Heboh!!! Ini Pengaruh Sosial Instagram dan Media Sosial Lainnya : #PanduanKita

Karya @benphotograp

Apa Pengaruh Sosial Instagram dan Sosial Media Lainnya?
Pengaruh Instagram Terhadap Mahasiswa dan Prestasi Belajar Siswa
Pengaruh Instagram Sama Dunia Usaha (Bisnis)

Anak remaja, dewasa, orang tua
Semua udah pake sosial media
Jangan candu ya, ada minusnya
Masa sih? Nih simak biar percaya

Salam Mas Bro dan Mbak Bro!

Beragam sosial media ternyata berpengaruh besar bagi kehidupan. Mas Bro dan Mbak Bro ngerasain ga?

Media sosial adalah suatu wadah yang menyajikan beragam informasi mengenai perisitiwa yang terjadi di seluruh dunia. Informasi ini disajikan berbasis online yang dapat diakses dengan sangat mudah melalui internet. Keberadaan media sosial bertujuan untuk memudahkan setiap individu maupun kelompok untuk ngakses informasi dan komunikasi dua arah dalam jangkauan yang lebih luas tanpa terbatas oleh ruang ato waktu.

Di tengah-tengah kemajuan teknologi, penggunaan media sosial pun meningkat pesat. Apalagi media sosial memberikan kemudahan, kemurahan, dan kelengkapan yang mumpuni. Meski demikian, media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, Path, Tumblr, dan lainnya digadang-gadang memiliki pengaruh besar dalam kehidupan manusia. Apakah Mas Bro dan Mbak Bro juga ikut merasakan pengaruh ini?

Baca juga : Tanda Kalo Kita Salah Gunain Sosial Media

Karya @heftiba

Apa Pengaruh Sosial Instagram dan Sosial Media Lainnya?

1. Dampak Positif

Sosial media seperti Instagram dan Facebook memberikan banyak dampak positif bagi kehidupan manusia. Entah itu dari segi pendidikan, bisnis, lifestyle, maupun pekerjaan. Selengkapnya akan dibahas di bawah ini.

a. Sosial media bagi pendidikan

Buat Mas Bro dan Mbak Bro yang masih berstatus sebagai pelajar, media sosial cocok banget dijadikan sebagai wadah untuk belajar. Mau cari informasi yang akurat, lengkap, dan terpercaya? Silahkan cari di sosial media. Informasi yang disajiin juga banyak, jadi Mas Bro dan Mbak Bro bisa bandingin untuk dapetin informasi yang paling akurat.

Ngerasa informasi tersebut bermanfaat dan ingin orang lain tau? Mas Bro dan Mbak Bro bisa sebarin informasi tersebut ke beberapa akun media sosial lain. Gampang kan?

b. Sosial media bagi pekerjaan

Mas Bro dan Mbak Bro lagi nganggur dan butuh pekerjaan? Ga perlu ribet ngunjungin kantor ato perusahaan yang dilamar untuk mendapatkan informasi mengenai syarat dan ketentuan bagi pelamar. Sebab informasi tersebut bisa diakses di sosial media. Uniknya lagi, segala jenis perubahan baik mengenai tempat wawancara, waktu, dan tanggal, seluruhnya juga tersedia di sosial media.

Oh ya, satu lagi yang ga kalah penting. Mas Bro dan Mbak Bro ga perlu ribet ngirim CV dan syarat pendaftaran lain-lain lewat Kantor Pos karna udah ada E-mail yang memiliki jangkauan yang lebih luas dan pastinya dengan biaya yang lebih murah.

c. Sosial media bagi kesehatan

Gaya hidup yang ga teratur dan ga dijaga memicu terjadinya beragam jenis penyakit. Untuk mengobati penyakit tersebut, Mas Bro dan Mbak Bro ga perlu harus ngandalin obat dokter aja. Karna memang tanaman alami bisa dijadiin obat alami yang pastinya jauh lebih manjur untuk sembuhin penyakit.

Gimana cara mengolahnya? Gampang aja, cukup ketikkan nama tanaman yang ingin diolah di mesin pencarian Google, tunggu beberapa detik dan tadaaa muncullah informasi yang Mas Bro dan Mbak Bro cari. Yang penting sediain koneksi internet yang bagus aja supaya nyari informasinya lebih mudah.

d. Sosial media untuk menyatukan

Kepingin ngadain reunian bareng teman SD, SMP, SMA ato kuliah? Mas Bro dan Mbak Bro ga perlu ribet cari nomor telepon mereka. Cukup cari nama media sosialnya aja, lalu bicarakan mengenai acara reunian tersebut di sana. Gampang kan?

Apalagi jangkauan media sosial yang begitu luas. Ga peduli apakah teman Mas Bro dan Mbak Bro ada di Benua Amerika, Eropa, ato Antartika sekalipun, Mas Bro dan Mbak Bro tetap bisa bagikan informasi mengenai reunian tersebut dengan mudah.

e. Sosial media sebagai wadah penyalur hobi

Semua orang punya kesibukan masing-masing, Mas Bro dan Mbak Bro mungkin termasuk salah satunya. Tapi sesibuk apapun kegiatan kita, pasti selalu ada waktu untuk menyalurkan hobi kan? Traveling misalnya. Sayangnya karna terlalu sibuk, Mas Bro dan Mbak Bro jadi kurang dapet informasi nih mengenai tempat-tempat wisata yang bagus untuk dikunjungi.

Jawabannya ada di media sosial. Sebagai contohnya Mas Bro dan Mbak Bro kepingin liburan ke Amerika, bisa cari-cari referensi mengenai hotel, tempat makan, transportasi, dan tempat wisata lewat sosial media. Caranya cukup mudah, tinggal ketikkan nama benua ato tempat yang ingin dikunjungi, seluruh informasi pun akan tersaji dengan lengkap. Mas Bro dan Mbak Bro kepingin berbagi foto liburan ke orang lain? Cukup upload ke sosial media aja supaya orang lain juga tau kalo tempat yang Mas Bro dan Mbak Bro kunjungi emang bagus dan eksotis.

f. Sosial media dalam menyajikan informasi

Media sosial menyajikan informasi yang lengkap dan akurat. Bahkan informasi yang belum ditayangin di televisi aja bisa sampe di sosial media lebih dulu. Hebat kan? Segala jenis informasi mengenai fenomena di dunia dikulik lengkap di sosial media. Informasi tersebut pun dapat diakses dengan mudah, cepat, hemat biaya, tenaga, tanpa macet, dan lain sebagainya. Jadi Mas Bro dan Mbak Bro ga perlu menunggu terlalu lama kalo kepingin tau informasi yang paling up to date.

2. Dampak Negatif

Selain dampak positif di atas, ternyata media sosial juga memiliki beberapa dampak negatif, diantaranya:

a. Menimbulkan sifat candu

Sekali terjun ke sosial media, dijamin deh Mas Bro dan Mbak Bro bakal ga mau berhenti. Hidup itu rasanya ada yang kurang kalo ga buka sosmed, meskipun hanya sehari aja. Kalo nafsu bermain di sosial media ga dilawan, yang ada pekerjaan Mas Bro dan Mbak Bro akan terbengkalai.

b. Lebih individualistis

Meski sosial media dapat menyatukan banyak orang, tapi sosial media juga bikin orang-orang jadi lebih individualistis. Misalnya nih pas kumpul-kumpul ato reunian. Lihat aja, 75% peserta yang hadir pasti sibuk sama gadget masing-masing sampe ga fokus lagi sama apa yang dibicarakan temannya di acara reunian tersebut. Entah itu sibuk bales WA, Line, foto-foto, buat video, ato buat story di Instagram.

c. Tindak kejahatan merajalela

Saat ini, tindak kejahatan di sosial media semakin merajalela. Makin hari makin banyak yang jadi korban, misalnya kasus penipuan. Ada aja orang yang sengaja mengirimkan pesan ke orang tua yang isinya bilang kalo anaknya lagi kecelakaan dan sebagainya. Sehingga orang tua anak tersebut harus ngirim uang sekian puluh juta supaya anaknya bisa segera dibawa ke rumah sakit dan selamat. Ya yang namanya orang tua pasti panik dong? Tanpa mikir panjang, eh uangnya langsung dikirim padahal anaknya sehat walafiat. Kena tipu deh!

d. Hubungan ga harmonis

Semenjak ada sosial media, kehidupan rumah tangga orang lain jadi kurang harmonis. Banyak kasus perselingkuhan, entah itu yang selingkuh si suami ato si istri. Hal yang sama juga terjadi di kehidupan remaja dan orang dewasa yang terlibat hubungan asmara.

Baca juga : Cara Tambah Followers Instagram Tanpa Beli Follower Instagram

Karya @alexisrbrown

Pengaruh Instagram Terhadap Mahasiswa dan Prestasi Belajar Siswa

Mas Bro dan Mbak Bro sadar ga kalo jumlah pengguna Instagram makin hari makin bertambah banyak? Kebanyakan pengguna ini juga berasal dari kalangan muda yaitu remaja dan orang dewasa. Instagram dirasa sebagai media yang paling pas untuk berbagi, baik foto ato video. Sama halnya dengan media sosial lain, Instagram pun memiliki dampak positif dan negatif. Informasi selengkapnya akan Kekitaan.com kulik di bawah ini.

1. Dampak Positif

a. Sumber informasi

Informasi apapun yang ada kaitannya dengan mata pelajaran di sekolah dan di kampus bisa diakses dengan mudah di sosial media. Mas Bro dan Mbak Bro bisa browsing langsung mengenai info yang ingin dicari. Ga hanya itu, sosial media juga menyajikan informasi yang ga dicari sehingga pengetahuan Mas Bro dan Mbak Bro mengenai suatu hal pun jadi bertambah.

b. Tempat mengasah keterampilan

Hobi main bola, piano, public speaking, ato hobi main game? Mas Bro dan Mbak Bro bisa asah hobi ini lewat sosial media. Cara, tips, ato trik jitu supaya lebih terampil saat menekuni hobi tersebut pun bisa didapat lewat internet. Media sosial juga memungkinkan Mas Bro dan Mbak Bro untuk bersosialisasi dengan orang banyak dan menemukan orang yang memiliki hobi yang sama. Sehingga Mas Bro dan Mbak Bro dapat ngembangin hobi tersebut dengan orang lain. Ga sendirian deh!

2. Dampak Negatif

a. Salah bergaul

Sosial media membuka cakrawala yang sangat luas dalam dunia pergaulan anak muda era modern. Jadi ga heran kalo anak yang tinggal di Pulau Sumatera aja bisa kenal dengan anak-anak yang tinggal di Pulau Jawa dengan sangat mudah. Karna apa? Jelas karna sosial media! Sayangnya jika anak-anak ini, termasuk Mas Bro dan Mbak Bro ga pintar memilih pergaulan yang pas, ujung-ujungnya malah jadi salah bergaul dimana yang tadinya baik dan kalem bisa berubah menjadi jahat ato liar.

b. Egoisme

Lihat ga kalo pelajar dan anak muda zaman sekarang jadi lebih mementingkan diri sendiri. Kegiatan apapun yang terjadi di lingkungannya, mana peduli karna yang terpenting saat ini adalah gadget, gadget, dan gadget yang di dalamnya terdapat beragam sosial media. Lambat laun, kepekaan ata keberadaan lingkungan sekitar pun menjadi terkikis.

c. Malas belajar

Seperti yang udah dibahas di atas, sosial media menyediakan semua informasi yang dibutuhkan. Akses informasi yang mudah dan ga terbatas ini membuat pelajar malas belajar karna seluruh waktunya disita oleh Instagram dan media sosial lain. Jadi ga heran kalo prestasi belajar anak zaman now makin jelek, ga sebagus dulu lagi.

d. Pornografi

Konten-konten yang disediakan di internet, seperti Instagram sifatnya bebas yang artinya dapat diakses oleh anak dibawah umur sekalipun. Bahaya? Jelas bahaya! Foto berbau seksi yang harusnya jadi konsumsi pribadi jadi tersebar luas di dunia maya. Kalo disalahgunakan oleh pihak yang ga bertanggungjawab, foto seksi tersebut bisa dirubah menjadi foto berbau pornografi yang membahayakan generasi muda.

e. Kecemburuan tinggi

Lihat aja foto dan video yang diposting di Instagram, rata-rata menampilkan sisi kemewahan yang secara ga langsung menimbulkan kecemburuan sosial. Siapa yang ga cemburu ngeliat temannya bisa jalan-jalan ke luar negeri sementara dirinya? Liburan ke luar kota aja susahnya minta ampun apalagi ke luar negeri.

Nah hal inilah yang seringkali membuat anak-anak, termasuk Mas Bro dan Mbak Bro jadi gelisah, susah tidur, bahkan sampe depresi.

Baca juga : Berhenti Lakuin 17 Kesalahan Dari Akun Official Brand Sosial Media Ini

Karya @clemono2

Pengaruh Instagram Sama Dunia Usaha (Bisnis)

Mengembangkan bisnis tentu bukan jadi hal yang sulit lagi berkat adanya sosial media. Bisnis apapun yang Mas Bro dan Mbak Bro mau kembangin, silahkan. Tinggal upload foto produk, kasih caption, dan cantumin kontak untuk melakukan pemesanan. Selesai! Biarkan sampe konsumen datang dan membeli produk yang dijual.

Untuk naikin penjualan, gimana? Gampang! Sering-sering promosiin akun Instagram aja supaya followers meningkat. Dengan demikian, omset penjualan pun akan meningkat dengan sendirinya.

Sosial media memang memberikan banyak nilai positif, tapi ga luput juga dari nilai negatif. Nah sekarang tergantung Mas Bro dan Mbak Bro aja mau gunain sosial media seperti apa dalam kehidupan sehari-hari.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Mauliate.

Ya namanya aja juga hidup
Ada nilai positif dan negatif
Sosial media juga sama aja
Manfaatkan dengan efektif

#PanduanKita
20180703 0701 WIB Selasa
Rumah Semarang

Sumber Tulisan
indokku.com dibuka pukul 06:02 WIB pada Hari Selasa tanggal 03 Juli 2018
kompasiana.com dibuka pukul 06:21 WIB pada Hari Selasa tanggal 03 Juli 2018
rubik.okezone.com dibuka pukul 06:40 WIB pada Hari Selasa tanggal 03 Juli 2018

Sumber Gambar 
unsplash.com dibuka pukul 06:50 WIB pada Hari Selasa tanggal 03 Juli 2018

3 Responses to “Heboh!!! Ini Pengaruh Sosial Instagram dan Media Sosial Lainnya : #PanduanKita

  • Sekarang saya lagi fokus juga ke media sosial. Soalnya blogger itu bukan cuma rajin nulis tapi harus altif juga di medsos. Trutama ig

    • Salam Mbak Bro Bunda Erysha
      Bener banget.
      Karna ada peluang baru dari media sosial. Selain peluang traffic juga ada tambahan pemasukan.
      Mauliate
      Terimakasih

Trackbacks & Pings

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *