SEO Youtube, Dapatkan Jutaan Viewers dan Subscriber dengan Cara Ini!

  • by
seo youtube

Sejak 2016 dunia Youtube Indonesia mengalami perkembangan yang sangat pesat. sejak saat itu muncullah youtubers besar Indonesia seperti Raditya Dika, Atta Halilintar, Ria Ricis, dan masih banyak youtuber lainnya yang memiliki jutaan subscriber. Videonya pun tak jarang tampil di trending YouTube Indonesia. Selain youtuber besar yang barusan disebutin, banyak juga bermunculan content creator baru yang ingin mencoba peruntungan di dunia YouTube Indonesia. Sebagian content creator yang berhasil mendapatkan viewers dan subscribers yang besar melanjutkan karirnya di dunia YouTube Indonesia. Sedangkan sebagian lainnya yang channel-nya ngga berkembang, memilih untuk tidak melanjutkan kiprahnya di dunia YouTube lagi.

Sama seperti bisnis online lainnya YouTube juga memerlukan trik-trik khusus supaya kita berhasil di sana. Sebagai Youtuber, kita kudu banget nerapin SEO YouTube. Search engine optimization memiliki tujuan untuk memaksimalkan situs website atau video YouTube supaya dapat terindex oleh Google dan muncul di laman hasil pencarian. Optimasi SEO biasanya menargetkan supaya konten yang kita miliki menempati laman pertama hasil pencarian. Dengan begini maka kita akan mendapatkan trafik yang bagus untuk situs kita dalam dunia YouTube menempati halaman pertama hasil pencarian Google akan meningkatkan fokus dengan sangat signifikan.

seo youtube

Baca juga: Kembangkan Bisnis Online, Persiapkan Websitemu dengan SEO Engine!

Langkah-langkah Mengoptimasi Konten di YouTube

Lalu, gimana langkah-langkah yang kudu kita lakukin untuk optimasi SEO YouTube? Sama ngga, sih, SEO di YouTube dengan SEO pada website? Dan gimana caranya ngebuat video YouTube yang baik?

Ini dia penjelasan lengkapnya.

  • Riset keyword untuk melihat trend pencarian

Hal pertama yang harus dilakukan ketika kita akan membuat tim alisasi YouTube kita adalah melakukan riset atau penelitian terhadap kata kunci atau keyword. Keyword merupakan kata-kata yang biasa dicari oleh pengguna internet pada search engine seperti Google. Seorang content creator, mau itu di website ato di YouTube, harus ngelakuin riset keyword ini untuk mengetahui trend keyword yang lagi banyak dicari sama pengguna internet. Tujuan dari melakukan riset keyword adalah untuk mendapatkan an-nur yang tepat untuk membuat konten yang benar-benar dibutuhkan oleh pengguna internet.

Kita bisa memuat memanfaatkan Google Trends untuk melakukan riset keyword. Setelah kita mengumpulkan keyword yang banyak dicari orang di Google atau keyword yang sedang trend, langkah selanjutnya adalah memilah keyword yang sekiranya tidak memiliki banyak pesaing. Pakailah keyword yang berkaitan dengan utama, tapi ngga terlalu umum.

  • Video berkualitas tinggi

Langkah kedua untuk memaksimalkan SEO di video Youtube adalah melakukan eksekusi pembuatan video. Perhatikan kualitas video yang akan kita unggah di YouTube. Penonton lebih senang menonton melihat video yang dibuat dengan baik dan tidak asal-asalan. Artinya dari saat pengambilan video, editing, dan rendering, creator memperhatikan detail video seperti runtutan garis cerita video, dan shot yang tepat. mengedit video YouTube tidak perlu terlalu heboh, lakukan secukupnya asalkan nonton mampu menangkap pesan yang ingin kita sampaikan dengan baik dan jelas. Video terbaik di YouTube adalah video yang original, hindari melakukan pencurian konten dari orang lain walaupun sedikit.

Dalam editing video sebaiknya sertakan subtitle dalam beberapa bahasa seperti Indonesia dan Inggris. Subtitle ini sangat berguna bagi mereka yang memiliki keterbatasan pendengaran atau tuna rungu supaya mereka tetap bisa menikmati konten video di YouTube.

Durasi video YouTube juga harus diperhatikan selain kualitas durasi juga menjadi hal yang sangat penting dalam meningkatkan SEO di  situs berbagi video, YouTube. Untuk bisa mengambil keuntungan dari video youtube atau melakukan monetisasi terdapat aturan mengenai durasi dari pihak YouTube. Menurut aturan terbaru, durasi minimal agar sebuah video bisa di monetisasi adalah 10 menit.

Thumbnail atau gambar sampul dari video YouTube merupakan aspek yang tidak kalah pentingnya. Thumbnail berguna untuk menggambarkan atau mendeskripsikan isi dari video. usahakan membuat thumbnail yang membuat orang tertarik sehingga mengklik video kita untuk ditonton. Thumbnail yang mencolok dan eye catching mampu meningkatkan jumlah klik terhadap video YouTube yang telah dibuat.

  • Optimasi Metadata

Untuk melakukan optimasi SEO youtube, kita juga perlu melakukan optimasi metadata. Optimasi ini meliputi di mana kita meletakkan keyword yang telah kita dapatkan dari analisis pada langkah pertama tadi. Pertama, sisipkan keyword pada judul video YouTube. carilah judul video yang relevan dengan keyword yang telah didapatkan. Semakin relevan dengan kata kunci, semakin besar pula kemungkinan video kita terindex oleh Google dan tampil di halaman pertama hasil pencarian.

Selain ngemasukkin kata kunci pada judul video, deskripsi video juga sebaiknya mengandung kata kunci atau keyword. Deskripsi video bakal nongol di halaman pencarian Google sebelum pengguna search engine ngeklik video. Taruh keyword pada bagian awal deskripsi video supaya terlihat pada hasil pencarian Google. Penggunaan tanda pagar aka hashtag juga penting untuk mendapatkan viewers lebih banyak dari penggunaan hashtag tersebut.

  • Promosi untuk meningkatkan jangkauan

Hal keempat yang harus dilakukan seorang youtuber untuk meningkatkan jumlah views dan jumlah subscribers adalah melakukan promosi. Pada tahap awal pembuatan channel dan video YouTube, tentunya kita belum mendapatkan banyak views ataupun subscribers. Untuk dapetin views dan subscribers, seorang youtuber pemula wajib hukumnya buat promosi. Promosi bisa dilakukan kepada teman teman ataupun keluarga degan bantuan media sosial. Kalo kita punya modal yang lebih, sih, kita bisa juga pasang iklan berbayar di media sosial kayak Instagram, Facebook, dan Twitter.

Nah, kalo kita uda dapet subscriber yang cukup banyak, kita sebagai youtuber bisa ngebangun komunitas atau fanbase. Dengan adanya fanbase ini diharapkan jangkauan YouTube kita akan meluas. Teruslah konsisten melakukan promosi sampai kita mendapatkan viewers dan subscribers yang besar untuk channel YouTube milik kita.

  • Evaluasi untuk meningkatkan kualitas channel youtube

Evaluasi menjadi langkah penutup dalam optimasi seo YouTube. Evaluasi sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas video yang akan kita buat selanjutnya. Hal ini harus dilakukan untuk mendapatkan kepuasan dari penonton channel kita. YouTube sendiri sudah dilengkapi dengan fitur analistik yang membantu kreatornya untuk melakukan evaluasi terhadap konten-konten yang telah dibuat sebelumnya. Fitur ini bernama Youtube Analystics. Dari fitur ini, seorang YouTube creator bisa melihat jumlah subscribers, views dari setiap video, dan lamanya waktu menonton video. Dari data ini, kita bisa melihat data video yang lebih digemari oleh penonton.

Siap Jadi Youtuber?? Sekarang Saatnya!

Lima langkah lengkap untuk meningkatkan optimasi SEO youtube di atas terbukti mampu meningkatkan jumlah subscribers dan viewers. Satu hal yang menarik dari YouTube adalah kita bisa memonetisasi setiap video yang telah kita buat. Artinya, kita bisa ngedapetin duit dari Google dan/atau dari YouTube hanya dengan ngebuat dan ngeposting video-video kita. Mantep ngga, tuh?

YouTube bukan lagi sekadar media untuk mengekspresikan ide-ide yang kita miliki, tapi bisa juga dijadiin ladang bisnis yang punya potensi yang gede untuk berhasil, lho. Ngga heran kalo setiap harinya bermunculan youtuber baru. Satu hal yang paling penting ketika kita memulai bisnis, mau online ataupun offline, konsistensi harus menjadi prioritas. Jadi, uda siap untuk mulai buat channel YouTube dan membuat video-video yang menarik, belum? Tunggu apa lagi, sih. Ayo, mulai dari sekarang bareng kita!

Tinggalkan Balasan