Seneng ya Seneng Aja Ga Tergantung Keadaan

  • by
27++ Bahasa Inggris Gaul a.k.a Slang Yang Milenial Harus Tau karya allef vinicius

Salam #MasBro #MbakBro

Bersukacitalah berasal dari asal kata joy bukan happiness. Rasa seneng yang datang dari dalam bukan dari luar.

Maksudnya?

Sukacita : seneng meski lagi lagi terima hal baik.

Bahagia : seneng karna terima sesuatu.

Nah, gimana biar manusia bisa selalu seneng?

Itulah kenapa sukacita dihubungkan dengan Tuhan. Tuhan adalah sumber sukacita itu sendiri. Jadi tanpa harus terima apapun hal baik kita bisa selalu bersuka cita. Sukacita kita ga dikendalikan oleh apapun. Tapi Tuhan itu sendiri.

Jadi kalo udah mengerti dan bisa lakuin itu.

Omongan, “bersukacitalah selalu” ga akan mudah.

Ada kisah nyata …

Sebutlah sekelompok pelajar mau nyebrang danau, sebut ajalah Danau Toba. Biar familiar. Eh saat mereka menyerang mereka kelupaan sama gurunya. Tapi mereka ga sadar dan tetep nyebrang.
Saat mereka nyebrang badai datang dan membuat rombongan itu takut. Ditengah badai mereka, eh gurunya yang ketinggalan itu nyusul.

Tapi dengan cara ga biasa. Gurunya jalan diatas air. Awalnya mereka takut karna ngirain itu hantu.

“Itu guru”, kata beberapa murid sambil bisik-bisik.

“Kalo itu kau guru, ajak aku kesana”, kata salah satu murid.

“Datang lah”, kata sosok yang berjalan diatas air itu.

Dan bener murid itu datang. Dia sempet berjalan diatas air. Tapi karna ragu-ragu dia tenggelam.

Seringkali kita minta kuat jalani hal sulit. Eh saat menjalani kita malah tertekan, takut, dan ragu. Lalu minta tolong.

Padahal kalo kita percaya dan tetep kuat. Kita bisa bertahan, berhasil dan naik level.

Tau ga?

Soal bersukacita ini ditulis sama Paulus waktu di penjara, hotel prodeo.

Dulu prodeo adalah penjara untuk orang yang menyebarkan hal baik.

Nah …

Hari ini ada orang diluar ruangan penjara tapi sikap hati, pikiran, mulut, perbuatan, dan sikap hidup terpenjara. Justru sebaliknya ada yang hidup dipenjara tapi sikap hati, pikiran, mulut, perbuatan, dan sikap hidup ga terpenjara.

Nah sesulit apapun hidup kita.

Kita harus siap bersukacita dengan ada masalah. Kayak #MasBro Paulus. Siap ga?

Seneng ya Seneng Aja Ga Tergantung Keadaan

Manusia itu makhluk spiritual. Ga bisa semata-mata disenangkan sama hal-hal materi.

Sukacita bukan karna kita berpendidikan dan ga berpendidikan. Sukacita bukan karna kita kaya ato miskin.

Itu bukan indikator sukacita.

Tapi kalo mati tapi masih ga berpendidikan dan miskin itu kesalahan. Karna sejak lahir sampe mati dia bisa berusaha.

Tuhan itu hadir dimana-mana. Baik saat kita sedih ato seneng. Tuhan ga hanya ada ditempat katanya sakral seperti tempat ibadah tapi juga seperti toilet, panti pijet, diskotik … sebut aja sesukamu.

Dan …

Tuhan juga hadir dalam kedaulatan Nya. Pernah ada momen dimana titik terendah dalam hidup mu. Dan ada pengalaman pribadi sama Tuhan kan?

Mengenal Tuhan kita butuh indra ke 6, iman. Saat berdiri hadap ke cahaya ada bayangan dibelakang. Coba liat ke belakang ada bayangan kan?

Bisa liat cahaya ga?

Nah, fokus ke Tuhan bukan masalah.

Kalo hidup kita udah bersukacita. Ayo sebarin ke banyak orang. Sebaiknya kebaikan kita diketahui semua orang dalam bentuk perbuatan.

Sebarin apa aja hal baik yang kita pernah alami

Jangan kuatir, doain aja, dan syukuri.

Kita ga pernah akan bisa bersyukur kalo hanya liat apa yang kita terima. Tapi apa yang kita punya. Kalo A ga bisa kita dapat masih ada B-Z.

Tapi bukan soal akan dapat ato ga. Tapi soal syukuri apa yang ada.

Seneng bisa berbagi.

Pasti bermanfaat.

Mauliate

Tinggalkan Balasan