Mulai Aja Dulu Lalu Perbaiki Kemudian : #BelajarHidup

Karya Brandon Wong

Kenapa Orang Susah Buat Mulai Sesuatu?
Kenapa Harus Mulai Aja Dulu?

Kalo mau main tekan aja play
Ikut petunjuk permainannya
Kenapa orang susah memulai
Padahal ga ada loh ruginya

 

Salam Mas Bro dan Mbak Bro

Punya impian tapi ga berani mulai?

Punya rencana tapi takut gagal?

Sebuah survei sederhana Mas Bro dan Mbak Bro, 10 dari 10 orang yang ditanya ingin hidupnya lebih baik. Setiap orang punya rencana untuk memulai sesuatu agar hidupnya nanti bisa lebih baik. Bisa mulai cari komunitas baru, sekolah baru, teman baru, kerjaan baru, usaha baru, bahkan pasangan baru dari keluarga kaya yang anak tunggal, orangtuanya … . Hehehe. Lanjutin sendiri ya.

Baca Juga : Memberi Itu Bisa Apa Aja Kapan Aja Dimana Aja

Karya Matt Lee

Kenapa Orang Susah Buat Mulai Sesuatu?

Kalo kita mau serius ngobrolin kenapa orang susah buat mulai sesuatu?

Ada beberapa alasan, yaitu:

1.Merasa Ga Bisa

Setiap orang punya ide. Terlepas itu ide bagus dan tidak. Setiap ide itu, sayangnya belum sampe ke orang lain aja kita punya halangan tersendiri. Kita udah punya musuh duluan. Pikiran sendiri.

Saat awal dapat ide udah yakin. Eh pas mau dilakuin. Ada pemikiran-pemikiran yang nakal dan membuat kita ga yakin. Dan akhirnya, suatu saat ide kita bisa dilakuin orang lain. Kita bisa merasa bangga dan ga dapat apa-apa. Bisa juga kita kecewa karna ternyata ide itu brilian dan bermanfaat untuk orang lain.

2.Ditolak Orang Lain

Selanjutnya meski misalnya yakin sama ide sendiri. Eh, ide kita ditolak sama orang lain. Direndahin sama orang lain, diejek, dan dihina.

Kita merasa jadi semakin rendah. Padahal udah melewati tahap bisa kalahin diri sendiri. Sempet ragu sama diri sendiri dan akhirnya kita yakin. Eh ternyata malah ditolak orang lain dan kita merasa lebih hacur lagi.

1 hal penting yang harus kita sadari adalah …

Ga ada ide baik dan buruk sebelum dibuktiin.

#KataKita

3.Modal Ga Cukup

Setelah melewati 2 tahap diatas masih ada tahapan yang semakin berat. Kita ga punya modal yang cukup.

Modal yang dimaksud disini ga selalu urusan duit ya. Tapi juga sumber daya. Bisa sumber daya alam, bahan untuk mewujudnyatakan ide kita. Bisa juga sumber daya manusia, untuk membantu kita mewujudnyatakan ide kita.

Dalam modal ini ga selalu modal harus milik kita. Kita bisa minta modal dari orang lain. Kita hanya perlu mencari dan nemuin orang yang tepat. Bahkan seorang Nadiem Makarim aja ga bisa coding tapi bisa mewujudnyatakan idenya, GoJek.

Lalu apa bedanya sama kita??

Baca Juga : Ga Ada yang Lebih Penting Daripada Dasar (Pondasi)

Karya Smart

Kenapa Harus Mulai Aja Dulu?

Seperti kita sebut diawal kalo, ga ada ide baik dan buruk sebelum dibuktiin. Bersyukur saat ide kita ternyata terbukti baik dan bisa bermafaat untuk orang lain. Lebih bersyukur lagi kalo ternyata ide kita buruk. Kalo kita bisa tau buruk berarti kita tau ide yang lebih baik dong?

Kita bisa perbaikin dong?

Itu kenapa ide apapun itu, hal apapun itu, mulai aja dulu.

Baca Juga : Kenapa Kita Manusia Tercipta Untuk Jalani Hidup Susah?

Karya Emma Frances Logan

Mulai Aja Dulu Lalu Perbaiki Kemudian

Tapi dalam hal ini ada catatan ya Mas Bro dan Mbak Bro. Sebelum memulai kita harus pastiin dulu ide dan apa yang akan kita lakuin itu udah cukup data.

Maksudnya?

Durian itu aromanya enak tapi ga bisa dimakan sebelum dikupas.

#KataKita

Anggaplah dalam hal ini ide kita adalah durian. Anggaplah aromanya adalah kesenangan kita akan ide itu. Tapi kalo kita langsung makan aja apa adanya. Makan duri aja kita jadinya. Sampe akhirnya kita coba dan coba. Kok aromanya enak tapi ga enak dimakan ya?

Saking emosinya dibanting ke lantai dan eh pecah. Ada sesuatu didalamnya. Dicoba dan enak ternyata. Lalu untuk selanjutnya cara membuka durian dengan cara dihempasin ke lantai. Setelah berjalan waktu kok baru sadar ya. Kalo dihempasin ke lantai malah berceceran, isinya jadi ga utuh. Lalu ada ide membelah dengan cara dipukul. Bisa sih dan ga terlalu berantakan juga. Tapi tetep berantakan.

Muncul lagi ide membelah durian dengan benda tajam. Akhirnya bisa rapi dan mudah. Buahnya ga berantakan lagi.

Kurang lebih prosesnya ide seperti itu Mas Bro dan Mbak Bro. Kita ga bisa langsung sempurna pada awalnya. Mulai aja dulu lalu perbaiki kemudian.

Mau mencoba?

Ada pengalaman lain?

Berbagi aja disini lewat tulisan. Bagiin ceritanya, dapat jalan keluarnya, dan dapatin rupiahnya.

Kalo ga bisa nulis, kirimin aja rekaman suaranya. Nanti kita akan buat tulisannya.

Hubungi kita ya.

#

Bahkan orang pertama yang lakuin hal besar adalah orang gagap.

#

Apa yang ada dimasa lalu
Jangan menjadi halangan
Ayolah kita mulai aja dulu
Lalu nanti perbaiki kemudian

#BelajarHidup
20180429 1344WIB Minggu
Rumah Bogor

Sumber Tulisan
PengalamanPenulis

Sumber Gambar
unsplash.com dibuka pukul 13:44 WIB pada hari Minggu tanggal 29 April 2018

4 Responses to “Mulai Aja Dulu Lalu Perbaiki Kemudian : #BelajarHidup

  • Iya benar, ya, harus dibuktiin dulu. Sejauh ini saya mencoba menulis, dari yang tidak terbiasa menulis sejak kecil tapi akhirnya bisa juga. Bisa juga belajar banyak hal mengenai menulis dan sedikit2 belajar SEO meski masih sulit menerapkannya. Juga belajar tentang medsos. Belajar menulis di koran, ikut lomba2. Alhamdulillah, semuanya membuktikan kalo tanpa usaha, tidak ada yang tak mungkin. Saya yang dulunya tidak biasa membuat tulisan panjang sekarang malah tergila2 menulis dan sudah lebih mudah menulis panjang. Terima kasih tulisannya, ya. Mencerahkan.

    • Salam Mas Bri / Mbak Mugniar
      Hehehe
      Kita belum liat blognya nih. Langsung balas komen aja dulu.
      Seneng karya kita bisa bermanfaat buat orang lain.
      Apa tulisannya yang paling berkesan nih?
      Mauliate
      Terimakasih

  • Mulai aja dulu, tokoped*Aaaa… eh saya kira tadi ngiklan ternyata bukan hehe…

    memang apa-apa itu dicoba aja dulu, mau gimana2 nya entar ya bisa diurus kemudian. Gagal? Memang harus dirasakan sebagai sarana pembelajaran.

    Yah, kalau pun masih kekeh galau ga berani mulai, gih belajar, bikin planning dan meminta nasihat dari orang yang berhasil, biar makin mantep.

    tapi apapun itu, ya mulai aja dulu

    • kekitaan
      5 hari ago

      Salam Mas Bro / Mbak Bro
      Hahaha, bukan iklan dong.
      Yap, ada pengalaman pribadi dengan hal-hal yang gagal?
      Mauliate
      Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *