SEO Untuk Pemula: Panduan Terlengkap (1)

Salam #MasBro #MbakBro

Apakah kalian termasuk seorang praktisi SEO pemula? Sadar kalo SEO adalah Sesuatu yang Penting? Kalo ia, yuk cari tahu lebih detail tentang panduan terlengkap untuk pemula buat mahamin dan nerapin SEO yang baik dan benar.

Kalo pengen website-mu punya banyak pengunjung dalam jangka panjang, maka wajib tau tentang dasar-dasar SEO.

Apa itu SEO?

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Merupakan teknik menulis yang perlu dikuasai dan diaplikasikan ke dalam web untuk dapetin peringkat yang baik di mesin penelusuran (search engine), seperti Google. Tapi ga jarang bagi mereka, para pemula dalam dunia website yang mau belajar jadi takut duluan dengan SEO ini.

Kenapa pemula cenderung takut sama SEO?

Hal ini karena banyak pemula menemukan istilah-istilah baru yang terdengar asing. Selain itu ada teknik-teknik menulis yang ga pernah diajarkan sebelumnya. Itulah kenapa para pemula nganggep SEO adalah sesuatu yang aneh.

Tapi tenang aja #MasBro & #MbakBro

Disini kami akan bantu kalian dengan ngasi panduan terlengkap soal SEO untuk pemula. Dan ga perlu takut, yang namanya belajar kan pasti perlu dari awal, baru bisa jadi jago. begitu pula halnya dengan panduan belajar SEO yang satu ini.

Belajar SEO untuk Pemula Panduan Terlengkap Website Pengunjung Search Engine Mesin Pencari Software Konten Marketing Link

Apa aja sih yang perlu diketahui?

Pertama, gimana cara aplikasi SEO buat web kalian yang sekarang ini sama sekali belom paham sedikit pun. Kedua, kalian bakalan dapat pengetahuan yang dalam terkait SEO tersebut. Jangan khawatir, #MasBro & #MbakBro. Ga perlu waktu yang lama kok buat memahami SEO ini. Cukup dalam hitungan jam aja, mari kita mulai!

Mengetahui Informasi Umum tentang SEO

Ada banyak sekali informasi umum tentang SEO yang harus diketahui, seperti konsep dasar tentang SEO, on page SEO, riset kata kunci, content marketing, off page SEO, link building, dan bagaimana caranya menilai kinerja SEO.

SEO dan Mesin Pencari itu bersahabat erat

Seberapa pentingnya SEO ini? Begini, saat membutuhkan informasi dari internet, apa yang bakal kalian lakuin buat nyari info tersebut? Pasti yang pertama kali terlintas dipikiran adalah Google. Kalau Google belum berhasil ngejawab pertanyaan, biasanya orang-orang pake Bing.

Tapi, lain halnya kalo udah akrab banget sama dunia digital, pasti kamu akan asing dengan kedua situs tersebut.

Jadi, udah paham kan? Ga cuma kalian aja yang pake kedua web ini, tapi ratusan hingga jutaan orang. Bahkan, milyaran warganet dari berbagai penjuru dunia pun turut nyari informasi pake mesin pencarian. Itulah yang membuat mesin pencari bisa datengin banyak orang ke website-mu.

Makin dicari, Makin banyak rate pengunjung web

Bener banget! Kalo web semakin sering dicari di mesin pencaharian maka dampaknya ada pada meningkatnya jumlah pengunjung. Hal ini tentunya harus diimbangi dengan kualitas web yang bagus. Nah hal ini sangat bermanfaat buat para pemilik web yang ngejual brand/ produk/ jasa/ barang yang di web-nya. Baik dengan cara soft selling maupun hard selling.

Kalo pengunjung meningkat, maka ada kemungkinan pembeli/ konsumennya akan semakin banyak. Keuntungan yang didapat juga akan meningkat karena produk #Masbro & #Mbakbro semakin banyak peminat dan pembelinya. Gak heran kalo web-web tersebar punya kualitas traffic yang mengungguli e-mail.

Jadi, teknik SEO sangat berfungsi di bidang digital marketing, yakni sebagai strategi pemasaran suatu produk yang diperdagangkan.

Pentingnya Belajar SEO

Dari penjelasan diatas kita jadi bisa tau peranan penting SEO, yaitu:

  • Memperbanyak volume pengunjung dari search engine.
  • Menjadikan web berkualitas dan kesempatan muncul dihalaman teratas pada hasil mesin pencaharian.
  • Meningkatkan kemungkinan terjadinya bisnis yang nyata

Tapi, apakah SEO benar-benar harus dipahami oleh semua pemula? Jawabannya: ga harus! Nah lhooooh… Kok gitu?

Pertanyaan tadi kayaknya selalu menghantui para pemilik web, yang merasa kalo mereka wajib ngaplikasiin SEO di artikelnya. Padahal itu tergantung pada kebutuhan web, yang mana ga semua web butuhin SEO didalamnya.

Setiap web pasti butuh pengunjung dari mesin pencari. Tapi pada kenyataannya ada beberapa jenis web yang malahan jadi ga efektif kalo ada SEO sebagai salah satu kunci dalam strategi utama ngebangun website.

Beberapa Jenis Web yang ga Butuhin SEO

Ya benar, ada beberapa web yang justru ga perlu menggunakan SEO di dalamnya. Beberapa diantaranya adalah web dengan konten humor, hiburan, blog pribadi, cerita fiksi. Web tersebut lebih optimal kalo menerapkan strategi lewat social media marketing, melalui iklan berbayar, pop up, atau pop under, dan lain sebaginya.

Hal ini karena, mesin pencaharian, contohnya Google hanya akan menampilkan daftar website sesuai kata kunci yang dicari oleh pengguna. Artinya, website bakal dapetin pengunjung kalo kata kunci yang kita rancang sering mereka ketik di dalam kotak search engine. Itulah kata kunci yang sebenarnya mereka butuhin.

Tapi perlu diinget, meskipun kata kunci sering dicari oleh pengunjung, web ga akan berada pada peringkat teratas karena dikalahkan oleh web-web ternama. Untuk itu, #Masbro dan MBakbro harus selalu mengembangkan kualitas web agar lebih sering dilirik oleh para pengunjung. Dari situ,sistem algoritma Google pun akan mengarahkan pengguna kepada website-mu.

Beberapa Jenis Web yang Butuhin SEO

Nah… ini saatnya belajar SEO dan cara mengaplikasikannya ke web. Berlaku bagi kalian yang adalah; seorang blogger profesional yang ingin membangun reputasi, pemilik website bisnis, affiliate & CPA marketer, pemilik toko online, pengembang software berbasis web, atau penjual produk lewat internet.

Dari beberapa posisi yang telah disebutkan diatas, kalian termasuk kategori yang harus tau betul tentang SEO. Tentunya karir dibidang SEO tersebut harus didukung oleh portofolio online.

Pemula ataupun bukan, SEO wajib diterapkan didalam website. Minimal dasar-dasarnya aja supaya web-mu mengalami kenaikan dalam segi kualitasnya. Meskipun butuh waktu yang cukup lama.

Strategi pemasaran dengan menggunakan SEO harus diterapkan karena para calon pelanggan dan pengguna pasti akan mengakses mesin pencarian. Dan teknik SEO tersebut bisa banget jadi faktor utama yang mendukung kesuksesan para pebisnis online. Makin banyak klik, makin besar peluang untuk berbisnis dengan mereka.

Nah itu tadi panduan tentang penulisan artikel bagi pemula atau SEO, yang perlu dipahami dan diterapkan dengan baik. Dibuat khusus untuk #Masbro atau #Mbakbro pemula.

#MasBro #MbakBro sekarang ga perlu takut lagi sama SEO, cukup pelajari panduannya aja
SEO bisa bikin kita unggul dalam persaingan, asal tau cara mengaplikasikannya
Dan perlu diingat kalo SEO itu bukan segalanya untuk membangun website dengan tepat guna.

Nah …
Selanjutnya, kita akan bahas BAB 2 tentang Belajar SEO untuk Pemula.

Seneng bisa berbagi.

Pasti bermanfaat.

Sumber Tulisan
Pengalaman Penulis
panduanim.com/seo/ dibuka pukul 07:00 WIB pada hari Jumat tanggal 08 Maret 2019

Kata kunci lain yang sering dicari …
panduan SEO, panduan SEO lengkap, panduan SEO terlengkap, cara membuat SEO, cara menggunakan SEO, cara menulis artikel SEO, cara SEO blog, cara belajar SEO, cara meningkatkan SEO, cara menjadi SEO, cara SEO wordpress, cara membuat SEO di website, cara membuat SEO website, cara SEO 2019, cara SEO blogspot, cara buat SEO, cara mengaktifkan SEO di blog, panduan menulis SEO friendly, cara membuat SEO blog, cara belajar SEO untuk pemula, cara memasang SEO di wordpress, cara SEO On Page, cara melakukan SEO, cara bikin SEO, cara membuat blog SEO, cara belajar SEO blogger, panduan SEO google, cara menggunakan SEO di wordpress, cara mempelajari SEO, cara menulis SEO,

5 tanggapan pada “SEO Untuk Pemula: Panduan Terlengkap (1)”

  1. Pingback: Belajar SEO Untuk Pemula : Gimana Sih Cara Kerja dan Konsep Dasar SEO Agar Menjadi Ahli SEO (2) - kekitaan

  2. Pingback: Mau Website tampil di halaman 1 Google? Pake Jasa SEO Jakarta Aja - kekitaan

  3. Pingback: 27++ Pertanyaan Klien Sebelum Pake Jasa SEO Indonesia, Nomor 13 Lucu - kekitaan

  4. Pingback: Belajar SEO untuk Pemula : 127++ Pertanyaan tentang Apa Itu SEO dan Jawabannya (10) - kekitaan

  5. Pingback: Belajar SEO untuk Pemula : 16 Cara Bangun Backlink Berkualitas Buat Naikin Ranking dan Trafik (11) - Jasa SEO Jakarta Indonesia

Tinggalkan Balasan