Apa itu Traffic Website ?

Apa itu Traffic Website, Kenapa Penting & Gimana Cara Dapetinnya Pake Jasa SEO Jakarta karya anna dziubinska
Apa itu Traffic Website?
Kenapa Traffic WebsitePenting?
Gimana
Cara Dapetin Traffic Website Pake Jasa SEO Jakarta?

Semua mulai belajar SEO dari Nol
Ga ada yang langsung bisa dan ahli
Ga usahlah merasa ilmunya cebol
Ilmu itu ga kayak barang tingal beli

Salam #MasBro & #MbakBro

Mau naikin penjualan?

Mau promo barang / jasa mu?

Kebanyakan usaha yang mau masuk ke digital termasuk blogger dan pemilik website punya tujuan yang sama. Mereka buat blog dan website untuk meningkatkan traffic website mereka.

Itulah kenapa saat ini, internet penuh banget dengan berbagai macam konten. Blogger dan pemilik website harus mastiin bahwa mereka bisa stand out di antara website dan blog lainnya sehingga mereka bisa dapetin traffic yang stabil di website mereka.

Apa itu Traffic Website, Kenapa Penting & Gimana Cara Dapetinnya Pake Jasa SEO Jakarta karya anna dziubinska

karya anna dziubinska

Apa itu Traffic Website?

Traffic website gampangnya bisa diartiin jumlah orang-orang yang ngunjungi sebuah website. Halaman apa aja yang diliat dan durasi ketika pengunjung baca halaman-halaman website itu yang diakumulasiin jadi traffic. Ibarat orang berlalu lintas di jalan raya, traffic adalah orang-orang yang ada dijalan dan lama orang-orang berada dijalan. Orang untuk website adalah pengunjung sedangkan jalan ada website.

Kalo ada orang ngunjungi website kita, kunjungan itu dan semua link yang diklik bakal direkam sama domain mu. Domain itu nama website kita ya. Misalnya website ini kekitaan.com, kekitaan adalah domainnya. Nantinya angka-angka ini bisa ngasih kamu ide tentang seberapa populernya sih website mu.

Apa itu Traffic Website, Kenapa Penting & Gimana Cara Dapetinnya Pake Jasa SEO Jakarta carlos muza

Karya Carlos Muza

Kenapa Traffic Website Penting? 

Kalo website kita ga dikunjungi banyak orang. Websitenya bakal terancam tenggelam di antara website lainnya di internet. Setiap website butuh traffic. Seberapa pun bagusnya website mu, kalo pengunjungnya dikit, website dan bisnis mu kemungkin ga bisa bertahan. Jadi pada dasarnya, website mu hanya akan bertahan kalo ada traffic flow yang stabil.

Ada tiga alasan kenapa kamu perlu pertimbangin kepentingan traffic website, terutama dalam e-commerce:

  • Traffic dari pengguna yang tertarik dengan isi website ato produk-produk mu bakalan lebih mungkin buat ngabisin lebih banyak waktu di website mu dan ngasih tahu ke orang tentang menariknya website mu.
  • Kalo orang menghabiskan lebih banyak waktu di website mu, ada kemungkinan mereka bakalan daftarin dirinya untuk dapetin newsletter dari website mu ato nerima konten promo yang nantinya bisa jadiin mereka sebagai konsumen untuk jangka waktu yang lama.
  • Untuk bisnis, kamu mesti dapetin traffic website untuk mendapatkan keuntungan dan memastikan kalo bisnis kamu berjalan dengan lancar.
Apa itu Traffic Website, Kenapa Penting & Gimana Cara Dapetinnya Pake Jasa SEO Jakarta karya merakist

Karya Merakist

Gimana Cara Dapetin Traffic Website dengan Jasa SEO?

Berikut ini merupakan hal-hal yang harus kamuperhatikan untuk meningkatkan traffic di website mu.

1. Judul Konten (headline)

Judul konten adalah elemen penting dalam sebuah konten.

Kenapa?

Karna headlines adalah hal pertama yang narik perhatian orang buat ngebaca konten di website mu. Terutama kalo kamu membagi konten mu itu ke media sosial. Pastiin kalo headlines yang kamu pake itu bisa narik perhatian dan gambarin dengan jelas isi dari konten tersebut.

Contoh
Kekitaan mau targetin kata kunci Jasa SEO. Judulnya bisa gini 27++ Pertanyaan Klien Sebelum Pake Jasa SEO Indonesia, Nomor 13 Lucu. Tujuan si tulisan ini tuh biar orang-orang yang baru pertama kali mau pake Jasa SEO jadi aware gitu.

2. Kata Kunci Turunan / Kata Kunci yang Panjang

Salah satu cara untuk ngebawa traffic ke website mu adalah dengan memastikan kalo kamu fokus milih kata kunci turunan / kata kunci yang panjang. Sering disebut long-tail keywords. Pastiin kata kunci yang dipake itu masih relevan dan berhubungan dengan topik setiap post mu.

Contoh
kekitaan mau targetin kata kunci Jasa SEO, karna persaingannya tinggi. Bisa kita mulai dengan Jasa SEO Indonesia, Jasa SEO Jakarta. Kalo masih terlalu sulit persaingannya. Bisa turun lagi jadi Jasa SEO Jakarta Utara, Jasa SEO Jakarta Selatan, Jasa SEO Jakarta Barat, Jasa SEO Jakarta Utara, ato Jasa SEO Jakarta TImur.

3. Konten yang berkualitas

Seperti yang sebelumnya sudah disebutkan, kalo konten yang tepat dan berkualitas adalah hal yang penting dalam meningkatkan traffic website. Perlu diperhatikan nih kalo konten yang baik adalah konten yang bersifat informatif jadi perlu dilakukan riset yang mendalam. Alasannya untuk memastikan kalo isi konten terperinci, menarik, dan unik. Kamu bisa juga gunain multimedia seperti gambar, video, dan infografik untuk ngebuat kontennya jadi lebih menarik. Selain itu artikel yang lebih panjang biasanya dinilai lebih informatif.

Ada beberapa hal yang perlu diingat dalam membuat konten:

  • Hindari yang namanya ‘salin-tempel’ dari artikel yang adalah milik orang lain
  • Gunakan sinonim, jadi ga ada pengulangan kata
  • Hindari pembahasan tentang hal-hal yang ga berhubungan dengan inti artikel
  • Buat artikel yang profesional
  • Konten dengan kualitas oke juga bisa bantu linking root domain.

Sebelumnya disebutkan kalo, linking root domain merupakan jumlah backlinks unik yang diterima oleh website mu. Akan lebih baik kalo kamu nerima backlinks dari 100 website yang berbeda dibanding dengan ngedapetin 200 backlinks dari satu website yang sama. Kalo konten mu dianggap berkualitas oleh banyak orang, dijamin deh bakalan  dapat banyak backlinks dari berbagai website. Kamu pun bisa membuat backlink yang berkualitas untuk itu.

Kalo kamu ngerasa kurang nyaman berada di depan kamera, kamu juga bisa nyoba buat podcasts. Apa sih podcast? Sederhananya Podcast merupakan rekaman asli audio ato yang tersedia di internet yang sekarang ini mulai dilirik orang banyak. Kamu hanya perlu berlangganan tanpa membayar biaya apapun. Salah satu keunggulan podcast adalah bisa didengar kapan saja dan di mana saja.  Kalo kamu pengen buat konten yang lebih menarik, kamu bisa nambahin multimedia di post mu kaya gambar, infografik, dan video. Apapun itu industri bisnis yang kamu punya, pasti ada banyak hal yang bisa dibahas. Kamu juga bisa membuat webinar tentang topik yang pengen kamu bahas dan mempresentasikannya.

Oya untuk nambahin nilai lebih ke podcast mu, kamu bisa ngundang ahli dan influencer yang ada di industri mu. Hal ini bakalan narik orang untuk dengerin podcast kamu dan promosikan ke media sosial mereka. Jadinya website mu bakalan lebih dikenal secara luas.

4. On Page SEO

Jangan lupa ya untuk ngaplikasiin teknik-teknik On Page SEO.

Pake keyword yang tepat?

Menggunakan alt text untuk gambar-gambar yang disertakan di post mu, udah belum?

Memasukkan external dan internal link?

Gimana dengan meta descriptions?

On Page SEO ga membutuhkan banyak waktu buat diaplikasikan. Hingga sekarang masih merupakan salah satu hal terpenting buat meningkatkan traffic website mu.

5. Komunitas Blogging

Kamu bisa juga bergabung dengan komunitas blogger seperti ProBlogger ato Copyblogger. Ini adalah salah satu cara buat berhubungan dengan blogger lain dan saling mempromosikan blog. Interaksi dengan blogger lain dan influencers juga penting banget buat meningkatkan traffic website mu. Dengan menjaga hubungan baik dengan blogger dan pemilik website lain di bidang yang sama bakalan lebih mungkin untuk menghubungkan readers dan followers mereka ke website mu. Mereka juga akan lebih mungkin membagi konten mu di website ato media sosial milik mereka. Nah kamu juga bisa berkontribusi untuk website ato blog satu sama lain.

Disamping dengan blogger dan pemilik website lain, penting juga untuk membangun hubungan dengan para influencers. Kamu bisa mulai dengan membagi konten mereka. Kamu bisa mencoba berinteraksi dengan mereka melalui konten ato akun media sosial yang kamu miliki. Berinteraksi dengan mereka bisa ngebantu kamu karena mereka bakalan menghubungkan readers dan followers mereka ke website mu. Hal ini bakalan sangat membantu website mu untuk nerima backlinks dari berbagai website authoritative. Kamu juga bisa meminta bantuan dari bloggers dan influencers yang lain untuk memberi saran mengenai konten yang kamu terbitkan.

6. Forum

Kamu bisa nyoba membagikan artikel milikmu ke forum seperti reddit ato Stumbleupon. Salah satu keunggulan forum adalah kamu bisa nemuin niche dan pembaca yang tepat untuk konten website mu.

7. Internal Linking

Internal linking merupakan link dari satu halaman website ke halaman lain di website yang sama. Perlu diperhatiin nih kalo untuk internal linking, hanya menggunakan link post dari website mu yang isinya masih berhubungan dengan artikel yang akan kamu unggah. Internal linking membantu si Google buat menjelajahi halaman website mu. Internal linking juga bisa membuat para pengunjung website buat nemuin informasi yang terkait dengan apa yang mereka baca. Hal ini bisa ningkatin durasi pengguna saat menjelajahi website mu. Internal linking sendiri merupakan salah satu teknik on-page SEO yang sangat penting karena mereka akan membantu crawler mesin pencari untuk mencari konten dan menjelajahi website mu. Internal linking juga membantu meningkatkan page authority dan bolehin pengguna buat ngejelajahi website dengan lebih mudah.

8. Guest Blogging

Guest-blogging merupakan salah satu cara untuk ningkatin traffic di website mu dengan cara menulis konten untuk website ato blog yang sudah terkenal. Hal ini dapat membantu meningkatkan traffic blog ato website dan sekaligus membangun brand mu. Namun kita harus berhati-hati dan pastikan kalo konten guest-blogging mu berkualitas. Dalam membuat konten guest-blogging, pastikan kalo konten tersebut kreatif dan sesuai dengan niche blog tersebut. Hindari link stuffing ato memasukkan banyak link sekaligus ke dalam artikel mu untuk menambah traffic website, karena kita bisa dikenakan penalti!

Selain guest-blogging, kita juga bisa nulis untuk media lain kaya koran ato majalah yang berhubungan dengan topik yang ada di website ato blog mu. Jangan lupa ya untuk menyebutkan website dan blog mu karena menulis untuk media ternama membuka kesempatan untuk meraih lebih banyak pembaca.

9. Rutin menerbitkan konten

Pertanyaan yang sering ditanyakan oleh orang-rang adalah

“Seberapa sih sering aku harus nerbitin konten di blog?”

Jawabannya adalah konten baru harus diterbitkan serutin mungkin! Dengan rutin menerbitkan konten menjadi salah satu langkah untuk menjaminkalo website mu selalu up-to-date. Menulis secara rutin memang bukan hal yang mudah  yang membuat para blogger dan pemilik website jadi ga konsisten untuk nerbitin konten baru. Akibatnya ya terjadi fluktuasi di domain authority mereka. Traffic website itu bakalan meningkat kalo kita rutin nerbitin konten loh. Selain itu juga ngebantu untuk ningkatin page rank website mu dan punya banyak konten untuk interlinking. Jadi pada dasarnya, semakin rutin kita menulis dan menerbitkan konten baru, website mu bakalan nerima lebih banyak traffic website.

10. Gunain Media Sosial

Ga cukup hanya dengan membuat konten yang berkualitas, kita juga kudu aktif mensosialisasikan konten untuk dibaca orang-orang. Kalo kita ngebagiin kontenmu di  situs media sosial kaya Facebook dan Twitter, kita bisa dapetin audience baru buat website. Apalagi kalo konten mu berkualitas, selain lebih banyak di share, ada kemungkinan juga loh jadi viral! Tapi konten yang paling baik pun juga harus dibagi dan dipromosikan ya.

Perlu diingat ya untuk ga melakukan spamming di media sosial. Kalo memungkinkan, buat jadwal untuk ngebagiin post mu ke situs-situs media sosial dan harus mengatur strategi media sosial. Pake juga desain yang tepat untuk branding dan marketing. Intinya, media sosial punya peran penting juga untuk ningkatin traffic.

11. Link Building

Link Building adalah kegiatan dimana kita mencoba untuk ningkatin jumlah backlinks ke website mu. Kalo website mu nerima backlinks dari website lainnya, mesin pencari bakalan ngeliat website mu sebagai website yang terpercaya di bidangnya.

Jadinya, mesin pencari akan letakin website mu di posisi yang lebih tinggi di halaman hasil pencarian. Kalo website mu nangkring di halaman pertama hasil pencarian, orang bakalan lebih tertarik untuk ngunjungin dan membaca website mu.

12. Konsistensi dan kesabaran

Menjaga konsistensi website mu adalah faktor yang penting. Karena akan meningkatkan domain authority website mu. Selain itu, SEO itu ga bakalan berhasil hanya dalam waktu semalam. Butuh kesabaran hingga waktunya tiba ketika kita bisa melihat hasilnya.

13. Digital Marketing

Selain cara-cara gratis di atas, kita juga perlu sesekali pake teknik digital marketing untuk ngangkat traffic di website mu. Cara ini memang agak mahal tapi, hasilnya bakalan berguna kalo kita menaruh call-to-action yang benar di akhir konten yang kita promosiin. Artikel kami lainnya bakalan ngebantu kita untuk mengenal lebih jauh cara pake digital marketing dengan benar.

Nah itulah langkah-langkah yang bisa kita lakuin buat ningkatin traffic di website mu. Tapi satu hal yang harus kita ingat adalah semua teknik SEO serta teknik-teknik di atas hanya akan benar-benar membuahkan hasil kalo konten yang kita miliki berkualitas. Dengan konten yang berkualitas, kita akan bisa meningkatkan traffic website, domain authority, organic search results, dan juga ranking website.

Mauliate

Seneng bisa berbagi.

Semoga bermanfaat.

Ga ada proses belajar sia-sia
Semuanya berawal dari niat
Mau jadi sukses seperti dia
Apa gunanya kalo ga berbuat

Sumber Tulisan
Pengalaman Penulis
dewaweb.com/blog/meningkatkan-traffic-website/ dibuka pukul 20.00 WIB pada hari Rabu tanggal 31 Juli 2019

1 tanggapan pada “Apa itu Traffic Website ?”

  1. Pingback: Apa itu Traffic Website dan Darimana Asalnya? - Jasa SEO Jakarta Indonesia

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: