Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Sumpah Pemuda? : #HariKhusus3

 

Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Sumpah Pemuda - Sumber Gambar inspiratorfreak.net

Sumber Gambar inspiratorfreak.net

Asal Usul dan Sejarah Sumpah Pemuda?
Apa Sih Itu Sebenernya Sumpah Pemuda?
Perkembangan Sumpah Pemuda Dulu dan Sekarang

Sumpah pemuda cuma akan jadi sejarah
Kalo kita anak muda ga lakukan apa-apa
Justru bisa aja keadannya semakin parah
Kita dalam hal berkarya sama sekali alpa

Salam Mas Bro dan Mbak Bro

Selamat Hari Sumpah Pemuda ya.

Tanggal 28 Oktober udah di depan mata. Pasti ga banyak yang akan tanya, ‘hari apa, sih?’

Ga kayak kalo sebentar lagi Malam Tahun Baru  ato  Valentine. Tanggal 28 ingatnya mungkin akhir bulan ato  semakin dekat ke akhir tahun.

 Ato bagi beberapa orang, waktunya bayar ini itu dan belanja karena baru gajian. Ayo, siapa yang begitu?

Namun bersyukurlah pada berkembangnya era digital dan sosial media. Kesadaran masyarakat akan hari-hari bersejarah semakin tinggi. Semakin banyak yang ingat dan saling mengingatkan di sana sini. Ga cuma fakta tentang peristiwa di balik sebuah hari bersejarah. Tapi juga tentang latar belakangnya dan makna di baliknya.

Baca Juga
1. 27 Pemuda Indonesia yang Berhasil di Usia Muda

Semua orang jadi lebih melek dan peduli akan sejarah.  Gimana dengan kita?

Udah ingat apa yang diperingati bangsa Indonesia sebentar lagi?

Betul sekali. Hari Sumpah Pemuda.

Kalau udah tahu, mari kita telusuri hal penting lainnya. Seperti, apa isi dari Sumpah Pemuda ?

Dan, apa arti Sumpah Pemuda?

Kemudian  gimana  pemuda dulu dan sekarang berkembang?

27 Pemuda Indonesia yang Berhasil di Usia Muda - Sumber Gambar thayyib,com

Sumber Gambar thayyib,com

Asal Usul Sumpah Pemuda

Peristiwa yang diperingati setiap akhir Oktober adalah Hari Sumpah Pemuda.  Sumpah Pemuda sendiri terjadi pada 28 Oktober 1928. Pada mulanya, gerakan ini diprakarsai oleh para tokoh PPPI. PPPI (Perhimpunan Pelajar-Pelajar Indonesia) memulai ini bersama para cendikiawan.  Mereka mengemukakan ide mengenai  gimana  menyatukan organisasi pemuda di Indonesia.

Mereka berpikir ini perlu dilakukan karena saat itu pergerakan pemuda masih terpisah-pisah. Perlu adanya sesuatu yang mempersatukan para pemuda. Untuk apa? Tentu saja untuk memperkuat kedudukan bangsa Indonesia di tengah penjajahan asing.

Saat itu adalah tahun 1908. Saat di mana organisasi Budi Utomo berdiri. Dipimpin oleh Dr. Sutomo, Dr. Ciptomangunkusumo, serta EFE. Douwes Dekker. Tujuan utamanya adalah membangun kehidupan bangsa agar lebih baik.

Selain itu juga untuk memajukan bangsa Indonesia di berbagai bidang. Misalnya, bidang pendidikan dan bidang pertanian. Bidang pertanian dan bidang kebudayaan juga menjadi perhatian. Saat itu bidang-bidang tersebut masih dibatasi oleh penjajah.

Bersama dengan berkembangnya Budi Utomo, muncul juga organisasi kepemudaan lain. Seperti Tri Koro Darmo (Jong Java) dan Jong Sumatranen Bond, Jong Ambon, Jong Betawi, dan sebagainya. Organisasi-organisasi inilah yang menjadi asal usul lahirnya Sumpah Pemuda.

Begitu banyak artikel Sumpah Pemuda yang beredar setiap tahun. Pemuda Indonesia mulai terbuka pikirannya tentang apa isi Sumpah Pemuda. ga hanya itu, pemuda Indonesia juga menyadari arti dari Sumpah Pemuda. Informasi yang ada telah menghubungkan pemikiran-pemikiran pemuda tiap generasi.

Lalu  gimana  isi Sumpah Pemuda bisa mempengaruhi gerakan pemuda? Berikut akan dijelaskan lebih lanjut,  gimana  sejarah Sumpah Pemuda. Selain itu sejarah juga mencakup isi Sumpah Pemuda dan naskah Sumpah Pemuda.

27 Pemuda Indonesia yang Berhasil di Usia Muda - Sumber Gambar akukamuindonesia,com

Sumber Gambar akukamuindonesia,com

Sejarah Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda dimulai dengan pertemuan untuk bermufakat. Kesepakatan kemudian dicapai pada 15 November 1925. Ketika itu diadakan kongres pemuda dalam rangka membentuk panitia. Panitia inilah yang kemudian merancang pelaksanaan kongres yang kemudian disebut Kongres Pemuda Indonesia.

Kemudian pada 27 Oktober 1928 terlaksanalah pertemuan pertama di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond (GOC), Waterloopein. Tempat tersebut kini telah berganti nama menjadi Lapangan Banteng.

Tokoh-tokoh yang terlibat juga dalam Hari Sumpah Pemuda di antaranya adalah, Muhammad Yamin, J. Leimena, Soegondo Djojopoespito. Soegondo Djojopoespito, Ketua organisasi mahasiswa Indonesia, menyampaikan harapannya. Beliau berharap kongres tersebut bisa memperkokoh semangat persatuan di benak pada pemuda.

Setelah itu, acara berlanjutdengan Muhammad Yamin menjelaskan makna dan hubungan persatuan sesama pemuda. Beliau berpendapat, ada 5 hal yang mampu memperkuat persatuan di Indonesia. Faktor-faktor tersebut adalah sejarah, bahasa, pendidikan, hukum adat, serta kemauan.

Pertemuan pemuda pertama itu menghasilkan rumusan dasar-dasar pemikiran yang disepakati, sebagai berikut :

  1. Kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajah adalah cita -cita bersama para pemuda Indonesia;
  2. Seluruh organisasi pemuda memiliki tujuan untuk menghimpun persatuan.

Setelah pertemuan pertama, dilaksanakanlah pertemuan kedua. 28 Oktober 1928 di Gedung Oost-Java Bioscoop di hari yang sama. Pertemuan ini mendiskusikan masalah pendidikan. Dua pembicara, yaitu Sarmidi Mangoensarkoro dan Poernomowoelan menyampaikan pendapatnya.

Di antaranya adalah bahwa anak-anak harus mendapat pendidikan kewarganegaraan. Perlu adanya keseimbangan antara pendidikan di rumah dan pendidikan di sekolah. Ajaran yang demokratis juga ditekankan dalam pendapatnya.

Di hari itu, lagu Indonesia Raya ciptaan W.R. Supratman dimainkan. Lagu tersebut dimainkan secara instrumental pada saat penutupan rapat.

Indonesia Raya pertama kali dipublikasikan pada tahun 1928 di surat kabar Sin Po. Media cetak tersebut mencantumkan teks berisi pengasan bahwa lagu tersebut adalah lagu kebangsaan. Sebelumnya, pemerintah kolonial Belanda pernah melarang Indonesia Raya. Tetapi para pemuda Indonesia tetap menyanyikannya.

Pertemuan ketiga selanjutnya dilaksanakan di Gedung Indonesische Clubgebouw di Jl. Kramat Raya 106. Di sana pembicara menjelaskan beberapa hal, di antaranya yakni:

  1. Pentingnya rasa nasionalisme serta demokrasi yang lain dari gerakan kepanduan
  2. Gerakan kepanduan ga bisa terpisah dari pergerakan nasional
  3. Gerakan kepanduan sejak usia dini mengajarkan anak-anak berdisiplin yang penting dalam perjuangan

Ini adalah salah satu alasan dilaksanakannya Sumpah Pemuda yang diperingati setiap 28 Oktober.

Adapun pertemuan terakhir itu menghasilkan beberapa kesepakatan yaitu sebagai berikut:

  1. Ikrar Sumpah Pemuda
  2. Lagu Indonesia Raya ditetapkan sebagai lagu kebangsaan
  3. Bendera merah putih ditetapkan sebagai bendera Negara
  4. Kemerdekaan Indonesia harus menjadi cita-cita seluruh pemuda Indonesia
  5. Seluruh organisasi pemuda harus bersatu dalam satu wadah tunggal

Tidak hanya itu, arti dari Sumpah Pemuda ini juga tercermin dalam isi Sumpah Pemuda. Rumusan ini ditulis oleh Muhammad Yamin dan disetujui oleh Soegondo Djojopoespito. Rumusan ini lalu dibacakan oleh Soegondo Djojopoespito. Muhammad Yamin berperan dalam menambahkan keterangan yang mendetil.

Lalu apa isi dari Sumpah Pemuda? Saat ini banyak sekali artikel Sumpah Pemuda yang bisa diakses. Di dalamnya selalu tercantum naskah Sumpah Pemuda serta isi dari Sumpah Pemuda, yaitu sebagai berikut :

  1. Kami putera-puteri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah Indonesia
  2. Kami, putera-puteri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia
  3. Kami putera-puteri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia
Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Sumpah Pemuda - Sumber Gambar infospesial.net

Sumber Gambar infospesial.net

Apa Sih Itu Sebenernya Sumpah Pemuda?

Di tengah penjajahan pemerintahan Hindia Belanda, pemuda ingin bergerak ikut melawan bangsa asing. Namun tentu mereka harus bersatu untuk kekuatan yang kokoh dan menyeluruh. Adanya pertemuan ini sekaligus juga mempertegas cita-cita para pemuda. ga hanya untuk keberadaan tanah air yang satu tapi juga keberadaan istilah ‘indonesia’ dan ‘rakyat Indonesia’.

Para pemuda memandang Sumpah Pemuda sebagai dasar bagi wadah persatuan kebangsaan Indonesia. Mereka juga ingin memberi hak rakyat untuk menikmati surat kabar yang diterbitkan secara bebas. Sumpah Pemuda menjadi sumber harapan bagi bangsa Indonesia untuk meraih kedudukannya yang sempurna.

Perkembangan Sumpah Pemuda Dulu dan Sekarang

Pergerakan pemuda melawan penindasan pemerintah penjajah dimulai sejak abad ke-17. Pada mulanya gerakan pada pemuda ini sproradis  ato  terpisah-pisah. Sendiri-sendiri dan ga beraturan. Itulah mengapa mencapai kemerdekaan menjadi sulit, bahkan tampak ga mungkin.

Meski tujuannya sama, gerakan sendiri-sendiri begini ga berhasil dengan mudah. Kekuatan pemuda ga ada apa-apanya dibandingkan dengan kekuatan penjajah yang lebih maju. Sekali lagi, meskipun tujuannya satu dan sama. Diperlukan adanya wadah yang mempersatukan semua pemuda.

Ide ini kemudian muncul dari organisasi pemuda besar seperti dijelaskan sebelumnya. 28 Oktober lalu dipilih sebagai momen untuk mengawali persatuan ini.

Dapat dikatakan bahwa Sumpah Pemuda adalah titik balik pergerakan pemuda Indonesia. Berkat peristiwa bersejarah 28 Oktober 1928 itu para pemuda bersatu. Sejak bertahun-tahun lalu Indonesia telah berjuang membebaskan diri dari penjajah. Hari Sumpah Pemuda ini kemudian menjadi pendorong gerakan perjuangan yang lebih kuat.

Isi dari Sumpah Pemuda membuat mereka sadar semangat tinggi dan jiwa patriotisme di dirinya. Kekuatan itu menjadi senjata bagi perlawanan mereka. Bukan hanya untuk melawan secara fisik. Mereka menggunakan wadah yang mempersatukan mereka untuk bergerak.

Rasa kebangsaan mereka tersentuh melalui apa isi Sumpah Pemuda dan apa arti Sumpah Pemuda yang sesungguhnya. Para pemuda berjuang melepaskan diri kapitalisme dan imperialisme. Dua hal yang menempeli Indonesia selama ratusan tahun. Sesuatu yang membuat penderitaan bangsa berlangsung amat panjang.

Begitu menggugahnya peristiwa tersebut sampai hingga saat ini naskah Sumpah Pemuda masih melekat di bangsa Indonesia. Terutama para pemudanya. Isi Sumpah Pemuda menjadi bukti yang nyata bahwa pada hari itu bangsa Indonesia telah lahir. Beserta pemudanya yang bertekad dan bersemangat tinggi.

Nasib bangsa perlahan mulai berubah lebih baik. Pemuda menemukan tempatnya di tengah perjuangan bangsa melawan penjajah. Di tengah-tengah kaum yang lebih tua pun para pemuda bisa memberikan kemajuan yang berarti. Mereka ga lagi dipandang sebelah mata dan ga tahu apa-apa.

Ingat siapa yang mendesak Soekarno dan Hatta segera mendeklarasikan kemerdekaan?

Para pemuda. Pandangan pemuda yang revolusioner disertai semangat yang berkobar adalah pendorongnya. Itu yang membedakan mereka dari kaum tua yang terlalu berhati-hati.

Sifat pemuda inilah yang masih terus terbawa hingga 88 tahun setelahnya. Ditambah arti dari Sumpah Pemuda, pemuda Indonesia tumbuh menjadi generasi yang berbeda. Pemikiran pemuda yang kritis dan berani membawa Indonesia ke arah perkembangan.

Contohnya?

Contoh yang paling mudah adalah artikel Sumpah Pemuda yang mudah sekali diakses. Pendidikan sejarah bagi masyarakat, khususnya pemuda, menjadi lebih praktis. Pemuda mendapat informasi yang bisa dijadikan cermin bagi kontribusi mereka.

Kontribusi yang mana dan untuk apa? Tentu saja bagi bangsa dan negara. Jika dulu pemuda bergerak untuk melawan penjajahan kini giliran kita. Perjuangan mereka akan terus dilanjutkan oleh para pemuda.

Sekarang, ketika segalanya terasa lebih mudah dan lebih bebas, saatnya bagi pemuda meneruskannya. Pemuda telah menyadari bangsanya adalah bangsa Indonesia. Tumpah darahnya adalah tanah Indonesia. Bahasa Indonesia menjadi bahasa pemersatu bangsa.

Perwujudan Sumpah Pemuda ini jelas tertuang dalam rumusan pertemuan saat itu. Dan, ini bisa dilihat dengan mudah. Dari  gimana  para pemuda Indonesia menjadi putera-puteri terbaik bangsa. Prestasinya begitu membanggakan.

Bukan sesuatu yang aneh dan mengejutkan lagi mendengarnya. Pemuda kita berjasa dan berprestasi di berbagai bidang. ga hanya di dalam negeri namun juga di dunia global. Bahkan menyamai bangsa yang dulu pernah menindas kita.

Para pemuda Indonesia berprestasi dalam berbagai bidang. Beberapa di antaranya adalah bidang seni dan bidang olah raga. Prestasi pemuda pun juga ditorehkan di bidang pendidikan dan teknologi.

Penduduk Indonesia saat ini sebagian besar adalah kita, orang muda. Pemuda menjadi harapan bagi kemajuan bangsa di masa depan. Kita diharapkan bisa mempertahankan persatuan bangsa.

Namun jika dilihat lagi, ga hanya kebanggan yang dimiliki para pemuda. Berbagai kekurangan juga hidup di diri pemuda bersama dengan prestasi-prestasi itu.

Masih banyak pemuda yang cuma peduli sendiri, ga mengerti apa itu semangat nasionalisme. Masih banyak yang lupa  gimana  perjuangan para pemuda dulu. Apa yang harus ditempuh untuk mendapatkan segala kehidupan ini. Semangat perjuangan meluntur di diri pemuda-pemuda semacam itu.

Masih ada pemuda yang ga tahu  gimana  mestinya mengisi kemerdekaan. Persatuan pun jadi hal yang disepelekan. Padahal pemuda dulu berjuang demikian keras mempertahankan persatuan. Demi kemerdekaan yang kita nikmati sekarang.

Tapi lihat sekarang. Salah paham sedikit, maka pecahlah tawuran. Perkelahian-perkelahian ga perlu hanya karena masalah kecil. Perang mulut di sosial media.

Belum lagi masalah gaya hidup yang kebarat-baratan. Segala aktivitas yang dilakukan pemuda tampak ga sehat. Mulai dari narkoba, pesta dan hura-hura, dan seks bebas. Pemuda hanya berpikir pendek dan mengikuti emosinya yang sesaat.

Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Sumpah Pemuda - Sumber Gambar id.wikipedia.org

Sumber Gambar id.wikipedia.org

Kenapa Anak Muda Kita Susah Berkarya?

Akarnya sendiri, yaitu Sumpah Pemuda udah sangat kuat dan menggugah. Lalu mengapa hal ini bisa terjadi? Beberapa hal yang jadi sebabnya antara lain adalah:

  1. Rendahnya tingkat pendidikan pemuda
  2. Kurangnya pendidikan dari keluarga. Ato  malah keluarga sendiri yang memberi contoh buruk
  3. Sisi negatif dari kemudahan akses ke berbagai hal
  4. Masalah moral dan akhlak yang salah sejak dini
  5. Sistem pendidikan yang hanya berfokus pada pemenuhan nilai saja
  6. Tidak ada pendidikan yang harusnya membuka pikiran dan mengembangkan diri pemuda
  7. Kecenderungan kegiatan pemuda yang lebih banyak di kota. Tempat yang membuat pemuda mudah terpapar segala pengaruh buruk
  8. Kurangnya pengingat di masyarakat tentang nasionalisme dan patriotisme
  9. Kurangnya koordinasi pemerintah dan kementrian dalam program kepemudaan

Dan masih banyak lagi tentunya sebab-sebab yang ga terdeteksi. Untuk itulah udah saatnya pemuda kembali ke semangat yang dulu. udah saatnya kita saling mengingatkan. ga cuma tentang bahayanya tapi juga solusi yang bisa kita wujudkan.

Dengan kondisi yang masih begini, sesama pemuda harus mengingat. Jangan sampai bangsa Indonesia mengoyak sendiri persatuannya. Memecah belah Indonesia yang perjuangannya ratusan tahun. Jangan sampai kembali ke jaman penjajahan seperti dulu.

Harus ada usaya dari pemuda sendiri. Dan itu ga cukup hanya dengan mengingat isi naskah Sumpah Pemuda saja. Para pemuda harus mampu mencapai sendiri prestasinya. Mengharumkan nama bangsa di bidangnya masing-masing.

Pemuda masa kini harus mengerti arti lelahnya perjuangan. Bukan hanya untuk sekadar mengingat sejarah saja. Tapi agar lebih menghargai segala usaha, proses, dan hasil yang didapat. Agar ga terbiasa dengan segala sesuatu yang instan.

Baca Juga
1. 27 Pemuda Indonesia yang Paling Berpengaruh di Media Sosial

Pemuda juga diharapkan memiliki “saringan” dalam menghadapi globalisasi. Harus pandai-pandai memilih mana yang baik dan buruk. Saringan ini juga berfungsi untuk melindungi diri dari paparan dunia global. Karena ga semua perkembangan memiliki sisi positif.

Segala solusi ini diharapkan akan menghidupkan kembali semangat di diri pemuda. Agar pemuda mampu mempertahankan persatuan. Juga membawa Indonesia ke perkembangan yang bermanfaat bagi bangsa secara keseluruhan.

Yah, sesuai sama beratnya obrolan kita kali ini. Kerjaan kita sebagai anak muda juga berat Mas Bro dan Mbak Bro. Jangan sampe Sumpah Pemuda cuma jadi sejarah. Jadi awali dengan bagikan obrolan kita ini sama temen juga keluarga ya. Biar kita semua sama-sama satu poa pikir.

Kalo ada yang mau dibrolin lebih lanjut, tinggalin aja komentar dibawah ya.

Semoga berguna.

Seneng bisa berbagi.

Di hutan Indonesia ada kera
Ga usah bingung cari kemana
Buat apa muda hura-hura
Kalo tuanya malah merana

Tembalang, Semarang
00:00 WIB Jumat, 28 Oktober 2016
Tulisan Temen Kita

Sumber Tulisan
Dudung. 2014. Sejarah Lahirnya Sumpah Pemudah Indonesia dosenpendidikan.com/sejarah-lahirnya-sumpah-pemuda-indonesia diakses pukul 03:46 WIB pada hari Senin, 24 Oktober 2016
Kahfi Fazrin. 2015. Latar Belakang Terjadinya Sumpah Pemuda intensia.blogspot.com/2015/11/latar-belakang-terjadinya-sumpah-pemuda.html diakses pukul 03:46 WIB pada hari Senin, 24 Oktober 2016
Redaksi Sugiono143. 2012. Gerakan Pemuda Masa Lalu dan Kini arjunaireng143.blogspot.co.id/2012/09/gerakan-pemuda-masa-lalu-dan-kini.html diakses pukul 03:46 WIB pada hari Senin, 24 Oktober 2016

Sumber Gambar:
akukamuindonesia,com diakses pukul 00:00 WIB pada hari Jumat, 28 Oktober 2016
id.wikipedia.org diakses pukul 03:46 WIB pada hari Senin, 24 Oktober 2016
infospesial.net diakses pukul 03:46 WIB pada hari Senin, 24 Oktober 2016
inspiratorfreak.net diakses pukul 03:46 WIB pada hari Senin, 24 Oktober 2016
thayyib,com diakses pukul 00:00 WIB pada hari Jumat, 28 Oktober 2016

Tentang Kita
Twitter :
kekitaan_
Line :
@kekitaan
Facebook :
Kekitaan Kita
Google+ : Kekitaan Kita
Youtube : Kita/
Linkedin : kekitaan_
Pinterest : kekitaan_
Instagram : kekitaan_

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *