Takut Itu Penyakit : #BelajarHidup

karya ian dooley

Gimana Cara Menghilangkan Rasa Takut ?

Takut bisa berujung maut
Jangan mau terus terpaut
Seperti sedang ada kemelut
Berhenti kita mulai sebut

Salam Mas Bro dan Mbak Bro

Kau takut apa?

Kok bisa?

Semanusia-manusianya orang ga ada orang bebas dari rasa takut apapun. Sejak anak kita terdidik menjadi pribadi yang takut. Ada yang takut hantu, takut gagal, dan takut kehilangan. Ada yang takut menjadi pusat perhatian dan ga tau cara berbicara didepan umum. Ngomong-ngomong jadi takut itu wajar ga sih?

Semua orang pasti punya pertanyaan tentang ketakutan. Setiap orang pasti punya keresahan.

Kenapa kita harus punya ketakutan?

Muak ga sih sama rasa takut itu?

Gimana caranya bebas dari rasa takut ini?

Ada peluang ga?

Baca Juga : Cerita Hot – Ramalan Ga Nentuin Masa Depan Kita

karya shttefan

Takut Itu Penyakit

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pengertian sakit adalah sesuatu yang berasa ga nyaman di tubuh ato bagian tubuh kita karna menderita sesuatu.  Sedangkan pengertian penyakit adalah sesuatu yang menyebabkan terjadinya gangguan pada makhluk hidup. Defenisi penyakit juga berarti gangguan kesehatan yang disebabkan sama bakteri, virus, ato kelainan pada jaringan organ tubuh makhluk hidup. Terakhir pengertian dari penyakit adalah kebiasaan yang buruk ato sesuatu yang datangin keburukan.

Jadi dari pengertian diatas. Kita punya dasar yang kuat untuk bilang, sama seperti masalah kesehatan lainnya. Kolesterol, asam urat, jantung, dan penyakit tipes sama seperti rasa takut. Sama-sama penyakit. 

Dan sama seperti penyakit itu sendiri. Jadi takut itu juga sakit. Ga tau cara berbicara didepan umum itu sakit.

Karna jadi takut itu sakit. Jadi kita harus lepas dari ketakutan.

Trus gimana caranya?

Ada peluang ga buat ilang?

Baca Juga : Kadang Kita Lupa, Bukan. Sering Kita Lupa Bukan Karna Kuat dan Hebat Kita

karya xandtor

Gimana Cara Menghilangkan Rasa Takut ?

Cara menghilangkan rasa takut memang ga semudah berbicara. Tapi dengan mau berbicara kalo kita mau bebas dari rasa takut. Itu udah langkah yang penting.  Kalo rasa takut dipelihara jadinya trauma. Bener kata Dono kambing tuh dipelihara.

Selanjutnya apa lagi?

Gimana lagi cara menghilangkan rasa takut itu?

Ada 4 jalan sederhana.

1.Mengakui Rasa Takut

Sama seperti kolesterol, asam urat, jantung, dan penyakit tipes. Kita butuh tahu dan akui keberadaan masalah kesehatan ini. Jalan pertama kita mulai dari situ juga.

Mulai dari sini kita butuh dukungan temen ato keluarga. Ada orang ga tau cara berbicara didepan umum. Karna saking takutnya kalo menjadi pusat perhatian.

Mau bebas dari rasa takut ya jangan takut ngakuinnya sama temen ato keluarga. Jadiin rasa takut jadi sejarah dengan langkah pertama ngakuinnya dulu. Peluang kita untuk lepas dari rasa takut, dimulai dari situ.

Ibarat buku kita harus mau membuka diri dan ketakutan kita dibaca orang lain. Ga usah merasa minder buku kita dibaca. Cukuplah akrab sama ketakutan kita sama hantu, gagal, dan kehilangan dimasa lalu. Ketakutan sama manusia ga jangan terus-terusan deket-deketan lagi lah. Biarlah itu jadi isi buku lama. Kita bukan anak-anak lagi. Kita bisa ambil sikap dewasa jadiin ketakutan jadi sejarah.

Kayak alam dan cuaca. Kayak laut dan pantai. Manusia dan rasa takut itu  ditakdirin bersama.

2.Mau Ilangin Rasa Takut

Setelah akuin jalan kedua adalah mau beraksi.

Kalo udah mau ngakuin rasa takut itu. Mulailah mau ubah sikap hati, pola pikir, omongan, dan perilaku untuk ilangin. Ini ga bisa sendirian. Pas masa ini kita butuh banget dukungan temen ato keluarga. Bantuan mereka akan buat kita lepas dari warisan orangtua untuk anaknya ini.

Buat yang udah terlanjur takut berlebih, cemas, dan trauma. Cara menghilangkan trauma dimulai dari langkah pertama tadi.

Tenang, lepas dari cemas dan trauma ketakutan bukan mimpi kok. Ada cara menghilangkan trauma dan kawan-kawannya itu.

3.Berjuang Meski Jatuh Bangun

Ga bisa seratus persen langsung berubah. Jadi ga dipungkiri ada masa jatuh dan bangun. Karna lepas dari rasa takut juga butuh latian. Rasa cemas dan trauma kan udah sempet akrab tuh. Jadi putusnya memang bisa dadakan sama hantu, gagal, dan kehilangan. Tapi ingatannya akan selalu ada. Tinggal gimana kita kuat saat hadapi aja saat ingatan itu tiba-tiba muncul.

Itu kenapa perlu latian dan dampingan.

4.Butuh Cinta Lepas Dari Rasa Takut 

Seperti kita singgung sejak awal. Untuk lepas dari penyakit takut. Kita butuh bantuan dari temen ato keluarga. Nah dari temen ato keluarga kita butuh cinta. Rasa cinta yang dari mereka yang akan nguatin kita. Karna itu pastiin sejak awal kalo orang yang mau dampingin kita bener-bener cinta. Mereka mau berkorban demi cinta untuk kita.

Cinta disini ga sempit sebatas sama lawan jenis ya.

Nah itu dia, …

Lebih rincinya kita bahas dilain waktu ya.

Tuhan ga ciptain kita lahir dengan masalah kesehatan seperti kolesterol, asam urat, jantung, dan penyakit tipes. Tuhan juga ciptain kita sesama manusia untuk saling mencintai. Kita hanya perlu mencari orang yang lebih cinta sama kita daripada hal dan orang lain. Itu kenapa cinta perlu diuji. Kita perlu uji siapa orang yang bisa dampingi kita untuk lepas dari rasa takut.

Kita bisa pasang cinta kita sama harta, hobi, pasangan. Tapi jangan cinta sama rasa takut. Seperti Tuhan yang cinta banget sama manusia. Kita harus bisa pasang cintanya pada hal yang berharga. Bukan sama ketakutan.

Seperti kata orang jawa, tresno jalaran soko kulino. Cinta karna terbiasa. Ga kita sadari karna terbiasa sama rasa takut. Kita mencintainya diam-diam. Dan, ini kisah nyata bukan mimpi.

#

Tuhan itu maha segalanya.
Tapi bukan maha takut.
Jadi hati yang melekat sama Tuhan akan luput dan selamat.

#

Seneng bisa berbagi.

Semoga bermanfaat.

Mauliate.

Lagi senang nyanyi tralala
Senandung sekuat tenaga
Cinta bisa kalahin segala

Termasuk rasa takut juga

Rumah Syahdan, Kemanggisan
20180812 0222WIB Sabtu

Sumber Tulisan
Pengalaman Penulis

Sumber Gambar
unsplash.com dibuka pukul 02:32 WIB pada Hari Minggu tanggal 12 Agustus 2018

Trackbacks & Pings

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *