Generasi Sekarang Ambil Keputusan Perubahan Jangan Nunggu Perintah Kayak Komputer : #BelajarHidup

karya baim hanif

Apa yang Harus Kita Lakuin Untuk Ubah Generasi Muda?

Salam Mas Bro dan Mbak Bro

Siapa tokoh idola mu?

Awkarin? Ade Rai? Jokowi?

Generasi y dan generasi z adalah generasi yang semakin sehat dan kuat dalam segala bidang. Generasi y dan generasi z terus berkembang mengikuti idolanya masing-masing. Idolanya dibidang kesehatan, hidupnya kita yang idolain ikutan sehat. Ade Rai misalnya Idolanya dibidang pemerintahan, karakternya ikutan kuat. Jokowi misalnya.

Digital dan internet menjadi bahan belajar dan pendidikan karakter baru untuk generasi muda sekarang. Lewat komputer kita ikuti perkembangan idola kita itu. Secara ga sadar kita berubah mengikutinya. Setiap orang ga berubah sendiri-sendiri. Tapi keluarga, komunitas, dan negara ikut berubah. Karakteristik setiap generasi pasti terpengaruh sama kejadian, budaya, pendidikan, dan komunitas yang diikuti di generasi itu. Nah, sekarang justru budaya dan karakteristik yang terpengaruh berubah.

Semangat hidup di setiap generasi pun pasti berbeda.

Siapapun yang menjadi idola Mas Bro dan Mbak Bro di generasi masing-masing. Itu bukan masalah. Dan, bukan itu juga inti obrolan kita kali ini. Nah, justru sejarah dibaliknya.

Nah, dari dulu kita banyak ngeliat ada tokoh-tokoh tertentu yang hebat di zamannya. Karna 1 orang mempengaruhi orang lain untuk ikut lakuin perubahan. Itu bisa menjadi pelajaran berharga untuk kita. Tai saat ini …

Saat ini ga zamannya lagi buat ada 1 tokoh tunggal.

Kita harus bergerak dalam sebuah generasi.

Maksudnya gimana?

Perubahan itu memang harus bisa aja dimulai dari 1 orang. Tapi selanjutnya kita harus fokus pada generasi perubahannya bukan pada 1 orangnya.

Sekarang ada gerakan revolusi mental. Nah, gimana kita bisa berubah kalo cuma 1 orang aja yang berubah orang lain harus ikutan berubah.

karya cole keister

Generasi Sekarang Ambil Keputusan Perubahan Jangan Nunggu Perintah Kayak Komputer

Kemarin kita udah bahas soal gimana cara kita berubah tergantung apa yang kita denger, omongin, dan lakuin. Setelah kita udah berubah secara pribadi dan kita bisa mempengaruhi orang disekitar kita. Lalu kita bisa berpengaruh untuk lingkungan. Selanjutnya bukan lagi zamannya one man show. Saatnya generasi yang membuat perubahan.

Sekarang zamannya millenial. Kita generasi milenial harus bisa membuat perubahan lewat dunia nyata dan dunia maya.

Perubahan harus kita mulai dari diri sendiri. Ibarat lampu, perubahan memang butuh tombol power. Butuh pemicu, tapi berita baiknya kita manusia loh bukan lampu. Jadi kita bisa ambil keputusan sendiri untuk berubah. Ada semangat yang bisa kita buat sendiri ga usah menunggu pemicu. Kita bisa kasih pemicu sendiri. Dari hati dan pikiran lalu lahir ke mulut dan tangan kaki.

Generasi sekarang ambil keputusan perubahan jangan nunggu perintah kayak komputer. Harus akui memang komputer itu memang canggih. Tapi sejak awalnya dia ga bisa nyala sendiri. Tetep butuh keputusan manusia untuk nyalainnya. Meskipun sekarang ada kecerdasan buatan yang disebut Artificial Intelligence (AI). Sistem ini tetep menunggu keputusan manusia.

Hebatnya memang komputer akan selalu sehat dan kuat. Komputer ga perlu pendidikan karakter untuk menjadi pribadi tertentu. Tapi hebatnya AI sekarang bisa belajar kebiasaan hidup kita, merekam pendidikan kita, budaya, dan sejarah manusia. Dia punya pikiran sendiri dalam sistem komputernya. Tapi kunci suksesnya untuk berjalan adalah manusia. Bahkan komputer pun ga akan pernah ada. Tanpa hati dan pikiran manusia yang terdorong untuk membuatnya.

Saat ini ditangan generasi y dan generasi z. Komputer itu bisa bekerja dalam berbagi perangkat elektronik. Komputer jadi berguna untuk semua bidang. Nah, yang paling banyak sekarang terlibat memakai komputer anak generasi muda. Nah, masa depan keluarga, komunitas, dan negara ada ditangan mereka.

Lalu gimana caranya generasi muda bisa lakuin perubahan. Supaya ga cuma 1 orang anak muda aja yang menonjol. Tapi 1 generasi.

karya nathan dumlao

Apa yang Harus Kita Lakuin Untuk Ubah Generasi Muda?

Setiap orang harus siap menerima hal baru. Apapun itu. Nah, orangtua kan suka susah tuh terima hal baru. Generasi muda ga. Jadi apapun hal baru ambil baiknya dan saring buruknya. ATM aja hal baik itu dalam kehidupan sehari-hari.

Lalu …

Perubahan itu dimulai dari mimpi.

Setiap anak muda kan punya mimpi. Ga menutup generasi y dan generasi z lainnya juga punya ya.

Setiap anak muda harus berani ngomongin mimpinya. Mimpi apa yang dipikirin. Nah soal mimpi nih. Sering kali kan memang akan diluar “kebiasaan” orang biasa.  Kalo mau dapat dukungan mulai aja kasih tau ke keluarga. Kalo pun dapat penolakan jangan jadi mundur. Itu bukan kejadian pertama kali kok. Mas Bro dan Mbak Bro ga sendiri kok. Biarin proses itu jadi pendidikan karakter buat kita. Itu kunci sukses nya.

Ga usah minder karna merasa impiannya kegedean. Justru impian yang kegedean loh yang merubah dunia sekarang.

Saat ga ada yang mau berkorban untuk semua orang. Justru ada yang rela mati. Saat ga ada yang percaya komputer bisa dibuat kecil dan murah. Justru ada yang berani membuatnya. Saat ga ada yang dipercayai sama Tuhan dengan “impian gede” itu. Siapa kita dipercayai untuk itu?

Kenapa ga orang lain?

#MulaiAjaDulu dengan bermimpi, doain, dan omongin juga lakuin apa yang kita bisa.

Selanjutnya bukan cuma semesta yang ciptain akan mendukung.

Karna bukan karna kerja keras kita bisa berhasil loh. Butuh orang lain dan Pribadi Lain. Kita harus militan untuk ide perubahan yang dipercayain sama kita. Orang lain mungkin ga memahami isi hati dan pikiran. Karna pemahaman ini membuat kita berbeda. Kita ga akan lagi lakuin kesalahan yang sama. Kita akan menghargainya.

Jangan lagi jadi pribadi yang samar-samar

Kita ga lagi malu-malu bersaksi. Berani bersaksi untuk perubahan. Kalo orang bandingin apa yang kita bilang dan masa lalu kita yang buruk. Akui aja dan lakuin hal yang berbeda. Lebih baik cedera dilapangan dari ngomong doang di bangku penonton. Kalo orang lain liat perubahannya dan orang lain liat buahnya. Nantinya akan ikutan juga untuk perubahan itu.

Nah …

Pada akhirnya kita harus bisa genapin masa depan kita. Kita harus belajar dari sejarah.

Buat perubahan.

Perubahan jadi karakteristik dan budaya kita.

Tergantung pada apa yang kita putusin. Sebaik apapun pengaruh orang lain, keluarga, lingkungan, komunitas, dan negara. Kalo kita ga memutuskan lakuin hal nyata. Maka ga akan terjadi apa-apa. Itu salah satu kunci suksesnya.

Kebaikan yang akan mengikuti kita bukan kita mengejar hal baik terjadi atas kita.

Karna kita udah ada dalam atmosfir nya. Generasi perubahan. Bukan generasi komputer.

Ayo mulai, banyak kursi kosong di masa depan belum terisi.

#

Cuma yang kuat kakinya yang akan jatuh sama kata-kata licin.

#

Semoga bermanfaat.

Seneng bisa berbagi.

Mauliate

Sumber Tulisan
Pengalaman Penulis

Sumber gambar :
unsplash.com dibuka pukul 03:15 hari Rabu 18 Juli 2018

2 tanggapan pada “Generasi Sekarang Ambil Keputusan Perubahan Jangan Nunggu Perintah Kayak Komputer : #BelajarHidup”

  1. pilihan kata yang tepat adalah ubah atau mengubah.
    Karena ‘rubah’ adalah sejenis hewan mirip serigala.. hehehe
    Salam semangat membuat perubahan positif bagi kemajuan Indonesia.

    1. Salam Mas Bro Yos Mo
      Hahahaha
      Siap2 terimakasih masukannya
      udah berapa lama jadi blogger Mas Bro?
      Mauliate
      Terimakasih

Tinggalkan Balasan