Kesehatan Itu (Cuma) Salah Satu Bentuk Tanggung Jawab

Salam #MasBro / #MbakBro

Tulisan ini tujuannya bukan koreksi ke orang lain ya. Tapi koreksi diri sendiri.

Dan …

Yap, kesehatan itu salah satu bentuk tanggung jawab.

Kenapa?

Orang sakit ternyata bukan sekedar efek jangka pendek. Kayak lagi motongin bawang dan ga sengaja kena tangan lalu berdarah.

Tapi lebih ke lagi motongin bawang dan ga sadar tiba-tiba nangis.

Ada efek dan proses yang buat kita nangis.

Fakta nya adalah …

  1. Saat motong bawang, itu adalah keputusan kita.

> Saat kita sakit, itu bukan karna objek / subjek lain. Semua adalah akumulasi dari setiap keputusan kita.

> Makanan yang kita sukai, pola makan, dan jam tidur adalah hasil keputusan kita sendiri.

  1. Saat kita nangis karna motong bawang. Itu akibat perbuatan (keputusan) kita sendiri. Bukan bawang, bawang cuma jadi objek.

> Kalo pada akhirnya dubur global warming karna makan pedes terlalu banyak. Itu keputusan sendiri. Kalo maag karna ga makan teratur itu keputusan sendiri. Kalo terlambat ujian karna begadang. Karna keputusan sendiri.

  1. Kalo pun kita ga tau kalo bawang bisa bikin mata pedih dan nangis. Besok-besok kita belajar dari kejadian itu.

> Kalo besok-besok makan pedes masih aja global warming. Kita ga aware buat belajar. Minum air putih banyak saat makan pedes itu akan menghilangkan global warming nya.

> Kalo maag masih suka kambuh karna kita telat-telat makan. Bukannya itu kesalahan sendiri. Syukur kalo udah terlanjur maag dan telat makan cuma sakit doang. Gimana kalo ada denda dan pajaknya? Tambah rugi ga? Ato dibuat jadi iklan dan ditayangin di medsos? Tambah malu ga?

> Akhirnya, kalo udah lulus kuliah dan kerja. Eh pas kerja masih ada momen telat karna begadang. Bukannya sejak kuliah dan kerja kita ga ada bedanya. Masih gitu-gitu aja. Umur boleh nambah tapi tanggung jawab ga. Dari kampus doang kita lulus. Tapi kampus tanggung jawab kita ga. Kalo dari kerjaan doang kita ga lulus. Gimana kerjaan bertanggung jawab.

Setia pada perkara kecil emang gitu sih ya. Karna kecil jadi ga diperhatiin.

Saat udah pernah salah dan ga belajar dari kesalahan itu. Itu ga cuma pertanda kita bodoh tapi juga ga bertanggung jawab. Bukan cuma kesehatan yang jadi bentuk tanggung jawab. Tapi belajar dari kesalahan juga.

Pada akhirnya, ini bukan soal sehat dan ga sehat. Ato soal sakit dan sakit. Tapi gimana orang sehat sebarin cara sehat dan orang sakit belajar biar ga sakit … lagi.

Itu …

Mauliate

Seneng bisa berbagi.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan