SEO YouTube: Ayok Belajar 9 Panduan Terbaru nya

  • by

Salam #MasBro #MbakBro

Ngomong-ngomong udah pada tau belom apa itu SEO Youtube ?

Kalo belom kita kasih tau dulu ya. Jadi SEO itu singkatan dari Search Engine Optimization. Tujuannya itu biar bisa menangin persaingan di hasil pencarian kayak Mbah Google atau video di Youtube. Jadi konten kita itu bisa muncul di halaman pertama pencarian. Kalo udah begitu, peluang buat di klik atau di tonton di Youtube itu gede banget #MasBro #MbakBro.

Sampe sini paham kan gimana SEO itu penting banget buat konten-konten kita?

Oiya, buat artikel yang ini kita fokus bahas SEO Youtube aja ya #MasBro #MbakBro. Kalo SEO buat Mbah Google mah kayaknya udah biasa dibahas deh. Kalo SEO Youtube kan jarang. Tau sendirilah Youtube itu lagi kenceng banget. Gak heran deh kalo sekarang itu banyak artis yang juga maen Youtube buat dapetin duit.

Eitzzz tunggu dulu #MasBro #MbakBro. Semuanya itu tetep aja perlu yang namanya strategi khusus. Nah, salah satunya itu SEO Youtube. Mungkin sebagian baru pada denger kali yak?

Makanya kita bahas dimari #MasBro #MbakBro biar semuanya jelas. Karna berbagi pengetahuan itu kan juga ibadah. Ya gak?

Jadi optimasi SEO Youtube itu dijalanin biar yang liat video kita itu banyak. Kalo yang liat video banyak, otomatis pengikutnya juga bakal nambah terus. Contohnya bisa kita liat deh itu si Atta Halilintar yang pengikutnya sekarang sampe 20 juta lebih. Kita yakin Atta juga pake strategi yang sama kok. Itulah pentingnya SEO Youtube #MasBro #MbakBro. Kalo pengikutnya banyak kan rejeki juga bakalan nambah. Udah hukum alam itu mah.

Nah, terus caranya optimasi SEO Youtube gimana #MasBro #MbakBro supaya konten video yang udah cape-cape kita bikin muncul di halaman pertama pencarian?

Pasti pada penasaran kan?

Makanya tetep pantengin artikelnya sampe abis ya. Jangan di skip ntar nyesel loh. Calon Youtuber pokoknya wajib tau nih.

Eiittzzz tapi tunggu dulu #MasBro #MbakBro. Pastiin dulu ya #MasBro #MbakBro udah pada punya akun Youtube. Kalo emang belom punya ya bikin dululah. Gimana mau optimasi SEO kalo akun Youtube aja gak punya. Terus apa yang mau dioptimasi #MasBro #MbakBro?

Gampang aja sih #MasBro #MbakBro. Buat kalian yang belom punya akun Youtube, kita kasih tau step-stepnya ya. Karna ini gampang banget deh. Tapi alangkah baiknya sih mending dicatet deh langkah-langkahnya.

  1. Login dulu aja ke akun Google yang kita punya. Gak mungkin dong gak punya akun Google. Pasti punya dong. Yaudah login aja dulu deh.
  2. Nah kalo udah login, sekarang tinggal buka situs Youtube aja kayak Anak sekarang mah udah pada bisalah ya gak perlu diajarin lagi cara buka Youtube kayak gimana.
  3. Nah buat yang mau bikin akun Youtube tuh harus klik opsi My Channel. Posisinya kalo gak salah itu ada di bagian kiri situs Youtube. Coba aja cari-cari dulu, kalo gak ketemu juga bisa komen di artikel ini ya.
  4. Kalo udah, selanjutnya tuh ada beberapa pilihan. Ya, buat bikin akun Youtube itu muncul dua pilihan, apa mau pake nama asli atau pake nama lain buat channel Youtube kita nanti.
  5. Nah terus lanjut klik link To Use A Business or Other Name, Click Here. Kalo udah pasti langsung diarahin ke halaman baru. Ikutin aja dulu petunjuknya, karna pake Bahasa Indonesia jadi lebih gampang deh.
  6. Kalo udah, baru kita bisa masukin nama channel buat Youtube baru kita. Jangan lupa juga centang di bagian I Agree To The Pages Terms yang artinya kita itu setuju dengan ketentuan yang Youtube kasih.
  7. Yaudah terakhir klik done. Taraaaaa.. akun Youtube udah jadi deh. Tinggal kita masuk ke cara gimana mau optimasi SEO Youtube-nya. Biar videonya banyak yang nonton dan kita bisa dapet duit yang banyak dari Youtube.

Gimana Sih Cara Buktiin Views di Youtube Organik Ato Ga karya rachit tank

Apa aja sih langkah-langkahnya?

1. Jumlah View dan Waktu Menonton Video

Tau ga #MasBro #MbakBro
Jumlah view Youtube lebih diperhitungin daripada total subscriber.
Bukan berarti subscriber jadi ga perlu ya, tetep perlu.
Jadi semakin banyak jumlah view video peringkatnya perlahan juga akan ikut naik.

Untuk rata-rata waktu menonton video di Youtube dapat diliat berdasarkan grafik Analytics. #MasBro #MbakBro bisa liat gimana performa dari channel tersebut sejak pertama kali dibuat.
Waktu menonton rata-rata pengguna juga bisa diliat dari kartu analisis di Youtube Studio pada channel. Disana bakalan nampilin data perbandingan terkait durasi dan jumlah penayangan, serta grafik secara terperinci.
Tapi kita cuma bisa grafik statistik dari channel sendiri, bukan channel orang lain.

2. Ngeriset Kata Kunci

Jangan lupa dicatet dan diinget ya. Jadi yang pertama itu harus riset kata kunci (keyword) #MasBro #MbakBro. Sama aja sih kayak riset kata kunci buat keperluan website. Jangan lupa cari kata kunci itu mulai dari kata kunci utama, turunan sampe sinonimnya yak. Jangan sampe salah, karna ini penting banget.

Jadi usahain kalian itu bisa nemuin kata kunci sesuai dengan tema videonya yak. Jangan sampe salah kamar. Masa iya temanya otomotif cari kata kuncinya kuliner. Kan itu salah kamar namanya. Ini penting banget #MasBro #MbakBro buat nentuin trending enggaknya video yang udah dibuat. Jangan sampe kita udah cape-cape bikin video tapi ga hasilin apa-apa. Kan sayang banget. Bukan begitu…

Caranya gimana?

a. Nentuin kata kunci (keyword)

Apa yang kebanyakan orang lakuin waktu lagi nyari video?

Ketik kata kunci kan?

Sama kayak artikel, pencarian konten pake kata kunci dapat menjadi dasar kita untuk membuat judul apa di video selanjutnya.

Ada yang namanya exact-match keyword pada judul video YouTube. Nah, Menurut #MasBro seorang pakar seo, itu bakal bantu video kita untuk bisa muncul pada kata kunci tersebut.

Kalo butuh cari ide, pake fitur Google Trends aja. Cari banyak enggaknya ato persaingannya gimana. Fitur ini canggih dah pokoknya. Kita juga bisa liat udah berapa kali itu kata kunci dicari tiap bulan. Nah itu yang bakal jadi patokan kita nanti.

Masih di dalem poin ini ya #MasBro #MbakBro. Coba deh sering-sering liat yang lagi tren di Youtube. Caranya ada dua buat liat Youtube yang lagi tren, yang pertama itu dari autocomplete yang ada di kolom pencarian, terus yang kedua itu bisa langsung diliat dari tab trendingnya #MasBro #MbakBro.

b. Nentuin potensi jumlah penonton vs kekuatan channel

Kenali seberapa besar daya saing channel kita di mesin pencari YouTube. Artinya, jika kita pengen memilih satu kata kunci, pilihlah yang memang persaingan hasil pencarian video nya sebanding dengan level channel punya kita.

Tau ga?

Kalo pun pencarian untuk suatu kata kunci tinggi, belum tentu loh kata kunci itu bagus untuk channel kita. Kalo memungkinkan nih, carilah kata kunci pencarian yang memang belum ada video yang menjawab pertanyaan tersebut, hampir dapat dipastiin video yang kita buat nantinya akan tampil di mesin pencari.

c. Tools untuk riset kata kunci

Ada beragam cara buat ngelakuin riset kata kunci di Youtube. Cara pertama yaitu dengan pake alat atau tools khusus buat pencarian kata kunci ini. Beberapa contoh tools tersebut seperti aplikasi keywordtools.io, VidIQ, SEMrush, Ahrefs, hingga plugin atau ekstensi pada browser yaitu Keywords Everywhere.

Tools yang paling direkomendasiin adalah Ahrefs premium yang memang cukup akurat berdasarkan aktivitas crawler nya yang disebut-sebut teraktif kedua di dunia setelah Googlebot.

d. Riset kata kunci manual

Selain cara di atas, kita juga dapat lakuin cara manual untuk riset kata kunci yakni dengan manfaatin kolom pencarian. Cukup dengan ngetik 1 kata kunci yang kira-kira bakalan diambil di kolom pencarian Youtube. Selanjutnya, akan muncul beberapa baris keyword suggestion yang bisa kita jadiin acuan untuk pembuatan konten video ke depan.

3. Kualitas Video Jangan Jelek

Sama aja sih kayak website yang dituntut bikin konten bagus. Nah ini sama juga buat Youtube. Content Creatornya juga harus bikin video dengan kualitas paling kece. Jangan kaleng-kaleng ya. Kalo kata kuncinya sesuai sama tema terus kualitas videonya juga kece, itu udah pasti konten kita bakalan ada di atas terus.

Intinya kualitas editing juga perlu diliat ya. Video yang dibikin pastiin itu punya #MasBro #MbakBro yang udah puyeng mikirin konten siang malem. Jangan sampe comot karya orang lain karna itu tindakan kriminal dan gak bagus. Terus jangan lupa thumbnail dibuat semenarik mungkin ya. Biar orang pertama kali liat itu langsung tergugah hehee..

Oiya biar video kita bisa ada di atas atau setidaknya masuk ke dalem pencarian Youtube, itu artinya video yang kita bikin bagus banget dan Youtube juga nganggepnya video kita udah paling sesuai banget sama kata kuncinya yang tadi udah kita cari-cari.

Masih ada nih #MasBro #MbakBro, jangan lupa juga buat merhatiin kualitas dari editing video yang udah kita bikin ya. Usahain editingnya bener-bener mantep deh biar bisa viral yang otomatis bakalan datengin banyak pengunjung ke Youtube kita.

Pesan dari kita sih ya jangan pake cara instan deh ya #MasBro #MbakBro buat dapetin kedudukan di Youtube. Yang penting mah mending kontennya asli bikinan sendiri tapi isinya itu berkualitas #MasBro #MbakBro. Udah gitu, optimasi SEO-nya juga kudu bener-bener nih biar bisa dapet view banyak.

Masih dalem poin ini ya, janga lupa juga durasinya perlu diperhatiin. Karna ini bisa nentuin apa nanti kontennya bisa gampang diindeks apa enggak. Biasanya sih para content creator bikin video di atas 5 menit biar bisa dimonetisasi. Video dengan durasi ini juga udah punya syarat untuk dimonetisasi seperti dimunculkan Adsense.

Terakhir dari poin ini tuh usahain bikin video yang bikin orang lain itu share dan diliat berkali-kali. Karna klo begitu udah pasti jumlah pengikut atau lebih bekennya itu subscriber bakalan nambah terus deh. Usahain juga subscriber kita terus-terusan ikutan nonton video kita selanjutnya ya, biar mereka jadi langganan.

4. Nentuin Judul dan Deskripsi Video

Cara Nentuin Judul :
1. Nentuin judul video jangan asal;
2. Harus unik;
3. Harus mengandung kata kunci;
4. Ideal ga lebih dari 50 karakter dengan minimal 1 kata kunci.

Selain judul, penting buat ngisi bagian Deskripsi. Jangan pernah abaikan deskripsi. Deskripsi yang mengandung kata kunci akan membantu naikin pencarian di Youtube.

Cara Nulis Deskripsi :
1. Deskripsi yang baik antara 200 hingga 350 karakter;
2. Kalimat yang sederhana, informatif, dan mudah dipahami penonton.
3. Jangan pake kalimat yang terlalu banyak dan ga penting. Karna penonton bisa bosen.

5. Perhatiin Durasi ato Panjang Video
Video yang bakalan diposting di akun Youtube biasanya lewat proses editing lebih dulu. Dalam proses ini, pengguna akan ngebuang bagian yang rasanya kurang pas.

Tau ga #MasBro #MbakBro :
1. Durasi panjang video saat editing harus diperhatiin;
2. Idealnya, durasi video di Youtube adalah 10 – 16 menit (durasi sedang);
3. Video yang terlalu panjang = penonton bosan dan unggah (upload) lama.

Jika video yang akan diposting memakan waktu hingga satu jam, bagi aja jadi 4-5 bagian.

Kenapa :
1. Lebih efisien dan hemat waktu;
2. Bisa jadi stok konten.

6. Metadata

Nah, kata kunci yang udah cape-cape kita cari langsung aja diselipin di judul. Jangan lupa judulnya juga dibikin menarik ya biar orang seneng dan langsung klik deh. Karna ini bisa jadi umpan buat yang nonton. Kalo bisa sih ditaro paling depan kata kuncinya. Yang penting jangan lupa, penulisan judul cuma bisa sampe 60 karakter doang ya.

Pastiin judul yang dibikin itu udah sesuai banget sama isi videonya. Kalo gak sesuai nanti dapet rapot jelek dari Youtube terus diturunin deh dari pencarian. Kan repot.

Pokoknya sebisa mungkin sih kata kuncinya itu diselipin di beberapa karakter bagian depan judul. Biasanya judul di Youtube itu ada sekitar 60 karakter, nah itu nanti tinggal disesuaiin aja deh ya. Karna kalo lebih dari 60 karakter ntar dipotong otomatis sama Youtube. Sayang aja gitu loh. Apalagi kalo konten yang kita bikin udah bagus banget menurut kita.

Oiya #MasBro #MbakBro kata kunci juga bukan cuma buat judul aja ya, tapi juga harus ada di deskripsi. Jangan sampe kolom deskripsi video ini kosong ya, karna itu juga berpengaruh banget. Pokoknya usahain kata kunci nyelip disitu ya #MasBro #MbakBro.

Tag juga penting banget nih #MasBro #MbakBro buat optimasi metadata. Jadi kata kunci juga harus dimasukin ke tag ya biar gampang keditek juga di Youtube. Bukan cuma Youtube doang sih tapi Google juga bakalan ngeditek.

Oiya hashtag juga penting nih #MasBro #MbakBro. Inget hashtag sama tag itu beda ya. Kalo hashtag itu bentuknya kayak tanda pagar gitu #MasBro #MbakBro. Terus kata kunci juga jangan lupa dijadiin hashtag ya. Karna ntar pas waktu tagar diklik itu Youtube bakal nampilin video dari tagar yang sama, jadi kemungkin video yang udah kita bikin juga bakalan ada disana.

Hasil riset kata kunci bisa diaplikasikan pula dalam bentuk tags. Youtube bakalan ngebaca kata kunci tags yang  kita cantumin pas ada yang pake tombol search. Itulah kenapa pake tags berpengaruh banget ke rangking video youtube.

Tau ga #MasBro #MbakBro :
1. Cantumin kata pada satu tags pake 2 – 3 frasa;
2. Biar maksimal pake 31 – 40 keyword tags yang unik dan berbeda.
3. Jangan pake kata kunci yang ga berhubungan dan ga diriset dulu.

Oh iya perlu hati-hati pake kata kunci tags yang terlalu banyak dan ga relevan ya. Bisa jadi malah nurunin performa video. Jadi, pilihlah produk-produk Indonesia. Eh, pilih lah produk-produk kata kunci yang relevan.

7. Thumbnail Video

Nah terakhir dari sisi poin pembuatan video. Jangan lupa bikin thumbnail yang isi di dalemnya itu ada kata kuncinya. Pokoknya usahain letakin kata kunci disitu secara proporsional dan jangan berlebihan ya.

8. Promosiin Video

Kalo semua cara di atas tadi udah diikutin, selanjutnya adalah promosiin. Karna promosi itu penting #MasBro #MbakBro biar semua orang tau kalo kita tuh punya Youtube hahaha..

Caranya gimana?

Ya bisa promosiin lewat sosmed kayak facebook, twitter atau bisa juga lewat instagram. Jangan lupa tanem link biar mereka langsung klik dan tertuju ke Youtube kita. Biasanya ini efektif tau buat datengin penunjung. Cobain aja kalo gak percaya mah.

Ga munafik deh ya kalo sekarang itu sosial media punya peran penting buat promosi, ya termasuk promosiin video kita di Youtube. Jadi kalo udah bikin video jangan lupa kita bagiin ke temen-temen kita yang ada di sosial media kayak facebook, twitter, Instagram. Itu jangan sampe lupa tuh. Karna ampuh bener dah pokoknya sosial media mah.

Terus jangan lupa kalo nanti Youtube kita udah gede terus punya penggemar yang banyak, jangan lupa buat komunikasi sama mereka, jangan diem-diem bae ya. Contoh kecilnya aja deh, kalo ada yang komen di video Youtube kita ya dibales gitu loh. Kalo dibales kan bisa kasih kebahagiaan sendiri buat yang komen. Atau setidaknya kasih tanda like deh biar setidaknya itu ada interaksi.

Nah, ini kalo misalnya modal kita buat Youtube agak gede, ya gak ada salahnya lah kita iklanin lewat Google Adsense. Karna kalo cuma ngandelin posting-posting kayak gitu aja gak terlalu kuat #MasBro #MbakBro. Nah kalo kita iklan di Google Adsense, kemungkinan buat dapetin pengunjung dan subscriber itu gede banget deh.

Cara daftar Google Adsense gimana sih?

Nah yang pertama itu login aja ke channel Youtube kita. Terus cara keduanya masuk menu pengaturan atau setting yang nantinya akan diarahin ke bagian dashboard studio yang isinya tuh kumpulan dari pengaturan biar kita gampang kelola Youtube kita.

Terus abis itu pencet opsi Others Features – Monetization yang bakalan bawa kita ke halaman Youtuber Partner Program. Nah, halaman ini tuh isinya tahapan buat daftar Youtube Adsense mulai dari persetujuan Youtube Partner Program, Ngubungin akun Youtube sama Adsense, terus pengaturan pemilihan monetisasi, terakhir review kalo udah dapet 4000 jam tayang dan 1000 subscriber.

9. Evaluasi Video

Langkah terakhir tinggal evaluasi aja deh. Apa cara yang kita jalanin di atas itu berhasil apa gak. Caranya, buka Studio Youtube terus cari Analytics. Diklik aja coba. Entar muncul gambar kayak gini nih.

Dimari kita bakal liat banyak fitur mulai dari jumlah yang liat video kita ada berapa orang, terus waktu nontonnya juga ada, jumlah pengikut dan banyak lagi deh pokoknya.

Nah dengan data ini tuh ya kita bisa tau apa konten kita bagus gaknya. Jadi bisa dibuat bahan review juga sih biar kedepannya itu kita bikin konten lebih bagus lagi #MasBro #MbakBro.

Kayaknya itu aja cukup deh. Mudah-mudahan semuanya pada ngerti ya. Tapi buat yang belum ngerti tinggal kasih komen aja sih di bawah ntar kita bales komennya.

Tapi sebelum kita udahin artikel ini, satu pesen dari kita adalah jangan lupa buat ajak penonton video Youtube kita buat like, subscribe dan komen. Karna itu juga jadi salah satu interaksi antara kita dengan penonton video kita.

Biasanya Youtuber itu ngajakin penonton buat like, subscribe dan komen itu bisa di awal atau di akhir video. Tapi rata-rata ajakan itu adanya di paling depan video sih. Dengan ajakan tersebut bisa pengaruhin mereka buat langganan dari video yang kita bikin.

Bukan cuma itu aja, jangan lupa juga buat selalu komunikasi yang sering sama penonton video kita. Karna itu bisa datengin untung besar kalo kita secara konsisten ngerjainnya.

10. Lakuin Boosting dengan Video Baru

Gak nutup kemungkinan kalo video yang sudah lama diunggahkan terus diliat sama penonton Youtube. Apalagi kalo video baru ngebuat penonton terpaksa nontonnya biar paham sama alurnya.

Tau ga #MasBro #MbakBro :
Ga perlu khawatir video lama tertimbun video baru. Orang youtube udah mikirin itu kok. Justru video baru bakal bantu boosting video lama agar terus naik.
Itu kenapa kosisten itu penting.
Video baru yang unik bakal “mancing” penonton buat cari video-video lain dari channel kita.

11. Menempatkan Embed dan Link

Tag embed dan link itu beda ya. Tapi saling berhubungan.

Tag embed itu kode script berupa HTML buat nampilin konten video pada suatu laman website atau blog maupun media sosial. Sedangkan link itu sumber atau rujukan dari suatu situs.

Tau ga #MasBro #MbakBro :
Kalo punya blog ato website, ada baiknya …
1. Meng-embed video Youtube.
Secara ga langsung akan memperbagus SEO.
2. Link yang dikaitkan ke blog ato website pada video di YouTube.
a. Masukin ke deskripsi.
b. Bantu promoin blog ato website kita.

12. Bangun dan Pelihara Channel

Channel bisa dibilang wadah buat unggah video. Butuh alamat email dan akun biar bisa punya sebuah channel.

Berbagai postingan video bakalan ditonton dan disubscribe sama penonton yang suka sama tayangan kita. Selain jumlah view dan subscribe, komentar dan like juga bakalan menggiring video biar naik.

Tau ga #MasBro #MbakBro :
Kalo mau serius di youtube saatnya belajar konsisten. Konsistensi unggah video secara rutin dan berkala di  membuat kita akan dapat “perhatian”secara karya di Youtube.

Persaingan unggahan video sebagai pemilik channel Youtube atau content creator ngebuat kita harus lebih kreatif lagi dalam nyiptain konten. Jadi, dengan kata lain konten yang kita buat gak boleh monoton biar penonton tertarik untuk terus ngunjungin channel kita.

Selain itu, terapin teknik SEO ke video Youtube dengan benar dan teratur karna hal ini tuh salah satu trik yang bakalan numbuhin rasa optimis kalo peringkat video kita bakalan menanjak secara perlahan sampe jadi trending.

Oke deh #MasBro #MbakBro. Kayaknya itu aja ya artikel SEO Youtube yang kita bahas kali ini. Mudah-mudahan aja bisa jadi bahan bacaan yang bermanfaat buat kalian semua.

Ada pertanyaan lagi soal SEO Youtube ?

Seneng bisa berbagi.

Pasti bermanfaat.

Kata kunci lain yang sering dicari …
belajar seo youtube, cara seo youtube, panduan seo youtube, youtube seo, seo youtube 2019, optimasi youtube, riset kata kunci youtube, cara optimasi seo youtube, cara membuat seo youtube, cara optimasi youtube, optimasi seo youtube, seo youtube 2018, teknik seo youtube, cara riset kata kunci youtube, seo youtube adalah, cara menggunakan seo youtube, trik seo youtube, cara optimasi video youtube, cara seo youtube 2018, optimasi video youtube, cara optimasi channel youtube, tips seo youtube, cara meningkatkan seo youtube, seo di youtube, cara belajar seo youtube, tutorial seo youtube, cara menggunakan seo di youtube, cara optimasi seo video youtube, cara setting seo youtube, cara seo video youtube,

Tinggalkan Balasan