Belajar SEO Pemula: Begini Cara Analisa buat Maksimalin Kinerja SEO (7)

Hal-hal (Analisa) yang Perlu Kamu Lakuin buat Maksimalin Kinerja SEO

Integrasiin Search Console dan Google Analytics

Pergi ke Sulawesi makan brenebon

Dimana lagi kalo bukan di Manado

Ini dia cara nganalisa konten

Buat maksimalin kinerja SEO

Salam #MasBro & #MbakBro

SEO lagi…. SEO lagi….

Sabar ya Bro… kalo kamu mau jadi blogger yang profesional, maka kamu harus mengetahui SEO dengan baik dan benar.

Salah satunya adalah gimana cara nglakuin analisa buat maksimalin kinerja SEO.

Begini Bro… banyak orang yang nganggep SEO hanya sebagai pekerjaan yang dilakuin 1 kali selama seumur hidup.

Namun, pada kenyataannya tidaklah demikian.

Belajar SEO Pemula: Begini Cara Analisa buat Maksimalin Kinerja SEO (7)
karya unsplash

SEO itu adalah proses yang berkelanjutan, di mana blogger harus selalu (terus) ngamatin kinerja dari website-nya sambil nglakuin usaha-usaha untuk maksimalin SEO.

Bisa dibilang, sebagai blogger pemula terkadang harus disembuhkan dari kondisi butanya terhadap proses SEO.

Why?

Karena, buat nglakuin optimasi, yang harus kamu lakuin adalah mengetahui apapun yang terjadi di web kamu. Mulai dari kenaikan dan penurunan performa dari website yang berhubungan dengan angka tentunya.

Nah… hal demikian ini yang sering disepelekan oleh pengguna website.

Tanpa tau angka-angka yang relevan, kita sama sekali ga tau apa yang perlu dibenahi dan apa yang memang sudah baik bagi web kita.

Maka dari itu, panduan terkait analisa ini diharapin bisa selalu dapetin kinerja SEO yang maksimal.

Hal-hal (Analisa) yang Perlu Kamu Lakuin buat Maksimalin Kinerja SEO

Dalam praktik SEO, penilaian adalah proses terakhir.

Sebelum penilaian dilakuin oleh Google, kamu harus lakuin hal-hal berikut terlebih dahulu biar kinerja SEO di web-mu maksimal.

  • On-page SEO

Merupakan langkah yang dilakuin untuk nge-optimasi halaman website.

  • Off-page SEO

Adalah langkah buat ngebangun link, reputasi, dan popularitas.

  • Prinsip content marketing

Prinsip pemasaran konten ini sangat penting dalam SEO.

Pasalnya akan ngebuat halaman webmu makin berkualitas sehingga diminati oleh para pengunjung.

Belajar SEO Pemula: Begini Cara Analisa buat Maksimalin Kinerja SEO (7)
karya unsplash

Kalau kamu udah mateng sama semua pengetahuan terkait ketiga hal tersebut, barulah kamu siap nglakuin langkah-langkah berikut ini:

1. Integrasiin Search Console dan Google Analytics

Apa itu Search Console dan Google Analytics?

Search console adalah sebuah layanan yang disediain secara gratis oleh Google buat para web master.

Nah… kalo kamu mau tau, salah satu fungsi utama dari search console ini buat ngoptimasiin SEO.

Sementara itu, Google Analytics adalah layanan yang disediain secara gratis dari Google kepada para blogger buat nampilin statistik pengunjung (traffic) sebuah situs website / blog.

Sekarang udah jelas kan mengenai kedua hal ini?

Meski banyak banget orang yang nganggep kedua tools ini ga wajib, akan tetapi bagi para praktisi SEO yang serius jalanin prosedur teknik SEO selalu nganggep keduanya harus mereka gunain.

Gimana caranya gunain kedua tools itu?

Kamu bisa langsung install Google Analytics di link:

https://support.google.com/analytics/answer/1008080

Kalo udah terinstall, kamu bisa langsung masuk ke Search Console.

Trus tambahin deh di situ web kamu apaan.

Dalam waktu singkat, mungkin ga akan terjadi apa-apa dengan webmu.

Karna kedua tools tersebut butuhin waktu beberapa hari usai dipasang, sambil nunggu terkumpulnya data-data terlebih dahulu.

Data-data itu yang ke depannya bakalan kamu gunain buat ngoptimasi SEO lebih lanjut.

Trus kalo misalkan kamu punya sitemap dalam fomat .xml, kamu pun bisa dengan mudah nglakuin submit ke Search Console. Gunanya buat mudahin Google ngebaca situsmu.

Belajar SEO Pemula: Begini Cara Analisa buat Maksimalin Kinerja SEO (7)
images.unsplash.com

2. Lakuin crawling pake alat bantu

Apa itu crawling?

Crawling disebut sebagai sebuah proses yang dilakuin oleh search engine buat jelajahin halaman-halaman website sambil ngumpulin informasi.

Tujuannya buat tahu gambaran besar dari web kamu, apakah ada error di konten, duplikat internal, broken link, maupun meta tag yang masih kosong.

Caranya, kamu bisa gunain salah satu dari 3 tool ini: WildShark SEO Spider, ScreamingFrog SEO Spider, dan BeamUsUp SEO Crawling Software.

Dari ketiga fitur tersebut, yang paling lengkap adalah ScreamingFrog.

Adapun versi gratisnya hanya bisa digunain buat scan 500 halaman untuk sekali jalan.

Sementara versi premiumnya dapat kamu miliki dengan membayar harga $99 per tahun.

Dua fitur yang lainnya fungsinya hampir sama meski tak selengkap ScreamingFrog, namun bisa kamu dapetin secara 100% gratis.

Kamu bisa masuk ke salah satu link tersebut, trus download software-nya, trus lakuin scan.

Segera perbaikin apa aja yang masih salah.

3. Riset keyword lanjutan

Sebenernya, riset keyword ini udah kami bahas pada halaman yang lain.

Pentingnya penggunaan kata kunci ini tak lain adalah untuk diselipkan ke dalam judul, heading, konten, dan meta deskripsi.

Tapi kalo kamu pengen banget jadiin search engine sebagai sumber traffic utama, riset kata kunci adalah cara terbaik yang harus kamu lakuin.

4. Analisa performa konten yang dimuat

Perlu kamu ketahui, sebanyak 80% (atau lebih) dari sebuah halaman yang ada di dalam web itu adalah konten.

Gede banget yaaa?

Hal ini membuat konten berpengaruh besar terhadap optimasi SEO, yang setidaknya juga bernilai sama sekitar 80% dari keseluruhan hal yang kamu lakuin.

Manusia / orang / pengguna suka banget dengan konten yang membuat dirinya itu puas. Dengan begitu, mesin pencari pun bakalan ngasih peringkat yang bagus.

Dengan begitu, mesin pencari pun bakalan ngasih peringkat yang bagus kepada konten yang memuaskan tersebut.

Jadi, usaha itu akan sebanding dengan hasil yang nantinya bakalan kamu dapetin.

images.unsplash.com

So, don’t worry, Bro.

Lakuin usahamu sebaik-baiknya, dan aplikasiin semua ilmu yang udah kamu pelajari sebelumnya terkait teknik SEO, termasuk analisa performa buat ngoptimasiin SEO di web kamu.

#

Lakuin usaha dengan sebaik-baiknya,

Maka kamu akan dapetin hasil yang sebaik-baiknya.

#

Perlu Ketekunan Ekstra Untuk Meningkatkan Rating SEO Website, Hindari Kesalahan Menerapkan SEO Berikut!

Ngomongin SEO memang tidak ada habisnya, terutama bagi kita yang masih pemula di dunia SEO ini. Banyak di antara kita yang ngeluh memahami SEO ini sama susahnya kaya paham hati mantan yang tiba-tiba mutusin atau gebetan yang malah suka sama orang laih #eh. Memang kita perlu banyak meluangkan waktu, bahkan rela mengorbankan waktu sama gebetan biar bisa bener-bener paham apa yang sebenernya SEO mau.

#MasBro dan #MbakBro… Percayalah semua kerja keras yang kita lakukan ini lama-lama berbuah manis. Kartini saja udah tahu dari jamannya kalau habis gelap terbitlah terang. Jam begadang kita ataupun biaya yang dihabiskan untuk belajar tentang seluk beluk SEO ini bakal terbayar saat kita banyak dapat pemasukan tambahan dari website kita yang ramai pengunjung tiap harinya.

Kalau memang kita kurang sabar tentang memahami apa itu SEO, maka ga ada salahnya buat pakai jasa SEO untuk sementara. Perlu kita ingat jika jasa SEO sama aja butuh biaya tambahan yang bahkan biayanya lebih banyak daripada pemasukan. Tapi kalau kita benar-benar mengandalkan ilmu sendiri kadang memahami SEO ini ga ada ujungnya, selalu ada kesalahan yang justru buat SEO website ga bisa maksimal. Dilema yang memusingkan kan?

Tenang saja #MasBro dan #MbakBro karena sekarang banyak eBook tentang SEO yang bisa kita dapat dengan Cuma-Cuma. Bisa juga kita ikut kursus online SEO gratis dan kita sendiri yang ngatur jadwalnya. Bersyukurlah pada teknologi yang memang memudahkan kita melakukan banyak hal termasuk memahami SEO ini. Kita juga bisa tahu tips dan trik meningkatkan SEO dari website terpercaya baik skala nasional ataupun internasional. Ga ada salahnya dong baca website internasional sekalian mengasah kemampuan Bahasa Inggris kita?

Dari website atau eBook itu pastinya kita ga Cuma belajar tentang tips meningkatkan SEO tapi juga tahu tentang kesalahan apa saja yang biasa dilakuin sama pemilik website lain. Kesalahan dari orang lain itu lah yang bisa kita jadikan pelajaran… Belajar hal baru bisa dari mana saja kan? Memang apa saja sih sebenarnya kesalahan dalam penerapan SEO?

Malas Melakukan Riset Keywords

Keywords adalah salah satu kunci kesuksesan kita untuk bisa meningkatkan rating SEO. Semakin umum keywords yang kita pakai di konten website berarti semakin sering muncul juga website kita di Search Engine. Intensitas inilah yang otomatis rating SEO website kita jadi positif alias mengalami peningkatan dan semakin banyak pengunjung.

Sayangnya, masih banyak pemilik website yang ogah-ogahan buat ambil riset lebih dulu, tentang keywords yang memang sekiranya diminati pasar. Ngaku deh pastinya juga masih banyak kan di antara kita yang masih sering ngelakuin hal satu ini? Padahal buat riset keywords ini ga terlalu makan banyak waktu bahkan kita bisa pakai berbagai SEO tools yang hasilnya akurat. Nah gimana #MasBro dnan #MbakBro, yakin masih mau making excuses lagi buat lakuin riset keywords?

Tidak Memperhatikan Kualitas Konten

Nah kesalahan satu ini hampir dilakukan semua pemilik website karena mereka mengejar “target” bukan “kualitas”. Tahukah #MasBro dan #MbakBro di sini kalau kejar kuantitas konten ini jutru merugikan diri kita sendiri? Ga perhatiin tentang kualitas konten atau bisa jadi memaksakan banyaknya keywords di konten justru bakal dinilai buruk dari Pak Guru Google. Bukan itu saja, pembaca juga kecewa dengan kualitas konten bahkan bisa jadi mereka ga selesai baca konten yang kita buat. Konten kita pun ga dibagikan ke orang atau sosmed lainnya karena penurunan kualitas.

Parahnya lagi kalau kita juga ngelakuin plagiarism konten, walaupun Cuma satu baris saja. Bisa-bisa kita dituntut karena masalah plagiarism dan harus mendekam selama beberapa bulan di bui. Bukan hanya kehilangan uang, tapi juga kehilangan waktu sama keluarga, teman, atau bahkan gebetan Cuma gara-gara kesalahan sepele. Pastinya ga ada yang mau mendekam di bui hanya karena website pribadi kan?

Melupakan Pentingnya Fitur Judul dan Meta Tag Deskrispsi

Siapa nih di antara kita yang selalu ngecek konten berkali-kali sebelum akhirnya pencet tombol publish? Atau justru banyak di antara kita yang langsung pencet tombol publish kalau konten sudah selesai dibuat? Ga ada salahnya memang langsung publish konten kita tanpa dicek berkali-kali karena berarti kita pede kalau konten kita bakal disukai para followers setia. Tapi tergesa-gesa publish konten juga bisa berdampak pada kualitas website kita lho! Kok bisa? Kita yang terburu-buru sering kali lupa tentang adanya banyak fitur website yang bisa kita pakai untuk meningkatkan rating SEO.

Judul ataupun meta tag deskripsi sering banget dilupain sama content creator karena mereka sudah mantap dengan isi konten. Justru kelupaan mengisi fitur ini bisa memengaruhi kualitas website dan lama kelamaan bisa mendapat penilaian buruk dari Google. Nah untuk menghindari hal ini terjadi, ga ada salahnya untuk cek konten 2 sampai 3 kali sebelum kita benar-benar publish konten itu.

Konten yang Tidak Natural

Banyak pastinya di antara para pemilik website yang tidak benar-benar memperhatikan kualitas kontennya. Banyak kata yang diulang-ulang sepanjang konten atau tiap paragraf, banyak typo, atau konten yang terlalu berputar-putar itu tidak lagi asing di telinga para content creator. Banyak penulis yang memaksakan kontennya bisa memenuhi standar SEO alias SEO-friendly dan justru membuat pembaca ga betah baca tulisan kita.

kesalahan lainnya yang sering ditemui dalam penulisan konten adalah banyaknya tulisan yang dibold, dicetak miring padahal sebenarnya ga dibuthin. Konten yang seperti inilah yang membuat banyak pembaca mempertanyakan kreditibilitas kita sebagai pemilik website. Pastinya ga ada yang mau dong punya bad impression yang buruk untuk pembacanya?

Lupa Akan Kehadiran Google Webmaster Tools

Salah satu alasan para pemilik website ga pakai fitur Google ini karena sulit dipahami dan bisa dibilang sama sulitnya paham tentang SEO. #MasBro dan #MbakBro… justru fitur Google inilah yang bakal membantu kita untuk paham betul tentang apa SEO, terutama gimana caranya pilih keywords yang tepat.

Layaknya SEO, kita juga ga boleh main-main dalam penentuan keywords yang bakal dipakai di suatu konten. Jangan sampai kita menggunakan bad keywords karena SEO website bisa jadi anjlok karenanya dan dengan kata lain kita merugi. Nah jangan khawatir karena kehidarian Google Webmaster Tools ini bisa bantu kita untuk meningkatkan SEO, bahkan bisa mengalami peningkatan hanya dalam hitungan hari.

Wah yang benar nih? Apakah memang Google Webmaster Tools ini sakti kayak Werkudara? Nah kalau #MasBro dan #MbakBro belajar betul gimana caranya pakai fitur Googl satu ini, kita bakal tau backlink apa saja yang memang berkualitas dan sudah broken. Bukan Cuma itu saja, kita bisa tahu tentang masalah atau eror apa saja yang ada di website kita dan bisa diperbaiki kemudian.

Tidak Mempelajari Tentang Basic SEO

Nah satu lagi kesalahan yang paling sering dilakukan pemula SEO kayak #MasBro dan #MbakBro ini adalah tidak belajar SEO dari basic. Justru untuk bisa sukses di SEO kita harus mempelajarinya benar-benar dari dasar supaya meningkatkan kualitas SEO pun tidak terasa berat. Banyak membaca buku atau bisa juga belajar dari YouTube adalah kunci kita untuk bisa paham tentang SEO dengan lebih baik lagi.

Gimana? Pastinya #MasBro dan #MbakBro udah ga bingung lagi kan kesalahan apa yang harus dihindari pas nerapin SEO supaya rating SEO bisa terus meningkat? Jangan lupa untuk terus belajar tentang SEO ya!

 

Semoga bermanfaat.

Seneng bisa berbagi.

Mangga madu rasanya manis

Dimakan bersama dengan buah sawo

Prakstisi SEO yang serius

Adalah yang maksimalin kinerja SEO

Sumber Tulisan

Pengalaman Penulis

panduanim.com/seo/ dibuka pukul 21.00 pada hari Jumat tanggal 15 Maret 2019

panduanim.com/mengukur-kinerja-seo/ dibuka pukul 22.49 pada hari Jumat tanggal 15 Maret 2019

3 tanggapan pada “Belajar SEO Pemula: Begini Cara Analisa buat Maksimalin Kinerja SEO (7)”

  1. Pingback: Mau Website tampil di halaman 1 Google? Pake Jasa SEO Jakarta Aja - kekitaan

  2. Pingback: Pake Jasa SEO Bisa Gagal Kalo Ga Bener Lakuin Cara Ini - kekitaan

  3. Pingback: Apa itu SEO?? 127++ Pertanyaan SEO dan Jawabannya (10) - kekitaan

Tinggalkan Balasan