27 Manfaat Mengikuti dan Aktif Berorganisasi Berdasarkan Pengalaman : #PanduanKita24

27 Manfaat yang Jelas Akan Kita Dapatkan dari Ikut dan Aktif Berorganisasi Berdasarkan Pengalaman - Sumber Gambar www.investasijabonsurabaya,com

Sumber Gambar www.investasijabonsurabaya,com

27 Keuntungan yang Bisa Siapapun Dapatkan Kalo Aktif dalam Kegiatan di Organisasi
Apa Sih Manfaatnya Ikut Organisasi?

Apa manfaatnya ikut organisasi
Ikut bukanlah sekedar sensasi
Setiap kita harus bisa instropeksi
Jangan sekedar ikutan tradisi

Salam Mas Bro dan Mbak Bro.

Pada ikutan organisasi apa aja?

Kalo ngobrol soal manfaat ikut organisasi. Dalam panduan kali ini, kita bilangnya 27 manfaat yang jelas akan kita dapatkan dari ikut dan aktif berorganisasi ya Mas Bro dan Mbak Bro.

Kata-katanya “manfaat yang jelas” dan “ikut dan aktif”. Karna ga ada kemampuan yang pasti akan kita dapatkan berorganisasi kalo kita hanya sekedar ikut.

Apa Sih Manfaatnya Ikut Organisasi? - 27 Manfaat yang Jelas Akan Kita Dapatkan dari Ikut dan Aktif Berorganisasi Berdasarkan Pengalaman - Sumber Gambar vibizmedia.com

Sumber Gambar vibizmedia.com

Apa Sih Manfaatnya Ikut Organisasi?

Organisasi apapun yang kita ikuti kalo kita hanya sekedar jadi “penumpang” ato “anggota hore”. Mending sekalian aja ga usah ikutan. Karna kalo hanya sekedar kejar status ga akan ada gunanya.

Udah rugi waktu tambah lagi kita rugi “rasa percaya”.

Maksudnya?

Pertama rugi waktu, udah capek-capek ikut seleksi. Eh ga aktif dalam kegiatan dan cari ilmu. Yah, sia-sia.

Kedua, rugi rasa percaya. Organisasi itu selain tempat belajar, organisasi adalah tempat saling menilai dan dinilai. Jadi kalo kerjaan kita bagus. Ga menutup kemungkinan saat kerja nanti kita akan mudah diterima kerja. Selain karna kita udah punya pengalaman. Lalu misalnya ada senior di organisasi dulu udah kerja duluan. Maka kita bisa masuk dan diterima dengan mudah, bahkan ada yang tanpa tes.

Ini bukan omong kosong. Karna bukan 1 ato 2 orang udah membuktikannya.

Selain kemampuan halus (baca : softskill) seperti dan kemampuan kasar (baca : hardskill)

Nah, kembali lagi ke obrolan 27 manfaat yang jelas akan kita dapatkan dari ikut dan aktif berorganisasi tadi. Semua 27 manfaat kalo ikut organisasi yang akan kita obrolin dibawah syarat utama adalah kalo kita aktif ya. Kedua mau belajar.

Kalo ada yang aktif karena pengen cari cewek ato diliat keren itu sudah dicari tau ya. Karna saat seleksi dan wawancara organisasi semua serigala bisa jadi domba.

Oh ya Mas Bro dan Mbak Bro manfaat, keuntungan, kelebihan, dan pentingnya ikut organisasi ato apapun itu lagi kata-katanya. Organisasi yang kita bahas disini secara umum ya. Karna pada dasarnya semua manfaatnya akan sama baik itu organisasi kemahasiswaaan dikampus, sekolah, dan komunitas ato kelompok minat itu sama. Tinggal jenis organisasi aja yang akan membedakan.

27 Keuntungan yang Bisa Siapapun Dapatkan Kalo Aktif dalam Kegiatan di Organisasi

Biar gampang dipahami, keuntungan ikut organisasi dalam obrolan kali ini akan kita bagi 3, yaitu:

  1. Kesempatan Menunjukkan Sesuatu;
    Ga semua orang mau belajar ikutan organisasi. Ada juga yang gabung hanya untuk menunjukkan kemampuan halus ato barang kasarnya.
  2. Belajar;
    Hal yang dilakukan banyak orang saat ikutan organisasi.
  3. Anomali;
    Ga bisa dipungkiri ada aja alasan yang ga terduga saat anak baru masuk ke sebuah organisasi.

1-4. Manfaat Kesempatan Menunjukkan Sesuatu yang Kita Dapatkan Kalo Gabung dan Aktif di Organisasi

Kesempatan Menunjukkan Jati Diri - 27 Manfaat yang Jelas Akan Kita Dapatkan dari Ikut dan Aktif Berorganisasi Berdasarkan Pengalaman - Sumber Gambar www.arbamedia.com

Sumber Gambar www.arbamedia.com

1. Kesempatan Menunjukkan Jati Diri

Sebagai anak baru kita ga akan terlalu memikirkan struktur organisasi, unsur-unsur organisasi, susunan organisasi,  sistem organisasi, asas organisasi, ato manajemen organisasi. Ah, bikin pusing.

Justru kita lebih memikirkan apa tujuan organisasi dan arti organisasi untuk kita.

Nah, selain dua hal yang bikin pusing diatas. Sebenarnya tanpa disadari keuntungan ikut organisasi yang pertama kita dapatkan adalah kesempatan untuk menunjukkan jati diri.

Baik buruknya kita akan keliatan diorganisasi.  Apapun itu sebenarnya kita ga perlu kuatir. Tenang.

Buruknya kita akan hilang kalo kita mau belajar dan mendengarkan masukan dari temen dan senior di organisasi. Sedangkan baiknya jangan terlalu seneng juga kita memang bisa bertambah baik kepribadiannya.

Tapi dalam organisasi selalu ada kesempatan bertambah buruk. Buruk semakin buruk dan baik menjadi buruk.

Biasanya sih ini akan dialami anak yang keras kepala, selalu mau menang sendiri, dan egois.

Yah, kalo ga keluar sendiri ya dikeluarkan.

Kesempatan menunjukkan jati diri ini terjadi banyak ga disadari sama anak baru dalam sebuah organisasi. Tapi kalo buat seniornya ini adalah peristiwa dalam hidup. Sama pentingnya dengan seberapa pentingnya pertanyaan proklamasi Indonesia.

Perubahan kita dalam jati diri ini nantinya akan sangat berkaitan erat sama cara kita belajar bertemen di organisasi, mengatur emosi dan mangatur konflik, dan saat berhadapan sama orang banyak.

Kesempatan Menyalurkan Bakat dan Kemampuan - 27 Manfaat yang Jelas Akan Kita Dapatkan dari Ikut dan Aktif Berorganisasi Berdasarkan Pengalaman - Sumber Gambar pembacamimpi.wordpress.com

Sumber Gambar pembacamimpi.wordpress.com

2. Kesempatan Menyalurkan Bakat dan Kemampuan

Kalo mau bejalar dalam sebuah organisasi itu wajar. Tapi sebelumnya pastikan dulu organisasi yang akan kita ikuti, bisa jadi kesempatan dan tempat menyalurkan bakat dan kemampuan.

Kalo kita bisa temukan sistem dan tujuan organisasi yang sesuai sama bakat dan kemampuan kita. Itu akan sangat bagus Mas Bro dan Mbak Bro.

Karna kita akan dapatkan 3 kali untung. Pertama selain kemampuan kita akan terasah. Kedua kita ikutan bukan paksaan tapi malah seneng-seneng Ketiga itu akan jadi wadah promosi gratis.

Karna itu jangan sia-siakan. Sekarang biaya promosi dan publikasi dalam sebuah perusahaan itu bisa makan dana 30-60% dari keseluruhan dana yang ada.

Kesempatan menyalurkan bakat dan kemampuan inilah alasannya kenapa organisasi minat dan bakat seperti kesenian dan olahraga banyak diminati.

Memperluas Pertemanan - 27 Manfaat yang Jelas Akan Kita Dapatkan dari Ikut dan Aktif Berorganisasi Berdasarkan Pengalaman - Sumber Gambar www.teropongbisnis.com

Sumber Gambar www.teropongbisnis.com

3. Memperluas Pertemanan

Selanjutnya kesempatan yang kita dalam kalo masuk organisasi adalah memperluas pertemanan. Kalo bahasa kerennya yang sering dipake adalah membangun jaringan.

Mungkin terdengar sepele bukan orang yang belum merasakan sendiri manfaatnya. Kisah nyata dari seorang temen yang punya usaha konveksi pakean olahraga. 90% pesanannya berasal dari temen dan mantan anak didiknya waktu di SSB dulu.

Kelebihan ikut organisasi ini ga bisa dianggap remeh. Terkadang yang satu ini justru lebih penting buat banyak orang daripada pelajaran struktur dan unsur-unsur dalam organisasi. Karna manfaat lebih terasa.

Kesempatan Membuktikan Setiap Teori - 27 Manfaat yang Jelas Akan Kita Dapatkan dari Ikut dan Aktif Berorganisasi Berdasarkan Pengalaman - Sumber Gambar www.landasanteori.com

Sumber Gambar www.landasanteori.com

4. Kesempatan Membuktikan Setiap Teori

Sebagai pribadi kita pasti punya teori sendiri yang terbentuk karena pengalaman pahit dan manisnya hidup. Khususnya soal hubungan dengan orang lain dan kepribadian orang-orang tertentu.

Contoh, karna pernah pacaran sama cowok Batak dan sering dikasari. Jadinya jaga jarak sama orang Batak. Lalu karna punya temen kecil orang jawa yang lelet. Kita berpikir mereka semua sama.

Baca Juga
1. Mau Sewa ato Beli Apartemen? Pertimbangkan 27 Hal Ini Sebelumnya
2. Cara Membuat Review Produk yang Baik dan Menarik dengan Persentasi 100 Persen Disukai

Sebenarnya apa yang kita pikirkan itu masih merupakan kesimpulan sementara. Sampe akhirnya kita bertemu orang dengan etnis dan suku yang sama ternyata berbeda. Maka pikiran kita kembali terbuka.

Itu salah satu arti organisasi yang perlu kita buktikan sendiri.

Kesempatan Menambah Wawasan dan Pengetahuan - 27 Manfaat yang Jelas Akan Kita Dapatkan dari Ikut dan Aktif Berorganisasi Berdasarkan Pengalaman - Sumber Gambar www.mellashare.com

Sumber Gambar www.mellashare.com

5. Kesempatan Menambah Wawasan dan Pengetahuan

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), wawasan adalah hasil dari mewawas, hasil dari penelitian, tinjauan, dan pandangan atas objek tertentu. Sedangkan pengetahuan adalah segala sesuatu yang kita ketahui yang memberikan kita kepandaian.

Jadi setiap kegiatan yang kita lakukan akan menambah wawasan dan pengetahuan kita. Ga ada batasannya, hal apapun yang kita dapatkan dari berorganisasi itu adalah ilmu.

Jadi ga sebatas pada struktur organisasi, manajemen organisasi, unsur organisasi, dan tujuan organisasi ya Mas Bro dan Mbak Bro.

6-20. Kelebihan yang Kita Dapatkan Kalo Belajar dengan Gabung dan Aktif di Organisasi

Setelah mencari kata “belajar organisasi” di mesin mencari ternyata ga banyak orang Indonesia yang minat. Justru dua kata bule ini yang muncul, learning organization. 

Jadi belajar organisasi adalah usaha yang kita lakukan untuk ilmu dan pengalaman dari suatu kesatuan beberapa orang yang tergabung dalam satu minat dan tujuan yang sama. Kita belajar organisasi dalam sebuah susunan struktur kepemimpinan yang punya tugas yang berbeda-beda tapi saling mendung satu sama lain demi mencapai tujuan yang udah ditentukan demi kebaikan bersama juga.

Selain belajar semua hal dari a sampe z soal organisasi. Kita juga belajar hal-hal lainnya, yaitu:

Belajar Mencari dan Membentuk Jati Diri - 27 Manfaat yang Jelas Akan Kita Dapatkan dari Ikut dan Aktif Berorganisasi Berdasarkan Pengalaman - Sumber Gambar ennanorhidullahpalace.blogspot.com

Sumber Gambar ennanorhidullahpalace.blogspot.com

6. Belajar Mencari dan Membentuk Jati Diri

Buat yang mau mendapatkan keuntungan ikut organisasi. Pertama sebaiknya belajarlah untuk mencari dan membentu jati diri. Sebenarnya minat kita itu apa dan apa tujuan hidup kita.

Hal ini sangat berlaku buat orang-orang yang hidupnya biasa-biasa aja karna belum temuin apa bidang terbesar yang kita minati dan kuasai.

Jangan ragu untuk bertanya dan mengajak temen dan senior berbagi cerita. Karna semuanya malai dari nol. Sayangnya ada yang dapat duluan dan ada yang belakangan.

Buat anak baru jangan takut untuk memulai terlambat. Karna kalah jago sama yang lainnya.

Meski ga menutup kemungkinan kita udah punya jati diri yang mantap buat kelas anak baru. Tapi ga ada kata berhenti un untuk belajar.

Apapun jurusan sekolah dan kuliah kita ga ada masalah. Kita ga tau kan siapa penerus Retno L.P. Marsudi, Ibu Menteri Luar Negeri sekarang dalam Kabinet Kerja 2014-2019.

Belajar Kepemimpinan - 27 Manfaat yang Jelas Akan Kita Dapatkan dari Ikut dan Aktif Berorganisasi Berdasarkan Pengalaman - akunyogi.wordpress.com

Sumber Gambar akunyogi.wordpress.com

7. Belajar Kepemimpinan

Manfaat pentingnya ikut organisasi selanjutnya ini sangat banyak diminati. Bahkan ga sedikit yang mau gabung organisasi hanya karna pengen jadi ketua diorganisasi itu.

Ga salah sih Mas Bro dan Mbak Bro tapi ga sepenuhnya bener juga.

Meski begitu semua hal tentang organisasi itu harus kita kuasai. Mulai dari struktur organisasi, apa aja unsur unsur organisasi, susunan organisasi, sistem organisasi, asas organisasi, sampai tujuan organisasi.

Selanjutnya paling penting jangan lupa manajemen organisasi. Supaya saat menjadi ketua bisa memimpin dengan baik.

Oh ya ini berita yang sangat penting. Orang yang pernah menjadi Ketua Organisasi akan sangat dipertimbangkan untuk masuk ke sebuah perusahaan. Karena nilai kepemimpinannya sangat diperhitungkan.

Kalo Ketua Organisasi udah kuasai struktur sekolah atau kemahasiswaan. Maka struktur organisasi dalam perusahaan, pabrik, ato dunia usaha lainnya ga akan sulit untuk dipelajari.

Perbedaannya hanya akan terletak pada nama jabatan, unsur-unsur organisasi, susunan organisasi, sistem organisasi, dan tujuan organisasi.

Belajar Mengelola Waktu - 27 Manfaat yang Jelas Akan Kita Dapatkan dari Ikut dan Aktif Berorganisasi Berdasarkan Pengalaman - Sumber Gambar lifestyle.sindonews.com

Sumber Gambar lifestyle.sindonews.com

8. Belajar Mengelola Waktu

Manfaat ikut organisasi yang satu ini selain menjadi pelajaran seumur hidup. Juga menjadi masalah seumur hidup. Masalah masa lalu dan masalah masa depan.

Ada aja yang selalu bermasalah dengan waktu. Kalo udah ada rapat atau kegiatan. Selalu ada aja yang kebagian jatah telat. Entah kenapa?

Oleh karena itu ketua dan para anggotanya harus bisa melakukan manajemen organisasi yang baik untuk masalah seperti ini.

Meski begitu jadwal organisasi padat selalu membuahkan 2 jenis orang. Semakin bisa mengatur waktu dan tepat waktu. Kedua sulit mengatur waktu dan kebagian jatah telat.

Nah, kita mau yang mana?

Belajar Berteman - 27 Manfaat yang Jelas Akan Kita Dapatkan dari Ikut dan Aktif Berorganisasi Berdasarkan Pengalaman - Sumber Gambar deloiz.blogspot.com

Sumber Gambar deloiz.blogspot.com

9. Belajar Berteman

Kalo kelebihan ikut organisasi yang satu ini sangat banyak diminati. Kita manusia yang memang ga bisa hidup sendiri. Membuktikan kenapa belajar berteman jadi alasan banyak orang masuk ke organisasi.

Pertemenennya bahkan ga berhenti hanya dalam organisasi aja. Bahkan lanjut ke hubungan temen yang lebih akrab diluar organisasi.

Bahkan terkadang temen yang udah lama deket jadi jauh. Karna kita punya temen organisasi yang leboh sering ketemu dan saling cerita.

Dari sisi manfaat organisasinya itu bagus. Tapi dari sisi pertemenannya itu ga bagus. Kita tetep harus bisa mengatur waktu dalam menjaga hubungan pertemenan diuar organisasi.

27 Manfaat yang Jelas Akan Kita Dapatkan dari Ikut dan Aktif Berorganisasi Berdasarkan Pengalaman - Sumber Gambar www.lahiya.com

Sumber Gambar www.lahiya.com

10. Belajar Manajemen Organisasi

Selanjutnya pentingnya ikut organisasi adalah kita belajar dalam manajemen organisasi.

Dalam organisasi kita akan berhadapan sama struktur organisasi yang membagi setiap unsur organisasi dalam bermacam-macam jabatan. Sistem organisasi akan mengatur kita untuk menjalan tujuan organisasi dengan bertanggung jawab sama tugas dan kewajiban jabatan masing-masing. Anggota harus menghormati ketua dan ketua harus bisa memimpin anggota.

Kita belajar untuk menghormati tugas orang lain. Meskpun kita bisa mengerjakannya tapi tanpa izin dari yang bersangkutan atau ketuanya. Kita ga bisa ikut campur. Karna itu melanggar peraturan.

Kita akan belajar yang namanya sistem koordinasi dan kolaborasi. Koordinasi adalah hubungan antara jabatan yang lebih tinggi dan lebih rendah. Sedangkan kolaborasi adalah hubungan antar jabatan yang sama kedudukannya.

Belajar Manajemen Emosi dan Manajemen Masalah / Konflik - 27 Manfaat yang Jelas Akan Kita Dapatkan dari Ikut dan Aktif Berorganisasi Berdasarkan Pengalaman - Sumber Gambar mubalighkreatif.blogspot.com

Sumber Gambar mubalighkreatif.blogspot.com

11. Belajar Manajemen Emosi dan Manajemen Masalah / Konflik

Semua pengen bisa mengatur emosinya agar terhindar dari masalah. Itu alasan pentingnya ikut organisasi. Karna setiap hari kita akan dihadapkan sama orang berbeda dan pemikiran yang berbeda. Masing-masing punya kebutuhan dan kepentingan masing-masing.

Itulah kenapa manajemen emosi akan terlatih selama ikut organisasi. Kita harus belajar mengalah meskipun bener. Belajar menghargai pendapat orang lain meskipun salah.

Sampe akhirnya belajar menahan marah dan adu fisik meskipun ada temen ato senior yang udah jelas salah. Meski begitu nantinya saat menghadapi masalah kita akan dibantu sama temen satu organisasi. Ketika hubungan kita baik sama satu organisasi, gimana pun masalah kita. Bahkan jika itu diluar organisasi maka mereka akan sangat seneng untuk membantu.

Masih punya kekurangan saat mengatur emosi dan selesaikan masalah?

Baiknya ikut organisasi.

Melatih Sikap Bermasyarakat - 27 Manfaat yang Jelas Akan Kita Dapatkan dari Ikut dan Aktif Berorganisasi Berdasarkan Pengalaman - Sumber Gambar baharuddintogatorop.blogspot.com

Sumber Gambar baharuddintogatorop.blogspot.com

12. Melatih Sikap Bermasyarakat

Jangan sepele sama manfaat gabung organisasi yang satu ini. Ini cerita bukti nayatanya.

Udah jadi makanan banyak orang, berita tentang Ibu Menteri Kelautan dan Perikanan. Susi Pudjiastuti ga selesaikan sekolahnya tinggi. Cuma sampe kelas 2 SMA. Dia berhenti karena ikut organisasi. Mungkin saat itu keputusannya membuat dia jadi bahan omongan banyak orang.

Dia tumbuh dalam organisasi dan hidup berhadapan langsung dengan masyarakat. Meski memakan waktu yang panjang. Sekarang buahnya sudah keliatan. Ada sebelas penghargaan bergengsi yang Susi Pudjiastuti Susi Pudjiastutiningrat dapatkan. Keren kan namanya. Itu salah satu penghargaan dari Keraton Surakarta Hadiningrat pada tahun 2015.

Jangan jadikan hubungan sama masyarakat saat berorganisasi jadi manfaat yang sepele. Hasilnya memang ga jangka pendek. Kalo manfaatnya itu mudah akan banyak orang mendapatkannya. Sayangnya cuma yang bertahan dalam jangka waktu panjang yang akan mencicipinya, salah satunya  Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia (MKP) dari Kabinet Kerja 2014-2019. Sebut aja Susi Menteri KP biar gampang.

Belajar Mencapai Tujuan yang Kita Harapkan Bersama Secara Terorganisir - 27 Manfaat yang Jelas Akan Kita Dapatkan dari Ikut dan Aktif Berorganisasi Berdasarkan Pengalaman - Sumber Gambar www.daaruttauhiid.org

Sumber Gambar www.daaruttauhiid.org

13. Belajar Mencapai Tujuan yang Kita Harapkan Bersama Secara Terorganisir

Setiap organisasi punya tujuannya masing-masing. Sebagai calon anggota kalo kita udah yakin sama tujuannya baik untuk kita. Maka kita gabung sama organisasi itu.

Nah, dalam organisasi semua punya tujuan sama dengan tugas berbeda. Kita akan bekerja sama secara teratur tanpa saling berbenturan satu sama lain. Proses ini sangat seru sebenernya. Sayangnya banyak orang yang ga menyadari.

Untuk mencapai tujuan tertentu semua karakter asli orang akan keluar. Saat pertama kali masuk organisasi jati diri seseorang sangat besar kemungkinan adalah karakter topeng. Saat mencapai tujuan ada orang yang akan berjuang tanpa mikirin orang lain. Ada juga yang rela mengalah. Disini kita akan temui siapa aja temen yang cocok sama kita.

Proses ini juga akan menentukan dan meningkatkan kemampuan kita untuk bertemen.

Melatih Diri Menghadapi dan Selesaikan Masalah / Konflik - 27 Manfaat yang Jelas Akan Kita Dapatkan dari Ikut dan Aktif Berorganisasi Berdasarkan Pengalaman - Sumber Gambar www.ants.harianbernas.com

Sumber Gambar www.ants.harianbernas.com

14. Melatih Diri Menghadapi dan Selesaikan Masalah / Konflik

Dengan berbagai manfaat diatas. Khususnya saat akan selesaikan masalah bersama dan mencapai tujuan bersama. Kita juga akan menghadapi masalah pribadi yang kita enggan untuk bilang sama orang lain.

Contoh nyatanya kita ga suka temen satu organisasi. Padahal kita butuh bantuannya maka kia harus bisa kalahkan ego dan bekerja dengan profesional. Untuk keadaan seperti ini kita akan dihadapkan sama 2 keputusan. Mau terbuka dan ada kemungkinan terjadi masalah besar ato diam aja masalah ga akan terjadi. Tapi akan meresakan sesak sendiri.

Masalah pasti akan terjadi. Lebih parah lagi kalo justru masalah tambah besar. Orang kita ga sukai ternyata malah taunya dari orang lain. Nah lo?

Masalah pasti akan selalu ada. Tinggal kita harus sadari kalo dibalik masalah selalu ada hal baru yang lebih baik.

Belajar Semangat dan Rasa Kerjasama - 27 Manfaat yang Jelas Akan Kita Dapatkan dari Ikut dan Aktif Berorganisasi Berdasarkan Pengalaman - Sumber Gambar iniyangbaru.com

Sumber Gambar iniyangbaru.com

15. Belajar Semangat dan Rasa Kerjasama

Ga semua orang punya kepribadian yang ceria. Saat berada diorganisasi kita akan belajar untuk menghadapi banyak orang. Orang yang ceria harus bisa menyesuaikan dengan yang pendiam. Kita yang orangnya pendiam harus belajar menguasai keadaan dan bisa menyesuaikan dengan yang ceria.Bahkan kita yang punya kepribadian tertutup harus belajar terbuka. Itu manfaat penting ikutan organisasi.

Kalo kita udah bisa melewati masa-masa seperti itu maka. Rasa saling memiliki dalam organisasi akan timbul. Karna kita udah saling kenal dan saling mengerti. Maka kita akan tau cara untuk saling memberikan semangat. Ada yang cuma diomongin aja cukup, ada yang harus disentuh, ada yang dikasih hadiah, dan ada yang cukup dikasih kepercayaan aja udah seneng.

Secara tidak sadar maka rasa dan persaudaraan dan budaya kerja sama akan muncul dalam organisasi. Dalam tulisan ini memang gampang tapi prosesnya makan waktu panjang dan sering makan hati.

Kita harus siap dengan itu.

Belajar dan Mengembangkan Public Speaking - 27 Manfaat yang Jelas Akan Kita Dapatkan dari Ikut dan Aktif Berorganisasi Berdasarkan Pengalaman - Sumber Gambar www.miung.com

Sumber Gambar www.miung.com

16. Belajar dan Mengembangkan Public Speaking

Buat yang pendiam maka organsasi adalah kewajiban. Belajar public speaking itu penting. Semua orang bisa ngomong tapi ga semua orang sampekan isi hati dan kepalanya apa adanya lewat mulutnya.

Nah, dalam organisasi kita belajar itu. Dalam setiap kegiatan kita dituntut untuk selalu melaporkan hasil pekerjaan kita. Baik dalam bentu tulisan ato pun lewat ucapan. Awalnya akan sulit apalagi kalo ada masalah. Kalo kesalahan orang lain ga jadi masalah. Tapi kalo ternyata itu adalah kesalahan sendiri. Kita akan dihadapkan pada pilihan bohong dan selamat ato jujur, kena marah, baru selamat.

Pelan-pelan nantinya kita tanpa sadari akan mampu berani ngomong didepan orang banyak. Diawali dari berani mengakui kesalahan sama ketua, mulai memimpin di rapat kecil, sampai ada kemungkinan kita dipercaya menjadi ketua.

Asal kita mau melewati prosesnya dan bertanggung. Siapa sih yang ga lepas dari masalah?

Belajar Keuangan dan Teknik Negosiasi - 27 Manfaat yang Jelas Akan Kita Dapatkan dari Ikut dan Aktif Berorganisasi Berdasarkan Pengalaman - Sumber Gambar beritajogja.id

Sumber Gambar beritajogja.id

17. Belajar Keuangan dan Teknik Negosiasi

Nah, kalo bagian yang satu ini biasanya akan dikuasai sama bagian dana dan bendahara.

Kalo bagian dana mencari uang masuk untuk organisasi. Mulai dari jualan, buat acara, sampe pilihan terburuk adalah ngamen. Kita harus keluar dari zoba nyaman kita.

Selanjutnya uang yang udah terkumpul akan diatur sama bendahara untuk catatan pemasukan dan pengeluarannya. Setiap anggota organisasi boleh minta dana sama bendahara. Selama tujuannnya jelas dan mampu bertanggung jawab. Ada bukti penggunaan uangnya.

Sayangnya masih ada aja organisasi yang mengajari anggotanya untuk membuat proposal fiktif dan laporan keuangan yang ga sesuai sama pengeluaran yang sebenernya. Ini masih banyak dilakukan sama organasasi tertentu.

Selanjutnya kalo tadi diatas kita udah bahas soal hubungan bermasyarakat. Maka dalam proses berorganisasi kita juga akan belajar cara bernegosiasi. Gimana caranya kita bisa buat kesepakatan dengan orang lain dengan cara tertentu.

Kemampuan ini banyak terasah dan terbentuk saat berhubungan sama masyarakat langsung. Tapi senior dalam organisasi harus kasih dasar biar ga buta.

Serunya manfaat yang satu ini adalah saat kita bisa mendapatkan sesuatu tanpa mengeluarkan dana sedikitpun. Tapi justru kita bisa dapatkan uang.

Bisa, coba aja.

Dapat Membentuk Emotional, Intelegent, dan Spiritual Quotien (EQ, IQ, dan SQ) - 27 Manfaat yang Jelas Akan Kita Dapatkan dari Ikut dan Aktif Berorganisasi Berdasarkan Pengalaman - Sumber Gambar www.nyunyu.com

Sumber Gambar www.nyunyu.com

18. Dapat Membentuk Emotional, Intelegent, dan Spiritual Quotien (EQ, IQ, dan SQ)

Setiap pertemuan yang ada dalam organisasi bisa melahirkan tawa, tangis, biasa aja, dan rasa bosan. Dalam setiap kedaaan ini kita harus mampu kasih respon yang positif temen kita.

Nah, kejadian-kejadian itulah yang pelan-pelan akan membentuk emosi kita, intelektual kita, dan kepribadian kita untuk tetap bersikap positif gimana pun keadaannya.

Saat masuk kerja nanti kita ga akan kaget dengan etos kerja yang keras. Karna sebenernya kerasnya dunia organisasi ga ada apa-apanya dibandingkan dunia kerja. Kalo diorganisasi kita ga dapat gaji rutin. Cuma pengalaman dan temen.

Kalo dikerjaan nanti karna udah berhubungan sama uang. Maka akan banyak orang yang mau melakukan apa aja. Tanpa peduli gimana akhirnya.

Belajar Persatuan dan Solidaritas - 27 Manfaat yang Jelas Akan Kita Dapatkan dari Ikut dan Aktif Berorganisasi Berdasarkan Pengalaman - Sumber Gambar taufiqpasiak.com

Sumber Gambar taufiqpasiak.com

19. Belajar Persatuan dan Solidaritas

Kalo yang satu ini adalah mata pelajaran organisasi wajib buat anak teknik. Meski memang pasti diajarkan disetiap organisasi. Tapi biasanya ini nilai yang sangat penting dan ga bisa ditinggalkan sama orang teknik. Terkadang disalahartikan, meskipun temen sendiri yang salah. Persatuan untuk kesalahan juga  bisa terjadi.

Itu juga yang sering terjadi dinegara merah putih ini. Orang-orang yang mengaku mayoritas bisa sesuka hati sama yang minoritas. Bahkan ga jarang pemerintah dan aparat ga melakukan apa.

Nah, budaya ini baik tapi salah arti. Jangan sampe kita masuk dalam bagian yang salah arti ya.

Belajar Etos Kerja dan Disiplin - 27 Manfaat yang Jelas Akan Kita Dapatkan dari Ikut dan Aktif Berorganisasi Berdasarkan Pengalaman - Sumber Gambar segiempat.com

Sumber Gambar segiempat.com

20. Belajar Etos Kerja dan Disiplin

Kalo kerja itu cari uang maka dalam organisasi kita cuma bisa cari pengalaman atas semua ilmu yang ada dan cari temen. Terkadang kita akan cari uang kalo mau ada kegiatan.

Nah, dalam proses organisasi ini akan keliatan siapa yang kerjanya bagus dan ga. Setiap etos kerja kita akan terbukti.

Disadari ato ga etos kerja dan hasil kerja kita adalah bukti dari pendidikan orangtua kita. Ada yang manja ada yang mandiri. Ada yang ga bisa dimarahi karna dikeluarganya ga pernah dimarahi. Semuanya akan perlahan-lahan terbentuk dan semakin matang. Tergantung kemauan kita dan arahan dari senior kita.

Soal disiplin disini ga cuma masalah waktu ya. Disiplin adalah kemampuan kita untuk melakukan sesuatu sesuai dengan aturan yang ada secara teratur.

Jadi kalo udah bilang mau mengerjakan sesuatu sesuai target kualitas, kuantitas, dan batasan waktu yang udah ditentukan. Maka kita harus bertanggung jawag dengan berusaha untuk mendapatkannya.

Belajar Bertahan dalam Tekanan - 27 Manfaat yang Jelas Akan Kita Dapatkan dari Ikut dan Aktif Berorganisasi Berdasarkan Pengalaman - Sumber Gambar frinodoc.deviantart.com

Sumber Gambar frinodoc.deviantart.com

21. Belajar Bertahan dalam Tekanan

Kalo dalam pendidikan militer belajar bertahan dalam tekanan itu adalah ilmu wajib organisasi yang sangat ditekankan.

Kalo suka film aksi dengan adegan agen rahasia yang keren. Karna selalu tenang dalam keadaan apapun. Itu ga sepenuhnya omong kosong kok. Memang itu masuk dalam salah satu nilai-nilai pendidikan militer.

Ga  kebayangkan ada tentara yang alay dan kagetan.

Nah, dalam organisasi juga kita akan belajar hal ini. Gimana bisa ambil keputusan saat terdesak waktu dan keadaan. Pada awalnya ga bisa sempurna tapi perlahan kita akan bisa.

Belajar Bertanggung Jawab - 27 Manfaat yang Jelas Akan Kita Dapatkan dari Ikut dan Aktif Berorganisasi Berdasarkan Pengalaman - Sumber Gambar www.intisari-online.com

Sumber Gambar www.intisari-online.com

22. Belajar Bertanggung Jawab

Pada akhirnya semua kemampuan yang udah kita pelajari diatas akan menuntut kita untuk bertanggung jawab. Saat melakukan kesalahan mau mengakui dan saat diberikan kepercayaan bisa mengerjakannya dengan baik.

Saat memulai ada kesalahan itu wajar. Tapi bentuk tanggung jawabnya adala kita mau berusaha lagi dan memulai dari awal.

Bukan cuma kita anak baru, senior kita, bahkan orangtua kita pun pernah lakukan salah. Tapi cuma orang yang mau bertanggung jawab yang akan dikasih kepercayaan besar.

Kalo dulu si Om Penemu lampu langsung menyerah dan ga mau berusaha. Mungkin kita masih gelap-gelapan saat malam hari.

Dapat Menumbuhkan Sifat Percaya Diri Seseorang - 27 Manfaat yang Jelas Akan Kita Dapatkan dari Ikut dan Aktif Berorganisasi Berdasarkan Pengalaman - Sumber Gambar www.akuinginsukses.com

Sumber Gambar www.akuinginsukses.com

23. Dapat Menumbuhkan Sifat Percaya Diri Seseorang

Kalo semua kemampuan diatas udah kita kuasai maka rasa percaya diri akan muncul.

Biasanya sih orang akan percaya diri karena merasa lebih berpengalaman, lebih pintar, dan lebih rupawan dari orang lain.

Nah, kalo kita udah punya kemampuan organisasi diatas. Maka kita akan siap ditempatkan dimana aja. Karna pada dasarnya semua kemampuan diatas akan berguna untuk semua keadaan. Khususnya saat bekerja nanti.

Orang-orang yang menguasai semua kemampuan diatas juga yang dicari saat ada perekrutan karyawan dan karyawati.

24-27. Kelebihan yang Kita Dapatkan Kalo Belajar dengan Gabung dan Aktif di Organisasi

Ditengah semua tujuan mulia diatas. Ada saja anomli yang terjadi. Ada aja orang-orang dengan kelakuan dan tujuan aneh yang masuk organisasi. Sebagai dari mereka akhirnya memang akan menjadi anggota organisasi yang penting bahkan ga jarang ada yang menjadi ketua.

Tapi alasan mereka masuk sebuah organisasi seru buat diobrolin.

Cari Jodoh Ato Kebetulan Dapat Jodoh - 27 Manfaat yang Jelas Akan Kita Dapatkan dari Ikut dan Aktif Berorganisasi Berdasarkan Pengalaman - Sumber Gambar www.piyunganonline.org

Sumber Gambar www.piyunganonline.org

24. Cari Jodoh Ato Kebetulan Dapat Jodoh

Namanya anak muda yang masih beraapi-api dengan naluri dan asmara. Ini masih dalam taraf wajar Mas Bro dan Mbak Bro. Karna temen sesama anak baru ato senior yang punya tampang cantik dan ganteng memang sangat menggoda.

Jadi buat sebagian orang menjadikan itu alasan polos untuk masuk organisasi adalah hal wajar.

Meski begitu, saat misi ini dijalankan adalah bagian serunya. Biasanya ketauan dari gerak-geriknya. Kalo ketauan maka akan mendapatkan hadiah cie-cie. Sayangnya kalo gagal banyak juga pake jurus menghilang.

Memanfaatkan Waktu Luang - 27 Manfaat yang Jelas Akan Kita Dapatkan dari Ikut dan Aktif Berorganisasi Berdasarkan Pengalaman - Sumber Gambar www.gregetan.com

Sumber Gambar www.gregetan.com

25. Memanfaatkan Waktu Luang

Ada senior yang bertanya, “Kenapa ikut organisasi?”. Eh ada yang jawab, “Bingung dikos Mas, jadi ikut temen aja.” Beruntungnya ketemu 2 tahun lagi eh dia jadi ketua organisasinya. Keajaiban terjadi selama 2 tahun ya.

Waktu luang kita isi dengan kegiatan positif itu bagus. Tapi polosnya ada juga yang bilang itu jadi alasan masuk organisasi. Yah daripada waktu luang dirusak dengan hal-hal negatif yang tidak penting. Alasan ini jadi dimaklumi sih.

Ada-ada aja.

Belajar Pake Pakean yang Bener - 27 Manfaat yang Jelas Akan Kita Dapatkan dari Ikut dan Aktif Berorganisasi Berdasarkan Pengalaman - Sumber Gambar beritabagusuntukanda.blogspot.com

Sumber Gambar beritabagusuntukanda.blogspot.com

26. Belajar Pake Pakean yang Bener

Pernah denger istilah mecing (baca : matching). Itu loh yang cocok cocokin pakean biar ga salah kostum.

Nah, ada juga anak baru khususnya cewek-cewek yang mau masuk organisasi. Hanya karna liat seniornya di organisasi itu pada modis-modis.

Eh betul loh ini, jangan salah. Ini kenyataan. Pengakuannya juga polos sama seperti yang diatas tadi.

Maklum ya.

Oh ya ini perlu dikasih tau. Ga jarang juga cewek seperti ini perlu ada dalam organisasi. Selain mengundang banyak cowok-cowok untuk lebih semangat. Dia juga menjadi bahan incaran. Termasuk ketua organisasi ya.

Menambah Pengalaman Demi Curriculum Vitae (CV) - 27 Manfaat yang Jelas Akan Kita Dapatkan dari Ikut dan Aktif Berorganisasi Berdasarkan Pengalaman - Sumber Gambar sumseltimes.com

Sumber Gambar sumseltimes.com

27. Menambah Pengalaman  Demi  Curriculum Vitae (CV)

Di mesin pencari kedua kata ini menjadi incaran dari 1-10 juta orang setiap bulannya. Sayangnya pencarian dalam bahasa Indonesia sangat jarang kebanyakan memakai kata kunci template cvexample of cv, dan example of cv. Bahkan meskipun mencari dalam negara Indonesia justru kata kunci how to make a good cvcv design, dan example of good cv yang muncul.

Meski begitu tingginya angka pencarian kata kunci curriculum vitae ini menunjukkan seberapa pentingnya CV itu.

Baca Juga
1. Gimana Cara dan Panduan Untuk Meningkatkan Omset Penjualan?
2. 10 Panduan Sebelum Melakukan Sewa Rumah Biar Ga Salah Pilih

Oh ya, buat yang belum paham betul curriculum vitae ato yang udah akrab disebut CV. Curriculum vitae adalah rangkuman identitas dan kemampuan kita. Jadi kalo kita punya pengalaman organisasi yang cukup maka besar kemungkinan kita akan diterima dalam sebuah pekerjaan.

Jadi kalo ada sertifikat organisasi disimpan baik-baik ya.

Tapi jangan jadikan organisasi semata pengisi CV ya. Kejar ilmunya juga percuma ada bukti ikut organisasi kalo ternyata, udang.

Pada akhirnya 27 manfaat yang jelas akan kita dapatkan dari ikut dan aktif berorganisasi diatas akan berjalan seumur hidup. Keuntungan yang kita dapatkan saat ikut organisasi disekolah seperti osis dan pramuka atopun kampus seperti badan ekskutif mahasiswa dan UKM ga akan jauh beda.

Karena pada dasarnya struktur disekolah atau kemahasiswaan sama saja. Ga jauh beda sama struktur organisasi dalam perusahaan, pabrik, ato dunia usaha lainnya.

Satu yang jelas keuntungan yang bisa siapapun dapatkan kalo aktif dalam kegiatan di organisasi. Nantinya akan sangat berguna waktu bekerja.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Keuntungan masuk organisasi
Nantinya akan terbukti dimata
Kemampuan kita bisa diprediksi
Ada karya dan ga cuma kata

Tembalang, Semarang
16:13 WIB Senin, 19 September 2016
Ka2016/07/22/10-
Tulisan Kita

Sumber Tulisan:
Sari, Maya. 2016. 15 Manfaat Organisasi dalam Masyarakat. guruppkn.com/manfaat-organisasi diakses pukul 06:51 WIB pada hari Senin, 19 Agustus 2016
Wikipedia. 2016. Susi Pudjiastuti. id.wikipedia.org/wiki/Susi_Pudjiastuti diakses pukul 09:30 WIB pada hari Senin, 19 Agustus 2016

Sumber Gambar:
diakses pukul 06:51 WIB pada hari Senin, 19 Agustus 2016

Tentang Kita
Twitter :
kekitaan_
Line :
@kekitaan
Facebook :
Kekitaan Kita
Google+ : Kekitaan Kita
Youtube : Kita/
Linkedin : kekitaan_
Pinterest : kekitaan_
Instagram : kekitaan_

5 Responses to “27 Manfaat Mengikuti dan Aktif Berorganisasi Berdasarkan Pengalaman : #PanduanKita24

  • Julia Ester Lumbantoruan
    3 tahun ago

    Wah luarbiasa kakak. Cukup membantu tulisannya.

    • Salam Mbak Bro JEL

      Wah, makasih ya atas kunjungannya.
      Semoga berguna tulisannya untuk organisasinya ya.

      Mauliate
      Makasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *