Kalo Lapar ya Makan Bukan Curhat

  • by

Salam #MasBro #MbakBro

Lampu dirumah mu nyala ga?

Nah, itu hasil karya Tommy.

Tommy, panggilan Thomas Alva Edison. Ternyata Tommy bukan orang pintar sejak awal.

Dia waktu kecil pernah dititip surat sama gurunya untuk dikasih ke orangtuanya. Sampe dirumah Tommy kasih surat nya ke Mamaknya.

Setelah membaca Mamaknya nangis. Karna penasaran Tommy bilang ke Mamaknya. Bacain dong Ma, aku mau tau. “Anak Ibu jenius, ga ada guru yang mampu ngajarnya. Jadi silahkan Ibu ajari sendiri”.

Akhirnya, sejak kecil Tommy udah mulai belajar sendiri dan bereksperimen. Masih kecil udah buat laboratorium sendiri, bedah katak sendiri, sampe akhirnya dia ciptain lampu pijar. Pada akhirnya hidupnya Tommy punya 1000an hak paten.

Suatu saat saat dia udah dikenal jenius saat udah dewasa. Dia nemu surat titipan dari gurunya itu. Dia baca dan isinya ternyata … “Anak Ibu bodoh, ga ada guru yang mampu ngajarnya. Jadi silahkan Ibu ajari sendiri”.

Setelah baca itu Tommy nangis. Lalu buat buku dengan kutipan lantang, aku bodoh tapi karna Mamakku bilang aku jenius. Maka aku jadi jenius seperti sekarang.

1 kata mengubah dunia. Pentingnya memahami dampaknya sebuah kata-kata.

Kalo kata-kata yang positif dari seorang Mama bisa merubah hidup Tommy. Bahkan mengubah dunia menjadi terang. Karna lampu ciptaan Tommy. Bayangin gimana kekuatan kata-kata.

Perkataan bisa merubah hidup seseorang. Perkataan juga bisa mengutuk hidup seseorang. Perkataan punya dampak dan kuasa.

Tapi …

Bukan perkataan itu sendiri yang punya kuasa. Jadinya mantra dong. Tapi karna perkataan itu memberi dampak.

Nelson Mandela saat dipenjara 27 tahun. Termasuk orang dikit ngomong meski dia hasilin banyak tulisan selama dipenjara.

Jadi ayokk kuasai 2 hal …

1. Kuasai kata-kata

Siapa bisa kuasai kata-katanya maka jauh dari masalah. You will eat what you say.

Ada penelitian yang menghitung jumlah kata-kata yang diucapin sama pria dan wanita. Rata-ratanya adalah Laki-laki 7000 kata / hari dan Perempuan 20.000 / hari.

Berapa % dari situ kata-kata yang diucapin untuk hal baik?

Bayangkan kalo 50% dari ribuan kata itu negatif. Berapa banyak kejadian yang kita rusak. Banyak hati yang kita sakiti.

2. Kuasai diri

Luka yang kita buat karna perkataan akan membekas ke orang lain. Seperti luka bisa sembuh akan ada bekasnya. Gitu juga sama perkataan.

Kecil itu berarti. Ada yang traktir kita minum nih. Trus kita disuruh pilih minuman paling mahal. Tapi sebelum minum kita ditantang untuk tetesin 1 ujung jarum racun dalam minumannya. Mau minum ga?

Bercanda tentang fisik temen itu lucu. Ketawa karna temen jatuh itu lucu. Tapi itu hal kecil yang ga baik.

Kita perlu kuasai diri dari hal-hal kecil yang buruk.

Jadi kalo gitu …

1. Belajar kuasai diri dengan perkataan negatif;

Sekarang ini lidah kita ga jahat. Tapi perkataan jempol. Lakuin hal bener untuk dapatin hal bener. Kalo lapar ya makan bukan curhat. “Lapar nih”. Kalo gemuk ya olahraga bukan pake baju berwarna gelap.

2. Belajar berbicara positif;

Suatu hari saat Stephen lagi nunggu dideket ruang UGD. Ada perawat yang teriak-teriak minggir sambil dorong pasien. Ada pasien yang terluka tangannya mulai dari lengan bawah sampe sebelum ibu jari. Luka sobek lebarnya 2cm. Darah kemana-mana.

Pasien yang terluka itu orang rajin. Dia setiap hari rapihin pagar tanamannya. Sampe suatu hari dia ga sadar gagang pisau lepas dan melukai dirinya sendiri.

Begitu juga kata-kata, kalo kita ga bisa kuasai. Bukan cuma lukai orang lain tapi juga diri kita sendiri.

3. Lakuin 1 dan 2 itu terus menerus.

Pemenang ada bukan karna kebetulan tapi karna hasil latian terus menerus.

Jadi …

Siap berkata-kata positif, siap menjadi Mama Tommy selanjutnya? Siap menjadi Tommy yang selanjutnya?

Inovasi apa yang bisa kita ciptain buat dunia ini?

Seneng bisa berbagi.

Pasti bermanfaat.

Mauliate

Tinggalkan Balasan