Tingkatkan Trafik Websitemu dengan SEO Jakarta Timur

Kamu punya website?

Apa?! Sepi pengunjung?

Kamu pasti bertanya-tanya, gimana, sih, caranya website lain bisa sangat ramai pengunjung?

Rumput tetangga memang selalu terlihat lebih indah. Tapi sebenarnya, kamu bisa kok membuat website kamu juga ramai dikunjungi banyak orang.

Caranya, kamu harus coba meningkatkan trafik, aka lalu lintas di website kamu. Salah satu, dengan menggunakan SEO.

SEO bisa membantu kamu meningkatkan trafik website-mu. Cara kerjanya pun mudah sekali. Kamu hanya perlu menyisipkan beberapa kata kunci yang menarik, dan sesuai standart SEO.

Setiap mesin pencari punya algoritma, atau cara perhitungannya sendiri mengenai peringkat pada laman pencariannya. Semakin tinggi peringkat yang website kamu dapatkan dari hasil perhitungan mesin pencari, maka akan semakin mudah website-mu dimunculkan pada pencarian teratas, ketika pencari menuliskan kata kunci pada mesin pencari.

Ada beberapa tips yang bisa kamu coba, nih.

    1. Riset kata kunci

Hal pertama yang tentu saja perlu kamu ketahui adalah riset kata kunci. Kamu perlu tau apa aja yang sedang hangat dibicarakan.

Kamu juga perlu tahu, siapa, sih, target kamu, dan bagaimana kebutuhan pasar kamu.

Jika kamu menyasar anak muda, maka kamu harus tahu, trend apa yang sedang berkembang, kamu harus tahu, siapa saja, sih, yang mengetahui trend itu.

Lalu, kamu harus menyelaraskan topik atau tema yang akan kamu angkat di website kamu dengan kata kunci dari trend tersebut. Setelah mengetahui hal-hal tersebut, kamu bisa coba menuliskan kontenmu dan mengupload nya ke website.

Lakukanlah riset mengenai keberhasilan konten kamu. Kamu bisa bandingkan beberapa konten yang kamu buat untuk mengetahui kata kunci mana yang bekerja paling efektif menaikkan trafik website kamu. Sulit memang kalau kamu harus tracking trafik konten website kamu sendiri.

Kalau kamu merasa bisa melakukannya, kamu bisa lakukan tracking sendiri. Tapi, kalau kamu merasa hal itu terlalu sulit untuk kamu lakukan sendiri, maka kamu bisa gunakan beberapa aplikasi yang bisa membantu kamu melakukan riset kata kunci.

    1. Tentukan Focus Keyword di Setiap Postingan

Belajar menggunakan teknik SEO memang tidak mudah, ada banyak perlu terus kamu pelajari. Banyak juga syarat penggunaan SEO yang terus berubah. Salah satu yang kamu perlu tahu adalah mengenai focus keyword.

Kamu perlu memiliki satu kata kunci inti untuk disisipkan pada konten penulisan kamu. Jangan terlalu banyak memasukkan kata kunci pada tulisan kamu. Kamu bisa coba gunakan keyword yang mengandung lebih banyak makna. Menggunakan keyword SEO Jakarta Timur akan lebih baik jika dibanding hanya menggunakan keyword SEO.

Penambahan nama tempat menjadi SEO Jakarta Timur biasanya akan lebih efektif. Hal ini banyak orang melakukan pencarian dengan menambah nama tempat tertentu untuk memudahkan pencarian.

    1. Tambahkan website di Google Search Console

Salah satu mesin pencari paling banyak digunakan, Google membuat sebuah tool yang akan memudahkan kamu untuk memonitor kinerja website kamu. Tool ini memungkinkan kamu untuk tau domain website apa aja yang merekomendasikan atau memberikan link ke website kamu, melihat kinerja website di perangkat mobile, hingga menganalis trafik website kamu.

Biasanya pemberian link referensi ini dilakukan jika dirasa tulisan kamu terkait dengan tulisannya. Contohnya, jika dia menuliskan tentang SEO Jakarta Timur dan website lain juga menuliskan tentang SEO Jakarta Timur, keduanya relevan sehingga kemungkinan website lain untuk meberikan refer link ke website kamu jadi lebih besar.

Google search console juga memberikan informasi kepada kamu kalau Google mengindikasi terdapat masalah atau terjadi spam di website kamu. Hal ini tentu saja sangat memudahkan para pemilik website untu mengetahui apa saja yang terjadi di website mereka. Google search console juga ternyata dapat membantu kamu menemukan kata kunci paling populer, loh!

    1. Mengoptimalkan situs untuk perangkat mobile

Peran ponsel pintar pada kehidupan sehari-hari saat ini sangat penting. Siapa yang bisa hidup tanpa kehadiran ponsel pintar?

Segala hal bisa dilakukan oleh hanya satu smartphone di tanganmu. Kamu bisa dapatkan informasi ter-update mengenai kondisi sekitarmu dengan sangat mudah melalui smartphone kamu. Kamu juga bisa mendapatkan hiburan melalui smartphone kamu.

Maka dari itu, mengoptimalkan situs kamu untuk perangkat mobile akan sangat membantu.

Banyak orang yang akan pergi dari website kamu ketika tau bahwa website kamu tidak memiliki tampilan mobile yang memadai. Sedangkan tampilan website untuk pc terlihat terlalu rumit apabila dibuka menggunakan mobile.

Untuk itu, kamu harus membuat website kamu cocok untuk perangkat mobile.

seo jakarta timur

Baca Juga: Jasa SEO Bulanan? Apa Untungnya? Apa Ruginya?

Optimalkanlah situs kamu pada perangkat mobile karena trafik kamu akan jauh lebih tinggi, kalau situsmu bisa digunakan secara nyaman oleh para pengguna smartphone.

Kamu juga harus membuat loading situs kamu menjadi lebih cepat karena kebanyakkan pengguna situs mobile selalu bergerak cepat. Sangat dinamis!

Mereka tidak akan menunggu website kamu loading dengan lama. Terlalu lama bisa mengakibatkan situs kamu ditinggalkan oleh para pengguna smartphone.

5. Membuat konten berkualitas

Membuat isi konten yang menarik juga menjadi salah satu faktor meningkatnya trafik di website kamu. Konten yang memiliki konsep dan ditata dengan baik akan membuat pembaca merasa nyaman dengan tulisan kamu. Informasi yang menarik juga perlu kamu tambahkan dalam setiap tulisan kamu.

Konten yang berisi informasi cenderung menarik pembaca kembali ke website kamu untuk mendapatkan lebih banyak lagi informasi. Informasi yang kamu berikan juga harus relevan dengan kejadian yang sebenarnya. Jangan memberikan informasi hoax di website kamu. Nggak banget, deh!

Anyway, isi dari konten yang kamu tuliskan juga sebaiknya memiliki tema garis besar yang sama dengan website kamu. Hal ini akan membantu mesin pencari untuk menemukan relevansi yang lebih tinggi untuk website kamu pada suatu tema tertentu.

Topik yang sedang tren bisa kamu jadikan referensi dalam pembuatan konten penulisan kamu. Tapi, akan lebih baik lagi jika kamu menggunakan tema yang yang dapat trend sepanjang masa. Topik seperti ini akan sangat membantu trafik kamu, loh. Karena konten kamu akan dapat ditemukan banyak orang dalam jangka waktu yang panjang.

Jadi, tidak peduli kapan tulisanmu dibaca orang, informasi yang kamu berikan masih akan relevan dan sama bermanfaatnya seperti saat kamu menuliskannya.

seo jakarta timur

karya Austin Distel

Gaya penulisan juga harus kamu sesuaikan dengan tema dan target market kamu. Cara penulisan kamu harus sesuai dengan kata kunci yang kamu sisipkan. Ngga mungkin dong kamu menggunakan gaya bahasa yang kaku dan formal, kalau kamu menyasarkan tulisan kamu untuk dibaca oleh anak-anak remaja. Ya, nggak?

Target kamu akan pergi karena tidak mengerti apa yang kamu tuliskan. So, boring, pikir mereka.

  1. Menggunakan gambar

Penggunaan gambar sangat penting untuk dilakukan. Pengunjung website kamu akan betah berlama-lama berada di website kamu, jika kamu menambahkan gambar-gambar yang mendukung penjelasan informasi yang kamu berikan.

Isi dari informasi yang kamu berikan juga dapat lebih mudah diterima oleh pembaca, jika kamu memberikan tambahan gambar pada penjelasannya. Dan ternyata, gambar yang kamu masukkan juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengoptimalkan keyword kamu, loh!

Bagaimana? Sudah siap menjadi blogger yang mempunyai tulisan viral? Selamat mencoba, yah! 😀

Semoga bermanfaat.

Senang berbagi.

Tinggalkan Balasan