SEO Checker, Pantau Keberhasilan SEO Lebih Mudah

  • by
SEO Checker

SEO merupakan salah satu teknik untuk meningkatkan traffic website hingga akhirnya dapat meningkatkan penghasilan Anda melalui periklanan maupun penjualan produk. SEO juga menjadi upaya untuk meningkatkan brand awareness sehingga website atau produk yang Anda tawarkan lebih dikenal serta akrab dengan mesin pencari.

Berbicara soal teknik SEO, sebenarnya ada banyak sekali jenis yang bisa Anda gunakan. Namun, yang paling dasar adalah dengan membuat artikel berbasis SEO. Artikel tersebut akan membuat website Anda muncul di urutan teratas saat pengguna internet menuliskan kata kunci yang relevan.

Selain teknik ini, sebenarnya ada pula cara menerapkan SEO melalui HTML dan SEO off page. Hanya saja, teknik ini cenderung lebih sulit dipelajari sehingga Anda mungkin membutuhkan jasa SEO agency dan menggunakan SEO checker untuk mengetahui keberhasilannya.

SEO Checker

Baca juga: Cerdas Pilih Jasa SEO Terpercaya, Simak Tips Memilih Jasa SEO Berikut!

Sudah Menerapkan SEO? Pantau Perkembangan Website Anda dengan Tools Cek SEO

Ada dua jenis tools cek SEO, yang pertama adalah untuk melihat keberhasilan optimasi website Anda di mata Google. Sedangkan yang kedua adalah untuk mengecek seberapa besar keberhasilan Anda menerapkan SEO dalam sebuah artikel. Untuk lebih jelasnya, perhatikan penjelasan berikut!

Keberhasilan SEO untuk Website

Keberhasilan yang dimaksud di sini adalah keberhasilan SEO secara keseluruhan, mulai dari crawling, indexing, hingga ranking. Apa itu crawling, indexing dan ranking?

Crawling merupakan proses pencarian semua halaman website di internet untuk kemudian diserap informasinya. Google biasa menggunakan web spider untuk melakukan proses ini. Tujuannya adalah untuk mengetahui informasi apa yang disediakan oleh website. Oleh karena itu, dalam teknik SEO penting bagi Anda untuk memastikan sebuah website memiliki tema yang paten.

Sementara itu, indexing merupakan proses penyimpanan data yang didapat dari hasil crawling dalam mesin pencari. Misalkan saja website Anda memiliki tema kesehatan dan memuat informasi tentang penyakit jantung. Maka, website Anda akan diberi index pada kelompok informasi penyakit jantung.

Sedangkan soal ranking juga masih erat kaitannya dengan crawling dan indexing. Mesin pencari akan melakukan perangkingan terhadap website Anda berdasarkan tingkat relevansi kata kunci dan informasi yang dimuat. Lantas, bagaimana menghasilkan crawling, indexing, dan rangking yang baik di mata mesin pencari?

Setelah menerapkan SEO dan mengetahui hasil crawling, indexing, dan ranking, Anda tak hanya mengukur keberhasilan website Anda semata. Melainkan juga harus mencari tahu apa penyebab website Anda kurang familiar bagi mesin pencari. Hal inilah yang juga menjadi kelebihan SEO checker, yakni mendapatkan list masalah yang menghambat website Anda menjadi page one. Untuk mengetahui masalah SEO dengan lebih jelas, Anda bisa memanfaatkan bantuan SEO Analysis.

Masalah paling umum yang menyebabkan website gagal menjadi familiar di mata mesin pencari adalah adalah nama website yang dipilih. Sesuaikan nama website yang dipilih dengan tema atau informasi dalam website. Pilihlah nama yang mudah diingat dan banyak dicari oleh pengguna internet. Misalnya, Anda ingin membuat website yang berisi tutorial, maka http://tutorialsederhana.com bisa menjadi pilihan tepat. Atau, Anda juga bisa menggunakan domain lain seperti id, co, cc, dan lain sebagainya.

Selain itu, mengupdate informasi website setiap hari juga tak kalah pentingnya. Jadwalkan penerbitan artikel secara rutin karena Google lebih senang dengan website yang selalu mengupdate informasi.Semakin lengkap informasi yang disajikan dalam website, maka semakin tinggi peluang website tersebut menjadi page one. Anda juga harus ingat jika pemilik website lain yang serupa mungkin saja mengupdate informasi dengan cepat sehingga mereka bisa menggeser ranking website Anda di mata mesin pencari. Jadi, jangan terlalu santai jika website Anda sudah berhasil menduduki peringkat atas.

Keberhasilan SEO untuk Artikel

Selain mengukur keberhasilan optimasi website, SEO Checker juga berguna untuk mengukur keberhasilan optimasi dalam sebuah artikel. Hal ini sangat penting karena artikel yang memenuhi standar SEO akan menunjang popularitas website Anda. Misalnya saja, Anda memiliki sebuah artikel tentang khasiat seledri, maka Anda bisa mengecek keberhasilan SEO artikel tersebut melalui link artikel dengan memanfaatkan SEO tools yang sudah banyak tersebar di internet.

Pengukuran SEO sebuah artikel umumnya dipengaruhi oleh pemilihan kata kunci. Semakin populer kata kunci yang Anda gunakan, maka semakin baik pula nilai artikel tersebut di mata mesin pencari. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kata kunci turunan yang digunakan. Untuk memudahkan pembuatan artikel SEO semacam ini, Anda bisa memanfaatkan google key planner yang bisa Anda akses secara gratis.

LSI juga tak kalah pentingnya karena mesin pencari memiliki algoritma yang cerdas. Adanya LSI memunginkan mesin pencari menyerap arti sebuah artikel secara utuh dan kemudian mencocokannya dengan informasi yang diinginkan pengguna internet. LSI diproses berdasarkan pembacaan kalimat secara utuh.

Nah, selain memperhatikan isi artikel yang meliputi judul, LSI, kata kunci, dan diksi, Anda juga harus memperhatikan struktur artikel sebelum mempublikasikannya. Sudahkah artikel tersebut memiliki meta, deskripsi, link yang mengandung kata kunci, tag, dan gambar pendukung? Perhatikan setiap komponen tersebut karena sangat mempengaruhi kualitas artikel Anda di mata mesin pencari.

Kemudahan yang Ditawarkan SEO Checker

Anda mungkin bertanya-tanya, mengapa harus menggunakan alat cek SEO? Padahal, jika sudah mengetahui rumus pakemnya Anda bisa memperkirakan keberhasilan sebuah artikel sendiri.

Nah, kuncinya ada di kata memperkirakan. Bukankah jika hanya memperkirakan Anda tak akan pernah mengetahui hasilnya secara pasti? Anda tak akan tahu ada di peringkat berapa website Anda saat ini. Anda juga mungkin akan kesulitan menemukan penghambat website Anda menjadi page one.

Sebenarnya, Anda bisa saja mengetahui ranking website Anda dengan melakukan pencarian secara manual melalui mesin pencari. Namun, hal ini tentu saja memakan banyak waktu. Anda harus mengetikkan kata kunci yang dibidik satu per satu lalu menulis hasilnya secara manual. Apalagi, proses pengecekkan semacam ini tak hanya dilakukan sekali, namun secara berkala untuk mengetahui perkembangan hasil optimasi. Jika sudah demikian, pasti akan sangat merepotkan bukan?

Berbeda halnya jika Anda menggunakan checker khusus SEO, Anda hanya perlu sekali klik untuk memantau hasil optimasi laman website Anda. Bukan hanya itu, website Anda juga akan dianalisis penyebab kegagalan optimasi yang terjadi. Tak jarang, beberapa tools juga menyediakan saran optimasi yang harus Anda lakukan sehingga website Anda bisa nampak di page one mesin pencari dengan cepat.

Menawarkan berbagai kemudahan, menariknya tools SEO bisa Anda nikmati secara gratis. Cukup banyak Tools SEO gratisan yang tersebar di internet, misalnya saja Technical SEO, SEO Analyzer, dan masih banyak lagi. Tak perlu takut soal hasil yang ditampilkan. Meski gratis, tools SEO tersebut sudah terbukti menampilkan hasil yang akurat.

Bagaimana, tertarik menggunakan SEO Checker? Selain tools ini, ada pula jenis tools lain yang mendukung keberhasilan optimasi Anda, misalnya saja plagiarism checker untuk mendeteksi keunikan artikel dan Spell Checker untuk mendeteksi typo.

Tinggalkan Balasan