Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Blog? : #KitaTanya6

Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Blog? : Sumber Gambar shiq4.wordpress.com

Sumber Gambar shiq4.wordpress.com

Asal-usul dan Sejarah Blog di Indonesia
Langkah-langkah Membuat Membuat Blog yang Benar
Perkembangan Blog di Indonesia

Apa sih sebenernya pengertian blog
Pertanyan sederhana harus dijawab
Ini ga ada hubungannya sama bulog
Jawabannya udah setia kayak bawab

Salam Mas Bro dan Mbak Bro

Sebelum popularitas blog belum setenar seperti sekarang ini, mungkin banyak orang di Indonesia bertanya-tanya apa itu blog. Pada mulanya perkembangan blog di Indonesia muncul sekitar tahun 2000-an.

Blog di Indonesia awalnya diperkenalkan sama mahasiswa Indonesia yang kuliah di luar negeri. Mahasiswa yang kuliah di luar negeri tersebut membawa blog dari universitas tempat dia kuliah. Hal tersebut yang diyakini sebagai awal munculnya blog di Indonesia.

Sejak tahun 2004 pengguna blog ato yang sering disebut blogger terus meningkat jumlah hingga saat ini. Ini menunjukkan bahwa perkembangan blog di Indonesia cukup positif.

Asal Usul dan Sejarah Blog di Indonesia

Sebelum ke topik utama yaitu mengenai sejarah blog di Indonesia, kita runut ke belakang di masa-masa awal munculnya blog ya. Berdasarkan beberapa sumber, blog yang besar kemungkinan mucul pertama kali adalah di halaman “What’s New” yang saat itu ada di sebuah browser bernama Mosaic. Mosaic dibuat sama seorang bernama Marc Andersen di tahun 1993. Perlu kita ketahui, Mosaic adalah browser pertama yang, kemunculannya mendahului browser Internet Explorer bahkan jauh sebelum browser Netscape.

Sejarah juga mencatat bahwa pada bulan Januari tahun 1994 sebuah situs web pribadi bernama “Justin’s Home Page” yang kemudian berubah nama menjadi “Links from The Underground” bisa dikatakan sebagai sebuah blog pertama yang sama seperti dengan dengan kebanyakan blog sekarang ini.

Perkembangan blog saat itu hingga tahun 1998 masih belum signifikan. Hanya ada sedikit blog yang muncul saat itu, hal ini disebabkan karna masih sedikit orang yang bikin blog dan karna cuma sedikit yang menguasai pembuatan situs web, web hosting, dan HTML. Itupun dilakukan hanya sama segelintir orang yang menggeluti bidang Internet, Web Designer, ato System Administrator.

Sejarah blog di Indonesia sendiri menurut Enda Nasution, di Indonesia blogger terbagi dalam tiga generasi yakni generasi pertama (tahun 1998-2001) yang dulu sering berkumpul di forum msn.or.id. Isi dari blog masih berupa jurnal ato catatan pribadi dan alat (tool) yang digunakan yaitu blogger.com dengan livejournal. Sedangkan directory dibuat di http://www.coolnetters.com/indoblog.html.

Di generasi kedua, perkembangan blog di Indonesia mulai ada peningkatan dari generasi pertama. Ini bisa dilihat dari banyaknya komunitas-komunitas blogger yang mulai bermunculan di Indonesia. Komunitas-komunitas tersebut antara lain seperti, Tukang Lenong (Jakarta), Angkringan (Yogyakarta), bbv.or.id (Bandung) dan yang lebih luas yaitu blogbugs yang mewadahi blogger-blogger seluruh Indonesia.

Di generasi kedua inilah Enda Nasution yang juga seorang blogger masuk di dalamnya. Generasi kedua muncul di tahun 2001-2002. Tool yang digunakan pada generasi kedua ini antara lain MT, pMachine, dan blogger.com.

Sejak tahun 2004 sampai sekarang dinamakan generasi ketiga. Di generasi ketiga ini banyak blog-blog yang berisi topik-topik tertentu, bukan sekedar berisi jurnal pribadi saja. Blog-blog di generasi ketiga ini biasanya merupakan blog selanjutnya yang dimiliki sama blogger yang sebelumnya memiliki blog generasi jurnal. Mereka blogger generasi ketiga mulai menggunakan tool “tekan kata”.

Apa Sih Itu Sebenarnya Pengertian Blog - Sumber Gambar tulisbaca,com

Sumber Gambar tulisbaca,com

Pengertian Blog

Apa itu blog?

Pernahkan kita menyangka sebelumnya bahwa blog merupakan kependekan dari Weblog?

Kata Weblog pertama kali digunakan pada tanggal bulan Desember 1997 sama seseorang yang bernama Jorn Barger.

Weblog bisa didefinisikan sebagai sekumpulan situs pribadi yang memfasilitasi pembuatnya untuk menampilkan bermacam-macam jenis konten ato isi di dalam web dengan cara yang mudah dan sederhana. Isi ato konten tersebut biasanya berupa artikel, karya tulis, link-link internet, jenis-jenis file dokumen, gambar ataupun video.

Banyak yang mendefinisikan blog sebagai situs pribadi dan bersifat personal. Ga salah sih sebenarnya. karna mereka pembuat ato pengguna ato sering dikenal dengan sebutan blogger lebih menitikberatkan pada pembuatan konten blog yang mendeskripsikan pribadi blogger tersebut. Ini bisa diketahui melalui jenis postingan-postingan, pemilihan topik-topik sampai tulisan yang menggambarkan kehidupan sehari-harinnya.  Jadi memang benar bahwa blog adalah situs yang sifatnya lebih personal.

Meningkatnya pengguna blog dari tahun ke tahun mengindikasikan bahwa semakin banyak orang yang bikin blog. Apakah kita saat ini mempunyai situs blog?

Kebanyakan para blogger pemula membuat blog gratis melalui tool seperti blogger.com ato “tekan kata”. karna emang bikin blog dan daftar blog melalui dua tool di atas emang mudah dan sederhana bagi blogger pemula.

Tapi terkadang banyak kita jumpai para blogger pemula kurang memperhatikan ato cenderung mengabaikan cara buat blog dengan membuat blog gratis melalui tool semacam blogger.com, “tekan kata”, dan lainnya. Akibatnya, setelah itu blog mereka kurang terurus dengan baik.

Oleh karna itu kita mau kasih tau cara buat blog yang benar sehingga nantinya kalian bisa menjadi blogger yang sukses.

Apa Sih Itu Sebenarnya Pengertian Blog - Sumber Gambar liburmulu,com

Sumber Gambar liburmulu,com

Langkah-langkah Membuat Membuat Blog yang Benar

1. Pilih Topik Utama Pada Blog

Cara buat blog gratis hal pertama yang harus kita lakukan adalah pilih ato tentukan topik utama untuk blog kamu. Jangan anggap enteng ketika kita memilih topik untuk blog kamu.

Kenapa?

Kenyataan ini buktiin kalo ada sekitar 2,73 konten baru muncul di blog setiap harinya di seluruh dunia. Tapi, hanya 30% persen saja blog yang mendapatkan lebih dari 5000 pengunjung per bulannya. Sisanya ato 70% blog lainnya cuma mendapatkan kurang dari 5000 pengunjung per bulan, yang berarti hanya sekitar 150 pengunjung saja setiap harinya.

Jelas ini ada yang salah pada blog-blog tersebut. Apa ya yang salah dari blog-blog tersebut? Ternyata penyebabnya adalah tentang pemilihan topik utama pada blog tersebut. Dari topiknya yang ga jelas dan amburadul, topik yang ga menarik buat pengunjung, dan juga mereka memilih topik utama yang ga mereka pahami secara baik ato topik yang sama sekali kurang mereka minati. sama karna itu, sebelum benar-benar daftar blog, pikirkan dan tentukan topik utama buat blog kamu.

Penting buat kita untuk memperhatikan mengenai cara membuat blog gratis, salah satunya ya itu tadi tentukan dulu topik untuk blog kamu. Dalam menentukan topik utama sebaiknya pilihlah topik yang sekiranya kita kuasai dan ada minat pada topik tersebut. Serta pilih topik yang bisa menarik perhatian banyak orang.

Hindari untuk memilih topik yang ga kita kuasai, karna apa?

Tentunya akan mengaibatkan beberapa hal seperti: kita akan merasa kesulitan dan pusing ketika kita membuat konten, isi ato konten yang udah kita buat Ga berkualitas bagus, dan anda akan cepat jenuh.

Kesimpulannya, ketika kita membuat konten yang topiknya kurang kita kuasai, konten dari blog kita ga punya kualitas yang baik. Akibatnya sangat fatal, orang-orang ga mau buka situs blog kamu. karna mayoritas orang-orang lebih suka mengunjungi situs blog yang isinya menarik, mempunyai bobot ato kualitas, dan yang penting bermanfaat.

Apa Sih Itu Sebenarnya Pengertian Blog - Sumber Gambar blog.9rules,com

Sumber Gambar blog.9rules,com

2. Gunakan Jenis Platform Blog yang Sesuai dengan Kebutuhan Kita

Cara buat blog yang kedua yaitu memilih jenis platform blogging. Ada 3 macam platform yang populer dan umum digunakan saat ini, yaitu “titik blog”, “tekankata”.com, dan “tekankata”.org. Meskipun masih ada banyak platform lainnya, tapi ketiga platform itulah yang paling terkenal dan sering digunakan untuk daftar blog.

Ada 2 istilah yang harus kita ketahui ketika kita akan membuat blog, yaitu hosted dan self-hosted.

Apa yang dimaksud dengan hosted?

Jika kita ingin membuat blog gratis yang artinya kita ga usah mengeluarkan uang sepeser pun. kita bisa memilih blog yang berkategori hosted. Hosted mempunyai pengertian sebagai blog yang kita buat masih membawa “embel-embel” dari nama situs platform. Contohnya seperti ini: namablogkamu.tekankata.com

Sudah liat kan contoh di atas?

Masih ada “embel-embel” “tekankata”.com. Itu Kalo kita membuat blog lewat platform “tekankata”.com.

Dari tiga platform yang telah disebutkan diatas, yang termasuk dalam kategori hosted adalah tekankata.com dan titik blog. Dengan demikian dengan memilih hosted blog, kita sudah mengetahui salah satu cara buat blog gratis ato cara membuat blog gratis.

Lalu, apa itu self-hosted?

Self-hosted merupakan kebalikan dari hosted. Artinya kita bisa membikin blog yang sesuai dengan yang anda inginkan, tentunya tanpa ada “embel-embel” platform di belakangnya. Sepenuhnya situs blog tersebut adalah milik kamu. Contoh alamat url blog yang self-hosted adalah namablogkamu.com. Ga ada “embel-embel” tekankata.com ato titikblog.com kan di belakangnya?

Untuk menggunakan blog yang self-hosted, kita harus membayar untuk hosting dan nama domainnya. Salah satu platform yang self-hosted adalah tekankata.org

Agar kita bisa memilih blog jenis blog yang sesuai dengan kamu, ada beberapa pertimbangan yang bisa membantumu dalam menentukan jenis blog.

Sebelum menggunakan platform hosted seperti tekankata.com, kita bisa memperhatikan pertimbangan-pertimbangan berikut:

  1. Fitur yang disediakan platform hosted
  2. Tampilan dalam blog juga terbatas.
  3. Jika kita melanggar peraturan yang berlaku, situs web ato blog bisa dihapus kapanpun.
  4. Kamu Ga perlu mengeluarkan sepeser pun untuk membuat blog.
  5. Nama alamat situs web kita akan seperti ini: namablogkamu.tekankata.com ato titikblog.com

Sedangkan kalo kita mempunyai keinginan untuk membuat self-hosted blog, kita juga perlu untuk mengetahui hal-hal berikut untuk dijadikan pertimbangan sebelum akhirnya memilih self-hosted blog.

  1. Paling Ga minimal kita harus menyiapkan modal sebesar Rp.300.000 per tahun untuk membayar hosting dan domain.
  2. Situs web ato blog sepenuh akan menjadi milik kamu.
  3. Tampilan blog bisda kita desain seperti apa yang kita inginkan.
  4. Kamu bisa menambahkan fitur-fitur yang kita perlukan.
  5. Bisa membuat blog terlihat lebih meyakinkan.

Dari sedikit gambaran pertimbangan-pertimbangan di atas semoga kita bisa memilih dan menggunakan platform yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Kalo kita ingin mencoba cara buat blog gratis, pastinya kita sudah tahu kan harus pilih jenis blog yang mana. kita bisa memilih platform blog jenis hosted untuk mencoba cara membuat blog gratis. Sedangkan Kalo kita ingin situs web ato blog yang bisa didesain sesuka hati dan tentunya bisa dimiliki 100% sama kamu, kita bisa memilih yang self-hosted blog. Udah jelas kan sampai di sini?

3. Menentukan Penyedia untuk Layanan Domain dan Hosting

Udah pada tahu belum apa itu domain dan apa itu hosting? Domain adalah nama dari situs web ato blog kita itu sendiri, misalnya namablogkamu.com. Sementara hosting adalah layanan jasa internet yang berfungsi sebagai untuk menyimpan data dan aplikasi situs yang ditempatkan pada server, data yang tersimpan dapat diakses melalui jaringan internet.

Kamu harus membayar kalo ingin menggunakan layanan domain dan hosting. karna sistem dua-duanya menggunakan sistem sewa. Misalnya, kalo kita ingin menggunakan domain namablogkamu.com itu artinya kita harus membayar ke penyedia layanan domain dan hosting. Biasanya sistem pembayarannya dilakukan sebulan ato setahun sekali.

Karena peran keduanya sangat penting bagi sebuah situs ato blog. Pilihlah penyedia layanan domain dan hosting yang berkualitas dan terpercaya. Ada beberapa penyedia layanan yang sangat direkomendasikan untuk blogger pemula. Untuk penyedia dalam negeri (Indonesia) bisa memilih penyedia layanan hosting seperti:

  1. andalan.net;
  2. indosite.com;
  3. boc.co.id.

Kalo mau daftar silahkan klik aja link diatas ya.

Sedikit saran untuk kita nih. Kalo konten situs ato blog kita menggunakan bahasa Inggris sebaiknya gunakan penyedia layanan internasional. Sebaliknya kalo konten berbahasa Indonesia pilih penyedia dalam negeri.

4. Memilih Nama Domain

Inilah salah satu langkah dalam membuat blog yang cukup penting untuk kita perhatikan, yakni memilih ato menentukan nama domain untuk situs ato blog kamu. Ada beberapa hal yang harus kita ketahui sebelum menentukan nama domain untuk situs ato blog kamu. Hal-hal tersebut antara lain:

  1. Jangan gunakan ato hindari untuk menentukan dan membuat nama domain yang mirip dengan situs yang namanya udah
  2. Nama domain sebaiknya harus sesuai dengan topik utama situs ato
  3. Nama domain harus mudah untuk ditulis, diingat, dan diucapkan.
  4. Hindari untuk menggunakan tanda (-) dan angka.
  5. Jangan gunakan nama domain yang merek sama dengan merek blog orang lain. Jadi harus kreatif dalam menentukan merek nama domain situs kamu.
  6. Agar lebih diingat gunakan akhiran (.com). karna (.com) lebih familiar dan kebanyakan orang akan sangat mudah untuk mengingatnya.

Untuk membuat sebuah situs web atopun blog memang harus perhatiin langkah-langkah yang tepat. Supaya nantinya situs dan blog yang kita buat bisa terus eksis dan memberi manfaat bagi banyak orang. Bahkan bisa hasilin keuntungan finansial bagi kita sendiri.

Mas Bro dan Mbak Bro punya usaha?

Pengen punya website / blog?

Ato mau buat blog pribadi tapi ga tau harus mulai darimana?

Silahkan hubungi aja si Mimin lewat kontak dibawah ya.

Apa Sih Itu Sebenarnya Pengertian Blog - Sumber Gambar jirikadlec,com

Sumber Gambar jirikadlec,com

Perkembangan Blog di Indonesia

Bagaimana perkembangan blog di Indonesia saat ini? Sekarang ini pertumbuhan blog di Indonesia masih sangat tinggi. Hal ini dibuktikan dengan jumlah blogger yang semakin banyak.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi meningkatnya jumlah blogger di Indonesia. Diantaranya yaitu:

a. Mengikuti Tren

Hari gini ga punya blog? Ketinggalan jaman! Mungkin kita pernah denger ucapan seperti. Bagi pandangan sebagian orang, mempunyai blog berarti udah mengikuti tren anak jaman sekarang. Mungkin kita bakal diketawain sama temen-temen.  Kalo keceplosan ngomong “apa itu blog?” sama sebab itulah. karna ga pengen di anggap ndeso dan ketinggalan tren banyak orang khususnya anak muda ramai-ramai buat blog.

b. Lahan Untuk Mendapatkan Uang

Siapa bilang melalui situs blog ga bisa hasilin uang?

Banyak blogger-blogger Indonesia menyulap blog mereka sebagai sumber penghasilan. Melalui iklan-iklan yang dipasang di halaman blog, mereka bisa mendapatkan uang untuk tambahan jajan. Menarik bukan?

Itulah dua hal utama yang menjadi faktor dibalik pertumbuhan jumlah blogger di Indonesia yang semakin tinggi. Dan dari tahun ke tahun perkembangan blog di Indonesia semakin meningkat. Disertai dengan banyak jumlah pengguna Internet di Indonesia yang juga mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Sesama blogger harus bantu buat berbagi tulisan ini ya. Buat yang lain kalo ada pertanyan ato ada yang mau didiskusikan. Silahkan kasih komentar dibawah ya.

Semoga berguna.

Seneng bisa berbagi.

Tembalang, Semarang
21:50 WIB Minggu, 23 Oktober 2016
Tulisan Temen Kita

Sumber Tulisan:
BBHVC. 2016. Sejarah Blog di Indonesiabbhvc.blogspot.co.id/2016/01/sejarah-blog-di-indonesia.html diakses pukul 16.37 WIB pada hari Jumat, 14 Oktober 2016
Darmawan. 2016. Ingin Belajar Membuat Blog? Lakukan 6 Langkah Ini Untuk Menjadi Blogger yang Sukses. panduanim.com/membuat-blog/ diakses pukul 16.44 WIB pada hari Jumat, 14 Oktober 2016
Esa Tanjung. 2016. Perkembangan Blogger di Indonesia. http://www.jadiahliseo.com/2016/06/blogger-indonesia.html diakses pukul 09:28 WIB pada hari Sabtu, 15 Oktober 2016
Hari Susanto. 2011. Pengertian dan Sejarah Blog. www.kompasiana.com/harisusanto/pengertian-dan-sejarah-blog_55006e3ba33311fb6f510fd6 diakses pukul 16.36 WIB pada hari Jumat, 14 Oktober 2016
Mulyadi. 2016. Sejarah dan Perkembangan Blog. yadimulyadi.indonesiaz.com/sejarah-dan-perkembangan-blog.xhtml diakses pukul 09:06 WIB pada hari Sabtu, 15 Oktober 2016
Roni. 2015. Mengetahui Sejarah Blog di Indonesiawww.kompasiana.com/roni_proling/mengetahui-sejarah-blog-di-indonesia_551160218133111646bc5faa diakses pukul 16.35 WIB pada hari Jumat, 14 Oktober 2016

Sumber Gambar:
blog.9rules.com diakses pukul 10.37 WIB pada hari Sabtu, 15 Oktober 2016
jirikadlec.com diakses pukul 10.42 WIB pada hari Sabtu, 15 Oktober 2016
www.asktheblogger.com diakses pukul 10.35 WIB pada hari Sabtu, 15 Oktober 2016

2 Responses to “Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Blog? : #KitaTanya6

  • widih terima kasih banget infonya mas sekarang saya udah tau apa sih itu pengertian blog , terima kasih mas thanks , semoga sukses terus mas

    • Salam Mas Bro I

      Sama-sama Mas Bro.
      Udah berapa lama nih ngeblog?

      Mauliate
      Makasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *