Apa Aja Sih yang Harus Kita Tau dan Persiapkan Sebelum Beli Laptop Ato Komputer? : #KitaSiap21

Sumber Gambar selbiyatinnisa.wordpress.com

Apa Aja Sih Panduan Sebelum Beli Laptop Ato Komputer?

Kalo listrik mati perlu senter
Apabila lantai kotor harus di sapu
Kalo mau beli laptop ato komputer
Hati-hati agar ga kena tipu

Salam Mas Bro dan Mbak Bro

Laptop ato komputer udah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat Indonesia. Karena penggunaan alat elektronik ini ga terbatas pada kebutuhan kantor dan sekolah saja. Semua orang bisa menemukan manfaat laptop dengan menggunakannya, baik untuk sekedar browsing internet ato sebagai penunjang usaha.

Di Jaman yang serba teknologi seperti sekarang ini, rasanya kita akan ketinggalan jaman jika ga bisa menggunakan laptop ato komputer. Karena kita akan lebih banyak menemui hal-hal yang berhubungan dengan alat elektronik ini, terutama di kantor-kantor pemerintah ato swasta.

Baca Juga
1. Apa Aja Sih Spare Parts Laptop dan Komputer?

2.  27 Cara Merawat Laptop Biar Awet dan Tahan Lama

Tapi, bagi yang masih minim pengetahuan dengan alat digital yang satu ini, tentu akan merasa kebingungan jika punya niat untuk membelinya. Tenang aja, kami akan memberikan sedikit penjelasan tentang apa aja pengetahuan yang di perlukan ketika ingin membelinya.

Apa yang Harus Kita Tau dan Siapin Sebelum Beli Laptop ato Komputer?

laptop-dan-komputer

Sumber gambar razbaturaja.blogspot.co.id

1.Sesuaikan dengan kebutuhan

Tentunya, ada berbagai macam alasan sehingga kita pengen beli Laptop ato Komputer. Apa alasan utama yang mendasar sehingga kita membutuhkan alat ini, apakah untuk keperluan kantor, game, browsing internet, design grafis, edit video serta kebutuhan lainnya.

Kita harus menyesuaikan dengan kebutuhan sendiri, biar ga kecewa dengan  fasilitas barang yang di beli. Karna setiap jenis laptop ato computer memiliki kelebihan program tersendiri untuk memenuhi kebutuhan para penggunanya.

2.Tempat

Jika penggunaannya lebih banyak berada di dalam rumah atau di kantor, lebih baik dengan memilih untuk membeli komputer aja daripada laptop. Karena lebih murah dan bisa memangkas anggaran pembelian dan bisa di gunakan untuk keperluan yang lain.

bebas-bermain-laptop

Sumber gambar tokoonlin88.com

Kalo penggunaannya lebih banyak di luar, maka ga ada pilihan lain kecuali membeli laptop. Selain ga ribet, tentunya mudah di bawa kemana aja. Laptop juga ga memerlukan sebuah meja untuk menggunakannya. Selain itu, bisa di gunakan di atas lantai atau di bawa ke kamar sambil tiduran.

3.Harga

Agar ga terlalu mahal ketika membeli barang elektronik ini, kita harus mengetahui fasilitas yang tersedia pada setiap laptop ato computer yang akan di beli. Karna beda harga, beda pula spare parts serta fasilitasnya.

harga-laptop-lxioo

Sumber gambar situshape.net

Untuk kebutuhan kantor seperti Microsoft Office dan hanya browsing aja. Kita bisa mendapatkan laptop untuk fasilitas jenis ini dengan uang sekitar 2-4 jutaan. Dengan Spesifikasi Core2Duo, Ram 2GB, Harddisk 500GB.

Kalo ingin harga yang lebih murah, tentunya kita bisa memilih komputer rakitan. Dengan uang sekitar 2 jutaan, kita udah bisa mendapatkan 1 set computer berkualitas yang siap pakai. Dengan spesifikasi Core2Duo, Ram 2GB, Harddisk 160GB.

Untuk harga laptop guna keperluan kantor yang support dengan multimedia, seperti melakukan presentasi dan editing video. Kita bisa membelinya dengan mengeluarkan uang sekitar 3-5 jutaan. Dengan spesifikasi Core i3, Ram 4GB, Harddisk 500GB.

laptop-advan

Sumber gambar jagatreview.com

Sedangkan harga laptop yang menyediakan fasilitas game ringan, bisa di beli dengan uang 3-4 jutaan. Spesifikasinya Core i3, RAM 2GB, Harddisk 320GB. Tapi. untuk 1 set komputer game rakitan biasa, cukup dengan menyediakan uang 3 jutaan. Speknya, Core i3, RAM 2GB, Harddisk 160GB, VGA bawaan.

Untuk harga laptop game kelas menengah sampai atas, uang yang di butuhkan sekitar 7 sampe puluhan juta rupiah. Semua fasilitas game udah lengkap, dengan spesifikasi Core i5, Core i7, Ram 4 atau 8GB, Harddisk 1TB, VGA Card.

Apabila menginginkan yang lebih murah, tentunya memilih komputer rakitan saja. Dengan menyediakan uang sekitar 5 jutaan, udah bisa untuk membeli computer dengan spesifikasi Core i5, Ram 4GB, Harddisk 500GB, VGA Card. Performa mesinnya juga tidak kalah ama laptop yang harganya puluhan juta.

Harga laptop ato komputer untuk keperluan design grafis, hampir sama dengan budget yang di keluarkan untuk kebutuhan game menengah keatas. Yang perlu di perhatikan adalah, dalam memilih penggunaan processor dan VGAnya.

laptop-forsa-untuk-game

Sumber gambar tokopedia.com

Penggunaan laptop ato komputer untuk keperluan game dan design grafis, bisa memilih salah satu dari dua processor, Intel ato AMD. Sekitar tahun 2012, kualitas processor AMD lebih bagus untuk bermain game dan design grafis.

Tapi pada tahun 2014, Intel telah mengembangkan processornya untuk mengejar ketinggalannya dari AMD agar masih bisa menjadi pilihan para gamer dan designer. Dari segi kualitas, perbandingannya memang tidak jauh berbeda.

Perbedaan yang paling mendasar adalah dalam masalah harga, processor Intel harganya sangat mahal. Rata-rata harga processor intel untuk game dan grafis sekitar 2 jutaan. Sedangkan harga processor AMD masih bisa di jangkau dengan harga 1 jutaan.

Untuk penggunaan VGA memang relatif, karna banyak sekali pilihan yang bisa di gunakan. Hal ini kembali kepada selera penggunanya masing-masing. Karna untuk game yang paling berat, tentunya membutuhkan VGA berkualitas tinggi dengan harga yang sangat mahal.

Apa Aja Kelebihan Serta Kekurangan Laptop dan Komputer?

antara-laptop-dan-komputer

Sumber gambar jokowarino.id

Kelebihan Laptop

Laptop memang lebih felksibel, dengan bentuk yang kecil dan mudah di bawa kemana-mana. Kita bisa menggunakan alat elektronik ini di mana saja berada, baik di dalam ato di luar rumah serta ketika sedang bepergian.

Selain itu, laptop tidak selalu tergantung dengan sambungan listrik, hanya ketika baterainya habis aja. Kelebihan lainnya adalah, penggunaan listriknya lebih irit di bandingkan komputer.

Laptop tidak perlu di ribetkan dengan urusan kabel, karna semua kabel sudah berada di dalam mesin, bersatu dengan spare partnya. Jadi kita tidak takut dengan adanya kabel yang rusak ato putus.

Bisa di gunakan sebagai alat presentasi yang di sambungkan dengan monitor ato proyektor. Jadi, laptop sangat bermanfaat untuk kebutuhan perkantoran yang biasa melakukan presentasi.

Kekurangan Laptop

Untuk harga laptop berkualitas dengan spesifikasi tinggi dan spare parts yang bagus, kita harus berani membayar mahal. Hal ini karena komponen-komponennya sangat kecil, sehingga pembuatan spare partsnya tidak mudah.

Bentuk laptop sangat rapat, agak sulit untuk mendapatkan sirkulasi udara. Sehingga akan menyebabkan mesin cepat panas dan penggunaanya sangat terbatas, hanya 3-5 jam perhari. Jika laptop di paksa untuk di gunakan selama 24 jam perhari, maka spare partsnya akan cepat rusak dan tidak bisa bertahan lama.

laptop-cepat-panas

Sumber gambar tabloidlaptop.com

Jika ada spare parts yang rusak, maka sulit untuk memperbaikinya. Selain biaya perbaikannya yang mahal, sulit untuk menemukan suku cadangnya. Karna belum tentu setiap toko laptop menyediakan spare parts, sehingga kita harus pergi langsung ke servis centernya.

Ketika motherboardnya mengalami kerusakan, maka biaya untuk menggantinya sangat mahal sekali. Biaya yang akan di keluarkan sama halnya seperti membeli laptop baru.  Selain itu, memperbaiki laptop tentu saja akan membuka segelnya. Sehingga akan mengakibatkan harga jualnya menjadi sangat murah.

Kelebihan Komputer

Harganya sangat murah, kita bisa membeli 1 set komputer yang berkualitas hanya dengan uang 2 jutaan. Performa mesinnya juga tidak kalah dengan harga laptop yang mencapai 4 jutaan.

Bentuk spare parts yang besar, membuat umurnya awet dan tahan lama. Dengan adanya sirkulasi udara yang luas, membuat processornya tidak mudah panas dan bisa di pakai selama 24 jam setiap hari.

komputer-rakitan-bagus-dan-murah

Sumber gambar olx.co.id

Sangat mudah untuk melakukan bongkar pasang spare parts. Kita bisa mengganti atau menambah komponen-komponen mesin yang baru dengan leluasa. Sehingga bisa mengganti mesin untuk mengikuti perkembangan jaman tanpa harus ganti komputer.

Banyak sekali toko spare parts, sehingga kita ga kesulitan untuk mencari komponen yang baru, dan harganya juga murah.

Apa Aja Panduan Biar Ga Kena Tipu Beli Laptop Ato Komputer?

Membeli laptop ato komputer memang harus hati-hati, terutama jika yang akan di beli itu barang second. Untuk itu, jangan terlalu buru-buru untuk membeli alat eletronik yang satu ini. Kita harus mencari pengetahuan dahulu tentang seluk beluk barang yang akan kita beli ini.

Kita bisa membeli laptop ato computer dengan berbagai cara
Beli laptop baru di toko
Beli laptop second
Beli komputer baru di toko
Beli komputer second

Beli laptop baru di toko

Membeli laptop baru dari toko, memang cara yang terbaik untuk menghindari agar ga kena tipu. Tapi, tetap aja ada peluang bisa kena tipu jika kita tidak teliti dan hati-hati.

laptop-zyrez-baru

Sumber gambar idegadget.com

Ada beberapa hal yang harus kita lakuin buat menghindarinya?

1.Periksa harga di beberapa toko

Mengunjungi setidaknya 3 toko laptop terdekat yang paling terkenal, kemudian minta brosurnya untuk membandingkan harga dari ketiga toko tersebut. Hal ini untuk menghindari agar tidak kemahalan ketika kita membeli barang tersebut. Selain itu, toko yang sudah terkenal biasanya tidak mau mengorbankan nama baiknya dengan melakukan penipuan.

2.Memeriksa kemampuan mesin

Ketika memencet tombol power untuk menyalakan laptop, maka gambar akan langsung terbuka dan loadingnya tidak terlalu lama. Hal ini membuktikan bahwa semua spare parts, berjalan dengan baik.

3.Teliti layar dan badan laptop

Periksa dengan teliti bagian layar laptop, apakah ada cacat stuck pixel yang berupa bintik-bintik kecil atau tidak. Karna jika ada cacat pada layar walaupun satu titik, maka titik tersebut akan semakin membesar dan merusak layar LCD. Selain itu, perlu memperhatikan bagian-bagian lainnya, apakah ada lecet-lecet ato goresan. Pastikan bahwa semua body memang benar-benar masih mulus.

4.Menguji keyboard

Memencet semua tombol keyboard satu persatu untuk mengetahui apakah semuanya bisa berfungsi dengan normal ato ada yang macet. Hal ini untuk memastikan bahwa semua tombol keyboard tidak ada masalah.

5.Mainkan Touchpad

Pastikan touchpadnya berfungsi  dengan baik, ketika di cek menggunakan jari . Jika touchpadnya sangat sensitif sekali, berarti kondisinya tidak normal.

6.Memeriksa segel laptop

Letak segel, berada di bagian bawah laptop dan ada beberapa macam. Kalo stiker yang berasal dari pabrik, berbentuk hologram. Sedangkan  segel yang dari toko, berbentuk stiker dengan angka-angka tanggal apabila nanti laku di jual.

memeriksa-segel-laptop

Sumber gambar fathunalaptop.com

Stiker lainnya ada yang menutupi tempat baut, sebagai bukti bahwa laptop tersebut masih orisinil dan belum pernah di buka mesinnya. Stiker lainnya menyebar pada katup-katup casing sebagai bertanda bahwa kondisinya masih baru.

Menyamakan kode SN ato Serial Number di tiga tempat, yaitu di bagian bawah laptop, di kartu garansi dan di kardus. Jika nomor ketiga-tiganya sama, berarti laptop tersebut memang benar-benar asli.

7.Garansi

Semakin lama masa garansi, bisa di artikan bahwa laptop tersebut termasuk bagus. Karna biasanya, pabrik laptop yang bermutu, berani memberi jaminan garansi dari 2 sampe 3 tahun. Tapi ada dua jenis garansi, yaitu dari pabrik dan dari toko. Jika kita tidak menanyakan hal ini, maka kemungkinannya hanya akan di berikan garansi toko saja.

Sayang sekali jika membeli laptop baru sampe tidak mendapatkan garansi dari produsennya. Lebih baik mendapatkan dua garansi, untuk berjaga-jaga jika nanti ada kerusakan.

8.Install OS

Laptop yang udah ada OS bawaan, harganya memang lebih mahal. Kita bisa membeli laptop yang belum terinstall OS agar lebih murah. Selanjutnya bisa menginstall sendiri atau minta di installkan toko tersebut sebagai bonus pembelian.

Jika toko tersebut bersedia menginstallkan Windows,  biasanya kita di beri dua pilihan, mau menunggu ato di tinggal dulu dan nanti kembali lagi untuk mengambilnya. Kita harus mengambil pilihan pertama yaitu menunggu saja, karena install Windows biasanya bisa selesai dalam waktu  1 sampe 2 jam. Jangan pernah mengambil resiko dengan meninggalkan barang yang telah kita beli.

9.Minta bonus

Jika kita tidak minta bonus sebagai tanda pembelian, biasanya toko tersebut akan diam saja. Untuk itu, kita harus menanyakannnya dan tidak perlu malu-malu. Umumnya, bonus yang di berikan berupa tas dan mouse ato barang-barang lainnya. Minimal dua barang sebagai bonus dari laptop yang udah kita beli.

Cara Beli Laptop Second Biar Ga Kena Tipu

Pada dasarnya, biar ga kena tipu dalam membeli laptop second, cara mengeceknya sama seperti ketika membeli laptop baru. Tapi, kita harus melakukan penelitian yang lebih cermat lagi, terutama pada mesinnya. Apakah performa mesinnya masih bagus ato kondisinya sudah tidak normal.

Dalam hal ini, kita harus melihat segel-segel yang ada di bawah laptop, apakah segelnya masih dalam kondisi utuh ato tidak. Jika segel yang menutupi baut mesin sudah sobek ato rusak, maka lebih baik urungkan saja niat untuk membeli laptop tersebut. Karena bisa berarti, bahwa mesin laptopnya udah pernah di buka ato di reparasi. Dan resiko kerusakannya akan lebih besar jika kita tetap membelinya.

memeriksa-segel-laptop

Sumber gambar stronglaptopsecond.blogspot.co.id

Dalam membeli laptop second, kita tidak perlu bernafsu agar bisa dengan cepat untuk mendapatkan barang yang di inginkan. Banyak sekali para pembeli laptop second yang kena tipu, karena mereka tergesa-gesa dan lengah ketika mengecek barang yang akan di beli tersebut.

Jika kita masih awam dengan masalah pengecekan laptop second, kita perlu bertanya-tanya ato bisa mengajak teman yang udah berpengalaman agar mau membantu. Hal ini perlu di lakukan, karna kita menginginkan barang yang bagus, namun tidak tahu menahu mengenai barang tersebut.

Beli Komputer baru di toko

beli-komputer-di-toko

Sumber gambar dodosusanto.blogspot.co.id

Setiap toko komputer, melayani segala jenis barang yang kita inginkan. Dengan memilih sendiri semua spare partnya seperti motherboard, processor, RAM, Harddisk dan lain-lain. Selanjutnya toko tersebut akan merakit semua komponen yang telah kita pilih dan mewujudkannya dalam bentuk sebuah komputer.

Dengan spare parts pilihan sendiri, kita bisa puas karna komputer yang kita beli memang benar-benar menggunakan komponen yang orisinil. Sehingga kita ga perlu meragukan kualitas barang tersebut.

Yang perlu di perhatikan adalah dalam masalah harga. Karna harga setiap spare parts berbeda-beda, dan harga dari setiap toko juga tidak sama. Tentunya kita harus mengetahui harga pasaran setiap komponen mesin komputer. Sehingga kita tidak takut membeli sebuah komputer dengan harga yang sangat mahal dan jauh dari harga umumnya.

Kita harus mengunjungi beberapa toko agar bisa mengetahui berapa harga setiap spare partsnya dan dapat membandingkan dengan toko lainnya. Hal ini harus di lakukan untuk menghindari pembelian barang yang mahal dengan kualitas rendah.

Cara Pengecekan Ketika Beli Komputer Second

memeriksa-mesin-komputer

Sumber gambar smk-tamtama-satu.sch.id

Banyak sekali orang yang menjual komputer second dengan harga yang murah di pasaran. Tapi, kita harus teliti untuk membeli barang yang udah dengan kondisi tidak orisinail lagi seperti ini. Kita harus melakukan pengecekan secara langsung untuk memastikan apakah barang tersebut kondisinya masih normal ato tidak.

Periksa dahulu motherboardnya, apakah udah terkena lecet-lecet ato ada goresan pada setiap bagian-bagiannya. Periksa juga tombol powernya, apakah masih empuk ato udah keras jika di pencet.

Kita harus memeriksa kondisi mesinnya dengan menyalakan komputer tersebut. Ketika komputer di hidupkan, maka akan terdengar suara ”tuts”, berarti kondisi processornya masih bagus. Selanjutnya dengan melihat pada layar monitornya. Jika loadingnya sangat cepat, berarti kualitas RAMnya juga masih baik.

Kemudian dengan mendengarkan suara mesinnya. Jika suaranya halus dan tidak berisik, maka keadaan Harddisknya juga masih bagus. Tapi, jika suara mesinnya terdengar seperti ada suara gesekan-gesekan, maka bisa di pastikan bahwa kondisi Hardisk ada yang tidak beres.

Adanya suara-suara gesekan, bisa terjadi karna Harddisknya sudah rusak ato kabel sambungannya tidak kencang. Biasanya pada setiap komputer, kabel sambungan tersebut ada dua. Kita bisa mencoba kabel lainnya untuk memastikan bahwa Harddisknya memang belum rusak.

Kalo kabelnya udah di ganti dan masih terdengar suara gesekan, maka bisa di pastikan bahwa Harddisknya memang udah tidak normal. Selanjutnya kita bisa membatalkan pembelian, ato menawar harganya di bawah pasaran karna harddisk-nya udah ga berfungsi dengan baik.

Baca Juga
1. 
Udah Tahu? 27 Manfaat dan Kegunaan Laptop Untuk Pekerjaan dan Hobi Kita
2.  
Apa Aja Merk dan Spesifikasi Laptop Games Buatan Indonesia?

Memang ada hal-hal yang harus kita tau dan persiapkan sebelum beli laptop ato komputer agar ga kena tipu dan kecewa setelah membeli barang elektronik tersebut.

Semoga dengan tulisan ini kita bisa mengerti dan mengindari penipuan ketika membeli laptop ato komputer.

Jangan ragu-ragu untuk menyebarkan tulisan ini di media sosial ya. Kalo masih ada hal yang mengganjal. Silahkan tulis di kolom komentar ya.

Semoga berguna.

Seneng bisa berbagi.

Kalo ada yang haus belilah es puter
Ga lupa di campur dengan wedang
Kalo udah beli laptop ato komputer
Tentu saja hati kita akan senang

Buaran, Pekalongan
20.28 WIB, senin 20 Maret 2017
Tulisan Temen Kita – MY

Sumber tulisan :
Asalasah. 2016. Pertimbangan Penting Sebelum Membeli Laptop Baru asalasah.com/2016/06/pertimbangan-penting-sebelum-membeli.html Diakses pada pukul 17.35 WIB pada hari sabtu, 18 Maret 2017
Star Light. 2013. Hal-Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Laptop tanyadedyaja.blogspot.co.id/2013/08/hal-hal-yang-perlu-diketahui-sebelum.html Diakses pada pukul 17.50 WIB pada hari sabtu, 18 Maret 2017
Kun. 2016. 13 Cara Memilih Laptop Yang Bagus Dan Murah & Umur Panjang incaralaptop.blogspot.com/2016/02/13-cara-memilih-laptop-yang-bagus-dan.html Diakses pada pukul 18.21 WIB pada hari sabtu, 18 Maret 2017
Supangkat. 2015. 9 Tips Membeli Laptop Agar Tidak Tertipu Oleh Penjual palucomputer.com/2015/12/tips-membeli-laptop-baru-agar-tidak-tertipu.html Diakses pada pukul 18.39 WIB pada hari sabtu, 18 Maret 2017

Sumber gambar
razbaturaja.blogspot.co.id Diakses pada pukul 11.39 WIB pada hari Minggu, 19 Maret 2017
tokoonline88.com Diakses pada pukul 11.46 WIB pada hari Minggu, 19 Maret 2017
situshape.net Diakses pada pukul 11.02 WIB pada hari Senin, 20 Maret 2017
jagatreview.com Diakses pada pukul 11.22 WIB pada hari Senin, 20 Maret 2017
jokowarino.id Diakses pada pukul 12.22 WIB pada hari Senin, 20 Maret 2017
tabloidlaptop.com Diakses pada pukul 12.37 WIB pada hari Senin, 20 Maret 2017
olx.co.id Diakses pada pukul 12.53 WIB pada hari Senin, 20 Maret 2017
idegadget.com Diakses pada pukul 13.19 WIB pada hari Senin, 20 Maret 2017
fathunalaptop.com Diakses pada pukul 13.27 WIB pada hari Senin, 20 Maret 2017
smk-tamtama-satu.sch.id Diakses pada pukul 15.07 WIB pada hari Senin, 20 Maret 2017
tokopedia.com Diakses pada pukul 11.53 WIB pada hari Senin, 20 Maret 2017
stronglaptopsecond.blogspot.co.id Diakses pada pukul 13.49 WIB pada hari Senin, 20 Maret 2017
dodosusanto.blogspot.co.id Diakses pada pukul 14.54 WIB pada hari Senin, 20 Maret 2017

Tinggalkan Balasan