Jasa Web Design, Apa Saja yang Perlu Diperhatikan?

  • by
jasa web design

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan dalam Design Website?

Proses pembuatan website bukan perkara mudah. Selain kemampuan coding yang mumpuni, kita juga harus punya skill design agar website yang dihasilkan menarik dan nyaman di sisi pengguna. Dengan demikian, pengunjung website akan betah berlama-lama mengunjungi website kita. Kita mungkin mikir untuk pake CMS dan template gratisan aja, untuk nyeleseiin semuanya. So, kita ngga perlu lagi menggunakan jasa web design. Mayan, hemat budget, ye kan. 

jasa web design

Baca juga: Jasa SEO Indonesia, Temukan Peluang Bisnis Baru

Tapi, masalahnya sebenarnya nggak semudah itu #masbro / #mbakbro. Menggunakan template gratisan artinya memungkinkan website kita memiliki kesamaan dengan website lain. Jadi, bisa aja website kita jadi keliatan kurang profesional dan ngga memiliki ciri unik.

Solusi tepat kalo kita mau punya website dengan design yang baik adalah dengan memperhatikan pakem-pakem dalam design website tersebut. Jadi, mendesain web ngga bisa asal suka dan sesuai selera. Ada aturan yang kudu diperhatikan agar website tak hanya sesuai dengan kita, namun juga nyaman di sisi pengguna.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Design Website

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membangun website. Hal tersebut antara lain :

  • Pemilihan Warna

Warna adalah elemen yang paling menentukan kenyamanan pengguna memandang sebuah website. Warna tak hanya menjadi cerminan brand sebuah website, tapi juga menjadi visual yang harus sangat diperhatikan.

Jasa web design biasanya akan menggunakan warna dasar website yang tidak terlalu mencolok. Hal ini untuk menghindari pengalihan perhatian pengunjung website ke arah warna dibandingkan informasi yang ingin disampaikan dalam website.

Sebelum merekomendasikan warna, developer website akan menanyakan terlebih dahulu tentang kesan yang mau kita munculin lewat website kita, apakah kesan yang ceria, profesional, atau lainnya. Hal ini penting dilakukan untuk memastikan website kita bener-bener mencerminkan karakter yang kita mau.

  • Pemilihan Font

Selain warna, font juga tak kalah pentingnya untuk diperhatikan. Kita harus memilih font dengan ukuran yang ngga terlalu kecil dan juga tak terlalu besar. Soal ukuran pasti font tak bisa didefiniskan dengan angka karena sangat dipengaruhi oleh jenis font yang digunakan.

Selain itu, pastikan pula kita memilih jenis font yang mudah dibaca oleh pengguna. Sebisa mungkin hindari alphabet latin atau yang terlalu rumit. Kita mungkin memandangnya sebagai tulisan indah, namun bisa aja pengunjung website kita ada yang kesulitan membaca dan tak bisa fokus menangkap informasi karena sibuk mencerna bentuk hurufnya.

Terakhir, kita juga kudu mikirin warna font yang sesuai. Pastikan kita memilih warna font yang kontras dengan background biar pembaca lebih mudah membaca tulisan yang dimuat di website.

  • Design Visual

Design visual yang dipilih harus selaras dan harmonis jika dipandang secara keseluruhan. Mulai dari pemilihan warna hingga font harus pas sehingga halaman website terlihat sebagai kesatuan yang utuh.

Selain itu, jika website menggunakan gambar pendukung sebagai point of interest, maka gambar tersebut harus sangat diperhatikan, mulai dari kesesuainnya dengan tema website, ukuran, serta peletakannya.

Cara paling mudah untuk mengetahui seberapa baik design visual yang kita terapkan adalah dengan memposisikan diri sebagai pembaca. Sudahkah kita merasa nyaman dengan tampilan website?

  • Layout

Layout atau tata letak website yang baik adalah layout yang sederhana. Oleh karena itu, minimalisir penggunaan elemen yang tak penting. Pastiin juga jarak antar elemen cukup lebar sehingga pengunjung bisa menemukan informasi yang mereka butuhkan dengan mudah. Kalo website kita kebanyakan elemen, maka perhatian pengunjung web akan teralih.

  • Mudah Digunakan

Jasa web design tak akan pernah sembarangan memilih layout demi kenyamanan pengunjung website. Website yang baik harus memiliki layout yang mudah dipahami oleh pengunjung website sehingga mereka bisa menemukan apa yang mereka cari dengan mudah.

  • Menu Navigasi yang Jelas

Masih menjadi bagian layout, navigasi yang digunakan pada website juga harus jelas. Gunakan istilah yang mudah dipahami pengunjung website sehingga pengunjung lebih mudah berinteraksi melalui menu yang disediakan.

  • Jangan Lupakan Logo

Logo website adalah hal yang paling sering dilupakan. Banyak yang lupa mengganti logo website pada halaman tab. Logo juga seringkali tak disertakan pada halaman utama website. Padahal, keberadaan logo sangat penting untuk memperkuat cintra dan brand website itu sendiri.

Apa Jadinya Jika Design Web Tak Tepat?

Banyak orang yang berpikiran jika menggunakan jasa web design hanya buang-buang uang dan menganggap kesalahan design bukan hal yang berakibat fatal. Padahal, kesalahan design bisa membuat pengunjung website berkurang. Pengunjung website yang tak nyaman bisa saja meninggalkan website begitu mendapat informasi yang dibutuhkan. Parahnya, pengunjung website bisa saja langsung pergi tanpa membaca informasi apapun karena sudah tak tertarik begitu melihat tampilan website.

Ibaratnya, design web sama halnya dengan design rumah. Jika dibuat dengan apik, tentu saja tamu yang berkunjung akan betah berlama-lama bukan? Bahkan, bisa saja mereka merubah tujuannya mendatangi rumah kita. Mereka yang semula hanya memiliki satu tujuan utama, bisa saja mencoba mencari hal menarik lain demi alasan bisa lebih lama berada di rumah kita. Pun demikian dengan website yang membuat pengunjung betah berlama-lama jika di desain dengan bagus dan nyaman di mata.

Kita perlu sadar jika website tak sama seperti televisi ataupun majalah yang membuat penggunanya mencari informasi secara pasif. Website merupakan situs interaktif yang harus mampu memahami apa yang diinginkan penggunanya. Jadi, menyediakan informasi yang berguna saja tidak akan cukup tanpa desain yang memudahkan pengunjung menggali informasi dan menyampaikan apa yang mereka butuhkan.

Sudah memahami pentingnya web desain dan aspek-aspek yang perlu diperhatikan dalam mendesain web? Jika sudah, silahkan ukur kemampuan kita, sudah bisakah kita memenuhi semua aspek penting yang dibutuhkan dalam mendesain web? Kalo uda, kita bisa membangun website kita sendiri. Tapi kalo belum, kita bisa menggunakan jasa design web yang terpercaya untuk ngebantu kita mewujudkan website yang baik dan profesional.

Ada banyak jasa web design yang bisa membantu kita. Kita bisa menemukan mereka melalui iklan yang dipasang di media online. Salah satunya, di sini. Namun, jangan sembarangan memilih jasa design kalo kita ngga mau uang yang kita uda keluarin kebuang sia-sia. Jangan sampai, nih, kita uda bayar mahal, ehhh, justru diberi design yang berasal dari template gratisan. Ngga banget, kan?

Lantas, gimana cara ngatasinnya?

So, biar nggak ketipu, pilihlah jasa yang memang sudah teruji, seperti di Kekitaan.

Kita bisa liat dari portofolio mereka. Sudah berapa banyak website yang berhasil mereka design? Perhatikan pula hasil design mereka, sudahkah nyaman menurut mata kita?

Agar terhindar dari penipuan penjualan template gratis, kita juga bisa menyusun design kasar website kita sendiri. Bilang aja sama penyedia jasa design tentang tema, logo, dan alur kerja website yang kita mau. Jangan serahin sepenuhnya sama penyedia jasa dan hanya ingin terima jadi. Hal yang demikian hanya akan membuat website kita kehilangan ciri unik dan dibuat bukan berdasarkan selera serta karakter website kita, namun berdasarkan keinginan penyedia jasa design web yang kita gunakan.

Tinggalkan Balasan