27 Tempat Wisata Paling Indah di Indonesia : #TempatWisataKita73

Sumber Gambar catatankeindahan.blogspot.com

Apa Aja Tempat Wisata Paling Indah di Indonesia?
27 Tempat Liburan di Indonesia yang Dianjurkan

Soal ujian ada pilihan ganda dan esai
Kerjain yang paling gampang mana
Kuliah sekolah semester ganjil selesai
Akhir tahun enaknya liburan kemana

Salam Mas Bro dan Mbak Bro

Pasti pernah dengerkan tempat-tempat wisata Indonesia yang terkenal banget. Bahkan terkenal sampai ke mancanegara. Selain itu, tempat wisata ini juga punya makanan khas yang harus kamu cicipin. Berikut 27 tempat wisata paling indah di Indonesia.

27 Tempat Wisata Paling Indah Di Indonesia - Sumber Gambar skyscanner.co.id

Sumber Gambar skyscanner.co.id

1.Danau Toba, Sumatera Utara

Danau Toba merupakan  sebuah danau vulkanik yang terkenal banget. Dan salah satu tempat wisata yang dianjurkan di Indonesia.  Pasti Mas Bro dan Mbak Bro pernah denger tempat wisata ini kan? Danau dengan panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer termasuk danau yang terkenal di dunia loh.  Paling unik lagi, di tengah danau ini ada sebuah pulau vulkanik yaitu Pulau Samosir.

Danau Toba selalu menjadi tujuan wisata penting di Sumatera Utara. Selain itu juga banyak yang mengunjungi Bukit Lawang dan Nias. Selain itu, kalo berkunjung kesana wajib nih nyicipin makanan  khas Batak Toba. Makanan khasnya adalah mie gomak seharga Rp. 25.000.

Mie gomak hampir mirip spageti dan biasanya disajikan bersama kuah, goreng, ato bumbu kacang. Katanya, nama mie berasal karna mienya diambil dengan digomak ato pake tangan. Mie gomak kuah biasanya disajikan dengan dua macam kuah.

Baca Juga
1. 
4 Tempat Wisata yang Direkomendasikan di Kabupaten Tapanuli Utara
2. 6 Alasan Kenapa Ga Perlu Liburan ke Karimunjawa

Makanan pertama disajikan dengan kuah kuning. Rasanya agak tawar dan dicampur dengan mie. Sementara, yang kedua berwarna merah dan dipisah dari mie. Kuah yang berwarna merah memiliki komposisi cabai, andaliman, serta bumbu  lainnya. Jadi jangan heran kalo rasanya nendang banget di lidah. Beberapa orang juga senang makan mie gomak beserta ikan asin sebagai pelengkapnya.

Untuk masalah biaya ke danau toba, kalian ga perlu khawatir. Karna telah banyak biro perjalanan yang menyediakan paket wisata mulai dari satu jutaan. Tapi kalo kita punya budget kurang dari sejuta, kita bisa backpakeran kok. Karna disana banyak penginapan dengan harga mulai Rp. 100.000an permalamnya.

27 Tempat Wisata Paling Indah Di Indonesia - Sumber Gambar bp.blogspot.com

Sumber Gambar bp.blogspot.com

2. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani terletak di Nusa Tenggara Barat dan merupakan tempat wisata yang direkomendasikan di Indonesia. Termasuk salah satu tempat wisata murah Indonesia. Gunung ini punya panaroma yang paling bagus dibandingkan gunung-gunung lainnya di Indonesia. Gunung Rinjani paling banyak dikunjungi pencinta alam tiap tahunnya loh. Gunung Rinjani ini tinggi nya 3.726 m dpl, dari puncak kita bisa ngeliat pemandangan pulau lombok.

Dari kota perjalanannya butuh waktu sekitar 2 jam untuk sampe di post pendakian gunung. Kebanyakan orang mendaki gunung rinjani selama 5 hari 4 malam. Untuk biayanya tergolong murah, cuma 10.000 aja kita uda bisa masuk.

Kalo kita mendaki Gunung Rinjani kita wajib nih berkunjung ke Pasir. Pasir itu sebuah distro yang menjual berbagai oleh-oleh khas Gunung Rinjani. Distro ini menjual kaos, gelang dan pernak-pernik lainnya. Gelangnya dijual dengan harga mulai dari Rp. 10.000 hingga Rp. 25.000 rupiah per gelang. Ga cuma itu, ada juga sepatu trekking dan syal khas Rinjani. Hingga beragam kain khas Lombok loh yang emang didesain untuk pendaki.

27 Tempat Wisata Paling Indah Di Indonesia - Sumber Gambar ytimg.com

Sumber Gambar ytimg.com

3.Pulau Komodo

Ini dia salah satu tempat wisata di Indonesia yang terkenal banget bahkan sampai mancanegara. Pulau Komodo berada di Nusa Tenggara Timur. Kawasan ini terdiri dari beberapa pulau beserta perairan laut yang jernih. Uniknya di pulau-pulau itu hiduplah habitat satwa komodo. Selain itu padang savana terhampar sangat luas.

Selain itu, pulau komodo terkenal banget nih sama wisata kuliner kampung ujung. Tempat ini buka dari jam 17.00 sampai 04.00. Di sepanjang Kampung Ujung mulai dari tempat pelelangan ikan sampe simpang tiga. Wisatawan bisa menikmati aneka masakan makanan laut segar. Mulai dari berbagai jenis kakap merah, kerapu, cumi,  udang, kepiting, dan lainnya.

Selain itu ada satu nih makanan khasnya yaitu Ikan Kuah Asam Philemon seharga Rp. 30.000an. Philemon berada di sebelah Pelabuhan Pelni Labuan Bajo. Selain sebagai dermaga khusus, Philemon menyediakan kuliner seafood khas Labuan Bajo loh.

Ikan ini punya kuah yang asam berwarna kuning dan segar. Ikan segar disajikan di dalam kuah asam pedas. Untuk rasanya dijamin nagih banget deh Mas Bro dan Mbak Bro. Kuliner ini juga sebenernya bisa didapatin di Kampung Ujung ato Restoran Budi Luhur.

Kalo untuk biaya uda banyak biro perjalanan yang menawarkan paket wisata mulai dari Rp. 2.000.000an. Kalo backpakeran biaya yang dikeluarkan lebih murah. Karna penginapan disana murah, mulai dari 150.000. Untuk tiket kapal fery ke tempat wisata pun cuma 10.000. Kalo harga angkot harus pinter-pinter nawar, harganya mulai dari 200.000an.

27 Tempat Wisata Paling Indah Di Indonesia - Sumber Gambar skyscanner.co.id

Sumber Gambar skyscanner.co.id

4.Kepulauan Raja Ampat

Kita pasti sering banget denger tentang wisata Indonesia ke pulau raja ampat. Kepulauan Raja Ampat merupakan kepulauan yang terletak di barat pulau Papua. Raja Ampat ini menjadi tujuan utama bagi para penyelam. Mengingat keindahan bawah laut di Raja Ampat memang benar-benar keren banget.

Kalo soal makanan khas di Raja Ampat tergolong cukup ekstrim nih.  Masakan khas Raja Ampat adalah cacing laut goreng  dan sate ulat sagu. Makanan berbahan dasar cacing laut yang digoreng sampai kering menjadi keripik. Sedangkan sate ulat sagu ini berbahan dasar ulat sagu. Ulat ini ditemukan di batang pohon sagu yang uda menua.

Masyrakat asli papua yang terbiasa hidup di alam. Seringkali mengkonsumsi ulat sagu langsung dari pohonnya. Tanpa diolah terlebih dahulu dan langsung dimakan mentah-mentah. Terkadang ulat sagu juga seringkali diolah dengan cara dibakar seperti sate. Rasa asin dan gurih yang keras menjadi ciri khas dari ulat sagu ini.

Tapi tenang, masih ada kok makanan khas sana yang ga terlalu ekstrim. Yaitu ikan sup kuning dan papeda. Masakan ini juga terkenal hampir disetiap wilayah pesisir Pantai Papua Barat. Papeda merupakan bubur Sagu yang disajikan dengan kuah ikan serta buah tomat dan lemon. Papeda biasa berwana bening dan lengket. Penasaran, langsung aja berkunjung ke Raja Ampat Mas Bro dan Mbak Bro

Untuk masalah biaya kita perlu mengeluarkan sekitar Rp. 6.000.000. Dengan catatan harga tiket pesawat pulang-pergi Rp. 3.000.000 dan hanya berkunjung ke satu tempat wisata aja. Sedang biro perjalanan menawarkan paket wisata yang beragam mulai dari Rp. 3.000.000an dengan beranggotakan minimal 14 orang. Jadi kalo mau kesana jangan lupa ngumpulin pasukan dulu ya.

27 Tempat Wisata Paling Indah Di Indonesia - Sumber Gambar dolanmu.com

Sumber Gambar dolanmu.com

5.Gunung Bromo

Gunung Bromo salah satu gunung berapi aktif di Indonesia tepatnya Jawa Timur. Gunung ini paling bagus kalo pas lagi sunrise dan sunset loh. Selain itu kita wajib tuh berkunjug ke kawah bromonya. Kita bakalan menyaksikan pemandangan yang indah loh.

Selain itu juga wajib nih berkunjung ke pasir berbisik di Kaldera Bromo. Walaupun sebenernya ga berbisik, istilah ini muncul karna efek hembusan angin yang mirip kayak bisikan. Kitaalian juga wajib banget ke padang savananya bromo. Bakalan nyegarin mata banget deh. Kalo bisa ya, kita datang di bulan kasada pada hari ke-14. Biar kita bisa menyaksikan upacara kasada yang biasa digelar di kaki gunung bromo.

Biaya tiketnya murah kok, cuma Rp. 30.000an. Selain itu untuk biaya sewa jeep hartop kita bisa sewa mulai dari harga Rp. 300.000an. Pinter-pinter nawar aja ya, sedangkan biaya sewa kuda biasanya cuma Rp. 50.000an.

27 Tempat Wisata Paling Indah Di Indonesia - Sumber Gambar skyscanner.co.id

Sumber Gambar skyscanner.co.id

6.Taman Laut Bunaken

Taman laut Bunaken merupakan tempat rekreasi yang mempunyai 20 titik penyelaman (dive spot). Dengan kedalaman yang berberda-beda loh. Kedalaman di taman laut bunaken ada yang sampe 1.344 meter. Dari 20 titik penyelaman setidaknya 12 titik di antaranya berada di Pulau Bunaken.

Di 12 titik inilah yang paling sering dikunjungi sama penyelam dan pecinta pemandangan bawah laut.  Untuk biaya masuknya kalian perlu merogoh kocek sebesar Rp. 50.000. Sedangkan sewa boat berkisar antara Rp. 750.000 sampe Rp. 1.000.000an.

Untuk makanan khasnya dibunaken salah satunya adalah panada. Panada itu mirip kayak pastel tapi isinya  berbeda. Kalo ini isinya menggunakan hasil bumi Manado kayak ikan cakalang. Bumbu yang dipake pun bumbu khusus yaitu bumbu Panpis.

Satu lagi makanan khasnya yaitu Cakalang Fufu seharga mulai Rp. 40.000. Prosesnya adalah ikan cakalang akan di asap terlebih dahulu. Ini nih yang bikin namanya jadi “Fufu” yang berarti pengasapan/ diasap. Sebelumnya mengolahnya kita harus membersihkannya terlebih dahulu. Lalu dibelah menjadi dua lalu dan dijepit dengan penjepit dari bambu.

Setelah itu ikan tinggal dilumuri dengan bubuk soda dan garam. Ikan cakalang akan diasap selama kurang lebih 4 jam.  Sampe ikan berwarna kemerahan, lebih empuk serta ga berair.

27 Tempat Wisata Paling Indah Di Indonesia - Sumber Gambar balihellotravel.com

Sumber Gambar balihellotravel.com

7.Pantai Dreamland Bali

Pantai Dreamland merupakan salah satu pantai indah di Bali selain pantai Kuta. Pantai ini juga salah satu tempat liburan di Indonesia yang wajib dikunjungi. Pantai ini berada ga jauh dari daerah Uluwatu. Keindahan serta kebersihan pantai ini menambah daya tarik wisatawan berdatangan.

Salah satu makanan yang wajib dicoba adalah lawar dan sate lilit. Lawar seharga Rp. 10.000-15.000 merupakan campuran sayur-sayuran dan daging cincang dibumbui dengan bumbu khas Bali. Pada umumnya lawar menggunakan campuran daging babi. Tapi banyak juga yang menggunakan bebek entog (kuwir) sebagai campuran.

Biasanya daging cincang dicampur dengan potongan-potongan sayur kacang panjang. Dan diberikan parutan kelapa beserta bumbu Bali. Berbeda dengan sate pada umumnya sate lilit  dibuat dengan cara di lilitkan. Jadi dagingnya dicincang halus dan dicampur dengan bumbu Bali. Lalu di lilitkan di batang daun serai ato tangkai bambu. Bahan dasarnya bisa daging ayam, babi ato ikan tenggiri. Harga seporsinya biasanya cuma Rp. 15.000 loh.

27 Tempat Wisata Paling Indah Di Indonesia - Sumber Gambar kecharainindonesia.org

Sumber Gambar kecharainindonesia.org

8.Kerinci

Kerinci dikenal sebagai danau paling tinggi di Asia Tenggara. Ga cuma itu, terdapat beberapa danau kecil lainnya yang ga kalah unik. Sementara ini, penginapan di kawasan Danau Kerinci memang belum ada.  Tapi  kalo kalian pengen menginap terdapat sejumlah hotel kecil di kota Sungai Penuh. Harganya cukup terjangkau mulai Rp. 30.000 sampe Rp. 100.000 per malam.

Lokasi danau berjarak sekitar 500 km dari Jambi, dan memakan waktu 10 jam perjalanan. Ato kalo dari Kota Padang, membutuhkan waktu sekitar  7  jam. Tiket masuk danau Kerinci seharga Rp. 4.000, tapi biasanya naik kalo lagi musim liburan menjadi Rp. 15.000.

Makanan khas Kerinci yang terkenal yaitu dendeng batokok. Dendeng ini berbahan dasar daging lembu yang lembut. Pengolahannya cukup unik karena digepok/tumbuk dengan batu hingga gepeng. Lalu dipanggang kembali dengan sambal merah yang pedas. Soal rasa, dijamin bikin ketagihan deh. Harga seporsinya mulai dari Rp. 80.000an loh.

27 Tempat Wisata Paling Indah Di Indonesia - Sumber Gambar bp.blogspot.com

Sumber Gambar bp.blogspot.com

 

9.Green Canyon

Siapa bilang Green Canyon ga ada di Indonesia? Indonesia ternyata juga punya Green Canyon loh. Paduan alam antara sungai, hutan lindung, lembah hijau, dan stalaktit-stalakmit menjadi sesuatu yang unik.

Untuk mencapai Green Canyon dari dermaga Ciseureuh, kita harus menempuh waktu 30 sampai 45 menit.  Dengan menggunakan perahu kayu modern yang biasa dikenal dengan “Ketinting”. Tarif  ketinting adalah 75.000 perorangnya dan bisa  menampung maksimal lima orang. Perahu ini beroperasi dari  pukul 7.30 sampai 16.00 WIB.

Salah satu kegiatan favorit para wisatawan disana yaitu Body Rafting. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp. 150.000 sampe Rp. 250.000. Paket body rafting ga cuma  rafting aja. Tapi kalian juga bisa berenang di kejernihan air Green Canyon. Bahkan kalian bisa mencoba melompat dari tebing ketinggian 9 meter serta trekking.

27 Tempat Wisata Paling Indah Di Indonesia - Sumber Gambar katalogwisata.com

Sumber Gambar katalogwisata.com

 

10.Taman Nasional Bantimurung

Taman Nasional ini punya pesona alam yang sangat indah. Di taman ini kita  bisa menjumpai sumber air yang ga pernah kering. Ga heran banyak jenis tanaman mampu bertahan walau musim kemarau panjang.

Taman ini berada di sebelah utara Makassar, membutuhkan waktu 30-60 menit perjalanan dari Bandar Udara Sultan Hasanudin. Banyak sekali pesona wisata alam yang bisa kita liat disana. Salah satunya adalah penangkaran kupu-kupu nasional. Beberapa spesies kupu-kupu  langka bisa kita temui di taman nasional ini.

Ga hanya itu, terdapat beberapa goa yang wajib kita kunjungi. Katanya, Goa-goa batu di bantimurung merupakan  tempat bertapa dan tempat tinggal raja Toakala.  Jadi ga heran kalo kita akan menemukan sebuah makam raja toakala. Kita juga wajib nih ke Air terjun Bantimurung . Karna  kita bisa liat pemandangan air terjun yang luar biasa. Untuk harga tiket kita cuma perlu mengeluarkan sebanyak 25.000 aja. Untuk biaya transportasi kita cukup merogoh kocek sebesar 12.000 aja untuk naik angkot hingga taman nasional.

27 Tempat Wisata Paling Indah Di Indonesia - Sumber Gambar skyscanner.co.id

Sumber Gambar skyscanner.co.id

11.Kepulauan Belitung

Kepulauan Belitung merupakan salah satu Pulau indah yang wajib kit kunjungi. Pantai berpasir putih serta hiasan batu-batu granit yang artistik. Air laut yang jernih dan  dikelilingi oleh ratusan pulau-pulau kecil. Akan menjadi pemandangan luar biasa yang bisa kIT dapatkan di pulau itu.

Salah satu makanan khas disana adalah pantiaw. Makanan ini mirip seperti laksa tapi bentuknya berbeda. Bahan utama makanan ini adalah sagu dan tepung beras. Selain itu kita juga harus mencicipi lempah kuning. Lempah kuning adalah masakan yang terdiri dari ikan kakap merah ato tenggiri disajikan dengan kuah kuning.  Yang berbahan dasar  kunyit, cabai merah, bawang merah, bawang putih, lengkuas dan belacan. Biasanyakuah ini juga dilengkapi dengan potongan nanas. Lempah kuning juga ada loh yang berbahan dasar daging sapi.

27 Tempat Wisata Paling Indah Di Indonesia - Sumber Gambar skyscanner.co.id

Sumber Gambar skyscanner.co.id

12.Pulau Derawan

Mungkin ga semua orang tau dengan keindahan pulau ini. Pulau Derawan ternyata punya taman laut yang bisa buat selam (diving). Dengan kedalamannya sampe 5 meter.  Disana juga ada batu karang yang dikenal sebagai “Blue Trigger Wall”. Sedangkan biaya dari Tarakan kesana kita harus mengeluarkan uang  sebanyak Rp. 100.000 untuk naik speedboat. Sedangkan kalo pengen naik pesawat kita harus merogoh kocek sebesar Rp. 500.000.

Untuk  penginapan, kalo pengen yang murah kita bisa homestay dengan harga mulai dari Rp. 100.000-250.000. Sedangkan penginapan di atas laut mulai dari Rp. Rp. 300.000 hingga jutaan.  Kalo pengen sewa alat snorkeling di Pulau Derawan kita perlu mengeluarkan Rp. 50.000 per hari. Sedangkan kalo pengen sewa speedboat dengan kapasitas 3 sampe 4 orang.  Untuk satu hari kita harus mengeluarkan Rp. 1.900.000 sampe  2.500.000.
Disana kita akan disambut dengan makanan khas suku Bajau. Suku yang mendominasi Pulau Derawan. Makanan khasnya itu seperti kima dan tehe-tehe.  Kima biasanya disajikan dengan diiris tipis-tipis kecil. Teksturnya sedikit kenyal tapi enak digigit dan rasanya kayak kerang tumis.

Agak sedikit padat tapi ga terlalu sulit digigit. Kita juga bisa mencicipi lobster berukuran jumbo. Harga lobster berkisar  Rp.250.000-300.000/per porsi untuk 2 orang. Sedangkan untuk hidangan penutup, biasanya kita akan disajikan tehe-tehe. Yang merupakan salah satu makan khas Pulau Derawan. Tehe-tehe itu seperti lemper, cuma aja ga menggunakan daun pisang. Melainkan cangkang Landak Laut, yang diisi dengan beras ketan. Sehingga rasanya lebih padat dari lemper. Mungkin karna cangkang Landak Laut lebih kokoh.

27 Tempat Wisata Paling Indah Di Indonesia - Sumber Gambar bp.blogspot.com

Sumber Gambar bp.blogspot.com

 

13.Goa Kalisuci

Di dalam Goa Kalisuci kalian akan menjumpai sungai bawah tanah yang mengalir hingga laut selatan pulau Jawa. Goa Kalisuci ternyata merupakan salah satu pusat wisata petualangan cave tubing di dunia loh. Setelah negara Meksiko dan Selandia Baru.

Ternyata peserta Cave Tubing Kalisuci harus menakhlukkan jalur sepanjang 500 meter. Dengan kedalaman 1 sampe 3 meter. Dan memakan waktu kira-kira 2 jam untuk menyelesaikan  penyusuran gua. Rutenya dimulai dari Gua Suci, Luweng Senglat, Luweng Geleng, dan berakhir di Gua Mburi Omah.

Untuk harga retribusi masuk kesana kita harus mengeluarkan uang sebesar 5.000. Sedangkan untuk paket wisata cave tubingnya, kita harus mengeluarkan biaya 70.000/orang.

27 Tempat Wisata Paling Indah Di Indonesia - Sumber Gambar skyscanner.co.id

Sumber Gambar skyscanner.co.id

14. Kepulauan Seribu, DKI Jakarta

Siapa bilang di Jakarta ga ada wisata alam yang menarik. Karna Jakarta punya wisata Kepulauan Seribu tempat wisata yang direkomendasikan di Indonesia. Salah satu destinasi yang mempesona adalah Pulau Perak. Karna kita bisa menikmati matahari terbenam yang indah. Untuk biaya transportasi kesana, kita harus mengeluarkan uang sebesar Rp. 42.000-52.000.

Untuk makanan khas, kita harus pastiin kalo kita datang pas festival. Karna kita akan menemukan berbagai macam makanan langka. Seperti krupuk cue, geplak, gegodo, jepa, janda mengandang, angsrut dan lain sebagainya. Dan yang menjadi favorit adalah  kue celorot. Kue celorot sendiri terbuat dari ketan loh. Bahkan warga pulau juga selalu menunggu kehadiran kue ini. Karna kue ini cuma ada setahun sekali.

27 Tempat Wisata Paling Indah Di Indonesia - Sumber Gambar skyscanner.co.id

Sumber Gambar skyscanner.co.id

15. Karimun Jawa, Jawa Tengah

Karimun jawa merupakan salah satu objek wisata Indonesia. Dan terletak 6 jam perjalanan laut dengan kapal feri dari Jepara.  Tapi ga bakalan nyesel deh kalo uda kesana. Pesona pantai, pulau-pulau dan alam bawah laut akan sangat memanjakan mata kita. Makanan khasnya adalah bakso ikan ekor kuning dan lontong krubyuk. Para wisatawan domestik maupun mancanegara paling seneng makan bakso ini loh. Bakso ini berbahan dasar daging ikan ekor kuning yang banyak banget di kepulauan Karimunjawa. Bakso ini disajikan dengan mie kuning dan bihun beserta sayuran seperti bakso pada umumnya.

Tapi baksonya terasa agak kenyal, gurih dan ga amis. Selain rasanya yang lezat harganya juga cukup murah. Kita cukup mengeluarkan kocek 7.000 sudah bisa mendapatkan seporsi bakso ini. Sedangkan lontong krubyuk, cita rasanya beda dibandingkan dengan lontong pada umumnya.

Kuahnya seger, apalagi kalo dimakan siang-siang dijamin puas banget deh. Lontong krubyuk disajikan dengan tauge setengah matang dan  irisan daun Seledri. Yang bikin beda adalah bahan pelengkapnya. Karna lontong krubyuk diberi suwiran daging ayam semur dan disiram kuah bakso

Untuk biaya selama disana, terbilang cukup murah jika kalian ga sendirian. Saat menyebrang kalian harus mengeluarkan sekitar 110.000 dan untuk homestay harganya mulai dari 50.000an. Sedangkan sewa kapal harian kalian harus mengeluarkan 400.000 plus tour guide 100.000. Untuk peralatan snorkeling kalian harus mengeluarkan 25.000.

27 Tempat Wisata Paling Indah Di Indonesia - Sumber Gambar skyscanner.co.id

Sumber Gambar skyscanner.co.id

16.Tanjung Puting, Kalimantan Tengah

Taman Nasional ini merupakan salah satu tempat wisata yang direkomendasikan di Indonesia . Serta tempat buat ngeliat orang utan di habitatnya. Untuk kesana, kita bisa langsung terbang ke Pangkalan Bun. Kita juga wajib nih naik kelotok, tapi diusahakan bawa pasukan ya. Karna setiap kelotok dilengkapi seperti kasur, meja makan sampai dengan toilet yang ada showernya. Jadi ga heran kalo biaya sewanya mahal.

Lebih baik lagi kalo dipesan jauh-jauh hari.  Karna pas peak season kapal wisata yang berjumlah  50 buah bakalan berangkat semua. Tarif sewa itu tergantung sama besarnya kapal dan lamanya perjalanan ke kawasan Taman Nasional. Harganya mulai dari Rp. 1.250.000 sampe Rp. 2.000.000 per hari. Ada juga yang nyewain untuk perorang seharga Rp. 1.750.000 untuk tiga hari, minimal 4 orang.

Bagi para wisatawan yang ke Taman Nasional Tanjung Puting wajib ada Guidenya. Biasanya yang pake paket all in itu uda lengkap sama biaya guide, makan dan tiket masuk.

27 Tempat Wisata Paling Indah Di Indonesia - Sumber Gambar skyscanner.co.id

Sumber Gambar skyscanner.co.id

17. Badung, Bali

Di Kabupaten Badung, ga cuma pantai  Kuta dan Nusa Dua yang menarik. Kita masih bisa menjelajahi puluhan pantai indah, seperti Pantai Pandawa. Merupakan salah satu objek wisata Indonesia yang wajib dikunjungi.

Kita juga wajib nih nyobain makanan khas disana. Kita bisa ke sebuah warung sederhana Men Unyil di area pasar Mengwi. Warung ini buka dari jam 4 sore sampe 10 malam.

Menu khasnya adalah nasi campur taluh kana.  Harganya cukup murah loh, cuma 8.000 se porsinya. Isinya itu ada nasi sela (ketela), jukut (sayur) bejek,  ada grago (udang kecil kecil), kacang tanah, jukut ato sayur bejek bumbu kalas (santan, daging, base gede) sambal bongkot, dan ayam betutu yang disuwir. Yang bikin spesial adalah karna ada taluh kana, be (daging)  meri (anak bebek) di dalamnya.

Makanan taluh kana ini cuma ada di Desa Mengwi loh. Taluh kana itu adalah telur yang ga berhasil menetas. Dan diolah lagi menjadi makanan dan digoreng. Selain taluh kana goreng, menu ini juga menyajikan meri. Meri adalah anak bebek yang mati saat menetas. Meri ini biasanya digoreng hingga kering dan siap disajikan.

27 Tempat Wisata Paling Indah Di Indonesia - Sumber Gambar skyscanner.co.id

Sumber Gambar skyscanner.co.id

18. Gili Trawangan, Nusa Tenggara Barat

Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno terletak di Lombok Utara. 3 buah gili (pulau kecil) Merupakan salah satu objek wisata di Indonesia yang terkenal hingga ke mancanegara loh.

Pulau dengan panjang sekitar 3 km dan lebar 2 km. Gili Trawangan memiliki populasi sebanyak 800 jiwa. Disana ada 2 pilihan alat transportasi untuk mengelilingi Gili Trawangan. Yaitu dengan sepeda ato cidomo. Tarif sewa sepeda per harinya adalah Rp. 50.000 sampe  Rp. 75.000. Sedangkan biaya sewa cidomo, berkisar antara Rp. 75.000100.000. Cidomo sendiri bisa memuat hingga 6 orang.

Untuk masalah perut kita ga perlu khawatir. Karna di sepanjang jalan (Sentral) dari ujung utara sampai ujung selatan banyak kafe. Tapi kebanyakan dari mereka menyajikan makanan barat. Hanya sedikit kafe yang menyajikan makanan Indonesia ato makanan khas Lombok. Harga makanannya pun mulai dari Rp. 30.000 sampe Rp. 75.000 per porsi. Tapi kita juga bisa kok menemukan makanan dengan harga 10.000an.

Sedangkan biaya untuk  paket snorkeling rata-rata adalah Rp. 120.000 dengan jadwal berangkat jam 10.30 WITA sampe  jam 15.00 WITA. Ini uda termasuk snorkeling lengkap, air mineral, makan siang, dan kapal menggunakan glass bottom boat. Rutenya pun sudah mengelilingi 3 gili (Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air). Kalo pengen menyewa alat snorkeling aja juga boleh kok. Kita cuma perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 40.00050.000 per hari.

27 Tempat Wisata Paling Indah Di Indonesia - Sumber Gambar skyscanner.co.id

Sumber Gambar skyscanner.co.id

19. Flores, Nusa Tenggara Timur

Di Flores kita bisa mengunjungi pantai, alam bawah laut, situs purbakala, adat-budaya, kopi. Dan tentunya Taman Nasional Gunung Kelimutu, salah satu objek wisata di Indonesia. Untuk mencapai Pulau Flores kita bisa menggunakan jalur darat ato jalur udara. Untuk jalut udara kita harus mengeluarkan uang sebesar 2,2 juta untuk pulang-pergi.
Untuk jalur darat yang lebih murah kita bisa naik kereta yang dilanjutkan dengan naik bis serta kapal ferry.  Ato kita bisa langsung naik bis untuk sekali jalan. Untuk harganya kita harus mengeluarkan sebanyak Rp. 450.000. Sudah termasuk 6 kali makan prasmanan dan membutuhkan waktu 3,5 hari.

Selanjutnya menggunakan kapal feri seharga Rp. 50.000. Untuk harga sewa penginapan kita perlu merogoh kocek mulai dari 150.000 per malam. Dan untuk masalah perut, kita perlu mengeluarkan uang Rp. 20.000 plus minum.
Jika ingin mengunjungi pulau-pulau indah, kita perlu menyewa kapal. Harga sewa per kapal mulai dari 2 juta sampe puluhan juta. Itu semua tergantung kapasitas serta kecepatan kapalnya. Satu kapal bisa menampung sampe 5 orang penumpang.
Sedangkan untuk harga sewa alat snorkeling, kita perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp. 75.000. Sedangkan untuk alat diving harganya mulai Rp 2.000.000 per hari. Sedangkan kalo pengen mengunjungi danau kelimutu. Kita harus menyewa motor ato mobil. Harga sewa motor sekitar Rp. 30.000 dan Rp. 3.000 untuk biaya tiket masuk ke kawasan

27 Tempat Wisata Paling Indah Di Indonesia - Sumber Gambar skyscanner.co.id

Sumber Gambar skyscanner.co.id

20. Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Wakatobi merupakan nama dari pulau besar yang ada di area Sulawesi Tenggara. Yaitu Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Wakatobi merupakan tempat wisata alam di Indonesia yang wajib dikunjungi. Untuk pergi kesan kita bisa terbang ke Bau-bau.

Kita juga bisa menggunakan alternatif transportasi laut seperti kapal cepat dari Makassar ato Kendari menuju Wangi Wangi. Tapi akan memakan waktu hingga 7 jam perjalanan. Ato kita bisa menggunakan kapal angkutan yang memakan waktu 3 hari 3 malam sampai di Baubau ato Kendari. Dan melanjutkan perjalana ke Wangi Wangi dengan kapal kayu ato speedboat.

Untuk anggaran transportasi laut kita perlu mengeluarkan sebanyak 850.000 sampe 1,7 juta. Sedangkan biaya untuk pesawat berkisar 2,5 juta sampe 3,5 juta. Sesampainya di Wangi Wangi, kita perlu mencari sewa kapal dan peralatan snorkeling, diving. Serta free dive yakni olahraga pernapasan di laut yang tengah menjadi primadona.

Ato kita bisa menggunakan paket dari PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero). Paket liburan ini berlangsung selama 5 hari 4 malam. Mulai dari fasilitas penginapan di Baubau, angkutan dan akomodasi di kapal. Dan yang paling penting adalah snorkeling dan diving di Pulau Hoga, Tomia, dan Wangi Wangi. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp. 1,57 juta sampe Rp. 2,85 juta.

27 Tempat Wisata Paling Indah Di Indonesia - Sumber Gambar skyscanner.co.id

Sumber Gambar skyscanner.co.id

21. Halmahera, Maluku Utara

Halmahera merupakan salah satu tempat yang sering dipilih buat diving. Dan merupakan tempat wisata alam di Indonesia yang wajib dikunjungi. Tempat ini juga relatif lebih sepi dari tempat diving lainnya. Karna transportasi disana cukup jarang. Dan satu-satunya penghubung adalah Trans Halmahera.

Jalur ini berkelok-berkelok dan hanya bisa dilewati oleh 2 mobil aja. Transportasi yang paling banyak digunakan oto. Yaitu mobil plat kuning yang selalu melewati Trans Halmahera. Oto disana biasanya mobil bermerk seperti  Avanza, Innova, Jazz, bahkan Yaris keluaran terbaru.

Kalo perjalanan dari Jailolo menuju Akelamo Kao, yang terletak di Teluk Kao. Kita perlu mengeluarkan biaya Rp. 25.000 sampe Rp. 30.000 per orang. Tapi kalo pengen ke Tobelo di Halmahera Utara. Kita perlu membayar sebesar Rp. 75.000 sampe Rp. 100.000 dengan waktu 4 jam perjalanan.

27 Tempat Wisata Paling Indah Di Indonesia - Sumber Gambar skyscanner.co.id

Sumber Gambar skyscanner.co.id

22. Danau Sentani, Papua

Danau sentani merupakan danau terbesar di Papua. Dan merupakan tempat wisata alam di Indonesia yang wajib dikunjungi. Dengan luas 9.360 hektar dan ketinggian 75 mdpl.  Danau sentani punya 21 pulau kecil yang menghiasinya.  Setiap tahunnya pada bulan Juni, selalu diselenggarakan festival adat Danau Sentani.

Festival ini banyak menarik wisatawan lokal bahkan asing. Festival ini menampilkan atraksi budaya bahkan tarian perang khas papua yang berlangsung selama 3 hari. Dan ditutup dengan upacara sakral. Kalo berkunjung kesana jangan lupa mencicipi papeda dan matoa.

Papeda adalah bubur sagu yang lengket seperti lem. Papeda biasa disantap degan lauk kuah kuning ikan gabus yag biasa di tangkap di danau. Sedangkan matoa adalah buah khas papua. Kalo sedang musim kita bisa mendapatkan matoa sekilo dengan harga Rp. 30.000. Rasa buah ini cukup unik, seperti perpaduan rambutan dan lengkeng. Tapi punya aroma seperti durian. Untuk berkunjung kesana kita bisa menggunakan paket tour.  Ato langsung terbang ke sentani melalui jalur udara.

27 Tempat Wisata Paling Indah Di Indonesia - Sumber Gambar skyscanner.co.id

Sumber Gambar skyscanner.co.id

23. Anambas, Kepulauan Riau

Anambas ternyata pernah dinobatkan sebagai Kepulauan Terbaik di Asia versi CNN tahun 2013. Pulau ini punya keindahan yang luar biasa dan merupakan tempat wisata paling indah di Indonesia. Yang berkunjung kesana wajib snorkeling di Pulau Bawah.  Anambas merupakan sebuah kabupaten seluas 46.667 km2 yang berlokasi di Laut China Selatan.

Wilayahnya termasuk berada di tapal batas terdepan NKRI. Hampir 90% kapal internasional melintasi sisi perairan terluarnya. Makanan khas anambas adalah kerupuk atom.  Kerupuk ini terbuat dari ikan tongkol, dan rasa ikannya nendang banget. Ga amis dan dijamin enak deh. Apalagi buat kita yang doyan ngemil, cocok jadi peneman selama jalan-jalan di kepulauan Riau. Kita bisa membeli Kerupuk ini di kota Tarempa ato Letung.

Selain itu ada Lakse yaitu sejenis mie yang dicampur bumbu racikan khas Tionghoa dan Melayu. Lakse adalah mie bulat putih yang sedikit tebal.  Lakse khas Anambas termasuk dalam kategori Lakse kari. Kuah lakes ini berlemak, pedas dan kaya akan rempah. Kalo pengen ke pulau anambas kita bisa memakai paket tour seharga Rp. 3.000.000 selama 5 hari 4 malam.

27 Tempat Wisata Paling Indah Di Indonesia - Sumber Gambar skyscanner.co.id

Sumber Gambar skyscanner.co.id

24. Polewali Mandar, Sulawesi Barat

Di polewali mandar, terdapat beberapa tempat wisata yang wajib kamu kunjungi. Salah satunya adalah pantai Bahari Polewali Mandar. Pantai ini merupakan tempat wisata paling indah di Indonesia. Yang terletak di kabupaten Polman, Sulawesi Barat. Pantai ini cocok untuk menghabiskan sore dan melihat senja sebelum matahari terbenam.

Selanjutnya kita perlu mengunjungi Air Terjun Limbong Miala dan Limbong Kamandan. Tempat wisata ini terletak di Desa Kurrak kecamatan Tapango. Didukung alam yang asri dan sejuk, permandian alam ini sangat dianjurkan kalo kita ingin merasakan hawa pegunungan juga.  Membutuhkan sekitar satu setengah jam untuk tiba di lokasi ini.

Selanjutnya kita bisa mengunjungi objek wisata Bendungan Sekka-Sekka. Punya pemandangan yang asri dan cuaca yang sejuk. Objek ini juga biasa dijadikan sarana air bersih di Kabupaten Polewali Mandar.

27 Tempat Wisata Paling Indah Di Indonesia - Sumber Gambar skyscanner.co.id

Sumber Gambar skyscanner.co.id

25. Fort Marlborough, Bengkulu

Fort Marlborough merupakan tempat bersejarah yang wajib kita kunjungi jika berlibur ke Bengkulu. Termasuk salah satu tempat wisata murah Indonesia. Benteng Marlborough ato Fort Marlborough merupakan benteng peninggalan Inggris. Benteng ini menjadi saksi bisu ketika Bengkulu dikuasai oleh Inggris. Benteng Marlborough terletak di daerah Pecinaan Kota Bengkulu. Lokasinya dekat dengan Pantai Tapak Padri Bengkulu.

Selama disana, kita bisa menginap di Flash Hotel Bengkulu. Sehingga kalo kita berkunjung ke Benteng Marlborough. Kita cukup menggunakan angkutan umum seharga Rp. 7.000 untuk 2 orang. Ato kita bisa  berjalan kaki sekitar  15 menit dari Jl. Sudirman Kota Bengkulu. Sedangkan  harga tiket masuk ke  Benteng Marlborough  kita perlu merogoh kocek sebesar Rp. 5.000.

Selain itu, kita harus wajib nyicipin makanan khas disana. Kita harus nyicipin makanan tempoyak ikan patin. Masakan ini berbahan dasar buah durian yang di fermentasi. Tempoyak bisa saja dimakan langsung. Tetapi banyak orang tidak tahan dengan aromnya. Selanjutnya adalah bagar hiu, masakan ini berbahan utama daging ikan hiu.

Masakan ini menggunakan daging punai yaitu daging ikan hiu tanduk. Ikan ini  dipilih karna ga amis serta punya kulit yang lembut. Bahkan Presiden Soekarno menjadikannya sebagai  makanan favotritnya selama masa pengasingan di tahun 1938-1942.

27 Tempat Wisata Paling Indah Di Indonesia - Sumber Gambar skyscanner.co.id

Sumber Gambar skyscanner.co.id

26. Way Kambas, Lampung

Gajah dan kopi merupakan ciri khas dari provinsi ini. Bahkan banyak wisatawan lokal maupun asing berkunjung ke Taman Nasional Way Kambas. Dan merupakan tempat wisata yang dianjurkan di Indonesia.  Para wisatawan tertarik melihat kepintaran dan kepiawaian gajah. Bahkan kita bisa mengunjungi penangkaran badak disana.

Baca Juga
1. 
10 Tempat Wisata Terbaik yang Direkomendasikan di Sumatera Utara
2. 27 Hal yang Harus Kita Persiapkan Sebelum Mulai Usaha Hotel dan Penginapan

Di lokasi ini juga kita bisa mendapatkan penginapan resort dengan tarif Rp. 200.000. Selain itu kita juga bisa menyusuri sungai dengan menggunakan perahu motor. Harga yang perlu kita keluarkan sekitar Rp. 750.000 sampe Rp. 1.500.000 dengan kapasitas 6 hingga 7 orang. Selain itu setiap pukul 06.00 pagi kita bisa melihat pawing melepaskan para gajah. Tapi sebelumnya para gajah akan dimandikan terlebih dahulu.

Harga tiket masuk ke taman way kambas ada dua macam. Yaitu tiket masuk ke daerah konservasi gajah dan tiket masuk ke resort serta penangkaran badak. Untuk ke resort dan konservasi gajah kita harus merogoh kocek sebanyak Rp. 20.000. Sedangkan untuk ke penangkaran badak kalian harus mengeluarkan biaya sebesar Rp. 30.000.

Kalo ke lampung ga lengkap rasanya kalo ga mencicipi kopi robusta lampung. Kita juga bisa membeli untuk dijadikan oleh-oleh loh. Untuk sebungkus kopi robusta kita harus mengeluarkan sebesar Rp. 50.000.

27 Tempat Wisata Paling Indah Di Indonesia - Sumber Gambar skyscanner.co.id

Sumber Gambar skyscanner.co.id

27. Togean, Sulawesi Tengah

Banyak wisatawan mancanegara terus mengunjungi Taman Nasional Kepulauan Togean di Sulawesi Tengah. Tempat ini merupakan tempat wisata yang dianjurkan di Indonesia. Padahal lokasi taman terbilang cukup sulit.

Kita bisa mencapai Togean dengan dua rute alternatif. Yaitu melalui Gorontalo ato melalui Palu. Dari Bandara Jalaludin Gorontalo kita bisa melanjutkan perjalanan dengan kapal feri Tuna Tomini ke Wakai, Togean. Tapi ternyata, kapal cuma berangkat pada hari Selasa dan Jumat. Selain itu dari Gorontalo, kita juga bisa melewati Bumbulan Paguat di Kabupaten Gorontalo selama sekitar 3 jam.  Lalu berangkat menggunaka kapal Cengkeh Afo yang berangkat setiap hari Senin dan Kamis.

Terdapat resort mewah hingga homestay sederhana yang bisa kita temui disana. Untuk tarif homestay paling murah mulai dari Rp. 200.000 per malam.  Itu sudah dengan fasilitas kamar mandi dalam serta makan 3 kali sehari. Sedangkan untuk biaya sewa perahu cukup bervariasi. Harga perahu berkapasitas 8 orang punya harga Rp 550.000 per harinya. Rutenya melewati Pulau Kadidiri, Katupat, Malenge, dan Waleakodi. Tapi kalo pengen melihat gunung api di Togean kita bisa memperpanjang rute dengan tambahan biaya Rp. 200.000.

Udah tau kan makanan khas, biaya transport serta biaya penginapan di lokasi wisata.

Tunggu apalagi Mas Bro dan Mbak Bro?

Sebarin tulisan ini ya dan ajak temen dan keluarga jalan-jalan. Lalu siapkan tanggal, mulai menabung dari sekarang. Dan liburan pun siap dijalankan.

Kalo masih ada yang mau ditanya, silahkan ajukan pertanyaan dibawah ya.

Selamat Berlibur.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Soal ujian ada pilihan ganda dan esai
Kerjain yang paling gampang mana
Kuliah sekolah semester ganjil selesai
Akhir tahun enaknya liburan kemana

Tembalang, Semarang
Sabtu, 18:00 WIB 17 Desember 2016
Tulisan Temen Kita – E

Sumber Tulisan
Anekatempatwisata. 2015. Green Canyon Primadona Wisata Jawa Barat Yang Luar Biasa. anekatempatwisata.com/green-canyon-primadona-wisata-jawa-barat-yang-luar-biasa-indah/ diakses pukul 14.10 WIB, pada hari Kamis 15 Desember 2016.
Backpakerborneo.2013.Tipsbackpaking Ke Taman Nasional. backpakerborneo/2013/03/tipsbackpaking-ke-taman-nasional diakses pukul 14.20 WIB, pada hari Kamis 15 Desember 2016.
Backpakerborneo.2013. Panduan Lengkap Berwisata Ke Kepulauan Seribu.backpackerborneo.com/2013/12/panduan-lengkap-berwisata-ke-kepulauan.html diakses pukul 14.30 WIB, pada hari Kamis 15 Desember 2016.
BlogHeritage. 2014. Cerita Kuliner 7 Masakan Khas Kepulauan Riau. blog.heritage.id/cerita-kuliner-7-makanan-khas-kepulauan-riau/ diakses pukul 15.10 WIB, pada hari Kamis 15 Desember 2016.
Borukaro. 2015. Menikmati Makanan Rasa Indonesia Di Pulau Derawan.borukaro.com/menikmati-makanan-rasa-indonesia-di-pulau-derawan/ diakses pukul 14.46 WIB, pada hari Jumat 16 Desember 2016.
Catatankecilbackpacker. 2015. Anambas. catatankecilbackpacker.blogspot.co.id/2015/08/anambas.html diakses pukul 14.58 WIB, pada hari Kamis 15 Desember 2016.
Dolanmu. 2015. Wisata Gunung Bromo Di Jawa Timur.dolanmu.com/wisata-gunung-bromo-di-jawa-timur/ diakses pukul 15.15 WIB, pada hari Kamis 15 Desember 2016.
Ecotourtravel. 2014. Makanan Khas Karimun Jawa. ecotourtravel-karimunjawa.com/makanan-khas-karimunjawa/ diakses pukul 13.10 WIB, pada hari Jumat 16 Desember 2016.
Erdaviolita. 2012. Kepulauan Belitung. erdaviolita.blogspot.co.id/ diakses pukul 13.40 WIB, pada hari Jumat 16 Desember 2016.
Gorajaampat. 2013. Raja Ampat Kuliner. Ggorajaampat.com/old/pages_ina/rajaampat_kuliner.html diakses pukul 13.30 WIB, pada hari Kamis 15 Desember 2016
HelloMbokku. 2014. Pasir Oleh-Oleh Khas Gunung Rinjani Lombok. hellolombokku.com/pasir-oleh-oleh-khas-gunung-rinjani-lombok diakses pukul 13.24 WIB, pada hari Kamis 15 Desember 2016.
IdWikipedia. 2012. Kabupaten Powali Mandar.id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Polewali_Mandar diakses pukul 13.47 WIB, pada hari Kamis 15 Desember 2016.
Indowisatajaya. 2016. Wisata Menari Danau Sentani Papua.indowisatajaya.blogspot.co.id/2016/03/wisata-menarik-danau-sentani-di-papua.html diakses pukul 13.55 WIB, pada hari Kamis 15 Desember 2016.
Journalkinchan. 2012. Bumi Halmahera, Melancong Ke Maluku.journalkinchan.blogspot.co.id/2012/03/bumi-halmahera-melancong-ke-maluku.html diakses pukul 12.10 WIB, pada hari Kamis 15 Desember 2016.
Kinerja. 2014. Makanan Khas Bengkulu.kinerjaaktif.com/makanan-khas-bengkulu/ diakses pukul 12.24 WIB, pada hari Kamis 15 Desember 2016.
Liburanbali. 2012. Makanan Khas Bali.liburanbali.net/makanan-khas-bali diakses pukul 12.30 WIB, pada hari Kamis 15 Desember 2016.
MjPrasetyo. 2011. Taman Nasional Bantimurung Sulawesi Selatan.mjprastyo11.wordpress.com/sulawesi/sulawesi-selatan/taman-nasional-bantimurung/ diakses pukul 14.40 WIB, pada hari Kamis 15 Desember 2016.
Panji. 2015. Ciri Khas Lombok.panjibp4.blogspot.co.id/2015/06/ciri-khas-lombok.html diakses pukul 13.40 WIB, pada hari Jumat 16 Desember 2016.
Pulauseribujakarta. 2014. Tarif Kapal Muara Angke. pulauseribujakarta.com/tarif-kapal-muara-angke-naik/ diakses pukul 14.58 WIB, pada hari Jumat 16 Desember 2016.
Reviewkuliner. 2012. Nasi Sela Taluh Kana Men Unyil.reviewkuliner.com/2012/02/17/nasi-sela-taluh-kana-men-unyil diakses pukul 14.10 WIB, pada hari Jumat 16 Desember 2016.
Skyscanner. 2013. Tips Liburan Hemat Ke Taman Nasional Togean Sulawesi Tengah.skyscanner.co.id/berita/tips-liburan-hemat-ke-taman-nasional-kepulauan-togean-sulawesi-tengah diakses pukul 14.30 WIB, pada hari Kamis 15 Desember 2016.
Sobatinfo. 2012. Makanan Khas Manado Paling Enak. sobatinfo.com/makanan-khas-manado-paling-enak diakses pukul 13.54 WIB, pada hari Jumat 16 Desember 2016.
Tikettarikcakuluwatu. 2014. Wisata Kuliner Ramai Dan Enak Dekat Pantai Pandawa. tikettarikecakuluwatu.com/wisata-kuliner-ramai-dan-enak-dekat-pantai-pandawa-dan-dreamland/ diakses pukul 13.50 WIB, pada hari Jumat 16 Desember 2016.
Traveldetik. 2012. Liburan Puas Ke Flore Butuh Uang Berapa?. travel.detik.com/read/2012/10/04/105546/2054324/1383/liburan-puas-ke-flores-butuh-uang-berapa diakses pukul 13.22 WIB, pada hari Jumat 16 Desember 2016.
Travelkompas. 2016. Berapa Biaya Wisata Ke Raja Ampat Ala Backpaker. travel.kompas.com/read/2016/11/13/101500127 /berapa.biaya.wisata.ke.raja.ampat.ala.backpacker.ini.perhitungannya diakses pukul 13.33 WIB, pada hari Jumat 16 Desember 2016.
Traveling. 2014. Wisata Wakatobi, Inilah Rincian Ongkos Alternatif Transportasi Paket Wisata.traveling.bisnis.com/read/20141227/224/386171/wisata-wakatobi-inilah-rincian-ongkos-alternatif-transportasi-paket-wisata diakses pukul 17.10 WIB, pada hari Kamis 15 Desember 2016.
Travellers. 2015. Gili Trawangan, Sulawesi Tenggara.travellers.web.id/indonesia/west-nusa-tenggara/facilities-in-gili-trawangan/ diakses pukul 18.10 WIB, pada hari Kamis 15 Desember 2016.
Winnymarlina. 2016. Wisata Sejarah Benteng Marlbrough. winnymarlina.com/2016/01/17/wisata-sejarah-benteng-marlborough-bengkulu/ diakses pukul 18.30 WIB, pada hari Kamis 15 Desember 2016.
Winnymarlina.2015. Rincian Biaya Perjalanan Ke Karimun Jawa.winnymarlina.com/2015/08/22/rincian-biaya-perjalanan-karimun-jawa/ diakses pukul 17.10 WIB, pada hari Jumat 16 Desember 2016.
WisataJawa. 2013. Wisata Cave Tubing Kalis Suci Yogyakarta.wisatajawa.wordpress.com/wisata-yogyakarta/wisata-a.cave-tubing-kali-suci-yogyakarta/ diakses pukul 20.50 WIB, pada hari Jumat Desember 2016.

Sumber Gambar
balihoteltravel.com diakses pukul 21.50 WIB, pada hari Jumat Desember 2016.
bp.blogspot.com diakses pukul 22.50 WIB, pada hari Jumat Desember 2016.
dolanmu.com/wisata-gunung-bromo-di-jawa-timur/ diakses pukul 22.55 WIB, pada hari Jumat Desember 2016.
katalogwisata.com diakses pukul 20.50 WIB, pada hari Jumat Desember 2016.
kecharainindonesi.org diakses pukul 23.53 WIB, pada hari Jumat Desember 2016.
skyscanner.co.id/berita/34-objek-wisata-unggulan-di-34-provinsi-di-indonesia diakses pukul 23.40 WIB, pada hari Jumat Desember 2016.
youkeepustravelling.comdiakses pukul 01.52 WIB, pada hari Jumat Desember 2016.
ytimg.com diakses pukul 02.50 WIB, pada hari Jumat Desember 2016.

Trackbacks & Pings

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *