Belajar SEO untuk Pemula : Belajar Menulis Artikel SEO yang Bisa Menjual Barang dan Jasa Apapun (9)

Belajar SEO Pemula: Begini Cara Analisa buat Maksimalin Kinerja SEO (7)

Tiga Istilah Penting dan Panduan Teknik Copywriting

Langkah yang Bisa Kamu Lakuin Usai Ngikutin Panduan Copywriting

 

Malam Minggu liat biduan

 

Biduan berjoget sambil menyanyi

 

Kalo belajar ikutin panduan

 

Biar ga tersesat di kemudian hari

 

Salam #MasBro & #MbakBro

 

Apa itu copywriting?

 

Yang jelas bukan termasuk teknik menulis dengan cara meng-copy ya…

 

Jadi, copywriting ini merupakan teknik menulis yang dilakuin buat nawarin dan ngejual suatu produk / barang / brand / jasa dengan cara nyantumin informasi yang sebenar-benarnya tentang barang tersebut.

 

Perlu kamu tau, menjual tulisan tak semudah dengan yang diucapin.

 

Tentunya dalam copywriting ini kamu harus nyantumin beberapa informasi penting mulai dari fitur, keunggulan, manfaat, cara pemakaian, harga, hingga cara nglakuin pemesanan.

 

Slesai deh…

 

Beneran selesai? Apa ga ada yang lain? Singkat amat?

 

Perjuanganmu ga sampe situ, Bro…

 

Kalo kamu cukup mikirin hal itu aja, maka ga akan ada orang / pengunjung yang mau beli produk / jasa yang kamu tawarin.

 

Karena di sisi lain ada online shop yang mungkin aja ngejual produk yang SAMA PERSIS denganmu.

 

Bedanya adalah, dia punya banyak pembeli  / pelanggan yang selalu antusias dengan barang / jasa yang dijual.

 

Hayoloooo? Bingung kan? Kenapa bisa gitu?

 

Apa mereka gunain ilmu sihir kayak di Harry Potter?

 

Mungkin, tapi ilmu yang mereka gunaian berbeda dengan yang digunain Harry Potter.

 

Tapi, para pebisnis online yang telah memiliki reputasi yang besar gunain teknik pemasaran yang bisa menyihir orang lain (terutama pengunjung) biar ngebuat mereka (bukan hanya) ingin ngebeli aja, tapi harus ngebeli.

 

Perhatiin baik-baik ya… HARUS NGEBELI?

 

Lhaaah? Gimana dong caranya?

 

Simak dengan baik penjelasan berikut ini.

 

Belajar SEO untuk Pemula : Belajar Menulis Artikel SEO yang Bisa Menjual Barang dan Jasa Apapun (9)
karya panduanim

 

Tiga Istilah Penting dan Panduan Teknik Copywriting

 

Dalam istilah copywriting, ada 3 istilah yang harus bener-bener kamu pahami.

 

Masalahnya, ketiga istilah ini bakalan terus digunain dalam praktik copywriting. Jadi inget baik-baik ya!

 

  1. Copy merupakan teks yang digunain dalam penjualan atau pemasaran, yang biasa kamu temui di website, iklan, landing page, brosur, dan lain sebagainya. Istilah copy ini bukan hanya menyangkut teks seperti pada umumnya, tapi juga bisa menyangkut gambar, video, dll.
  2. Copywriting merupakan salah satu proses / teknik menulis copy, yang mana si penulisnya disebut copywriter.
  3. Konversi merupakan tindakan yang dilakukan oleh seorang target yang sesuai dengan apa yang kamu inginkan. Entah daftar menjadi member, buat akun, beli produk, nge-download, tanya-jawab, dan sebagainya. Dalam penjualan, istilah konversi sering disebut closing. Namun dalam bahasan ini, kita gunain istilah konversi karena di copywriting sendiri ga hanya seputar penjualan aja.

 

Dari ketiga istilah penting tersebut, dapat kita simpulin bahwa teknik copywriting merupakan teknik dengan cara bikin copy guna ningkatin konversi secara drastis.

 

Pentingnya Teknik Copywriter

 

“Cuma nulis doang, apa susahnya? Bukannya sama aja kayak mengarang tulisan waktu pelajaran Bahasa Indonesia di jaman sekolah, atau kayak nulis skripsi?”

 

Jawabannya: ga sama.

 

Nglakuin penjualan itu ga mudah, apalagi kalo kamu hanya boleh gunain media berupa teks, foto / gambar, maupun video.

 

Teknik ini lebih sulit dari menulis pada umumnya.

 

Bisa dibilang, copywriter itu sejenis salesman dalam huruf.

 

Ya, mereka ga turun langsung ke lapangan tapi menawarkan barang / jasanya melalui media internet.

 

Jadi, kalo kamu berhasil nglakuin teknik copywriting dengan tepat, 2 produk sama persis bisa dapetin respon yang jauh beda antara web satu dengan web yang lainnya.

 

Manfaat Teknik Copywriting

 

Kalo kamu nglakuin pemasaran produk ke 200 orang, di mana sebelumnya cuma terjual ke 1 orang aja, maka kamu akan dapetin lebih dari 5 pembeli dengan cara nerapin teknik copywriting.

 

Apalagi saat ini pemasaran online jauh lebih populer daripada pemasaran digital, maka peranan copywriter dan teks pun semakin dibutuhin.

 

Anggap terdapat sebuah perusahaan yang nglakuin pemasaran digital secara menyeluruh, yang mereka lakuin adalah:

 

Konten website, konten social media, konten email marketing, landing page, iklan TV dan radio, AdWords, Youtube Ads, Facebook Ads, dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Biar semuanya efektif dan ngasilin rasio konversi yang tinggi, maka sangat dibutuhin adanya teknik copywriting.

 

Itulah kenapa, kemampuan copywriting sangat dibutuhin oleh para digital marketer.

 

Belajar SEO untuk Pemula : Belajar Menulis Artikel SEO yang Bisa Menjual Barang dan Jasa Apapun (9)
karya unsplash

 

Langkah yang Bisa Kamu Lakuin Usai Ngikutin Panduan Copywriting

 

Ada 2 pilihan:

 

  1. Gunain teknik copywriting buat ngembangin bisnismu sendiri

 

Kamu bisa banget gunain teknik copywriting buat bisnismu sendiri, sehingga omset ningkatin penjualan, kesetiaan pelanggan, dan referral.

 

  • Jadi copywriter profesional

 

Ingat ya, ga ada jenjang pendidikan resmi buat seorang copywriter. Jadi skill ini terbuka lebar bagi siapa pun yang nekunin bidang tulis-menulis di media sosial dan web.

 

Kalo kamu berhasil jadi copywriter yang profesional, kamu pun bisa direkrut oleh perusahaan, agensi periklanan, maupun penulis lepas (freelancer).

 

Mau nanya berapa fee-nya?

 

Jangan salah, profesi copywriter memiliki bayaran yang berkali-kali lipat lebih tinggi daripada penulis biasa.

 

Promosi Bisnis Perlu Banyak Strategi, Kenali Lebih Jauh Tentang Copywriter!

Ngomongin tentang bisnis tidak ada habisnya. Untuk punya bisnis pun perlu banyak rencana biar bisnis bisa berjalan lancar. Banyak juga yang bilang menjalankan bisnis juga harus sesuai passion biar bisnis bisa terus berkembang. Nah kira-kira passion apa yang bisa dikembangkan jadi bisnis?

Passion antara kita sama orang lain pun bisa beda. ga heran kalau saat ini banyak bisnis berkembang, bahkan banyak juga anak sekolahan yang juga udah punya bisnisnya sendiri. Ide berbisnis ini berpengaruh positif untuk remaja karena sama saja mereka cari akal gimana bisa punya uang sendiri. Punya bisnis sendiri juga membuat kita mandiri dan ga selamanya menggantungkan keuangan ke orang lain atau orang tua. Pastinya ga ada orang tua yang nolak lihat anaknya sukses di usia muda kan?

Apakah passion aja cukup untuk mengembangkan bisnis? Tentu kita butuh lebih dari itu! Kita juga perlu promosi bisnis dengan tepat, misalnya saja dengan konten website. Menulis konten ini juga tidak boleh asal, salah satu modalnya adalah copywriting. Bagi kita yang memang suka dengan jurnalis, pasti sudah ga asing lagi sama istilah ini. Copywriting ini sama saja dengan berperan sebagai sales. Lalu gimana caranya jadi copywriter yang baik?

Apa Itu Sebenarnya Copywriter?

Istilah copywriting sendiri bukan istilah baru dan identik dengan pemasaran bisnis. Malas memasarkan bisnis maka sama saja membiarkan bisnis mangkrak dan lama-lama bisa bangkrut. Ga mau dong mengecewakan orang tua ketika bisnis gaga, apalagi jika modal bisnis kita dari orang tua. Untuk itu tidak ada salahnya berlatih jadi copywriter profesional supaya bisnis kita lebih dikenal orang. Lalu gimana cara tercepat untuk bisa jadi copywriter? Apa kita perlu ikut kursus? Atau cukup kita pelajari jadi copywriter lewat Youtube?

Banyak yang bilang jika copywriter itu sama saja dengan sales. Kenapa sih copywriter disamakan dengan sales? Tanggungjawab kita sebagai copywriter adalah untuk mempromosikan produk yang kita jual. Mempromosikan produk di sini bukan sekedar promosi, pelanggan perlu yakin jika produk yang ditawarkan itu produk terbaik. Supaya pelanggan bisa yakin dengan produk yang kita jual, tidak ada salahnya untuk mencontohkan langsung gimana cara penggunaan yang tepat untuk produk itu. Apa jadinya kalau kita gagal menerapkan copywriting ini? Tentunya hal ini merugikan diri kita karena sama saja produk tidak laku.

Perbanyak Membaca  

Apakah #MasBro dan #MbakBro sudah terbiasa membaca tiap harinya? Kebiasaan membaca ternyata membawa banyak pengaruh positf untuk kita, salah satunya untuk skill copywriting. Semakin banyak artikel ataupun buku yang kita baca tiap harinya berarti kita juga belajar gimana caranya memahami karakter orang lain. Bisa juga kita baca buku tentang marketing untuk perbanyak ilmu tentang trik marketing yang perlu diketahui bagi pemula seperti kita. Memulai bisnis sama saja tidak ada alasan lagi bagi kita untuk bermalas-malasan, termasuk ke perpustakaan. Apabila ada budget berlebih maka tidak ada salahnya baca eBook melalui Playstore yang bisa dibaca kapan saja melalui gadget.

Ambil Kursus Online ataupun di Lembaga Terdekat

Kapan terakhir kali #MasBro dan #MbakBro ikut kursus? Kursus ga selalu tentang mata pelajaran ataupun saat kita mau Ujian Nasional. Masih banyak kursus lainnya yang seru untuk dibahas, salah satunya ada kursus menulis. Untuk bisa jadi copywriter profesional memang tidak ada gelas khususnya, tapi kita tetap bisa ikut berbagai kursus untuk mengasah skill unik ini. Seiring dengan perkembangan teknologi, banyak kelas copywriting yang bisa diakses online yang berarti jadwalnya lebih fleksibel. Bisa juga kita pertimbangkan untuk ikut kelas copywriting di lembaga terdekat apabila harganya terjangkau.  

Rutin Membuat Jurnal

Jurnal? Bukankah jurnal itu untuk anak ekonomi? Eits jangan salah #Masbro dan #Mbakbro.. Jurnal untuk copywriting ini beda dari jurnal anak ekonomi. Tentunya jurnal copywriting jauh lebih istimewa daripada jurnalnya anak ekonomi. Mulai belajar copywriting maka sama saja kita mulai jurnal kehidupan yang baru, menuliskan hal apa saja yang kita pelajari tiap harinya selama jadi copywriter. Dari jurnal ini kita bisa tahu apa sih yang sebenarnya kurang dipahami tentang copywriting, terus apa saja yang perlu ditingkatkan supaya promosi bisnis di lain hari bisa sukses. Jangan malas untuk buat jurnal dari hari ke hari untuk bisa evaluasi diri juga.

Sering Latihan Menulis

Bukankah menulis itu mudah? Guru juga sudah mengajarkan kita menulis sejak kecil kan? Meskipun kelihatannya gampang, copywriting ini bukan hanya menulis. Bahkan copywriting sendiri tidak semudah menulis skripsi, meskipun ada orang yang butuh waktu bertahun-tahun untuk menyelesaikan skripsinya. Latihan menulis ini bukan Cuma untuk diri kita sendiri #MasBro dan #MbakBro, tapi juga untuk orang lain. Rutin latihan menulis bakal ngebiasain kita untuk pakai kata-kata yang memang gampang dipahami orang lain. Kita bisa latihan menulis di platform blog tertentu ataupun bisa minta penilaian orang lain, misalnya saja bisa dari teman dekat atau keluarga.

Buat Headline Semenarik Mungkin

Salah satu kunci dari copywriting terletak pada headline konten tersebut. Semakin menarik headline yang kita buat maka akan meningkatkan rasa penasaran para pembaca.  Jangan sampai kita buat headline yang asal-asalan, bisa jadi pelanggan merasa ditipu dan beralih ke penjual lainnya. Parahnya lagi, ada pelanggan yang bersikeras untuk melaporkan kita ke pihak bewajib karena melakukan penipuan di konten yang kita tulis. Sungguh berabe kan, hanya karena headline berujung pada bui? Nah untuk itulah kita perlu jadi copywriter yang cerdas. Buat headline yang menarik pun tidak susah karena kita bisa menyisipkan beberapa angka yang akan membuat pembaca penasaran.

Ciptakan Rasa Penasaran

Bukan headline saja yang perlu diperhatikan, namun juga konten. Konten yang flat seperti pengulangan kata berkali-kali bakal buat para pembaca bosan dan tidak berminat dengan bisnis kita. Pastikan juga konten kita selalu up-to-date untuk memuaskan rasa penasaran pembaca. Kita bisa menggiring rasa penasaran pembaca dengan menanyakan pertanyaan tertentu di bagian pembuka konten. 

Menerima Masukan

Tidak ada manusia yang sempurna, termasuk kita yang giat-giatnya belajar jadi copywriter profesional. Kunci untuk jadi copywriter yang memang berkualitas adalah dengan selalu terbuka dari berbagai masukan yang ada. Masukan ini datangnya bisa dari mana saja, baik dari teman dekat, keluarga, bahkan bisa juga dari sesama penulis ataupun mentor kita di tempat les. Kritikan juga termasuk masukan lho! Banyak kritikan dari orang lain yang ternyata juga positif dan bisa jadikan acuan untuk lebih baik ketika menulis.

Keluarkan Isi Pikiran Kita

Permasalahan yang sering ditemui copywriter pemula ataupun profesional adalah kehabisan kata-kata. Hal satu ini wajar ditemui oleh copywriter dari belahan dunia manapun dan untuk itulah kita perlu banyak latihan. Satu hal yang perlu diingat sebagai copywriter adalah untuk tidak ragu mengungkapkan apa yang dirasakan. Bisa juga kita membuat coretan terlebih dahulu dan nantinya disusun ulang sampai enak dibaca. Kita bisa menulis di mana saja lho, bahkan di tempat tidur sekalipun baik menjelang ataupun saat bangun tidur. Tidak ada yang tahu kapan ide untuk menulis itu datang dan tidak ada salahnya untuk membawa pulpen dan notes ke mana saja.

Jangan Berhenti

Satu lagi nih yang ga boleh kita lupakan #MasBro dan #MbakBro… jangan berhenti! Jadi copywriter memang tidak mudah, tapi percayalah usaha kita tidak akan mengkhianati hasil. Mungkin banyak dari kita yang kehabisan uang untuk ikut les copywrting, tapi apa salahnya berkorban untuk masa depan cerah? Ada juga orang yang rela bergadang sampai jam 2 pagi demi belajar tentang copywriting dan bisnisnya bisa berjalan lancar. Totalitas adalah kunci jadi copywriter alias tidak boleh setengah-setengah.

Nah gimana? Apakah #Masbro dan #Mbakbro sudah siap jadi copywriter profesional? Ingat jika latihan adalah kunci jadi copywriter dan kita harus rela menyiapkan waktu berjam-jam untuk belajar soft skill satu ini. Yuk belajar jadi copywriter mulai dari sekarang!

 

Itulah panduan dan penjelasan lebih dalam tentang skill copywriting yang bisa kamu terapin di perusahaan atau untuk kepentingan bisnismu sendiri.

 

#

 

Copywriter bukanlah penulis biasa,

 

Mereka memiliki pengetahuan dan teknik marketing yang sangat baik

 

#

 

Semoga bermanfaat.

 

Seneng bisa berbagi.

 

Bukan durian bukan pepaya

 

Buahnya kuning tangkainya keriting

 

Bukan seperti menulis biasa

 

Copywriting sangat fundamental buat marketing

 

Sumber Tulisan

 

Pengalaman Penulis

 

panduanim.com/copywriting-mindset/ dibuka pukul 14.00 pada hari Jumat tanggal 15 Maret 2019

2 tanggapan pada “Belajar SEO untuk Pemula : Belajar Menulis Artikel SEO yang Bisa Menjual Barang dan Jasa Apapun (9)”

  1. Pingback: Mau Website tampil di halaman 1 Google? Pake Jasa SEO Jakarta Aja - kekitaan

  2. Pingback: Apa itu SEO?? 127++ Pertanyaan SEO dan Jawabannya (10) - Jasa SEO Jakarta Indonesia

Tinggalkan Balasan