Parah!!! 27 Efek Buruk Begadang dan Akibat Kurang Tidur : #KitaSehat37

Sumber Gambar: brilio.net

Apa Sih Akibat Begadang dan Kurang Tidur?

Salam Mas Bro dan Mbak Bro

“Begadang”, Mas Bro dan Mbak Bro pasti pernah begadang kan? Menurut Kamus Bahasa Indonesia begadang berarti berjaga ga tidur sampai larut malam. Ada banyak faktor ato alasan yang membuat orang-orang rela begadang. Mulai dari mengerjakan tugas kantor/sekolah/kuliah, menonton pertandingan sepakbola, nongkrong bareng temen, dan masih banyak lain.

Banyak orang kurang menyadari kalo ternyata begadang mempunyai efek buruk bagi tubuh manusia, khususnya bagi kesehatan. Saat kita begadang otomatis jam tidur kita juga berkurang. Lama jam tidur manusia normal antara 7-8 jam, kalo begadang dan esoknya kita harus beraktivitas, jam tidur kita mungkin kurang dari 7 ato 8 jam. Jelas itu ga baik bagi kesehatan tubuh kita.

27 Efek Buruk Begadang dan Akibat Kurang Tidur

Lebih baik kita kurangi kebiasaan begadang, apalagi kalo begadang yang ga ada gunanya. Karna banyak efek buruk akibat sering begadang. Bagi Mas Bro dan Mbak Bro yang masih sering begadang coba perhatikan 27 efek buruk begadang dan akibat kurang tidur di bawah ini.

Sumber Gambar: jambi.tribunnews.com

1.Berat Badan Bertambah

Begadang nyatanya bisa menaikkan berat badan Mas Bro dan Mbak Bro. Kok bisa? Begini, apakah Mas Bro ato Mbak Bro sering merasa lapar saat begadang? Berdasarkan pengalaman banyak orang, begadang membuat nafsu makan kita bertambah. Dan ga jarang juga pasti di antara kita pasti sering ngemil makanan saat makanan. Iya kan?

Baca Juga
1. Udah Coba? 27 Cara Sehat Agar Bisa Cepet Tidur
2. Wuhuu!!! 27 Cara Agar Cepat Tidur Mengatasi Insomnia

Ini bukan omong kosong ya Mas Bro dan Mbak Bro. Karna beberapa penelitian menyebutkan kalo 30 persen orang yang kurang tidur berat badannya mengalami kenaikan. Jadi sebaiknya jangan sering-sering begadang supaya ga berpotensi terserang obesitas ato kelebihan berat badan.

2.Insomnia

Orang yang begadang dan kurang tidur rentan terserang insomnia. Insomnia adalah keadaan di mana seseorang mengalami susah tidur. Penyebab susah tidur adalah karena jadwal tidur kita tidak teratur akibat dampak begadang. Malam hari kita begadang, siang hari kita harus beraktivitas lagi.

Sumber Gambar: diaricantikku.com

3.Sakit Kepala

Orang-orang yang begadang pasti keesokan harinya saat bangun tidur akan merasakan sakit pada bagian kepalanya. Ini wajar karena kurang tidur akan menyebabkan sakit atau pusing saat bangun. Tapi jangan anggap remeh sakit kepala ini.

Saat kita kurang tidur akibat begadang, sel-sel otak akan mengalami masalah. Masalah pada sel-sel otak inilah yang membuat kepala kita terasa sakit ketika bangun tidur akibat dampak begadang. Maka sebisa mungkin hindarilah untuk begadang kalo ga penting dan tidurlah selama 7-8 jam agar otak kita bisa beristirahat cukup.

Sumber Gambar: indianexpress.com

4.Memicu Penyakit Diabetes

Begadang dan kurang tidur juga bisa memicu penyakit diabetes lho, parah kan! Tidur larut malam menyebabkan hormon di dalam tubuh Mas Bro dan Mbak Bro menjadi ga seimbang. Terganggunya keseimbangan hormon tubuh akan memicu intoleransi pada glukosa. Oleh sebab itu, terlalu sering begadang akan memicu diabetes di kemudian hari.

Sumber Gambar: jellygamatmalang.com

5.Memicu Penyakit Jantung

Parah ga tuh! Akibat begadang saja bisa mengakibatkan ato memicu penyakit jantung. Sebaiknya sebelum terlambat, Mas Bro dan Mbak Bro jauhilah kegiatan yang namanya begadang. Begadang sah-sah aja asal jangan terlalu sering, kalo ga berguna dan ga penting lebih baik langsung tidur kan. Daripada jantung kita kenapa-kenapa, mengingat jantung mempunyai peran sangat vital buat tubuh kita.

Sumber Gambar: kepolink.com

6.Bisa Mengakibatkan Stroke

Orang begadang rentan terkena stroke. Kurang tidur yang disebabkan oleh begadang akan membuat tubuh menjadi kurang cukup waktu istirahatnya. Sehingga akan membuat tekanan pada organ jantung dan akhirnya membuat tubuh seseorang terkena stroke yang bisa berujung kematian. Hindarilah begadang kalo Mas Bro dan Mbak Bro masih sayang nyawa kalian.

Sumber Gambar: pondokibu.com

7.Menyebabkan Darah Tinggi

Salah satu efek begadang adalah waktu tidur menjadi berkurang. Malamnya begadang sampai larut, pagi-pagi sudah harus bangun untuk memulai aktivitas. Ini tidak baik untuk kondisi fisik atopun psikis tubuh kita. Kondisi pikiran dan fisik kita akan kurang mendapat waktu istirahat yang cukup.

Kurang waktu istirahat pada tubuh kita baik fisik maupun psikis akan membuat kita mengalami stres berkepanjangan. Stres berkepanjangan inilah yang bisa menyebabkan penyakit darah tinggi pada suatu saat nanti.

Sumber Gambar: boston.com

8.Sistem Kekebalan Tubuh Menurun

Sistem kekebalan atau imunitas tubuh sangatlah penting peranannya untuk melindungi tubuh kita dari berbagai macam penyakit. Lalu gimana kalo kekebalan tubuh kita lemah ato menurun? Akibatnya bisa fatal karna tubuh kita bisa mudah terserang penyakit.

Apakah Mas Bro dan Mbak Bro tahu kalo salah satu penyebab menurunnya sistem kekebalan tubuh adalah terlalu sering begadang? Ya, keseringan begadang akan merusak sel-sel otak dan juga sel darah putih. Sel darah putih berfungsi untuk memperkuat imunitas tubuh manusia. Bisa dibayangkan kalo sel darah putih rusak otomatis daya tahan tubuh juga akan mengalami penurunan.

9.Membuat Sistem Syaraf Menjadi Lemah

Siapa sangka efek begadang bisa melemahkan syaraf-syaraf pada tubuh kita. Akibat kurang tidur pusat sistem syaraf tubuh akan melemah dan tingkat refleks kita juga akan ikut menurun.

Sumber Gambar: surabayaonline.co

10.Biang Keladi Kecelakaan di Jalan

Sudah berapa banyak peristiwa kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan oleh pengemudi mengantuk? Akibat kurang tidur pengemudi berada dalam keadaan mengantuk saat mengemudi. Karena saat kita mengantuk kemampuan refleks manusia akan menurun dan begitu juga dengan tingkat konsentrasinya.

11.Meningkatkan Resiko Kematian

Penelitian menyebutkan kalo orang yang tidur di bawah rata-rata waktu normal yaitu antara 7-8 jam resiko kematiannya meningkat dua kali lipat. Karna kebanyakan orang begadang waktu tidurnya hanya sekitar 5 jam.

Sumber Gambar: deviantart.com

12.Menyebabkan Galau

Begadang juga bisa menyebabkan seseorang menjadi galau lho Mas Bro dan Mbak Bro. Begadang membuat seseorang menjadi kurang tidur. Akibat kurang tidur seseorang menjadi lebih cemas, depresi ato bahasa nge-trennya galau.

Sumber Gambar: fahbench.com

13.Menyebabkan Libido Menurun

Libido adalah dorongan ato hasrat yang berhubungan dengan aktivitas seksual. Tingkat libido seseorang bisa menurun karna disebabkan efek begadang. Begadang dan kurang tidur menyebabkan badan menjadi lelah, kurang energi, galau. Sehingga seseorang kurang bergairah dalam hal aktivitas seksual.

Efek begadang bagi pria yang satu ini memang harus perlu diperhatikan. Menurunnya libido tentu akan berdampak serius pada keharmonisan rumah tangga antara suami dan istri. Jangan korbankan keharmonisan rumah tangga kamu hanya karna kamu sering begadang.

Sumber Gambar: bacabaca.org

14.Mempengaruhi Kesuburan Pria dan Wanita

Begadang juga mempengaruhi tingkat kesuburan reproduksi pria maupun wanita. Efek begadang bagi pria yaitu akan mempengaruhi kualitas dan kuantitas sperma yang dihasilkan. Sedang efek begadang bagi wanita, akan mempengaruhi sekresi hormon dan juga kualitas sel telur.

Sumber Gambar: caratips07.blogspot.co.id

15.Menyebabkan Gangguan Kulit

Efek kurang tidur dan begadang lainnya yaitu bisa menyebabkan gangguan pada kulit. Gangguan kulit seperti kulit pucat, mata bengkak, kulit kusam, dsb. Adapun efek begadang bagi wajah misalnya muncul garis-garis halus, dan lingkaran hitam di sekitar mata.

Bagi Mas Bro dan Mbak Bro yang ga ingin kulit dan wajahnya terlihat kusam dan jelek ada baiknya kurangi begadang. Lebih baik tidur awal untuk mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Sehingga saat kita bangun, kondisi fisik terutama wajah dan pikiran kita menjadi lebih segar.

Sumber Gambar: 1health.id

16.Begadang Dapat Menyebabkan Alzheimer

Apa itu alzheimer? Bagi yang belum pernah denger pasti istilah tersebut terdengar asing. Alzheimer sebenernya adalah sejenis kelainan yang di tandai dengan penurunan kemampuan berpikir dan bicara, perubahan perilaku.

Tapi lama-kelamaan seseorang yang awalnya menderita gejala alzheimer kayak yang disebutkan di atas tadi akan mengalami gangguan dan hambatan. Yakni seperti kesulitan berbicara, sering terlihat bingung, mengalami kecemasan, perubahan perilaku ato kepribadian. Bahkan ketika sudah parah, orang yang menderita alzheimer ga mampu melakukan aktivitas, harus dibantu orang lain ketika mau bergerak, dan sering berhalusinasi.

Salah satu penyebab alzheimer adalah begadang. Karna begadang ato kurang tidur akan meningkatkan resiko plak. Ini disebabkan oleh penumpukan protein di otak yang kemudian bisa mengakibatkan kerusakan pada sel otak. Kerusakan sel otak inilah yang memicu alzheimer.

Sumber Gambar: deherba.com

17.Menyebabkan Anemia

Efek begadang lainnya yaitu anemia ato kekurangan darah. Orang yang suka begadang emang rentan terkena penyakit anemia ato kekurangan darah. Ini dikarnakan orang yang sering begadang metabolisme tubuhnya ga seimbang. Sehingga akan membuat hormon dan produksi sel darah merah menjadi terganggu.

Sumber Gambar: necturajuice.com

18.Bikin Masuk Angin

Begadang sampai larut malam sangat rentan masuk angin. Angin malam ga baik untuk kesehatan tubuh manusia. Orang yang masuk angin biasanya ditandai dengan gejala keluarnya keringat dingin dari sekujur tubuh. Dan suhu badan mulai terasa menghangat atau naik. Sebaiknya hindari begadang karena angin malam bisa saja masuk ke dalam tubuh saat kita terjaga sampai larut.

Sumber Gambar: sukalive.com

19.Menyebabkan Gangguan Jiwa dan Mental

Akibat kurang tidur karna begadang, kadar hormon melatonin seseorang bisa berkurang. Kekurangan kadar hormon melatonin dapat menyebabkan seseorang mengalami gangguan kejiwaan dan mental. Oleh sebab itu orang yang seringkali begadang mudah sekali terserang stres, gelisah, dsb.

Sumber Gambar: hipwee.com

20.Kurang Semangat Dalam Belajar Ato Bekerja

Mas Bro dan Mbak Bro pasti sudah pernah begadang iya kan? Apa yang kalian rasakan setelah bangun? Umumnya orang yang begadang sampai larut malam pada keesokan harinya akan merasa kelelahan. Kelelahan diakibatkan oleh waktu istirahat malam yang kurang.

Kelelahan akan membuat Mas Bro dan Mbak Bro kurang semangat melakukan rutinitas sehari-hari. Bagi yang masih sekolah ato kuliah kurang semangat belajarnya, sedangkan yang udah kerja semangat untuk bekerja menurun. Kurangi begadang mulai dari sekarang ya Mas Bro dan Mbak Bro daripada kerjaan jadi amburadul.

Sumber Gambar: sanggarkelapa.blogspot.com

21.Mengganggu Kehidupan Sosial

Kita hidup di dunia ini dalam suatu kelompok yang dinamakan masyarakat. Karna hidup di dalam masyarakat artinya kita harus bersosialisasi dan membaur dengan masyarakat sekitar tempat kita tinggal. Jadi sebagai manusia kita wajib untuk mampu bersosialisasi dengan baik.

Keseringan begadang ternyata juga turut berperan dalam mempengaruhi bagaimana kehidupan sosial kita. Apalagi kegiatan begadang yang mengundang orang-orang berpikiran negatif pada kita. Misalnya aja nongkrong ga jelas di pinggir jalan sampai larut malam ato bahkan ada yang sampai pagi. Tindakan semacam itu harus kita hindari karena masyarakat disekitar kita pasti akan berprasangka buruk.

Begadang akan membuat kita akan dicap negatif oleh masyarakat. Pokoknya banyak kerugian dalam kehidupan sosial yang kita dapat kalo kebanyakan begadang. Sebut aja, orang-orang akan menganggap kita akan melakukan perbuatan buruk, kita dicap negatif oleh masyarakat, dan masyarakat akan bersikap antipati terhadap diri kita.

Sumber Gambar: youthmanual.com

22.Membuat Mata Bengkak

Akibat kurang tidur karena keseringan begadang mata kita bisa jadi bengkak lho Mas Bro dan Mbak Bro. Terlalu sering begadang akan menyebabkan munculnya lingkaran hitam di sekitar bawah mata. Kenapa bisa begitu? Saat dalam kondisi kurang tidur terjadi pelebaran pembuluh darah di balik kulit mata yang tipis. Fenomena ini juga biasa dikenal sebutan “mata panda” karna disekitar mata terdapat lingkaran hitam yang mirip pada mata panda.

23.Membuat Kulit Kusut

Kurang tidur juga menyebabkan pelepasan hormon kortisol menjadi lebih banyak. Hormon kortisol ini sifatnya memecah kolagen pada kulit. Kolagen pada kulit ini fungsinya untuk menghaluskan kulit dan membuat lebih kencang.

Akibat begadang kulit akan melepaskan lebih banyak hormon kortisol dari keadaan normal. Efeknya muncul garis-garis halus penuaan di wajah serta kulit terlihat kusam dan kusut.

Sumber Gambar: tarunapsikologi.blogspot.com

24.Menyebabkan Seseorang Menjadi Pelupa

Tahukah Mas Bro dan Mbak Bro kalo tidur yang cukup itu ternyata bisa mempertajam daya ingat kita? Tidur yang cukup itu kurang lebih lama waktunya sekitar 7-8 jam. Jika tidur ato istirahat dengan waktu yang cukup bisa mempertajam daya ingat kita.

Ketika tidur otak akan mengalami proses penguatan daya ingat. Proses ini disebut dengan sharp wave ripples. Di dalam proses ini terjadi perpindahan ingatan ato memori menuju ke bagian apa yang disebut dengan neokorteks. Neokorteks ini adalah bagian dari otak yang fungsinya untuk menyimpan ingatan ato memori jangka panjang.

Sebaliknya, kurang tidur akibat begadang bisa melemahkan daya ingat kita dan lama-kelamaan menjadi pelupa. Ini disebabkan karna begadang akan mengakibatkan proses pemindahan ingatan ke otak menjadi terhambat. Sehingga lama-kelamaan seseorang yang sering begadang akan menjadi pelupa.

Sumber Gambar: indonesianreview.com

25.Kemampuan Berpikir Menurun

Kurang tidur juga ikut berpengaruh pada menurunnya kemampuan kita dalam berpikir, mengambil keputusan dan bertindak. Dan kita juga bisa kurang peka terhadap apa yang terjadi di lingkungan sekitar kita. Penurunan kemampuan berpikir ini terjadi karna pada saat kita kurang tidur, kita lupa dengan segala sesuatu yang udah kita pelajari. Dalam kata lain, proses berpikirnya agak lambat untuk berpikir dan menemukan solusi pada masalah yang sedang dihadapi.

Sumber Gambar: hai-online.com

26.Menjadi Kurang Konsentrasi

Terlalu sering begadang dan kurang tidur membuat konsentrasi kita mudah goyah. Saat kurang tidur kita mudah kehilangan konsentrasi karna kita dalam keadaan mengantuk dan kurang istirahat. Otak sejatinya perlu istirahat yang cukup supaya kita bisa berpikir jernih dan bisa berkonsentrasi pada sesuatu yang sedang kita lakukan.

Sumber Gambar: teropongsenayan.com

27.Gampang Marah

Mas Bro dan Mbak Bro pernah liat orang yang marah-marah ga jelas? Penyebab orang marah-marah ga jelas adalah kurang tidur akibat begadang. Ngeselin banget kan? Dia yang begadang, malah marah-marah ga jelas ke orang lain yang ga tau apa-apa.

Kurang tidur membuat kita mudah emosi karna kita dalam keadaan capek. Dalam kondisi capek seseorang bisa gampang tersulut emosi.

Baca Juga
1. 
Gimana Cara Sembuhin Penyakit Amandel?
2. Kalo Amandel Luka Ato Bengkak Bahaya Ato Ga?

Ternyata sangat parah efek-efek buruk yang disebabkan begadang dan kurang tidur bagi kita. Oleh sebab itu demi kebaikan diri kita sendiri dan orang lain, alangkah baiknyanya kalo kita menghindari kebiasaan buruk begadang.

Semoga berguna.

Seneng bisa berbagi.

Kulon Progo, Yogyakarta
Pukul 05:01 WIB, Selasa 10 Mei 2016
Tulisan Temen Kita – H 

Sumber Tulisan:
Alodokter. 2016. Banyak Kondisi Buruk Menanti Anda Karena Efek Begadang. alodokter.com/banyak-kondisi-buruk-menanti-anda-karena-efek-begadang diakses pukul 08.36 WIB pada hari Sabtu, 21 Januari 2017
Ana. 2015. 30 Akibat Begadang Malam Terus Menerus Bagi Kesehatan. halosehat.com/gaya-hidup/gaya-hidup-buruk/30-akibat-begadang-malam-terus-menerus-bagi-kesehatan diakses pukul 08.39 WIB pada hari Sabtu, 21 Januari 2017
Detik Sehat. 2015. Penyakit Akibat Sering Begadang. detiksehat.com/2014/08/penyakit-akibat-sering-begadang.html?m=1 diakses pukul 08.37 WIB pada hari Sabtu, 21 Januari 2017

Sumber Gambar:
1health.id diakses pukul 22.16 WIB pada hari Selasa, 24 Januari 2017
bacabaca.org diakses pukul 22.16 WIB pada hari Selasa, 24 Januari 2017
boston.com diakses pukul 21.53 WIB pada hari Selasa, 24 Januari 2017
brilio.net diakses pukul 21.53 WIB pada hari Selasa, 24 Januari 2017
caratips07.blogspot.co.id diakses pukul 22.16 WIB pada hari Selasa, 24 Januari 2017
deviantart.com diakses pukul 22.06 WIB pada hari Selasa, 24 Januari 2017
deherba.com diakses pukul 22.16 WIB pada hari Selasa, 24 Januari 2017
diaricantikku.com diakses pukul 21.55 WIB pada hari Selasa, 24 Januari 2017
fahbench.com diakses pukul 22.16 WIB pada hari Selasa, 24 Januari 2017
hai-online.com diakses pukul 21.57 WIB pada hari Selasa, 24 Januari 2017
hipwee.com diakses pukul 21.57 WIB pada hari Selasa, 24 Januari 2017
indianexpress.com diakses pukul 21.53 WIB pada hari Selasa, 24 Januari 2017
indonesianreview.com diakses pukul 21.57 WIB pada hari Selasa, 24 Januari 2017
jambi.tribunnews.com diakses pukul 21.55 WIB pada hari Selasa, 24 Januari 2017
jellygamatmalang.com diakses pukul 21.53 WIB pada hari Selasa, 24 Januari 2017
kepolink.com diakses pukul 21.53 WIB pada hari Selasa, 24 Januari 2017
necturajuice.com diakses pukul 22.16 WIB pada hari Selasa, 24 Januari 2017
pondokibu.com diakses pukul 21.57 WIB pada hari Selasa, 24 Januari 2017
sanggarkelapa.blogspot.com diakses pukul 21.57 WIB pada hari Selasa, 24 Januari 2017
sukalive.com diakses pukul 22.16 WIB pada hari Selasa, 24 Januari 2017
surabayaonline.co diakses pukul 21.53 WIB pada hari Selasa, 24 Januari 2017
youthmanual.com diakses pukul 21.57 WIB pada hari Selasa, 24 Januari 2017

2 tanggapan pada “Parah!!! 27 Efek Buruk Begadang dan Akibat Kurang Tidur : #KitaSehat37”

Tinggalkan Balasan