TV, dimatikan juga, ya.

27 Cara Agar Bisa Cepet Tidur - Sumber Gambar deloiz.blogspot.com

Sumber Gambar deloiz.blogspot.com

10.Suhu Ruangan Harus Tepat

Selain cahaya, suhu juga harus diperhatikan. Lihat saja bayi yang tiba-tiba terbangun jika kepanasan, atau malah ada juga orang yang terbangun karena menggigil kedinginan. Pertahankan keadaan kamar yang sejuk. Kalo kita ingin lebih hangat, bisa gunakan selimut sambil peluk guling.

Kalo kita bermasalah dengan seringnya berkeringat saat malam hari, coba pake kasur cooling pad yang bisa menjaga tubuh.

27 Cara Agar Bisa Cepet Tidur - Sumber Gambar informasibuatkamuibu.wordpress.com

Sumber Gambar informasibuatkamuibu.wordpress.com

11.Udara Harus Segar

Kamar yang baik harus punya udara segar. Kalo kamar kita ga ada jendela ato ga ada ventilasi, mungkin faktor udaranya yang membuat kita ga bisa tidur. Udara yang bersih akan membuat kita lebih mudah tertidur. Jadi rutinlah membuka jendela untuk membuat udara mengalami sirkulasi.

Punya alat pembersih udara?

Nah, lebih bagus lagi, tuh.

27 Cara Agar Bisa Cepet - Tidur - Smber Gambar jalantauhid.blogspot,com

Sumber Gambar jalantauhid.blogspot,com

12.Warna dan Dekorasi Kamar yang Tepat

Kita pasti punya warna favorit dan kita cenderung mewarnai kamar kita dengan warna favorit tersebut. Ga ada salahnya punya warna favorit, tapi tau ga warna ternyata bisa mempengaruhi psikologis kita. Seperti ada warna yang cocok untuk belajar, ada pula warna yang cocok untuk tidur. Pilihlah warna-warna yang membawa relaksasi badan untuk menghantar kita ke proses tidur yang lebih mudah dan cepat. Warna biru muda, krem, atau warna-warna kalem lainnya bisa menjadi pilihan kita.

27 Cara Agar Bisa Cepet Tidur - Sumber Gambar desaingambarrumahminimalis.com

Sumber Gambar desaingambarrumahminimalis.com

13.Rapiin Kamar

Ayo ngaku, berapa sering sih kita beresin kamar. Ato kita termasuk orang yang aneh kalo kamar kita bisa rapi. Percayalah, merapikan kamar ga ada salahnya, kok. Justru dengan kondisi kamar yang rapi, kita akan mengurangi beban pikiran yang sadar ga sadar ada di benak kita.

Kalo pikiran udah berhasil berkurang, udah deh tinggal bobo nyenyak.

27 Cara Agar Bisa Cepet Tidur - Sumber Gambar rumahminimalis36.com

Sumber Gambar rumahminimalis36.com

14.Bantal dan Kasur Harus Nyaman

Karena yang mewah dan mahal akan kalah dengan yang nyaman. Setuju ga?

Sulit tertidurnya kita mungkin karena kurangnya frekuensi kita mengganti sprei atau menjemur bantal dan guling kita. Saat kita ga nyaman dengan bantal dan tempat tidur, selama tidur kita hanya akan gelisah, gelisah, dan gelisah.

27 Cara Agar Bisa Cepet Tidur - Sumber Gambar indonesian.alibaba.com

Sumber Gambar indonesian.alibaba.com

15.Pakai Aroma Minyak Esensial

Saat tiba-tiba kita menghirup ada aroma kupat dan opor ayam, saat itu pula pikiran kita merasa seolah Idul Fitri udah di depan mata. Nah, aroma yang kita cium akan mempengaruhi pikiran kita. Gunakan beberapa minyak esensial yang membawa pengaruh nyaman supaya kita bisa cepat tertidur.

Beberapa orang cocok menggunakan minyak lavender sebagai aroma penghantar tidurnya. Teteskan saja minyak tersebut di bawah sarung bantal. Pilihan aroma lainnya ialah geranium, atau aroma lain yang ternyata lebih cocok membawa kita pada kondisi rileks.

27 Cara Agar Bisa Cepet Tidur - Sumber Gambar unycommunity.com

Sumber Gambar unycommunity.com

16.Jangan Ada yang Berisik

Sst, jangan berisik, anak saya lagi tidur!

Masih ingat dengan kata-kata itu? Kata-kata itu emang bener, guys. Siapa yang kuat sih tidur dalam kondisi berisik (kecuali kita emang pelor). Oleh karena itu, pastiin semua hal yang bisa menghasilkan bunyi ga akan berbunyi saat kita tidur, misalnya matikan handphone, TV, dan computer kita.

27 Cara Agar Bisa Cepet Tidur - Sumber Gambar jenisbarang.blogspot.com

Sumber Gambar jenisbarang.blogspot.com

17.Baju Tidur yang Nyaman

Baju tidur alias piyama menentukan juga kita sulit tidur atau ga. Pakaian tidur yang terlalu ketat hanya akan membuat kita ga leluasa. Untuk tidur, sebaiknya pilih pakaian yang lembut dan longgar.

Pastiin ga ada kancing yang mengganjal saat kita tidur, ya.

27 Cara Agar Bisa Cepet Tidur - Sumber Gambar sayamausehat.com

Sumber Gambar sayamausehat.com

18.Menulis, Membaca, atau Main Game Ringan

Suka tulis diary? Bagus loh itu. Saat menulis diary kita mengeluarkan masalah yang ada di pikiran kita dan menuangkannya dalam rupa tulisan. Hal itu akan membuat kita rileks dan lebih mudah tertidur.

Kalo kita lebih memilih membaca atau main game ringan lakukan hal tersebut dengan yang bukan bertema menakutkan atau malah mengasyikan. Membaca dan bermain game ringan ini akan membuat pikiran lebih santai dan lebih mudah untuk masuk ke alam tidur.

Suka ketiduran kalo baca buku pelajaran?

Ah, itu mah kitanya aja yang ga konsen.

27 Cara Agar Bisa Cepet Tidur - Sumber Gambar izwie.com

Sumber Gambar izwie.com

19.Denger Musik

Ibu sering membuat anaknya terlelap nyenyak dengan alunan nina bobo yang keluar dari mulutnya. Mungkin hal ini yang kita rindukan supaya bisa tertidur dengan cepat. Cobalah mendengarkan musik sebelum tidur. Pilihlah musik yang damai yang membuat kita lebih mudah terlelap. kita bisa mendengarkan instrumental atau audio rekaman suasana pantai atau mungkin hutan.

Kalo mau denger nina bobo dari ibu, coba aja request sama ibu kita, siapa tau ibu kita mau.

27 Cara Agar Bisa Cepet Tidur - Sumber Gambar mobile.fourlook.com

Sumber Gambar mobile.fourlook.com

20.Ngayal

Berkhayal ternyata ada manfaatnya loh. Saat kita memilih untuk ngayal sebelum tidur saat itu perhatian kita sepenuhnya teralihkan dengan skenario yang sibuk kita buat di dalam otak kita. Saat berkhayal, pilihlah untuk memikirkan hal yang damai dan menyenangkan. Bisa juga kita mengkhayal versi komplit, lengkap dengan siapa saja yang ada, lagi ngapain, di mana, dan semua detail-detailnya, sampai kita terlelap.

Khayalin si dia juga boleh, kok. Siapa tau kebawa mimpi.

27 Cara Agar Bisa Cepet Tidur - Sumber Gambar smg.photobucket.com

Sumber Gambar smg.photobucket.com

21.Keluar dari Kamar

Udah coba banyak cara biar cepet tidur tapi ga bisa juga?

Kalo udah sekitar 20-30 menit kita coba tidur tapi ga tidur-tidur juga, itu pertanda kita harus mencoba keluar dari kamar. Coba beralih ke ruangan lain dengan suasana lain, saat badan udah mulai rileks kembali dan siap untuk tidur, kita bisa kembali ke tempat tidur.

27 Cara Agar Bisa Cepet Tidur - Sumber Gambar destiutami.wordpress.com

Sumber Gambar destiutami.wordpress.com

22.Jangan Ngobrol di Telepon

Buat kita yang LDR, mungkin hal ini malah yang membuat kita sulit tidur. Tidur memerlukan ketenangan, sementara, ngobrol merupakan aktivitas yang memerlukan kesiagaan dari otak. Saat ngobrol, otak akan bekerja terus dan memerlukan waktu untuk rileks kembali.

Lebih baik atur jadwal ngobrol kita, seganya setengah jam sebelum tidur, supaya kita bisa tidur nyenyak.

Padahal ada yang bisa ketiduran kalo bahan obrolannya udah membosankan loh. Belajar menghargai orang lain ya Mas Bro dan Mbak Bro.

27 Cara Agar Bisa Cepet Tidur - Sumber Gambar intisari-online.com

Sumber Gambar intisari-online.com

23.Atur Jadwal Tidur

Tubuh memiliki jamnya sendiri. Apapun yang terjadi, kalo kita terbiasa sarapan, setiap pagi kita pasti akan merasa lapar dan akan otomatis mencari makanan. Tubuh juga memiliki jamnya sendiri untuk tidur. kita bisa memaksa diri terbiasa untuk tidur di jam tertentu. Lambat laun tubuh akan beradaptasi dengan sendirinya untuk otomatis tertidur pada jam tersebut.

Untuk kita yang kebetulan sulit bangun, metode ini juga bisa kita terapkan. Jam biologis kita akan membangunkan kita.

27 Cara Agar Bisa Cepet Tidur - Sumber Gambar susahtidur.org

Sumber Gambar susahtidur.org

24.Jangan Taruh Jam Bersuara di Posisi yang Mudah Terjangkau

Kalo kita sedang panik karena akan terlambat janjian sama si dia, hal yang pasti kita lakukan adalah melihat jam. Sadar atau ga, semakin sering kita lihat jam itu, kita hanya akan semakin cemas. Hal inilah yang harus dihindari saat kita ingin tidur dengan cepat dan lelap. Kalo kita tidur hanya dengan ditemani suara detik dari jam kita, kita hanya akan semakin cemas dan cemas. Apalagi jika posisi jam tersebut sangat mudah terlihat.

27 Cara Agar Bisa Cepet Tidur - Sumber Gambar rsu-sundari.com

Sumber Gambar rsu-sundari.com

25.Kunjungi Dokter

Nah, untuk meyakinkan suplemen apa yang sebaiknya kita konsumsi, kita juga bisa bertanya pada dokter. Selain itu, diskusikanlah dengan dokter apa yang sebenernya kita rasain. Dokter akan menilai pola tidurnya kita dan mungkin akan meresepkan obat tidur, atau memberi alternatif aktivitas lain yang harus kita lakukan agar pola tidur kita kembali normal.

27 Cara Agar Bisa Cepet Tidur -

Sumber Gambar blogkhususdoa.com

26.Berdoa

Kita mungkin sering melupakan hal ini, kali. Berdoa sebelum dan seudah tidur seharusnya kita lakukan setiap hari. Ga peduli agama apapun kita. Tuhan pasti senantiasa melindungi dan menjaga kita dalam tidur kita.

Buat beberapa orang cara yang satu ini memang klise. tapi kita juga harus akui kalo cara yang satu ini jelas ampuh untuk beberapa orang.

Setuju Mas Bro dan Mbak Bro?

27 Cara Agar Bisa Cepet Tidur - Sumber Gambar health.kompas.com

Sumber Gambar health.kompas.com

27.Suplemen Tidur

Ini cara terakhir dan ga dianjurkan sama sekali. Tapi kalo 26 cara diatas udah ga mempan sama sekali. Barulah lakukan cara ini ya.

Jika beberapa cara di atas udah kita coba tapi masih belum berhasil juga, kita bisa memilih dengan mengonsumsi suplemen tidur. Di apotek udah banyak suplemen tidur yang dijual, tapi ada baiknya kita membaca efek samping dan konsultasikan dengan apoteker yang ada di sana.

Bisa dicoba ya Mas Bro dan Mbak Bro. Semoga tidur kita menjadi lebih nyenyak dan teratur!

Baca Juga
1. Gimana Cara Sembuhin Penyakit Amandel?
2. Kalo Amandel Luka Ato Bengkak Bahaya Ato Ga?

Kenapa Kita Susah Tidur?

Setelah selesai dengan semua 27 cara sehat agar bisa cepet tidur diatas. Ada juga 27 alasan dan penyebab kenapa kita susah tidur. Nanti kita ngobrol lagi dilain waktu ya.

Jangan lupa bagikan obrolan kita ini sama temen dan keluarga yang susah ditidur ya. Kalo ada yang mau diobrolin lagi. Silahkan tinggal komentar dibawah ya Mas Bro dan Mbak Bro.

Semoga berguna.

Seneng bisa berbagi.

Siapa sih yang ga mau tidur cepet
Pasti kita semuanya mau dong
Tapi gara-gara waktu yang kepepet
Banyak yang jam tidur malah bolong

Tembalang, Semarang
Selasa 01:00 WIB, 15 Desember 2015
Tulisan Temen Kita [MHF]

Sumber Tulisan
Aku Ingin Sukses. 2016. 9 Tips Untuk Membuat Tidur Anda Berkualitas (Nyenyak) www.akuinginsukses.com/9-tips-untuk-membuat-tidur-anda-berkualitas-nyenyak/ diakses pukul 13:36 WIB pada hari Rabu, 12 Oktober 2016
Aku Ingin Sukses. 2016. 7 Tips Mengatasi Sulit Tidur www.akuinginsukses.com/7-tips-mengatasi-sulit-tidur/ diakses pukul 13:35 WIB pada hari Rabu, 12 Oktober 2016
Bebby Sekarsari 2016 Cara Agar Cepat Tidur Dalam 60 Detik 1health.id/id/article/category/sehat-a-z/cara-agar-cepat-tidur-dalam-60-detik.htmldiakses pukul 13:35 WIB pada hari Rabu, 12 Oktober 2016
Benedikta Desideria 2015 Cara Cepat Tidur dalam Satu Menit health.liputan6.com/read/2242968/cara-cepat-tidur-dalam-satu-menitdiakses pukul 13:33 WIB pada hari Rabu, 12 Oktober 2016
Carakhasiatmanfaat 2016 Tips cara tidur cepat dan nyenyak carakhasiatmanfaat.com/artikel/tips-cara-tidur-cepat-dan-nyenyak.html diakses pukul 13:33 WIB pada hari Rabu, 12 Oktober 2016
Mazinu Mazure 2013 15 Cara Agar Cepat Tidur (Mengatasi Insomnia) mazinubersahabat.blogspot.co.id/2013/09/15-cara-agar-cepat-tidur-mengatasi.htmldiakses pukul 13:36 WIB pada hari Rabu, 12 Oktober 2016

Sumber Gambar
bhataramedia,com diakses pukul 13:01 WIB pada hari Selasa, 31 Oktober 2016
female.kompas,com diakses pukul 13:01 WIB pada hari Selasa, 31 Oktober 2016
jalantauhid.blogspot.com diakses pukul 16:49 WIB pada hari Senin, 24 Oktober 2016
susahtidur.org diakses pukul 16:49 WIB pada hari Senin, 24 Oktober 2016

Tentang Kita
Twitter :
kekitaan_
Line :
@kekitaan
Facebook :
Kekitaan Kita
Google+ : Kekitaan Kita
Youtube : Kita/
Linkedin : kekitaan_
Pinterest : kekitaan_
Instagram : kekitaan_

Trackbacks & Pings

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *