Apa Sih Itu Sebenernya Tujuan dan Manfaat Content Marketing? : #KitaTanya14

Apa Sih Itu Sebebernya Tujuan dan Manfaat Content Marketing

Sumber Gambar bangwin.net

Apa Sih Tujuan Content Marketing?
Apa Sih Manfaat Content Marketing?

Content marketing apa tujuannya
Lalu apa manfaatnya untuk kita?
Yo kita obrolin dalam tulisannya
Penjualan meningkat ga hanya cita

Salam Mas Bro dan Mbak Bro

Pernah denger istilah content marketing?

Ada yang tau gimana cara kerjanya?

Apa manfaat content marketing bagi kita nantinya?

Sebenernya content marketing adalah salah satu cara atau teknik yang dilakukan dalam proses pemasaran. Lalu Gimana strategi pemasaran ini dijalankan dan sebenarnya tujuan content marketing ini apa?

Sebenarnya content marketing ini kita lakukan dengan cara membuat serta melakukan pendistribusian konten yang bermanfaat, relevan alias sesuai, dan tentunya memiliki sesuatu hal yang menarik untuk disajikan.

Lalu tujuannya apa sih?

Nah, pertama konten yang dimaksud disini adalah tulisan, gambar, dan video ya. Selanjutnya konten yang kita buat ini nanti maksudnya untuk menarik dan mendapatkan pengunjung sesuai dengan target yang diharapkan. Pada akhirnya nanti kita akan dapatkan keuntungan dari pengunjung yang sudah datang ke situs milik kita.

Perlu kita garisbawahi ya, konten bermanfaat disini berarti memang memiliki manfaat bagi siapa saja yang membutuhkan informasi tersebut. Bahkan pengunjung merasa konten tersebut memang memberikan satu manfaat yang dibutuhkan.

Konten yang kita buat nantinya akan banyak dicari dan juga dibutuhkan. Bila sebaliknya, banyak orang yang ga mengharapkannya atau membutuhkan. Maka apa yang kita sajikan itu belum dapat disebut dengan content marketing loh.

Baca Juga
1. Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Content Marketing?
2. Apa Sih Itu Sebenarnya Pengertian Sales Letter?

Ada beberapa pandangan yang akan muncul pada konsumen atas content marketing yang kita sajikan. Bisa jadi konsumen menganggap konten tersebut sebagai satu iklan. Ada juga yang menganggapnya sebagai content marketing. Mungkin juga anggapan gabungan dari keduanya.

Jadi intinya tuh content marketing ini akan memberikan sajian berupa konten yang bernilai guna bagi konsumen. Sehingga konten tersebut ga cuma hadir begitu saja tanpa ada makna dan fungsinya.

Content marketing ini akan memberikan manfaat bagi pengunjung yang membutuhkan. Itulah tujuan dari pembuatan content marketing sebenarnya ya.

Kalau kita ingin berbisnis dengan menerapkan digital marketing bisa aja. Content marketing inilah yang bisa kita jadikan alat yang sifatnya harus ya. Kita bisa jadikan content marketing ini sebagai pendukung strategi digital marketing yang saat ini kita jalankan loh.

Kita juga akan lebih mudah dapatkan konsumen alias pelanggan loh. ga cuma itu, bisnis kita yang saat ini sedang berjalan juga akan dikenal lebih banyak orang.

Seperti apa sih konten marketing ini? Begini ya, kalau content marketing ini wujud nyatanya seperti blog, press release, video, gambar, bulletin, serta post di media sosial. Nah, sudah pernah tau kan?

Semua konten tersebut memang sengaja dibuat dengan desain khusus.

Gunanya apa?

Gunanya ya untuk menjalin hubungan kita sebagai pelaku bisnis dengan para pengguna, tentunya yang sudah kita targetkan.

Konten yang ada di dalamnya, semua itu harus kita buat dengan sebaik-baiknya ya. Harus kita pikirkan dengan baik informasi apa yang hendak kita sajikan. Perlu pemikiran yang matang. Seperti yang sudah disinggung di atas ya, konten haruslah membawa manfaat bagi pengunjung atau pengguna.

Nah, kita juga akan dapat nilai plus dari pengunjung atau pembaca yang telah melihat konten yang disajikan.ini bakalan menguntungkan buat kemajuan bisnis kita nantinya. Jadi kita jangan asal ngepost saja ya, kita desain secara khusus buat menarik pengguna, melakukan interaksi, menjalin hubungan, sekaligus meninggalkan kesan yang berarti buat pengguna.

apa-sih-itu-sebebernya-tujuan-dan-manfaat-content-marketing-2

Sumber Gambar lucep.com

Tujuan Content Marketing

Content marketing bisa jadi cara terbaik untuk mempromosikan bisnis milik kita. Dalam content marketing, ga hanya kontennya saja yang kita maksimalkan. Tapi, kita juga harus maksimalkan tampilan sekaligus performa halaman yang kita sajikan. Sehingga menjadi kesatuan yang apik untuk disuguhkan pada pembaca. Demi  meraih target pengguna yang diharapkan.

Nah, berikut ini beberapa tujuan content marketing yang perlu kita ketahui ya.

1. Membangun Kesadaran Terhadap Produk Kita

Kalo sang pengunjung online kita ini datang sendiri secara langsung pada halaman kita. Itu artinya memang ada sesuatu yang ingin dicari dan ditemukan. Intinya, pengunjung memang ingin mendapatkan informasi yang serinci mungkin mengenai produk atau jasa yang kita tawarkan saat ini ya.

Tapi apakah semua orang akan datang menuju situs ato blog kita?

Apakah semua orang akan mencari tau apa barang ato jasa kita?

Jawab sendiri ya.

Nah, karna itu kita perlu membangun kesadaran terhadap produk kita. Caranya bisa melalui tulisan, gambar, dan video. Ini lah salah satu alasan kenapa sekarang “endors” menjadi salah satu penghasilan. Karna lewat endors pemilik barang ato jasa ingin menunjukkan diri.

Nah, selanjutnya kita buat deh konten tersebut semenarik mungkin. Pikirkan juga solusi yang bisa diambil oleh konsumen dengan barang ato jasa yang kita miliki itu ya. Karna pengunjung itu sudah datang secara suka rela ke halaman kita. Mencari keuntungan apa yang bisa didapatkan dari situs ato blog kita.

Jadi kita harus bisa memberikan yang terbaik untuk konsumen ini. Intinya kita jagalah calon konsumen yang sudah datang untuk mencari tau tentang brand kita ini. Jangan sampai deh saat pengunjung udah datang. Eh ternyata konten atau tampilan halaman kita ga begitu berarti.

Maka siap-siap kita dapat cap buruk dan akan mengurangi peluang kita untuk semakin dikenal. Nah, kalo udah terlanjut kasih isi yang ga bermutu. Tenang aja cuma ada 1 jalan keluarnya. Selanjutnya perbaiki dan ganti dengan gambar, tulisan, dan video yang bermanfaat.

Kalo kesulitan untuk membuat konten yang bermanfaat, tenang sekarang itu udah ga jadi masalah besar lagi. Sekarang udah banyak yang bisa bantu. Salah satunya kita, kekitaan.com. Kita adalah gabungan dari penulis, blogger, fotografer, Tukang Sunting Gambar, Videografer, dan Tukang Sunting Video. Butuh konten yang bagus?

Kita bisa bantu. Silahkan baca rinciannya disini.

Sumber Gambar indonesiana.tempo.co

Sumber Gambar indonesiana.tempo.co

2. Membangun Hubungan dan Relasi dengan Konsumen

Nah, perhatikan nih, kalau kita mau bisnis kita maju dan berhasil dengan content marketing harus perhatikan hubungan dengan konsumen atau pelanggan kita. Mengapa begitu?

Kita harus ingat kembali apa yang jadi tujuan kita menjalankan strategi lewat content marketing ini. Membangun hubungan serta relasi dengan para konsumen adalah tujuan kita. Tanpa adanya konsumen, kita bukan apa-apa ya.

Makanya kita harus tuh perhatikan bobot konten yang kita sajikan. Apapun kontennya aruslah memiliki nilai plus di mata konsumen. Sebagai contoh nih ya, misal kita sajikan konten berupa artikel. Kita bisa sajikan artikel yang mengulas atau ceritakan saja tentang gimana produk kita itu begitu bermanfaat bagi konsumen.

Gimana produk kita itu bisa memberikan solusi bagi konsumen. Jadi kayak kita kasih konten testimoni secara halus ya. Cara ini akan lebih efektif untuk content marketing kita nantinya.

Beda lagi kalau kita kasih konten artikel yang menjemukan dan pastinya bikin pengunjung menjauh. Mau contohnya? Contohnya sih konten artikel yang memuat tentang hasil penjualan produk yang sudah kita peroleh. Hal itu hanya bikin orang yang membaca cenderung bosan dan lari meninggalkan konten kita. mau kayak gitu? ga kan, makanya jauhi ya.

Soalnya, seperti yang sudah disebutkan di awal, harus ada manfaat content marketing kita. ada bobotnya. ga boleh sembarangan kasih konten. Sesuaikan dengan minat dan memberikan manfaat bagi konsumeen. Ditambah lagi konten itu harus berkaitan erat dengan produk kita ya.

Sumber Gambar huffingtonpost.com

3. Sebagai Alternatif Iklan dan Upaya Peningkatan Kepercayaan Konsumen

Kalau bisnis kita ini masih baru, tentu saja melakukan pengiklanan adalah satu cara untuk mengenalkan brand kita pada publik. Nah, bila modal ga begitu besar tentu akan terasa berat bukan Kalo kita harus promosi lewat media elektronik seperti TV dan media cetak seperti koran.

Makanya, content marketing menjadi satu solusi tepat untuk kita menyikapi masalah ini. Betul gak? Jadi content marketing ini sifatnya efisien banget buat kita ya.

Content marketing bisa jadi salah satu pilihan kita untuk pasang iklan di search engine google atau untuk promo di media sosial layaknya facebook dan twitter ya.

Konten yang kita buat haruslah mengandung unsur yang membangun relasi dengan konsumen. Kita bisa ya masukkan konten yang mengandung unsur mengenai bisnis kita. Bisa kita tunjukkan secara garis besar keberhasilan bisnis kita. Namun ga berlebihan ya.

Kenapa kita lakukan ini? ini salah satu upaya kita untuk membuat pengunjung menjadi tau serta tumbuh kepercayaan terhadap bisnis yang kita miliki ini. Kalo sudah percaya kan akan mudah buat konsumen bersikap loyal tuh sama produk-produk kita.

Sumber Gambar business2community.com

Manfaat Content marketing

Telah jelas bukan mengenai apa itu content marketing beserta tujuannya. Nah, sekarang tinggal kita tau apa sebenarnya manfaat dari content marketing. Karena ada banyak manfaat atau keuntungan yang bisa kita dapatkan loh dari content marketing ini.

1. Content marketing Akan Membantu Popularitas Usaha

Ini nih yang pastinya bikin kita seneng. Kalau kita memilih strategi content marketing maka lakukan upaya peningkatan pada konten yang terdapat di dalamnya. Kalau kontennya bagus, sudah pasti deh bakalan banyak pengunjung ke situs ato blog kita. Dijamin bisnis kita makin dikenal banyak orang dan popularitasnya jadi makin meningkat.

Nah, cara ini ga bisa dilepasin dari yang namanya SEO. Untuk bahasa jelas dan rinci apa sih itu sebenernya SEO silahkan baca disini ya.

Nah, kalo Mas Bro / Mbak Bro butuh layanan SEO untuk dengan teknik content marketing maka kita bisa bantu supaya Mas Bro dan Mbak Bro punya blognya ato situs :

  • Naik ke halaman 1 urutan 1 mesin pencari;
  • Masuk peringkat ratusan ribu dunia juga ribuan di Indonesia.

Selain itu manfaat lainna adalah Mas Bro dan Mbak Bro punya situs ato blog:

  • Kita naikkan popularitasnya;
  • Barang atojasanya yang terjual akan meningkat.

Kalo mau baca lengkap layanan SEO kita disini ya.

Kalo konten yang kita buat berkualitas, pastinya nih orang akan sering datang pada halaman kita. Guna mencari informasi bermanfaat yang bisa membantu pemecahan masalah sehari-hari yang mungkin sedang dihadapi. Jadi informasi dari konten kita itu bermanfaat banget buat pembaca.

Sumber Gambar wearequeue.com

Sumber Gambar wearequeue.com

2. Content marketing Akan Meningkatkan Penjualan

Sudah bisa dipastikan ya, kalau konten yang kita sajikan ini begitu banyak diminati oleh banyak pengunjung. Kemungkinannya adalah ada peningkatan penjualan produk atau jasa kita.

Ibarat pasar nih, kalau pengunjung yang datang ke pasar makin banyak. Maka bisa dipastikan juga daya beli masyarakat saat itu juga akan mengalami peningkatan. Penjualan para pedagang pasar juga meningkat.

Sumber Gambar blogs.adobe.com

Sumber Gambar blogs.adobe.com

3. Content marketing Akan Memberikan Informasi

Namanya contnt marketing, ya sudah pastilah lebih menekankan sama yang namanya isi alias konten yang disajikan. Mau itu kita buat artikel, gambar, bulletin, video, atau apa saja itu. pastikan ya semua konten itu memberikan manfaat.

Apa manfaatnya?

Sudah pasti berupa informasi yang dibutuhkan oleh pengunjung ataupun pelanggan. Sehingga pengunjung akan merasa tertolong dengan adanya konten yang kita buat itu ya.

Sebaiknya kita sajikan informasi yang akurat dan terpercaya ya. Cari sumber terpercaya, hindari informasi yang sifatnya abal-abal dan ga bisa dipertanggungjawabkan isi konten itu. Biar pengunjung merasa puas dengan informasi yang sudah diperolehnya dari kita.

Sumber Gambar yourstory,com

Sumber Gambar yourstory,com

4. Content Marketing Akan Meminimalkan Dana

Content marketing termasuk cara pemasaran yang relatif murah loh. Soalnya kita ga perlu susah pasang iklan kesana kemari ke media massa maupun elektronik. Kita hanya cukup menampilkan konten-konten yang manfaat dan pastinya dibutuhkan oleh pengunjung.

Dengan cara seperti ini pada masa sekarang justru lebih efektif. Kita ga perlu keluar uang banyak untuk mendanai iklan berbayar. Namun ya itu tadi, kita harus sungguh-sungguh dalam mengelola content marketing.

Baca Juga
1. Apa Sih  Itu Sebenarnya Pengertian Internet Marketing?
2. Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Social Media Marketing?

Kenapa? Karena perlu banyak waktu, tenaga, serta pikiran untuk bisa memperoleh hasil maksimal dari content marketing ini. Hasilnya akan terlihat kok asalkan kita terus bersabar dan terus membangun content marketing itu. Bahkan bisa kalahkan kompetitor kita yang lain dan dapatkan hasil pemasaran lebih tahan lama.

Nah, gimana sudah siap menjalankan strategi online satu ini?

Segeralah untuk bertindak ya, jangan buang waktu dan tetapkan apa yang jadi tujuan content marketing kita. Sebab banyak sekali manfaat content marketing untuk bisnis kita, baik sekarang maupun masa mendatang.

Semoga berguna.

Seneng bisa berbagi.

Udah jelas dong sekarang artinya
Lalu jangan pilih diam aja disana
Karna kini udah banyak diluar sana
Blogger yang siap sama kontennya

Tembalang, Semarang

Tulisan Temen Kita

Sumber Tulisan:
Ketut Krisna Wijaya. 2015. Mengapa Startup Memerlukan Rencana dan Strategi Content marketing id.techinasia.com/manfaat-content-marketing-bagi-startup diakses pukul 15:03 WIB, pada hari Minggu, 16 Oktober 2016
Rebecca. 2016. Apa Itu Content marketing? progresstech.co.id/blog/apa-itu-content-marketing/ diakses pukul 15:05 WIB, pada hari Minggu, 16 Oktober 2016
Teropongku. 2015. Manfaat Content marketing teropongku.com/2015/09/manfaat-content-marketing.html diakses pukul 15:01 WIB, pada hari Minggu, 16 Oktober 2016

Sumber Gambar:
bangwin.net diakses pukul 14:59 WIB, pada hari Minggu, 16 Oktober 2016
blogs.adobe.com diakses pukul 23:37 WIB, pada hari Rabu, 19 Oktober 2016
business2community.com pukul 15:01 WIB, pada hari Minggu, 16 Oktober 2016
huffingtonpost.com pukul 19:32 WIB, pada hari Minggu, 16 Oktober 2016
indonesiana.tempo.co pukul 15:00 WIB, pada hari Minggu, 16 Oktober 2016
lucep.com diakses pukul 23:40 WIB, pada hari Rabu, 19 Oktober 2016
wearequeue.com diakses pukul 00:05 WIB, pada hari Kamis, 20 Oktober 2016
wtmlatinamerica.com diakses pukul 18:39 WIB, pada hari Kamis, 8 Maret 2016
yourstory.com diakses pukul 00:06 WIB, pada hari Kamis, 20 Oktober 2016

Tentang Kita
Twitter :
kekitaan_
Line :
@kekitaan
Facebook :
Kekitaan Kita
Google+ : Kekitaan Kita
Youtube : Kita/
Linkedin : kekitaan_
Pinterest : kekitaan_
Instagram : kekitaan_

5 Responses to “Apa Sih Itu Sebenernya Tujuan dan Manfaat Content Marketing? : #KitaTanya14

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *