Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Social Media Marketing?

Sumber Gambar guguxgamezone.blogspot.com

Sumber Gambar guguxgamezone.blogspot.com

Asal Usul dan Sejarah Sosial Media Marketing di Indonesia
Perkembangan Sosial Media Marketing di Indonesia

<

p style=”text-align: right;”>Sosial Media Marketing
Apa sih itu sebenernya
Maknanya itu penting
Baca aja pengertianyya

Salam Mas Bro dan Mbak Bro

Udah bisalah sama istilah Social Media Marketing ya?

Jadi Mas Bro dan Mbak Bro pengertian Sosial media marketing adalah sebuah istilah yang luas artinya Mas Bro dan Mbak Bro. Jadi ga bisa kita obrolan singkat. Nah sekarang ini banyak orang yang mau mengembangkan perusahaannya dan mencari tau, “apa itu definisi sosial media marketing?”

Pertanyaan ini sangat umum karena istilahnya yang luas.

Sejak awal perkembangan, sosial media telah memainkan peran yang terus-menerus pada cara orang berinteraksi satu sama lain. Dari sudut pandang usaha, sosial media juga punya andil dalam interaksi antara perusahaan dan kustomer yang potensial. Sebagaimana sosial media telah menjadi metode yang kuat bagi organisasi untuk mencapai target pasar. Banyak platform sosial memiliki metode menyeluruh yang dapat membantu pelaku usaha menjangkau audiensnya.

Banyak yang percaya bahwa sosial media marketing sama bernilainya dengan iklan televisi yang biayanya relatif lebih kecil. Toh, konsepnya sama-sama tentang menarik sejumlah besar orang dengan biaya yang efisien.

Kemudian bagaimana asal usul sosial media marketing dan sejarah sosial media marketing di Indonesia dan mengapa pengertian sosial media marketing menjadi lebih ngetren dari metode pemasaran lain?

Baca Juga Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Content Marketing?

karya daniele riggi

Asal Usul Sosial Media Marketing di Indonesia

Sudah bukan fakta aneh lagi bahwa Indonesia selalu menduduki peringkat atas dalam penggunaan jejaring sosial. Mudah sekali bagi orang Indonesia untuk tertarik dan kecanduan hampir segala jenis jejaring sosial yang sedang tren. Supaya ga ketinggalan jaman adalah alasannya yang paling utama.

Konsepnya yang memudahkan komunikasi dan mendekatkan yang jauh menjadi favorit penduduk Indonesia yang mayoritasnya terdiri ada orang-orang muda. Kita menyukai bagaimana kita dapat terhubung dengan dunia luar begitu instan dan nyaris ga terbatas. Belum lagi penyebaran informasi yang sangat cepat yang mengharuskan kita sebagai penduduk dunia berjalan seiring dengan kecepatan informasi.

Ga heran Indonesia menjadi tempat yang cocok bagi metode pemasaran digital, dalam hal ini metode sosial media marketing.

Berbarengan dengan popularitas sosial media yang trus naik. usaha yang tadinya dianggap selalu memerlukan biaya pemasaran besar kini ga lagi dipandang demikian. Persepsi bahwa untuk mencapai target pasar yang besar harus dengan pemasaran yang menyeluruh sudah tergeser oleh pemasaran yang strategis dengan media dunia maya.

Segalanya di dunia maya menjadi cepat, mudah dijangkau, dan seperti ga ada batasan. Siapapun bisa mengakses. Lihat saja animo masyarakatnya yang mudah terbawa tren dan hal-hal baru.

Bagaimana sosial media marketing ga jadi metode yang efektif di Indonesia?

karya lilly rum

Pengertian Social Media Marketing

Asal usul sosial media marketing dan sejarah sosial media marketing ga bisa dipisahkan dari  sejarah internet marketing sebagai payung yang menaunginya. Pengertian sosial media marketing sendiri sebetulnya sulit untuk betul-betul dideskripsikan.

Tapi definisi yang populer menyebutkan bahwa sosial media marketing adalah metode pemasaran menggunakan teknik dan konsep teknologi untuk mencapai tujuan tertentu perusahaan, misalnya peningkatan penjualan, loyalitas pelanggan, atau pencapaian target pasar baru.

Mirip dengan internet marketing, ya jika dilihat sekilas.

Bedanya, definisi sosial media marketing lebih menjurus pada penggunaan jejaring sosial secara khusus. Pemasaran dengan media sosial berarti membangun usaha lewat macam-macam bentuk media seperti blog dan video viral, dan lain-lain yang mampu menonjolkan citra suatu merk.

Keseluruhan dunia pemasaran menjadi berubah setelah dikawinkan dengan sosial media. Sebuah jalan baru sudah terbuka bagi pelaku pemasaran yang dulu memakai metode yang terlalu rumit. Sekarang kita punya alat yang kuat dan mudah dikendalikan melalui jari kita dan dapat dengan mudah menyebarkan konten ke seluruh dunia dalam beberapa detik.

Alasan Kenapa Social Media Marketing Itu Penting

Sekilas penggunaan sosial media marketing tampak bagai teknik pemasaran yang sama saja seperti pemasaran pada umumnya. Tapi lihatlah lebih dekat dan kita akan tahu bagaimana penggunaan sosial media untuk alasan pribadi bisa begitu memengaruhi pemasaran sebuah merk.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa sosial media marketing itu penting:

1. Mendorong Trafik

Setiap pemilik situs pasti ingin meningkatkan trafik mereka dan jejaring sosial berada di jajaran atas referral situs. Belum lagi waktu yang banyak pengunjung habiskan berada di suatu situs.

Mesin pencari pada awalnya menjadi satu-satunya fokus para pemilik situs untuk mendorong trafik dan para pelaku pasar sibuk mengalokasikan aset-asetnya di sana. Search engine optimization ( SEO ) memang masih ada, tapi saat ini sudah jadi lebih sosial berkat efektivitas pemasaran dengan media sosial.

2. Search Engine Optimization (SEO)

Dengan keluarnya perkembangan baru mesin pencari secara rutin, semakin banyak pula hasil pencarian media sosial yang muncul ketika seseorang mencari sebuah keyword. Mau itu “buku muka” atau “kata mata air +”, algoritma ga mengikutsertkan sosial media ke dalam hasil pencarian.

Karena hal tersebut, jejaring sosial saat ini telah berubah menjadi mesin pencari. Sebagai contoh, mencari grafik di “buku muka” atau mencari event yang sedang terjadi secara real-time di Sosial Media Kicau. Upaya kita mencari sebuah informasi seperti tadi akan membuat strategi SEO berubah secara signifikan.

Nah, untuk urusan yang satu ini. Kita bisa bantu  situs ato blognya Mas Bro dan Mbak Bro:

  • Masuk halaman 1 urutan 1 mesin pencari;
  • Naik peringkat ratusan ribu dunia dan ribuan di Indonesia.

Manfaat nanti adalah situs ato blognya Mas Bro dan Mbak Bro:

  • Popularitasnya akan naik;
  • Penjualan barang ato jasanya akan meningkat.

Silahkan baca lengkapnya layanan SEO kita disini.

3. Ikatan Dengan Pelanggan

Komunikasi adalah hal penting bagi usaha jenis apapun tapi ikatan yang positif dengan pelanggan akan benar-benar mampu ningkatin reputasi. Jejaring sosial membuat merk dan pengguna berkomunikasi dengan lebih bebas dan lebih cepat.

4. Branding

Setiap profil usaha haruslah dibuat seunik mungkin. Dengan demikian usaha sama dengan memberi merk mereka sebuah kepribadian di jejaring sosial. Seperti apa kita ingin merknya dikenal, di posisi mana merk harus ditempatkan, dan apa yang bisa merk berikan pada pengguna.

Gimana sebuah merk berinteraksi, serta tampilan dan kesan yang dibawanya akan menjadi karakteristik umum merk tersebut. Malahan untuk beberapa jenis usaha, profil sosial bisa memegang peranan yang lebih penting dari pada situs resminya.

Oh ya, layanan SEO diatas juga bisa menaikkan branding kita ya.

5. Mobilitas Tinggi

Saat ini hampir sebagian besar kegiatan sosial dilakukan melalui perangkat mobile. Mengingat sebagian besar aktivitas internet pun dilakukan lewat jenis perangkat yang sama, sosial media marketing dapat menjadi langkah yang efektif jika kita mampu menyesuaikan strategi sosial kita dengan perkembangan dunia sosial.

Segala hal di perangkat mobile kini dapat di-share ke jejaring sosial manapun, sehingga patut sekali kita memanfaatkan ini sesuai dengan sudut pandang kita. Kemungkinan situs resmi kita lebih banyak diakses via perangkat perangkat mobile akan semakin besar, dengan memastikan bahwa kontennya cocok dengan kebutuhan pengguna dan bisa menawarkan pengalaman positif.

6. Hemat Biaya

Salah satu komponen kunci yang mendorong sebuah perusahaan menggunakan sosial media marketing sebagai strategi pemasarannya adalah karena biayanya secara keseluruhan. Kita tahu bahwa sebagian profil atau akun di jejaring sosial ga memerlukan biaya apapun alias gratis.

Menarik dan mengikat kustomer menjadi kegiatan yang minim biaya dan modalnya cuma waktu. Selain itu kita pun dapat merespon segala macam tanggapan pengguna atau mem-posting tautan konten baru di situs dalam waktu kurang dari 1 menit.

Cita-cita usaha untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya dengan biaya sekecil-kecilnya pun tercapai.

7. Meningkatkan Penjualan

Alasan yang satu ini jelas sekali adalah tujuan sebagian besar usaha berprofit. Saat ini, satu dari setiap pembelian yang dilakukan secara online di seluruh dunia berasal dari kanal sosial media. Banyak ahli percaya bahwa angka ini akan terus berkembang di masa depan. Diperkirakan e-commerce akan menembus angka 1 triliun dollar pada tahun 2019. Ini artinya miliaran dollar itu mungkin saja didapat melalui kustomer sosial media.

Baca Juga  Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Internet Marketing?

karya rawpixel

Perkembangan Sosial media Marketing di Indonesia

Sebelumnya telah kita ketahui dari asal usul sosial media marketing, bagaimana dunia jejaring sosial dapat sedemikian berpengaruh pada pergeseran gaya pemasaran di Indonesia. Coba lihat “Buku muka”, di mana Indonesia menduduki peringkat ke-2 user terbanyak di dunia. Lihat juga Sosial Media Kicau, di mana Indonesia menduduki peringkat ke-3 user terbanyak di dunia.

Belum lagi sosial media lainnya yang juga populer di Indonesia seperti Path, Line, dan Instagram. Hebat sekali, ya untu ukuran sebuah negara berkembang yang bahkan belum separuh penduduknya menjadi pengguna internet aktif. Bayangkan bagaimana jika semakin banyak penduduk Indonesia nantinya yang akan menggunakan internet secara aktif.

Sejarah sosial media marketing inilah yang kemudian mengarah pada popularitas pemasaran digital. Keinginan pengguna jejaring sosial khususnya di Indonesia untuk dapat bertukar kabar dan informasi dengan instan, kapanpun dan di manapun membawa pengertian sosial media marketing ke arah yang terang. Subur dan potensial bagi tumbuhnya target pasar banyak usaha di Indonesia.

Baca Juga : Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian SEO Search Engine Optimization?

karya jeshoots.com

Apakah yang Terjadi Sama Social Media Marketing

Banyak cara bagi para pelaku pasar untuk dapat memasuki dimensi jejaring sosial yang luas ini. Tren-tren yang bisa dicoba tersebut adalah:

1. Live Streaming

Coba perhatikan sosial media di sekitar kita saat ini. Ada banyak jejaring sosial yang menyediakan fitur live streaming. Yang tadinya live streaming hanya dinikmati di situs tertentu, kini bisa berdiri sendiri. Periscope misalnya, yang membuat kita bisa menikmati siaran langsung yang dibuat oleh siapapun dan di manapun.

Sosial Media Kicau malah baru-baru ini meluncurkan Periscope Producer, yang memperbolehkan pengguna untuk meliput video mereka menggunakan kamera eksternal, VR headset, serta software streaming untuk kualitas siaran yang lebih baik. Persis seperti produser sungguhan.

Banyak pemilik usaha yang memanfaatkan fitur streaming video secara langsung ini untuk membuat pelanggan mereka dapat berkomunikasi dan berinteraksi bresamaa mereka dengan lebih mudah dan menyenangkan.

2. Iklan Sosial Media

Di jaman sekarang, ga aneh lagi melihat banyak iklan terpasang di mana-mana. Apalagi sejak definisi sosial media marketing sudah dikenal masyarakat, segala sesuatu dalam genggaman kita dipenuhi oleh iklan yang tersisip di mana-mana, bukan hanya yang bermaksud terang-terangan sebagai iklan, tapi juga yang berwujud konten-konten seperti artikel pendek atau video.

“Buku muka” sendiri sudah cukup lama memiliki ruang khusus bagi pemilik usaha yang ingin memasarkan produk atau jasanya.

Lalu ada Instagram yang mempunyai kategori usaha yang dapat kita pilih ketika kita mendaftarkan akun. Ini tentu saja memudahkan kustomer menghubungi usaha yang bersangkutan.

Sosial Media Kicau pun yang pada awal keberadaannya minim iklan, belakangan banyak ditemukan iklan di tengah- tengah linimasanya. Mereka juga telah meng-update aplikasi mereka dengan menambahkan fitur iklan berupa Iklan Sosial Media Kicau yang bisa dimanfaatkan oleh berbagai jenis usaha untuk memasarkan merk mereka.

3. Asisten Digital

Pengguna gadget tentu ingin bisa memanfaatkan setiap fitur gadget-nya dan memaksimalkan penggunaannya. Untuk itulah berbagai macam asisten digital hadir bagi kita. Asisten digital ini akan membantu kita melakukan segala hal yang biasa kita lakukan sendiri di gadget dengan lebih cepat dan mudah. Seperti misalnya mencari berita terkini, jalan tercepat menuju daerah tertentu, restoran yang sedang populer, atau sesimpel mengatur daftar belanjaan mingguan dan to-do list sehari-hari.

Ada beberapa asisten digital yang bisa kita cari di mesin pencari. Tinggal ketik kata kunci aja. Perusahaan-perusaan dapat memanfaatkan ini dengan terlebih dulu mengetahui hasil pencarian populer, bagaimana mereka dapat berada di peringkat atas, dan selanjutnya menjadi lebih unggul dari pesaing.

4. Biaya Iklan akan Menanjak

Saat ini meningkatan kemunculan di sosial media dan mesin pencari lebih sulit dilakukan dari pada sebelumnya. Hal ini terjadi karena persaingan yang amat ketat ga cuma antara sesama peusaha di bidang yang sama tapi juga antara peusaha di bidang-bidang lain. Bayangkan saja bagaimana hasil pencarian bisa tercampur karena keywords.

Untuk alasan persaingan inilah biaya iklan diperkirakan akan mengalami kenaikan pada 2016 ini. Lahan situs sosial media pun termasuk ke dalamnya.

Para pelaku pemasaran bisa menyiasati ini dengan terlebih dulu merencanakan kampanye pemasaran online-nya meski dengan dana terbatas.

5. Konten Sosial yang Panjang

Sering kali kita hanya mengunggah pesan pendek di sosial media karena keterbatasan dan konsep dasarnya. Alasan lain adalah karena pemasaran yang efisien lebih memilih posting konten dengan isi pesan yang ringkas dan jelas lalu biasanya menaruh tautan.  Tapi belakangan, sosial media telah mendukung penggunanya untuk mempublikasikan pesan mereka dalam bentuk yang lebih panjang.

LinkedIn misalnya akhir – akhir ini  memperbarui publikasi konten panjangnya. “buku muka” juga ikut serta memperbarui Notes, salah satu fitur yang ga begitu banyak mendapat like selama bertahun-tahun.

Blogging di sosial media diperkirakan akan menjadi tren besar tahun ini.Perubahan ini sangat signifikan bagi definisi sosial media marketing sekaligus juga memperbarui pemasaran konten yang mana membuat pembaca lebih mudah mendapatkan informasi yang mereka perlukan.

6. Link Building

Banyak yang berkata bahwa link building atau membangun tautan adalah trik yang harus dihindari. Terutama setelah banyaknya situs yang dimatikan tahun lalu. Tapi ga bisa kita pungkiri bahwa tautan adalah faktor yang paling mempengaruhi peringkat sebuah halaman situs. Selama tautan itu digunakan oleh mesin pencari untuk memeringkat halaman, selama itu juga memelihara tautan adalah trik yang efektif.

Cukup diingat saja ketika melakukan link building bahwa kualitas lebih penting dari pada kuantitas. Pastikan bahwa tautan yang kita bangun sesuai dengan konteks dan relevan.

Jangan lupa juga untuk mengoptimasi rasio anchor text kita. Hindari menggunakan keywords yang sama dengan anchor text untuk menghindari spam.

Berbagai tren dan perkembangan sosial media marketing ini. Tentu aja bisa jadi hanya sebagai ulasan dan perkiraan semata yang bisa berubah kapan saja seiring berjalannya waktu. Tapi Mas Bro dan Mbak Bro jangan sampe ketinggalan dan merasa ga perlu lakuinnya. Kita ga sadari lawan usaha kita udah mulai lakuinnya.

Mas Bro dan Mbak Bro pemilik usaha?

Mau mulai tapi ga tau harus mulai darimana?

Hubungi aja si Mimin kita lewat kontak dibawah ya.

Karna dengan persiapin diri dan masuk dunia pemasaran itu penting. Apalagi ditengah cepetnya perkembangan teknologi yang berpengaruh besar sama dunia usaha. Khususnya untuk pemasarannya. Kita harus beradaptasi sama perubahan ini. Kita bisa menangin kompetisi ini dan dapat hasilnya. Kalo kita mulai Social Media Marketing sekarang.

Pelanggan kita aja punya akun sosial media. Masa kita ga ya kan?

Kita sebagai pelaku usaha harus sadar kalo pelanggan suka sama branding yang baik jejaring sosial.

Ada masukan buat obrolan kita diatas?

Silahkan tinggalin komentar dibawah ya.

Buat yang suka sama tulisannya. Silahkan dibagikan di media sosial ya.

Semoga bergua.

Seneng bisa berbagi.

<

p style=”text-align: right;”>Semua promosi yang ada di media sosial
Ternyata adalah sosial media marketing
Kalo kita diam maka kita akan merasa sial
Usaha maju pelan saatnya gunakan insting

<

p style=”text-align: justify;”>Tembalang, Semarang
19 Oktober 2016
Tulisan Temen Kita

<

p style=”text-align: justify;”>Sumber Tulisan
Redaksi Brightstars. 2016. Social Media Marketing yang Sedang Trend di Indonesia brightstars.co.id/blog/social-media-marketing-yang-sedang-trend-di-Indonesia/ diakses pada diakses pukul 06:46 WIB pada hari Senin, 17 Oktober 2016
Redaksi Brightstars. 2016. Apa Saja Langkah Social Media Marketing di Indonesia brightstars.co.id/blog/apa-saja-langkah-social-media-marketing-di-indonesia/ diakses pada diakses pukul 06:46 WIB pada hari Senin, 17 Oktober 2016

<

p style=”text-align: justify;”>Sumber Gambar:
unsplash.com dibuka pukul 09:02 WIB pada hari Jumat, 22 Juni 2018

8 tanggapan pada “Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Social Media Marketing?”

Tinggalkan Balasan