Perhatian!!! 27 Manfaat Bangun Tidur Pagi Hari : #KitaSehat36

Sumber Gambar: gariscahaya.com

Apa Aja Manfaat Bangun Pagi?

Salam Mas Bro dan Mbak Bro

Bangun pagi emang susah untuk dilakukan bagi kalian yang belum terbiasa. Alasannya macam-macam dari malas bangun karna masih ngantuk, malamnya begadang, masih dingin kalo pagi sehingga enaknya buat tidur, dan lain sebagainya.

Tapi taukah Mas dan Mbak Bro, bangun di pagi hari itu banyak memberikan manfaat bagi kita. Ada 27 manfaat yang bisa kita dapatkan dari bangun tidur di pagi hari. Mari kita lihat manfaat-manfaat tersebut beserta penjelasannya.

27 Manfaat Bangun Tidur Pagi Hari

Sumber Gambar: harapanrakyat.com

1.Tubuh Akan Terasa Fit dan Segar

Udara di waktu pagi hari lebih segar karena belum terkontaminasi oleh polusi. Ketika kita bangun pagi, tubuh kita akan menghirup udara pagi yang masih bersih tersebut. Udara yang masih segar dan bersih akan membuat badan dan tubuh kita menjadi segar. Dengan tubuh yang segar tentunya kita akan lebih merasa semangat untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Sumber Gambar: kudokter.blogspot.com

2.Peredaran Darah Menjadi Lancar

Udara pagi memang mengandung banyak oksigen dan belum banyak terkontaminasi oleh udara yang mengandung karbondioksida, sehingga udaranya pun masih bersih. Dengan banyaknya oksigen yang dihirup oleh tubuh kita, menjadikan aliran darah di dalam tubuh lancar.

Peredaran darah yang lancar akan membuat tubuh ato badan kita menjadi sehat. Banyak manfaat bagi tubuh jika peredaran darah lancar. Contohnya terhindar dari penyakit jantung dan stroke, paru-paru Mas Bro dan Mbak Bro menjadi lebih sehat, terbebas dari stres, dan buat wanita aliran darah yang lancar bisa bikin cantik dan awet muda.

Sumber Gambar: insto.co.id

3.Otak Bekerja Lebih Maksimal

Manfaat bangun pagi selanjutnya adalah otak akan bekerja lebih maksimal. Artinya saat kita bangun pagi fungsi otak dapat bekerja secara optimal. Hal ini karna saat bangun pagi aliran oksigen menuju otak bisa lancar. Dengan berfungsinya peran otak secara maksimal, maka kita bisa terhindar dari sifat pelupa, tekanan pikiran, stres, dll.

Sumber Gambar: releaseinsider.com

4.Bisa Menurunkan Kolesterol

Seperti sudah di jelaskan di nomor sebelumnya, bahwa salah satu manfaat bangun tidur pagi adalah memperlancar peredaran darah. Lancarnya peredaran darah bisa menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada dalam tubuh kita.

Lancarnya peredaran darah karna saat bangun pagi kita akan mendapatkan sinar matahari yang baik untuk tubuh dan udara bersih yang mengandung banyak oksigen. Jadi dengan peredaran darah yang lancar kadar kolesterol jahat dalam tubuh bisa diturunkan.

Sumber Gambar: flickr.com

5.Membuat Suasana Hati Menjadi Bagus

Mas Bro dan Mbak Bro sering mengalami suasana hati yang ga ngenakin atau bahasa gaulnya “bad mood”? Nah ada solusinya nih biar Mas Bro dan Mbak Bro ga bad mood lagi. Gimana caranya? Mudah dan simpel sebenernya, kalian cukup usahakan selalu bangun pagi secara rutin.

Kenapa bangun pagi bisa buat suasana hati kita bagus? Karna bangun pagi bermanfaat untuk membentuk hormon serotonin. Hormon serotonin inilah yang berperan menciptakan suasana hati yang baik serta menjaga keseimbangan di dalam tubuh kita. Mulai dari sekarang biar kita ga sering bad mood usahakan untuk selalu bangun pagi ya.

Sumber Gambar: huwik.com

6.Memberikan Semangat

Tanpa rasa semangat kita ga akan maksimal dalam melakukan segala hal, akibatnya bukan hanya merugikan diri kita sendiri tapi juga orang lain. Supaya Mas Bro dan Mbak Bro semangat tiap harinya, usahakanlah untuk selalu bangun pagi.

Bangun subuh atau pagi hari akan memberi energi positif pada tubuh. Secara psikologis energi positif tersebut akan membangkitkan semangat. Ciptakan semangat kalian dengan mulai bangun pagi ya Mas Bro!

Sumber Gambar: satujam.com

7.Lebih Produktif

Bangun di pagi hari terbukti memberikan kita lebih banyak semangat. Semangat membuat kita lebih produktif dalam melakukan segala aktivitas. Berbeda kalo kita bangun siang, rasanya ga ada semangat sama sekali yang ada malah rasa capek. Kekurangan semangat akan berefek pada menurunnya produktivitas kegiatan ato kerja kita.

Sumber Gambar: beritahati.com

8.Mencegah Munculnya Penyakit Kanker Kulit

Kita pasti udah pada tau kan kalo sinar matahari pagi mengandung vitamin D yang bagus untuk tulang dan kulit. Kandungan vitamin D pada sinar matahari pagi bisa menghindarkan kita dari penyakit kanker kulit. Sinar matahari yang mengandung vitamin D tersebut akan masuk ke dalam jaringan kulit dan membuat kulit menjadi sehat.

Jika Mas Bro dan Mbak Bro bangun pagi maka tubuh kalian bisa merasakan pancaran sinar matahari pagi yang mengandung vitamin D. Lain halnya kalo bangun di siang hari, bukannya akan mendapat sinar matahari yang mengandung vitamin D. Malah akan terkena sinar ultraviolet yang justru akan merusak kulit.

9.Mencegah Penyakit Rakitis

Apa itu penyakit rakitis? Rakitis adalah penyakit pertumbuhan tulang yang biasanya menyerang anak-anak. Penyakit ini disebabkan oleh kekurang vitamin D dan juga karna jarang terpapar sinar matahari pagi.

Untuk menghindari anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan sebaiknya jemur di bawah sinar matahari pagi. Seperti yang kita ketahui kalo sinar matahari pagi yang mengandung vitamin D sangat bagus untuk pertumbuhan tulang. Untuk itulah disarankan bagi anak-anak untuk bangun pagi. Sehingga bisa mendapatkan dan berjemur di bawah sinar matahari pagi.

Sumber Gambar: harnas.co

10.Mencegah Resiko Terkena Kanker Payudara

Kanker payudara adalah momok yang menakutkan bagi para perempuan. Penyembuhannya pun sangat lama dan sulit serta dengan biaya yang ga sedikit. Sekarang, selagi masih diberi kesehatan lebih baik mencegah daripada nanti mengobati. Benar ga Mbak Bro?

Gimana cara mencegah resiko kanker payudara? Salah satunya yaitu dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi. Sinar matahari pagi yang mengandung vitamin D sangat baik untuk mencegah terbentuknya sel kanker payudara. Dengan selalu bangun pagi Mbak Bro bisa mendapatkan sinar matahari yang mengandung vitamin D.

Sumber Gambar: lifepharmglobal.com

11.Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Dengan selalu rutin bangun pagi, kesempatan untuk mendapatkan sinar matahari pagi yang mengandung vitamin D semakin besar. Vitamin D mengandung kalsitriol yang bermanfaat dalam proses metabolisme tubuh. Kalsitriol berguna untuk melancarkan dan memudahkan tulang dalam menyerap kalsium. Kalsium dibutuhkan oleh tulang dan tubuh untuk membantu proses metabolisme tubuh.

Kalo proses metabolisme dalam tubuh terganggu maka akan terjadi gangguan pada organ tubuh lainnya. Untuk menghindari gangguan organ tubuh lainnya, proses metabolisme harus tetap berjalan. Salah satunya caranya yaitu dengan bangun pagi kemudian menikmati sengatan sinar matahari pagi secara langsung yang banyak mengandung vitamin D.

Sumber Gambar: seruni.id

12.Bisa Membuat Kulit Awet Muda

Mas Bro dan Mbak ga bakalan bisa membuat kulit menjadi awet muda kalo ga bangun pagi. Karna hanya dengan bangun di pagi hari lah kita bisa merasakan pancaran sinar matahari pagi. Sinar matahari pagi yang mengandung vitamin D berguna untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit. Kandungan vitamin D2 dan D3 pada sinar matahari juga bermanfaat untuk mencegah gangguan pada kulit.

13.Bisa Mencegah Tercanggitnya Penyakit Osteomalacia

Osteomalacia adalah penyakit atau kelainan pada tulang yang bisa menyebabkan tulang menjadi rapuh ato lunak. Kerapuhan pada tulang ini rentan mengakibatkan penderitanya mengalami patah tulang. Umumnya penyakit ini disebabkan oleh kurangnya vitamin D.

Penyakit ini bisa menyerang orang yang berusia mulai dari 20 tahun ke atas. Buat Mas Bro dan Mbak Bro yang usianya sudah menginjak kepala dua sebaiknya waspada akan penyakit ini. Kita bisa mencegahnya dari sekarang dengan melakukan bangun pagi. Sehingga kita bisa memulai aktivitas di pagi hari, dan akan mendapatkan asupan vitamin D yang ada dalam sinar matahari pagi, yang berguna untuk mencegah penyakit osteomalacia.

Sumber Gambar: ideaonline.co.id

14.Membuat Rileks

Saat kita bangun pagi hari, kita akan menghirup udara segar dan masih bersih. Udara pagi  akan membuat tubuh, pikiran dan hati kita menjadi lebih rileks dan tenang. Jadi, buat Mas Bro ato Mbak Bro yang sering merasa galau, cobalah untuk bangun pagi.

15.Menciptakan Suasana yang Positif

Suasana positif ga datang dengan sendirinya, tapi kita harus menciptakannya. Bangun tidur di pagi hari bisa menjadi salah satu cara untuk menciptakan suasana positif. Karna dengan bangun pagi kita akan lebih siap dan ga akan tergesa-gesa untuk memulai rutinitas harian.

Sebaliknya kalo kita bangun siang, kita pasti akan tergesa-gesa untuk menjalankan rutinitas sehari-hari kita. Kita pasti akan dilanda bad mood karna kita tidak cukup siap untuk memulai aktivitas kita, ya akibat dari bangun kesiangan tadi.

Sumber Gambar: harianaceh.co.id

16.Dapat Meningkatkan Vitalitas Tubuh

Vitalitas ato daya tahan tubuh bisa kita tingkatkan dengan bangun pagi. Tanpa vitalitas ato daya tahan tubuh yang kuat kita ga bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan maksimal. Apalagi bagi laki-laki, bangun pagi adalah wajib karna dengan bangun pagi kalian para lelaki dapat meningkatkan vitalitas.

Sumber Gambar: kabarmaya.co.id

17.Waktu yang Tepat Untuk Bakar Kalori

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk membakar kalori, karna alasan inilah sebaiknya kamu bangun pagi hari. Menurut sebuah studi di Mollen Clinic, Arizona, AS mengungkapkan bahwa 75% latihan ato olahraga di pagi hari membuat para pasien di klinik tersebut masuk ke dalam rutinitas yang baik. Artinya, olahraga di pagi hari lebih maksimal dalam mendapatkan energi, dan membakar kalori. Sehingga membuat metabolisme di dalam tubuh optimal dan siap melakukan pekerjaan dengan semangat.

Sumber Gambar: berau.prokal.co

18.Bangun Pagi, Mendatangkan Rezeki

“Jangan bangun siang, nanti rejekimu dipatok sama ayam”.

Pernah dengar ungkapan tersebut Mas Bro? Ternyata ada benarnya lho, orang yang bangun siang akan kalah cepat dari orang yang bangun pagi dalam menjemput rezeki. Orang yang bangun pagi-pagi udah dapat rezeki, sementara yang biasa bangun siang belum dapat apa-apa, masih tertidur pulas di tempat tidur. Mari kita mencari rezeki yang Tuhan berikan dengan bangun pagi.

Sumber Gambar: travelingyuk.com

19.Mendapat Udara Segar

Udara segar yang mengandung gas O2 ato oksigen sangat bagus untuk tubuh kita. Bisa meningkatkan energi, memberi semangat, membersihkan organ-organ dalam tubuh dari residu, dan lain sebagainya.

Untuk dapat menghirup udara segar kita harus bangun pagi. Karna kalo bangun siang, udara yang bersih udah tercampur dengan berbagai macam polusi dari asap kendaraan, asap pabrik, dan kotoran yang berterbangan.

20.Menambah Daya Ingat

Bangun pagi membuat kerja otak menjadi maksimal, karna oksigen bisa mengalir lancar ke otak. Dengan kinerja otak yang maksimal, maka akan membuat daya ingat menjadi bertambah ato meningkat.

Sumber Gambar: cerah.id

21.Bikin Sehat Paru-Paru

Saat kita bangun pagi, udara yang kita hirup masih bersih dan segar ato belum tercampur dengan polusi. Udara yang bersih, segar dan mengandung banyak oksigen bisa membuat organ dalam seperti paru-paru akan bersih.

Udara di pagi hari memang mempunyai kualitas yang baik daripada udara di siang hari. Udara siang sudah terkontaminasi oleh berbagai macam polusi yang mengandung kotoran. Akan sangat bahaya bagi paru-paru kita kalo udara kotor tersebut sampai terhirup. Bisa mengakibatkan penyakit seperti flek paru-paru, dsb.

Sumber Gambar: dinimon.com

22.Bikin Jantung Sehat

Jantung merupakan organ vital tubuh manusia yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh organ-organ tubuh. Oleh sebab itulah menjaga kesehatan jantung sangatlah penting bagi kita. Cara menjaga jantung agar selalu sehat adalah menjaga peredaran darah agar lancar.

Supaya peredaran darah lancar, kita harus selalu menghirup udara bersih yang mengandung oksigen. Udara bersih bisa kita dapatkan di pagi hari, untuk itulah Mas Bro dan Mbak Bro harus bangun pagi supaya bisa menghirup udara yang bersih dan segar. Kalo oksigen serta aliran darah menuju jantung lancar, maka jantung pun akan selalu sehat.

Sumber Gambar: metodesehat.com

23.Meningkatkan Imunitas ato Kekebalan Tubuh

Udara pagi sangat bagus untuk meningkatkan sistem imun ato kekebalan tubuh. Zat antibodi yang berfungsi untuk membentuk sistem kekebalan tubuh dapat terbentuk dengan menghirup udara bersih yang mengandung oksigen. Jadi, udara pagi memang bagus untuk pembentukan zat anti bodi yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun ato kekebalan tubuh.

Sumber Gambar: infodiseases.com

24.Mencegah Penyakit Kuning

Penyakit kuning biasanya sering menyerang anak-anak maupun orang dewasa yang kurang mendapat asupan vitamin D di dalam tubuhnya. Penyakit kuning adalah penyakit yang mengakibatkan kulit berubah menjadi kuning dan keriput.

Untuk mencegah dan menghindari penyakit kuning ini, sebaiknya secara berkala jemur badan di bawah terik sinar matahari pagi. Sinar matahari yang mengandung vitamin D adalah sinar matahari yang muncul pada pukul sekitar dari habis subuh sampai pukul 9. Dan hindari untuk tidak berjemur di bawah sinar matahari di atas pukul 9, yang justru malah akan merusak kulit kita.

Sumber Gambar: beritahati.com

25.Bikin Tulang Tubuh Jadi Kuat

Sinar matahari pagi banyak mengandung kalium. Kandungan kalium yang di bawa sinar matahari pagi bisa menyehatkan dan memperkuat tulang tubuh. Sehingga tulang kita bisa terhindar dari yang namanya pengeroposan tulang dan tulang rapuh. Orang yang  sering berjemur di bawah sinar matahari pagi akan terhindar dari penyakit osteoporosis.

Memiliki tulang yang sehat akan membuat kita kuat dalam menjalani aktivitas sehari-hari yang berat. Itulah mengapa bangun pagi dan berjemur di bawah sinar matahari pagi sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang kita.

Sumber Gambar: hello-pet.com

26.Meningkatkan Kecantikan di Dalam

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bangun pagi memberikan energi yang positif, suasana yang bagus,  dan semangat untuk kita. Dengan kondisi psikologis yang baik tersebut, maka kecantikan yang terdapat dalam tubuh kita akan meningkat.

Sumber Gambar: wikisehat.com

27.Melatih Kedisiplinan

Manfaat bangun pagi yang terakhir adalah melatih diri kita menjadi seorang yang disiplin. Karna pagi hari adalah waktu di mana orang-orang memulai aktivitas sehari-hari. Dengan selalu bangun pagi, seseorang lama-kelamaan akan disiplin dalam memanfaatkan waktu untuk memulai beraktivitas.

Jadi Mas Bro dan Mbak Bro, ternyata bangun pagi itu mempunyai banyak sekali manfaat yang berguna bagi kesehatan tubuh kita. Mulai sekarang biasakan diri kita untuk selalu bangun pagi.

Semoga berguna.

Senang bisa berbagi.

Kulon Progo, Yogyakarta

Pukul 11.18 WIB, Jumat 03 Februari 2017

Tulisan Temen Kita – H

Sumber Tulisan:
Chy Ana. 2015. 25 Manfaat Bangun Pagi Bagi Kesehatan Tubuh. manfaat.co.id/manfaat-bangun-pagi diakses pukul 11.42 WIB pada hari Senin, 23 Januari 2017
Kesehatan Kulit. 2016. Manfaat Bangun Pagi Untuk Kesehatan dan Kecantikan. kesehatan-kulit.info/manfaat-bangun-pagi-untuk-kesehatan-dan-kecantikan/ diakses pukul 11.42 WIB pada hari Senin, 23 Januari 2017

Sumber Gambar:

berau.prokal.co diakses pukul 23.37 WIB pada hari Selasa, 24 Januari 2017

beritahati.com diakses pukul 23.20 WIB pada hari Selasa, 24 Januari 2017

beritahati.com 23.40 WIB pada hari Selasa, 24 Januari 2017

beritahati.com 23.40 WIB pada hari Selasa, 24 Januari 2017

cerah.id diakses pukul 23.35 WIB pada hari Selasa, 24 Januari 2017

dinimon.com diakses pukul 23.37 WIB pada hari Selasa, 24 Januari 2017

flickr.com diakses pukul 23.24 WIB pada hari Selasa, 24 Januari 2017

gariscahaya.com diakses pukul 23.20 WIB pada hari Selasa, 24 Januari 2017

harapanrakyat.com diakses pukul 23.34 WIB pada hari Selasa, 24 Januari 2017

harnas.co diakses pukul 23.27 WIB pada hari Selasa, 24 Januari 2017

harianaceh.co.id diakses pukul 23.37 WIB pada hari Selasa, 24 Januari 2017

hello-pet.com diakses pukul 23.20 WIB pada hari Selasa, 24 Januari 2017

huwik.com diakses pukul 23.34 WIB pada hari Selasa, 24 Januari 2017

ideaonline.co.id diakses pukul 23.34 WIB pada hari Selasa, 24 Januari 2017

infodiseases.com diakses pukul 23.20 WIB pada hari Selasa, 24 Januari 2017

insto.co.id diakses pukul 23.34 WIB pada hari Selasa, 24 Januari 2017

kabarmaya.co.id diakses pukul 23.40 WIB pada hari Selasa, 24 Januari 2017

kudokter.blogspot.com diakses pukul 23.34 WIB pada hari Selasa, 24 Januari 2017

lifepharmglobal.com 23.40 WIB pada hari Selasa, 24 Januari 2017

metodesehat.com diakses pukul 23.20 WIB pada hari Selasa, 24 Januari 2017

releaseinsider.com diakses pukul 23.34 WIB pada hari Selasa, 24 Januari 2017

satujam.com diakses pukul 23.34 WIB pada hari Selasa, 24 Januari 2017

seruni.id diakses pukul 23.37 WIB pada hari Selasa, 24 Januari 2017

travelingyuk.com diakses pukul 23.37 WIB pada hari Selasa, 24 Januari 2017

wikisehat.com diakses pukul 23.37 WIB pada hari Selasa, 24 Januari 2017

1 tanggapan pada “Perhatian!!! 27 Manfaat Bangun Tidur Pagi Hari : #KitaSehat36”

Tinggalkan Balasan