SEO: Cara Baru Mengurangi Pengangguran

Menurut badan pusat statistik (BPS), pada Februari 2019, tingkat pengangguran di Indonesia membaik 5.13% dibanding tahun lalu. Angka ini juga menjadikan Indonesia berada di posisi tingkat pengangguran terbuka terendah sejak terjadinya krisis pada tahu 1998. Turunnya level angka pengganguran ini dipengaruhi oleh jumlah pekerja Indonesia yang kualitasnya menjadi semakin baik dan pertumbuhannya lebih cepat dibanding jumlah angkatan kerjanya. Dari seluruh tingkat pendidikan masyaraka, , pengganguran tertinggi justru berasal dari siswa SMK (Sekolah Menengah Kejuruan). Mirisnya, siswa SMK seharusnya menjadi pribadi yang siap kerja karena memang begitulah tujuannya.

 Meskipun angka pengganguran ini sudah berkurang, masih ada 6.82 juta orang yang masih menggangur di Indonesia. Dari jumlah pengganguran ini terdapat 6.3% penggangguran yang berasal dari kota dan 3.45% pengganguran di desa. Kamu pasti bertanya-tanya, kok bisa, sih, justru di kota tingkat penganggurannya lebih tinggi? Jawabannya ada pada tingkat kepadatan penduduk.

Masih tingginya angka pengangguran ini bisa kita siasati dengan ikut membuka lapangan kerja, baik buat diri kita sendiri, ataupun orang-orang disekitar. Lapangan kerja yang saat ini sebenarnya banyak dicari oleh orang, yaitu jasa pembuatan SEO.

Banyak orang bahkan perusahaan yang membutuhkan jasa pembuatan tulisan menggunakan teknik ini, tapi nggak banyak yang bener-bener nguasain teknik ini. Kamu bisa jadi salah satu orang yang menguasai teknik ini, dan bisa jadi juga mengajarkan banyak orang untuk tahu mengenai teknik ini. Dengan begitu, kamu bisa ikut mengurangi angka pengangguran. Sebelum itu, kamu harus tahu dulu apa sih SEO itu, dan gimana, sih, cara terbaik menggunakan teknik ini.

Search engine optimization atau biasa disingkat SEO adalah teknik yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimalkan hasil pencarian tulisan kamu di mesin pencari. Mesin pencari yang sejauh ini paling banyak digunakan adalah Google, Yahoo dan Bing. Mesin pencari ini punya algoritma, atau cara perhitungan mengenai peringkat yang kemudian akan menentukan website atau artikel mana yang akan di temukan pada halaman awal ketika seseorang memasukkan kata kunci di mesin pencari. Semakin tinggi yang kamu dapatkan dari algoritma Google, maka akan semakin besar kemungkinan tulisan kamu akan tampil pada halaman pertama pencarian.

Ada beberapa indikator yang perlu kamu perhatikan ketika kamu menulis menggunakan teknik SEO, di antaranya adalah:

  1. Struktur URL

Keep it short and simple mungkin merupakan ungkapan yang tepat ketika kamu mau menentukan struktur URL untuk website-mu. Struktur URL yang singkat dan sederhana bisa dengan lebih mudah diingat oleh pembaca, dibandingkan dengan struktur URL yang panjang dan sulit dibaca. Tidak hanya bagi pembaca dan pengunjung website kamu, struktur URL yang sulit dibaca dan panjang juga akan membuat mesin pencari kesulitan menemukan website kamu.

Hal ini pastinya menghambat mesin pencari menemukan website dan membaca topik konten kamu. Kamu tentunya nggak mau, dong, hal ini terjadi? Untuk menghindari hal tersebut, kamu sebaiknya gunakan struktur URL yang lebih mudah diingat. Cukup gunakan nama domain dan judul tulisanmu saja

2. Topik konten

Selain peringkat yang ditentukan oleh mesin pencari kamu tentu saja perlu menyajikan konten yang memikat pengunjung website kamu. Kamu bisa coba menggunakan topik yang sedang hangat dibicarakan untuk jadi permulaan topik utama kamu. Kamu harus sudah punya tema yang jelas mengenai apa saja informasi yang akan kamu tampilkan pada tulisanmu. Sekali lagi, tulisan yang sederhana dan tidak teralu panjang akan mengundang minat para pengunjung untuk membaca tulisan kamu.

seo
karya merakist

Baca juga: Apa Itu SEO Menurut Google?

Selain informasi penting yang bisa kamu bagikan di tulisanmu, kamu juga harus bisa membawa perasaan pembaca. Tulisan kamu harus menyisipkan kata kunci-kata kunci SEO dengan lembut dan tidak terkesan dipaksakan. Akan ada banyak orang yang meyadarinya jika kamu memaksakan untuk memasukkan kata kunci untuk teknik SEO kamu di banyak tempat secara sekaligus dan secara tidak beraturan.

Hal ini sangat bisa menyebabkan banyak pengungjung bouncing dari website kamu. Bouncing di sini berarti, banyak pengunjung website kamu yang hanya masuk selama beberapa saat dan tidak mendapatkan secara utuh informasi yang kamu ingin sampaikan kepada mereka melalui tulisan kamu.

Menyajikan konten yang sesuai dengan tema besar website-mu juga mejadi salah satu tolak ukur pengunjung kepada website kamu. Semakin berkaitan konten-konten yang kamu tuliskan akan semakin baik. Bukan hanya bagi pengunjung baru, kamu juga akan sangat mungkin mendapatkan pengunjung regular pada website kamu dari pengunjung lama, maupun dari pengunjung baru di website kamu.

3. Search Intent

Satu kata kunci bisa memiliki beberapa arti. Search intent merupakan cara untuk menentukan makna apa yang paling banyak diinginkan oleh kebanyakan pencari pada suatu kata kunci. Setiap kata kunci memiliki arti dan tujuan yang berbeda. Perlu kamu ketahui juga tidak semua kata kunci punya nilai yang sama. Ada kata kunci yang terlihat bagus tapi ternyata tidak banyak digunakan pencari. Maka, kata kunci ini bisa dikatakan kurang mempunyai nilai.

Gunakanlah kata kunci yang lebih memiliki makna dibandingkan hanya menggunakan beberapa kata yang tidak bernilai. Ungkapkan maksud dan tujuan yang jelas ketika kamu menyisipkan kata kunci pada penulisan SEO kamu. Kamu bisa menuliskan kata-kata yang lebih jelas seperti belajar menggunakan SEO dibanding hanya menggunakan kata SEO saja saat menyisipkan kata kunci. Sesuaikanlah penempatan kata kunci dan nilainya sesuai dengan keinginan pencari.

Untuk tahu nilai kata kunci yang kamu gunakan, atau mencari tahu kata kunci apa saja, sih, yang biasanya digunakan pencari di mesin pencari, kamu bisa menggunakan beberapa bantuan.

Search intent sendiri bisa di golongkan dalam 4 kategori, yaitu:

  • Navigational

Kata kunci satu ini biasanya memiliki volume pencarian, tapi tidak memiliki cukup banyak nilai. Hal ini dikarenakan, biasanya pencari yang menggunakan kata kunci ini sudah memutuskan ke website mana mereka akan pergi, sehingga website lain yang di rekomendasikan mesin pencari sekalipun memiliki sangat jarang pengunjung.

  • Informational

Sesuai dengan namanya, kata kunci ini berfungsi sebagai pemberi informasi kepada pencarinya. Kata kunci yag mengandung makna informasional menjadi salah satu kata kunci yang paling banyak di cari di mesin pencari.

Jika kamu mengunakan kata kunci informasional, tentu saja konten yang kamu sajikan harus berupa informasi. Semakin lengkap akan semakin baik. Namun kamu juga harus berhati-hati jika kamu ingin menggunakan kata kunci bersifat informasional ini, karena kebanyakan informasi yang dicari adalah informasi quick response dimana mesin pencari biasanya sudah menyajikan informasi secara langsung tanpa pengunjung perlu membuka salah satu website yang diberikan oleh mesin pencari.

  • Commercial Investigation

 Kata kunci dengan makna commercial investigation biasanya berupa kata kunci yang memberika informasi mengenai barang atau jasa. Banyak orang berseluncur di internet untuk menemukan barang dan jasa dengan kualitas terbaik dan harga paling terjangkau. Oleh karena itu, ada banyak orang yang melakukan pencarian menggunakan kata kunci bermakna commercial investigation ini.

  • Transactional

Jika pada kata kunci commercial investigation para pencari masih mencari informasi mengenai produk dan jasa yang mereka cari, para pencari dengan kata kunci bermakna transactional sudah memiliki arah dan tujuan yang pasti untuk melakukan transaksi mengenai barang atau jasa tersebut. Namun, persaingan dengan menggunakan kata kunci bermakna transactional sangat berat karena biasanya sudah didominasi oleh website-website besar.

Tinggalkan Balasan