Gimana Sih Caranya Menjaga Password Wifi dan Mempercepat Koneksi Wifi?

Sumber Gambar googleaza.com

Gimana Sih Caranya Supaya Wifi Aku Ga Dibobol?
Gimana Sih Caranya Buat Mempercepat Koneksi WiFi?

Jalan-jalan ke tanah batak
Jangan lupa beli kacang
Si adek nangis sambil teriak
Melihat wifinya dibobol orang

Salam Mas Bro dan Mbak Bro

Pernah ngebayangin ga apa jadinya smartphone kamu tanpa internet?

Bisa-bisa stress sendiri kali ya. Ya, maklum aja, semua informasi saat ini bisa di update lewat sosial media. Jadi kalau wifi udah ga ada, hmm gagal update deh jadinya. Kudet kudet eh.

Pergi ke kafe, hotel, bahkan resto mahal sekalipun, ujung-ujungnya yang dicari adalah wifi. Sambilan lah ya, makan sambil update. Kamu yang kerjanya kaya gini mulu mungkin udah senyum-senyum sendiri baca tulisan ini.

Wifi adalah sesuatu yang teramat berharga, terutama untuk pelajar. Sangkin berharganya, ada aja orang yang berusaha untuk membobol wifi. Kamu termasuk salah satunya, ga? Mudah-mudahan sih ga ya.

Wifi dengan kecepatan super tinggi pasti butuh biaya yang mahal. Rugi ga sih kalau bayar mahal tapi kualitas bagus? Sebenarnya sih ga, tapi mumpung ada gratisan yaudah tancap gas aja. Pada setuju, ga?

Bagaimana sih cara membobol wifi?

Siapa sih yang suka membobol wifi?

Udah pasti para hacker!

Ga hanya hacker aja, ternyata orang biasa juga bisa melakukannya. Sepertinya nyolong udah menjadi sifat jelek setiap orang.

Tau ga apa dampak dari mencuri?

a. Mencuri itu tindak kriminal, kasusnya bisa dibawa ke penjara;
b. Mencuri bisa nambah dosa yang membuatmu masuk neraka;
c. Dikucilkan di lingkungan pergaulan.

Tau ga dampak dari pembobolan password wifi?

a. Kuota cepet habis;
b. Bikin dompet seret;
c. Kecepatan internet menurun, hal yang paling menyebalkan;
d. Hati-hati, data kamu ga aman.

Kalo udah tau dampaknya, pasti mikir dong cara mengatasinya.

Gimana Sih Bro Supaya Wifi Aku Ga Dibobol?

Sumber gambar tribunnews.com

1. Pake Router

Sebelum melangkah jauh, kamu harus tau dulu cara akses ke router. Sangat mudah, kamu perlu pergi ke pengaturan jaringan nirkabel. Ketikkan 192.168.1.1 ato masukkan tplinkwifi.net. Mudah, kan?

Ga cukup disitu aja, kamu juga perlu mengetikkan password. Ganti password bawaan router dengan password yang baru. Ketikkan delapan digit karakter yang sulit. Tujuannya supaya ga mudah dibobol.

Untuk password sendiri, usahakan gabungan huruf dan angka. Kalau perlu lagi, kasi huruf besar ato kecil, sama tanda baca sekalian. Alih-alih mau bobol wifi, eh malah ga jadi. Habisnya passwordnya sulit sih.

Setelah itu apalagi?

Ini dia poin-poinnya:

a. Ganti nama SSID jaringan

Kamu yang udah ga asing lagi dong dengan istilah SSID. Apalagi kalau kamu orang yang benci sama namanya nyolong. SSID adalah nama dari sebuah jaringan wireless. Disini, kamu bisa ganti tuh namanya jadi nama apa aja sesukamu.

Kalau kamu hidupin Wifi tuh, kan sering muncul banyak jaringan Wireless. Itu dia yang dinamakan SSID. Mau tau cara setting SSID? Ini dia tipsnya:

a.1. Buka menu pengaturan, pilih menu jaringan ato nirkabel

a.2. Masuk ke bagian hotspot pribadi, dan aktifkan

a.3. Pada pengaturan dasar, nanti akan muncul nama SSID. Kamu hanya perlu mengganti nama tersebut. Pakai nama apa aja sesukamu. Jangan lupa buat password yang sulit tadi. Gunanya ya apalagi kalo mau sulit dibobol.

Kasih gambar ya Mbak Bro
Setiap sub judul ada gambarnya ya Mbak Bro

b. Aktifkan Enkripsi Jaringan

Kamu perlu tau juga tentang jenis-jenis jaringan nirkabel. WPA2, WPA, dan WEP adalah tiga jenisnya. Tapi yang paling aman ya WPA2. Aktifkan jaringan tersebut, supaya wifi kamu ga gampang dibobol.

Saat ngisi WPA2, biasanya kamu disuruh untuk ngisi beberapa kolom. Diantaranya:

– Server

– Nomor port dengan kode 1812

Shared secret untuk transparansi antara komputer dengan client

Kasih gambar ya Mbak Bro
Setiap sub judul ada gambarnya ya Mbak Bro

c. Filter Alamat MAC

Hampir semua barang elektronik apalagi komputer dan handphone punya alamat MAC. Siapapun yang tidak terdaftar pada router, sudah pasti ga bisa masuk ke router. Alamat MAC ini boleh dikatakan nama sebuah hardware. Bukan hanya kamu saja loh yang punya nama.

Cara mengatur alamat MAC di laptop:

c.1. Hidupkan komputer ato laptop

c.2. Masuk pada admin modem. Cukup ketikkan 192.168.1.1 sesuai dengan kode router tadi. Bisa juga kode lain. Menyesuaikan aja sebenarnya.

c.3. Sehabis login, masukkan alamat MAC pada bagian add filter. Kalau udah ditentuin alamatnya, atur perangkat apa aja yang bisa mengaksesnya.

c.4. Jangan lupa klik save alias simpan.

Sumber gambar tribunnews.com

2. Ganti Password

Namanya juga mahasiswa, mas dan mbak bro. Kalau paket data ga ada, minta tathering tuh sama temen. Otomatis tau dong apa kata sandinya? Kalau yang tau satu ato dua orang ya gapapa. Kalo 10 orang gimana ya?

Kalo hal di atas terjadi nih, langsung ganti password deh. Kasihan paketanmu jadi cepet habis. Lumayan, hitung-hitung hemat uang bulanan. Pake password yang susahnya sama ya, mas dan mbak bro.

Sumber gambar tribunnews.com

3. Batasi Jangkauan Jaringan

Agar ga mudah terdeteksi, kamu bisa membatasi luas cakupan jaringan wireless. Setiap router memiliki batasan tertentu. Tergantung dari jenis router kamu sih.

Batas jangkauan yang biasa dipake di rumah berkisar 50 – 300 meter. Kalo di kantor ya lebih dari 300 meter. Apalagi kantor itukan tempat kerja ya. Wajar aja sih.

Sewaktu memilih router nih, jangan lupa pilih kekuatan jaringannya. Frekuensinya ada yang 2.4 G.Hz, 3.6 G.Hz, dan 5.0 G.Hz. Semakin kuat frekuensinya, semakin cepat pula aksesnya.

Sumber gambar tribunnews.com

4. Email Terkadang Berbahaya

Apa fungsi email? Kebanyakan dari kita menggunakannya untuk hal-hal penting. Misalnya keperluan kuliah, kerjaan, dan bisnis. Email ini memang sangat membantu loh.

Tapi ada kelemahannya nih. Teknologi yang serba canggih membuat semuanya bisa berjalan hanya dengan satu sentuhan. Misalnya, nama kamu. Dengan mesin pencarian Google, orang lain mudah menemukanmu.

Informasi yang didapatkan dari Google juga beragam loh. Bahkan bisa sampai ke informasi detail. Mulai dari jenjang pendidikan ato akun sosial media.

Lupa alamat email dan password menjadi mimpi buruk. Karna kamu perlu ulang ato reset dari awal lagi. Jadinya dua kali kerja deh.

Supaya aman, pasanglah gembok pada email. Jangan buka email sembarangan. Jangan juga mencentang “ingat email” dan “password”. Ini akan membahayakan identitas kamu loh! Hati-hati ya.

Sumber gambar tribunnews.com

5. Verifikasi Nomor HP

Kalo hal ini udah biasa sih. Mau buat email aja harus diverifikasi. Gimana lagi kalo buat kata sandi ya. Saat ganti password, biasanya diminta nomor hp nih. Usahakan untuk  berikan nomor hp yang valid.

Kode verifikasi nantinya dikirimkan melalui nomor hp. Masukkan kode yang tepat supaya kamu bisa login. Masukin kodenya jangan lama-lama. Soalnya ada batasan waktunya loh. Cukup mudah, kan?

Gimana Sih Caranya Untuk Mempercepat Koneksi Wifi?

Koneksi Wifimu lemot, mas dan mbak bro? Wah, benar-benar butuh cara mempercepat koneksi Wifi nih. Di bawah ini adalah tipsnya. Dibaca baik-baik ya:

Sumber gambar tribunnews.com

1. Install Wifi Switcher

Ini dia langkah pertamanya. Pastikan pengembangnya Cloudie Development ya.

2. Atur Jaringan

Setelah menginstall, biasanya ada pemberitahuan tuh. Isinya apakah aplikasi diizinkan ato ga. Sambungkan smartphone dengan koneksi Wifi yang tersedia. Kalo daftarnya ga muncul, silahkan refresh.

3. Atur Batas Kekuatan Sinyal

Bagaimana caranya? Langsung aja pilih menu titik tiga di sebelah kanan. Selanjutnya pilih settings.

Tau cara mengamankan dan cara mempercepat koneksi Wifi aja ga cukup. Penasaran cara hacker membobol Wifi kamu? Pengen tau?

Sumber gambar tribunnews.com

Cara Hacker Membobol Wifi:

Bukan hanya kartu kredit aja yang dibobol, Wifi pun jadi sasaran empuk. Demi mendapatkan internet gratis, apapun dilakukan. Sebenarnya ga maksud mencuri sih, tapi keadaan memaksa.

Cara membobol wifi yang paling banyak digunakan hacker:

Sumber gambar tribunnews.com

1. Melalui Router

Selain untuk mengamankan password wifi, router juga bisa untuk membobol. Multifungsi sekali ya. Caranya bagaimana? Cukup masukkan alamat IP 192.168.1.1, kamu bisa masuk. Percayalah, sangat mudah.

Selain IP, kamu juga perlu tau username dari router tersebut. Sekali masuk, maka kamu bisa masuk lagi berkali-kali. Tentu aja harus dengan nama router yang sama.

Sumber gambar tribunnews.com

2. Melalui CMD Command Prompt Windows

Komputer ato laptop kamu pake Windows 8 ato Windows 10? Ga masalah mau Windows apa. Karna keduanya sama-sama bisa dibobol hanya dengan perintah CMD.

Perintah CMD tersebut akan muncul ketika kamu dekat sama jaringan Wifi. Cara hacknya tentu saja menggunakan password. Tapi, para hacker ga butuh semua itu. Kalau dia sudah profesional, dia bisa masuk ke jaringan wireless tanpa password.

Waspada terhadap para hackers ya!


Sumber gambar tribunnews.com

3. Melalui WireShark

Aplikasi ini berlaku pada Windows 7, 8, dan 10. Wireshark adalah salah satu aplikasi yang lebih dikenal dengan nama Packet Sniffer. Ngeri ya Mas dan Mbak Bro namanya. Kaya mau bunuh orang aja.

Mengapa dinamakan Packet Sniffer? Selain membobol Wifi, alat ini juga bisa digunakan untuk melukai seseorang. Cocok dengan namanya “sniffer.”

Untuk menggunakannya, kamu harus download aplikasinya terlebih dahulu. Caranya adalah:

3.1. Cari pada mesin pencarian Google, ketik “WireShark”

3.2. Selesai install, jalankan aplikasinya dengan tombol CTRL + K.

3.3. Pilih menu option

3.4. Jangan lupa lakukan pengecekan pada jaringan wifi yang kamu tuju. Pastikan interfacenya adalah Ethernet Card. Masukkan password.

3.5. Udah beres semuanya? Silahkan klik menu “start.” Sekarang kamu boleh akses sepuasnya. Selamat berjelajah!

Sumber gambar tribunnews.com

4. Melalui Aircrack

Aplikasi yang satu ini hampir sama dengan WireShark. Sama semua, apa aja bedanya? Selain membobol, aplikasi ini juga digunakan untuk mendeteksi kekuatan dari sebuah password Wifi.

Saat kamu berhasil membobol wifi, kamu bakalan bisa masuk pada dua jaringan. Jaringan apa aja? Ada WPA (Wifi Protected Access) dan WEP (Wired Equivalent Privacy). Aplikasi ini bisa juga kamu gunakan untuk menganalisis jaringan di sekitarmu.

Cara membobol wifi sejauh ini sulit ato mudah?

Sumber gambar tribunnews.com

5. Melalui Android

Poin 1 sampai 4, mungkin masih asing. Tapi kalau poin 5 ini udah pasti ga ya. Tindak pembobolan Wifi juga bisa dilakukan dengan Android. Tekniknya juga ada dua, yaitu?

5.1. Cara Hack Password Tanpa Root

Langkah-langkahnya adalah:

a. Cari nama “Wifi Key Recovery” pada mesin pencarian Google

b. Install aplikasinya

c. Ikuti langkah-langkah penginstalan, dan centang syarat dan ketentuan install

d. Selesai! Kamu bisa mendapatkan password wifi yang tersembunyi ketika membuka aplikasi. Klik “grant” ketika tulisan “pop up super su” kelihatan

Karna sudah mengetahui password, kamu hanya perlu mengetik ulang password. Sangat mudah, ya? Kalau hidup seindah nyolong password mah, jadi pencuri aja kali ya.

Kalau agan dan sis pengen cara nama wireless lain, tinggal ketik aja. Ubah nama SSID nya, cari jaringan kesukaanmu. Bukan hanya bobol aja, kamu juga bisa copy kepada orang lain. Bisa berbagi istilahnya.

5.2. Cara Hack Password Dengan Root

Langkah-langkahnya adalah:

a. Masuk pada menu pengaturan, setting ROOT

b. Buka Play Store ato cari di Google aplikasi BusyBox dan Wifi Tester

c. Download kedua aplikasi tersebut

d. Selesai install, jalankan aplikasi. Klik bagian MENU dan pilih “check Wpa-cli”

e. Setelah jaringan kelihatan, langsung deh aktifkan jaringan wifi.

Sangat mudah, bukan?

Ada beberapa jaringan wireless yang sulit dibobol. Kalo gembok pada layar Android berwarna hijau, artinya bisa dibobol. Kalo warna putih, sangat disayangkan. Kamu belum beruntung.

Cermatlah ketika melihat warna gembok. Jangan sampai usahamu sia-sia Mas dan Mbak Bro.

Sumber gambar tribunnews.com

6. Membobol WIFI Speedy Indihome

Udah tau dong apa itu Speedy? Jelaslah. Alat ini tuh yang biasa digunakan di rumah atau kantor. Tujuannya sama, supaya terhubung ke internet.

Kamu yang pengen tau, ini cara membobolnya:

6.a. Pastikan kamu punya laptop atau android.

6.b. Hubungkan laptop dengan jaringan Wifi yang valid. Karna kamu ga tau passwordnya, Kamu belom bisa connect.

6.c. Buka halaman “browser”, masukkan alamat IP 192.168.1.1. Alamat ini didapat dari router.

6.d. Selanjutnya muncul kolom username dan password. Kolom ini wajib kamu isi. Isilah dengan nama “admin” pada kedua kolom tersebut, sampai kamu masuk di halaman Admin.

6.e. Diarahkan ke menu Interface Setup, pilih Wireless. Disini, kamu bisa lihat password dari jaringan wifi tersebut.

6.f. Mission accomplished! Masukkan ulang kata sandi ato password pada laptop. Nikmati indahnya internetan tanpa batas.

Sumber gambar tribunnews.com

7. WifiSlax

Udah pernah dengar namanya belum? WifiSlax adalah live CD berbasis Slackware. Gunanya untuk mengamankan jaringan nirkabel ato Wifi. WifiSlax ini bisa kamu gunakan pada Linux. Versi berapa ya kira-kira?

Linux 14.1 cocok untuk Wifislax versi 4.7. Semakin tinggi tingkatan Wifislaxnya, semakin tinggi pula Linuxnya. Jadi kamu perlu menyesuaikan disini. Ga sulit kok, tenang.

Modul XZM adalah sebuah modul yang berguna untuk memperluas fungsi dari CD. Apa aja yang bisa kamu akses dari Live CD? Tentu aja gambar, audio, lagu, video, ato perangkat multimedia lainnya.

Wifislax ini canggih loh. Mengapa? Karna kamu bisa menggunakan Wifi dengan nama router yang serupa. Padahal nama tersebut nama palsu. Teknologi memang sangat hebat.

Live CD nantinya akan merekam aktivitasmu. Sehingga kamu bisa terhubung dengan mudah.

Cara di atas lumayan sulit sih. Tapi demi wifi gratisan, ya ga salah kalo dicoba.

Kasus kejahatan tuh makin banyak. Kamu harus ekstra hati-hati. Bukan hanya tau ngelindungi diri, tapi juga  tau cara ngelindungi Wifi. Tau juga cara mempercepat koneksi Wifi. Bayangin kalo wifimu dicuri mulu, bisa rugi loh.

Bermanfaat ga sih obrolan kali ini Mas dan Mbak Bro?

Kalo iya, jangan lupa disebar dong!

Kalo ada pertanyaan nih, silahkan komen di bawah.

Semoga berguna.

Seneng bisa berbagi.

Dia kena penyakit akut
Minum obatnya jangan batal
Wifi dibobol ga perlu takut
Udah punya cara penangkal

Tembalang, Semarang
21:07 WIB, Sabtu 29 April 2017
Tulisan Temen Kita – LS

Sumber Tulisan
Azis, Lukman. 2016. Cara Mempercepat Koneksi Wifi di Android 80%. jalantikus.com/tips/cara-mempercepat-koneksi-wifi-di-android/ diakses pukul 19:30 WIB pada hari Sabtu 29 April 2017.
Haryono, Budi. 2014. Cara Memprotek Wifi Agar Tidak Digunakan Orang Lain (Security)www.carabelajarseo.org/cara-memprotek-wifi-agar-tidak-digunakan-orang-lain-security/ diakses pukul 19:53 WIB pada hari Sabtu 29 April 2017.
Kusnara, Epi. 2016. 6 Cara Membobol Password Wifi yang Banyak Digunakan Hacker. jalantikus.com/tips/cara-hacker-membobol-password-wifi/ diakses pukul 20:20 WIB pada hari Sabtu 29 April 2017.
IDBBMAndroid. 2017. Cara Bobol Password Wifi di Laptop & HP Android, 100% Berhasil!! idbbmandroid.com/cara-bobol-password-wifi/

Sumber Gambar
www.googleaza.com/ diakses pukul 20:00 WIB pada hari Sabtu 29 April 2017.
www.tribunnews.com/ diakses pukul 20:05 WIB pada hari Sabtu 29 April 2017.

Tinggalkan Balasan