Cara Mudah Jadi Master SEO, Tingkatkan Traffic Website dengan Cepat

  • by
master seo

SEO atau search engine optimization adalah trik yang harus dikuasai jika kita ingin memiliki sebuah website yang populer di mesin pencari. Saat seseorang mencari informasi dengan menggunakan kata kunci, maka website yang populer akan muncul di halaman paling atas. Dengan demikian, website kita lebih berpotensi dikunjungi orang yang sedang mencari informasi.

master seo

Keuntungan yang didapat pemilik website jika berhasil menerapkan SEO tentu saja sangat berkaitan dengan traffic. Pengunjung website akan makin banyak dari hari ke hari sehingga turut pula meningkatkan konversi periklanan. Jika website yang dimaksud adalah website komersil, maka SEO juga berguna untuk mendongkrak omzet penjualan. Karena manfaatnya yang sangat luar biasa inilah, master SEO atau orang yang ahli dalam SEO banyak dicari oleh pelaku bisnis online.

Sayangnya, jasa master SEO bukanlah jasa yang murah. Kita perlu merogoh kocek cukup dalam jika ingin menggunakan jasa ahli SEO. Lantas, bagaimana jika tak punya cukup biaya? Tenang, kita bisa mempelajari teknik SEO secara otodidak.

Belajar Mengenal SEO

Meski bukan perkara mudah, SEO merupakan ilmu yang bisa dipelajari. Jika kita tekun, kita pasti bisa menguasainya dengan mudah. Namun, sebelum itu, kita harus paham dulu tentang SEO off page dan SEO on page agar lebih mudah menerapkannya.

SEO On Page

Sesuai namanya, SEO jenis ini dilakukan dengan cara membangun optimasi melalui halaman website. Trik inilah yang biasa dilakukan oleh master SEO dalam meningkatkan popularitas website yang sudah ada sebelumnya. Jadi, optimasi dibangun melalui konten atau artikel yang dimuat dalam website.

Untuk menerapkan SEO on page, Anda harus memperhatikan beberapa unsur berikut:

  • Pemilihan kata kunci

Kata kunci adalah hal sangat penting jika ingin halaman website kita muncul di laman pertama mesin pencarian. Pastikan kata kunci yang kita gunakan familiar bagi pengguna internet, padat, dan mengandung informasi yang banyak dibutuhkan. Jika kesulitan menemukan kata kunci yang tepat, kita bisa menggunakan bantuan Google Key Planner. Melalui Google Key Planner, kita bisa menemukan kata kunci yang banyak dicari pengguna internet serta kata kunci turunan yang juga harus dimasukkan dalam artikel.

  • Density

Sudah menemukan kata kunci yang tepat? Kini saatnya kita memikirkan cara untuk menyisipkan kata kunci tersebut dalam artikel. Sisipkan kata kunci senatural mungkin karena mesin pencari lebih suka SEO friendly dibandingkan artikel yang kaku.

Pastikan pula kita memperhatikan density atau kepadatan kata kunci. Amannya, kata kunci minimal muncul 1,5% hingga 4% dari jumlah kata artikel yang ditulis. Peletakannya pun harus menyebar, yakni 1 kali di 100 kata pertama, 1 kali di 100 kata terakhir, muncul pada heading, judul, dan sisanya menyebar.

  • Meta

Anda mungkin masih awam dengan yang dinamakan meta. Namun, jika kita menggunakan CMS instan layaknya wordpress, maka kita bisa menemukannya dengan mudah. Meta membantu kita mengatur judul dan deskripsi yang akan muncul saat artikel dibagikan melalui sosial media. Hal ini memungkinkan artikel memiliki dua judul berbeda, satu judul saat dilakukan pencarian kata kunci dan satu judul lagi yang bisa dibuat lebih santai untuk keperluan sharing melalui media sosial.

  • Alt Tag

Alt tag bisa kita sisipkan melalui gambar yang ada pada artikel. Kita wajib menyisipkan kata kunci sebagai Alt tag gambar agar gambar juga muncul saat seseorang mencari gambar yang relevan dengan kata kunci.

  • Internal Link

Internal link merupakan link artikel lain yang disisipkan melalui sebuah artikel. Penempatannnya bebas, yang terpenting tidak pada paragraf pertama. Kita bisa menyisipkannya dengan menambah link pada kalimat dalam artikel atau menuliskan ‘Baca Juga’ yang kemudian diikuti dengan judul dan link artikel.

  • Link

Terakhir, kita perlu memperhatikan link yang digunakan untuk publish artikel. Umumnya, link digenerate secara otomatis. Namun, kita tetap bisa mengaturnya sehingga lebih familiar. Untuk lebih mudahnya, ganti link dengan kata kunci utama yang kita gunakan.

SEO Off Page

Selain SEO on page, ada pula SEO off page yang juga perlu kita ketahui. Berbeda dengan SEO on page yang membangun optimasi langsung melalui website yang bersangkutan, SEO off page mencoba meningkatkan popularitas website melalui website lain. Untuk menerapkan trik SEO yang satu ini, beberapa hal yang perlu kita perhatikan, antara lain:

  • Penerapan back link

SEO off page diterapkan dengan cara mengarahkan pembaca dari website lain ke website kita. Nah, link yang digunakan untuk mengarahkan pembaca inilah yang disebut sebagai back link. Umumnya, pembaca tak akan menyadari jika mereka diarahkan ke website.

  • Popularitas website

SEO off page memang menjadi salah satu andalan master SEO karena memang sudah terbukti ampuh, Namun, kita yang ingin menerapkannya harus sangat memperhatikan popularitas website yang dipasangi back link. Pastikan website tersebut cukup populer sehingga mendongkrak popularitas website kita dengan cepat.

  • Kredibilitas website

Selain populer, website yang digunakan untuk memasang back link haruslah website terpercaya. Pengunjung website pastinya akan lebih percaya jika kredibilitas website sudah teruji. Pada hal ini yang dimaksud adalah kebenaran informasi yang disampaikan.

  • Usia website

Usia website yang dipasangi back link juga sangat mempengaruhi keberhasilan SEO nantinya. Jadi, pastikan kita memasang back link pada website yang sudah cukup lama berdiri dan rutin meng-update artikel.

  • Kesesuaian website induk dengan website kita

Selain beberapa hal di atas, kita juga harus memperhatikan kesesuaian website yang dipasangi back link dengan website kita. Pastikan website tersebut memiliki tema atau pembahasan serupa sehingga link yang dipasang ‘nyambung’ dengan pembahasan artikel. Jadi, pembaca tak merasa dilempar pada website dengan informasi yang sebenarnya tak mereka butuhkan.

Nah, itulah tadi beberapa hal yang perlu kita ketahui tentang teknik SEO. Sudah paham dan ingin mencobanya sekarang? Sebaiknya, kita memantau hasil SEO dari hari ke hari dengan mencoba mencari kata kunci yang dibidik melalui mesin pencarian. Catat ranking website kita di mesin pencari, di halaman berapa dan di nomor berapa. Adakah perubahan setiap harinya?

Jika kita berhasil menerapkan teknik SEO pada sebuah website, bukan tak mungkin hal tersebut menjadi ladang uang yang baru untuk kita. Kita bisa menjadi pakar SEO dengan bayaran tak sedikit dan bahkan bisa besar daripada bayaran dari adsense. Jika masih belum yakin dengan kemampuan yang dimiliki, kita bisa memulai dengan menawarkan jasa penulisan artikel SEO yang umumnya lebih mahal dibandingkan artikel biasa.

Namun, jika ingin menawarkan jasa SEO ada satu hal yang perlu kita ingat, yakni dunia SEO yang terus berkembag seiring dengan berkembangnya algoritma yang diterapkan oleh mesin pencarian. Jadi, kita harus terus meng-upgrade kemampuan kita, jika tak ingin ketinggalan dengan master SEO lainnya. Butuh jasa master SEO? Cek di sini.

Tinggalkan Balasan