Gimana Sih Perkembangan Instagram Marketing 2020?

  • by

Salam #MasBro #MbakBro

Ngomong-ngomong udah pada tau belom gimana perkembangan pemasaran instagram 2020?

Bahasa kerennya Instagram Marketing 2020 lah.

Sebagai pemilik online shop sepertinya harus mengikuti tren dalam dunia marketing, terutama di Instagram. Kenapa? Supaya konten yang disajikan gak ketinggalan zaman, sekaligus bisa jadi trendsetter. Tapi gak sedikit pemilik online shop yang kesulitan untuk mengikuti perkembangan zaman. Entah karena gaptek, males nyari info, atau gak bisa catch up dengan tren yang ada.

Menurut Social Media Today, jaman sekarang Instagram makin populer. Bukan hanya dikalangan pengguna atau konten pribadi aja, tapi juga pada e-commerce. Untuk itu, supaya #Masbro dan #Mbakbro gak ketinggalan zaman di awal tahun 2020, simak beberapa prediksi tren Instagram Marketing dibawah ini.

Alami Itu Segalanya

Kalo sebelumnya Instagram sangat identik dengan unggahan foto yang terlihat heboh alias editannya beragam; mulai dari pemilihan filter, stiker, kolase, dan sebagainya. Di tahun 2020 ini, banyak foto-foto yang ditampilkan dengan kesan lebih ‘keseharian’, seperti menampilkan foto makanan, foto buku yang dibaca.

Mengutip dari Digital Squad, Instagram pada 2020 gak lagi akan dipenuhi dengan foto-foto penuh warna dan bersaturasi tinggi, sebaliknya adalah dengan tren ‘estetika’ foto-foto alami (No Edit).

Bukan berarti gak diedit sama sekali ya. Foto perlu tetap diedit tapi lebih terkesan simple. Cukup menyesuaikan brightness, contrast, temperature, saturation, dan sebagainya.

Instagram Story Lebih Unggul

Ig story bakal jadi yang lebih diminati. Kenapa? Karena interaksi yang terjadi berupa reply; yang langsung masuk ke direct message pribadi. Jadi ‘komentar’ akan terasa lebih personal, karena hanya kita aja yang bisa lihat.

Berangkat dari fakta ini, Instagram kemudian melakukan banyak perkembangan, terutama pada fitur-fitur yang ada di Instagram Story. Misalnya questions, stiker, filterpolling, dan sebagainya.

Trus Gimana Cara Manfaatin Fitur Instagram Story Untuk Bisnis?

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan fitur ini, beberapa diantaranya adalah:

  1. Buat Informasi

Banyak orang butuh informasi yang bermanfaat. Tentunya bisa tentang produk, atau bisa juga tentang informasi menarik yang sesuai dengan target market #Masbro dan #Mbakbro. Misalkan produk yang dijual adalah sepatu pria, informasi diberikan bisa tentang cara merawat sepatu kulit, cara mencuci sepatu yang baik, cara membuat sepatu selalu wangi, dll. Pokoknya informasi apapun yang berkaitan dengan produk itu.

Cara lain yang agak nyeleneh juga bisa diikuti, seperti membuat informasi tentang ‘pola PDKT dengan wanita’. Memang gak berkaitan dengan produk, tapi berkaitan dengan market. Ingat, yang mereka butuhkan adalah informasi untuk mereka, jadi gak melulu tentang produk!

2. Behind The Scene

Buat IG Story ala selebgram saat packing barang, saat produk terbaru baru saja datang dan masuk gudang, saat pemotretan produk, atau saat produk sedang diproduksi. Hal itu bisa meningkatkan trust dari penonton terhadap produk, jasa, atau brand yang kita tawarkan.

3. Call to Action

Sekarang #Masbro dan #Mbakbro bisa memasukan link kedalam IG Stories (followers harus banyak). Ini bermanfaat saat akan mengadakan promo atau saat sedang membuat lead magnet.

Kalo belum bisa memanfaatkan fitur ini, maka letakan link di Bio dan CTA yang berisi tentang perintah untuk klik link di bio sebagai ganti dari “swipe up.”

4. Testimonial

Karena sekarang Ig story lebih diminati daripada feed, hal yang bisa dilakukan adalah unggah testimony pelanggan mengenai produk kita disana. Ini akan bermanfaat dalam meningkatkan kepercaan pelanggan/ penonton. Ig story dinilai lebih organik dan relevan dibanding feed.

5. Story Telling

Story telling ini biasanya sangat baik untuk #Masbro dan #Mbakbro yang berjualan jasa konsultasi atau edukasi. Kalian bisa membuat story telling seperti layaknya kultwit di Twitter dengan membaginya menjadi beberapa bagian cerita.

Pastinya dengan story telling, followers dibuat lebih tanggap dan paham. Beberapa contoh bisa lihat diakun @Jouska_ID untuk benchmark, karena IG stories-nya sangat menarik.

Kalo #Masbro dan #Mbakbro udah pernah buat IG stories dalam bentuk story telling, langkah selanjutnya adalah atur story jadi “highlight”. Ini supaya story mudah dilihat oleh followers ga hilang dengan cepat kayak Ig story.

6.Template Kekinian

Fitur yang lagi booming ini adalah template yang memperbolehkan penonton untuk memilih antara A atau B.
Contoh:

5 things about me

Teh – Kopi
Motor – Mobil
Bisnis – Karyawan
Baca Buku – Nonton Video
Introvert – Extrovert

Dengan membuat template pilihan seperti ini serta mencantumkan akun kita, misal @komunitaspengusahamuda, maka viewer akan bertambah dengan cepat dan jadi viral. Tentunya konten yang diunggah perlu disesuaikan dengan target market yang dituju.

Baca juga: Manfaat Fitur Insta Story Untuk Meningkatkan Penjualan Online Shop Anda!

7. Tampilkan Feeds Terbaru

Seperti yang udah dibahas diatas, jaman sekarang banyak orang yang lebih memilih Ig stories dibanding feed. Ditambah lagi algoritma baru Instagram yang gak langsung menampilkan upload-an di waktu yang sama. Karena itu kita perlu mengakalinya dengan unggah screenshot feed home Instagram. Hasil screenshot dilingkari supaya audiens tanggap dengan unggahan terbaru pada feed kita. Jangan lupa kasi keterangan tentang kontennya ya.

Keterangan itu berdasarkan tentang apa yang ingin ditampilkan. Misalnya; produk baru, diskon, promo 50%, cek caption pada foto ini, info penting, dan lain sebagainya. Intinya audiens diarahkan untuk melihat feed terbaru akun instagram.

8. Instagram Menghapus Fitur Like

Di beberapa negara penghapusan fitur ‘Like’ sudah terjadi, termasuk Indonesia. Kebijakan ini akan dilakukan secara global pada tahun 2020. Hal ini bertujuan untuk menanggulangi dampak negatif secara psikologis dari Instagram, seperti gangguan kecemasan sampai gangguan depresi. Pasalnya, banyak banget pengguna yang merasa sedang berkompetisi dalam hal jumlah ‘Like’ yang didapat.

Misalnya, akun A punya 7.000 likes difoto unggahannya, sedangkan akun B hanya memiliki 1.000 likes. Perbedaan ini dianggap kesenjangan dan menimbulkan rasa iri antar pengguna. Pemilik akun B jadi depresi karena ekpektasi nya gak tercapai.

Dengan penghapusan fitur ‘Like’ ini, diharapkan gk ada lagi yang merasa tersaingi dan bisa fokus untuk membuat konten yang menarik.

Wah kalo ga ada like, gimana jalin engagement di Instagram?

Buat Caption Yang Singkat Tapi Penuh Makna

Gak ada salahnya membuat caption yang panjang. Hanya saja, pengguna lebih suka dengan caption yang singkat, padat dan bermakna alias relatable. Caption yang menjual adalah juga yang bisa bikin pembaca merasa kalo “ini gue banget.”

Dengan demikian, caption bakal mengundang banyak like dan komentar dalam feed instagram.

Diakhiri Dengan Kalimat Tanya

Sisipkan pertanyaan pada caption untuk mengundang banyak komentar. Bisa dengan meng-unggah 2 produk yang sama tapi dalam 2 desain yang berbeda. Setelah itu tulis caption seperti ini; “Anda lebih suka yang kanan atau kiri?”

Bisa  juga bikin pertanyaan lain yang mengundang komentar lebih banyak dari biasanya. Karena dengan kalimat tanya, followers akan terpancing untuk menjawab dan ikut berinteraksi. Kemudian kalo mereka sudah komentar, jangan dianggurin ya. Balaslah komentar mereka supaya tercipta interaksi yang lebih intens.

Berikan Hashtag

Setelah menulis caption yang sesuai, buatlah hashtag yang sesuai juga dengan isi postingan. Gak perlu terlalu banyak karena Instagram sekarang membatasi penggunaan hashtag dalam sebuah postingan.

Dengan hashtag yang sesuai dan simple akan memberikan efek elegan pada status #Masbro dan #Mbakbro. Hastag juga bakal membuat postingan #Masbro dan #Mbakbro muncul dalam pencaharian karena isinya yang berkaitan.

Gunakan Emoji

Emoji menjadi sarana yang cukup penting untuk membuat caption terlihat manis, lucu dan menguatkan kesan ramah. Penggunaan emoji-emoji ini juga harus sewajarnya. Jangan terlalu banyak. Emoji ini berfungsi sebagai penguat pesan. Misalnya, yang ditulis adalah tentang kesedihan, maka diakhir kalimat itu ditambahkan emoticon sedih untuk mendukung visual dan imajinasi pembaca.

Hati-hati Dengan Typo

Setelah membuat caption, baca ulang untuk meminimalisir typo. Gak pengen kan pembaca jadi salah persepsi dengan apa yang pengen disampein? Jadi telitilah caption sebelum diposting, karena akan dilihat banyak orang.

Buat Tulisan Terputus

Kalo pengen buat followers kepo, buatlah kata-kata diawal yang mengundang rasa ingin tau. Kemudian berikan titik-titik dan enter ke bawah untuk menciptakan ruang kosong. Hal tersebut akan mengundang banyak klik di “see more” agar bisa membaca caption.

Dengan begitu, maka interaksi akan terbangun dengan baik. Tentu aja caption harus bagus dan bermanfaat agar orang gak menyesal telah penasaran hehehe…

Sesuaikan Caption Dengan Foto atau Video

Caption adalah pendukung foto atau video yang diupload di instagram. Jadi antara apa yang diunggah dengan caption yang dibuat harus seiring, gak boleh berseberangan.

Sesuaikan caption yang dibuat dengan nuansa, suasana dan pesan yang ingin disampaikan lewat foto atau video yang mau diupload.

Tips menghadapi Perkembangan Instagram Marketing di 2020?

Berikut beberapa tips  untuk menyikapi perkembangan tren marketing supaya jadi lebih hitz

Punya Data

Perlu memiliki data untuk tau beberapa informasi mengenai audiens, apa yang sedang tren, dan sebagainya. Dengan begitu, konten yang disajikan tepat, relevan dan sesuai sasaran.

Milenials Bukanlah Target Pasar yang Tepat

Mungkin #Masbro dan #Mbakbro menganggap kaum milenials adalah target pasar yang tepat, apalagi didukung oleh fakta bahwa jumlahnya yang semakin banyak dan juga aktif menggunakan sosial media. Namun faktanya, milenials bukanlah target pasar yang tepat. Mereka bukanlah kaum yang bisa menghabiskan banyak uang untuk suatu hal.

Berdasarkan data dari Biro Pusat Statistik pada Februari 2019, usia 40-59 tahun merupakan target pasar yang paling banyak menghabiskan uang untuk membeli produk atau jasa. Nah jadi perlu dipikir-pikir lagi ya, siapa target pasar yang tepat.

Membuat Konten yang Tepat

Konten merupakan kunci utama ketika berbisnis online, terutama di Instagram. Konten yang sesuai alias tepat, tentunya akan membuat audiens menjadi lebih senang karena merasa relate dengan apa yang kita bagikan.

Engagement yang tinggi akan diperoleh kalau konten yang dibuat menarik, viral, bermanfaat, mengedukasi, dan relatable. Gak hanya itu aja, postingan akan mendapat banyak respon positif berupa likes, komentar atau share kemedia sosial media lainnya.

Nah, kalau engagement-nya tinggi, bisnis akan semakin ‘dikenal’ sehingga followers dan penjualan pun ikut meningkat.

Trus Gimana Membuat Konten Di Instagram?

Tentuin Tema

Tahap awal dalam membuat konten tentu saja tema. Biasanya tema disesuaikan dengan produk yang dijual. Misalnya, yang dijual produk untuk traveling. Maka #Masbro dan #Mbakbro bisa memilih konten yang bertemakan traveling. Contohnya; foto-foto pantai, gunung, tempat wisata dan sebagainya.

Nah, gambar produk Anda juga bisa disesuaikan. Misalnya #Masbro dan #Mbakbro sedang mempromosikan sepatu gunung, maka tema gambarnya bisa orang sedang naik gunung sambil menggunakan sepatu itu.

Selain itu, #Masbro dan #Mbakbro juga harus memperhatikan style dari kontennya. Mulai dari pemilihan warna, filter, logo, fontangle foto dan sebagainya. Ini sangat berpengaruh untuk identitas dari toko online milik #Masbro dan #Mbakbro.

Pake Kolase

Gunakan kolase untuk mempermudah audiens untuk melihat gambar produk secara detil. Tampilkan tampak samping, depan, dan belakang. Atau bisa juga menggunakan foto dan video album. Sebuah postingan kolase bisa memuat 10 foto atau video, keren kan?

Manfaatkan Photo Editor

Untuk mempercantik gambar maupun video, gunakan photo editor. Ada beberapa aplikasi photo editor yang bisa digunakan, seperti, VSCO, PhotoGrid, Canva, Watermark dan sebagainya. Beberapa fitur yang bisa dicoba antara lain adalah seperti brightnesscontrast, filter, crop dan sebagainya.

Percantik Caption

Tak lengkap rasanya bila ada konten tanpa caption di dalamnya. Fungsi utamanya adalah untuk menjelaskan konteks dari konten tersebut. Misalnya kalo upload gambar produk, kita bisa memberi informasi mengenai produk disana supaya lebih jelas. Informasi bisa berupa ukuran, warna, merek, dan sebagainya.

Atau bisa jugan dengan memberi caption “tag 3 temen kamu ya” ketika sedang mengadakan Giveaway. Nah, semua ini harus saling berkaitan; dari konten hingga caption yang dibuat. Selain itu, mempercantik caption juga diperlukan.

Apa yang dimaksud dengan mempercantik caption? Yaitu, bahasa yang digunakan. Biasanya bahasa yang digunakan disesuaikan dengan target market #Masbro dan #Mbakbro. Jika target market adalah anak muda, mungkin bahasa yang digunakan bisa lebih santai.

Dan yang terpenting adalah headline yang menarik. Jika headline bisa memancing audiens untuk membaca berarti #Masbro dan #Mbakbro telah berhasil mempercantik caption.

Gunakan Instagram Story

Salah satu fitur yang wajib #Masbro dan #Mbakbro coba adalah Instagram story. Kenapa? Karena fitur ini sangat menarik, apalagi jumlah pengguna fitur ini sudah mencapai 250 juta orang. Seperti yang udah dibahas diawal artikel, tahun ini pengguna akan lebih cenderung memilih menonton Ig story ketimbang melihat postingan pada feed.

Atur Waktu posting

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah mengatur waktu posting. #Masbro dan #Mbakbro bisa melakukan test di waktu yang berbeda dan melihat hasilnya. Mana postingan yang memiliki engagement lebih tinggi kalo diunggah pada waktu tertentu.

Atau bisa juga menggunakan tool marketing untuk mengatur waktu posting secara otomatis. Nah, prime time adalah waktu yang tepat untuk  posting, seperti jam 11 siang, 3 sore dan 9 malam. Biasanya diwaktu tersebut banyak pengguna Instagram yang sedang aktif.

Apalagi ditambah konten yang menarik, kemungkinan banyak orang akan mengikuti akun kita. Selain itu, masih banyak cara lain agar orang-orang jadi semangat untuk mem-follow. Banyak hal yang dapat dilakukan oleh para pelaku bisnis online dalam menghadapi perkembangan instagram marketing tahun 2020 ini.

Ingin tahu lebih banyak seputar Instagram marketing?

Apakah #Masbro dan #Mbakbro ingin…

a. Mendatangkan lebih banyak traffic untuk meningkatkan omset bisnis?
b. Tau cara mendatangkan followers yang ril dan ter-target?
c. Menjadi terkenal di Instagram?
d. Mendapatkan penghasilan tambahan dari Instagram tanpa mengganggu rutinitas?
e. Membuat Instagram menjadi social-proof buat bisnis agar lebih dipercaya oleh calon pelanggan?
f. Bisa bikin konten di Instagram tanpa harus pusing mikirin ide konten apa yang harus dipost setiap harinya?
g. Mau tau cara naikin followers tanpa harus pusing mikirin ide konten dan ngiklan?

Pastiin #MasBro #MbakBro menguasai..

  • Produksi: rahasia memproduksi konten yang mampu mendatangkan ratusan hingga ribuan followers baru setiap hari.
  • Optimasi: rahasia mendatangkan interaksi di akun Instagram dan optimasi agar followers meningkat.
  • Akselerasi: rahasia melejitkan pertumbuhan followers di Instagram tanpa ribet dalam waktu singkat.

Setelah itu, #Masbro dan #Mbakbro akan punya akun Instagram dengan tampilan menarik, segudang ide untuk konten setiap harinya, teknik closing yang ampuh membuat akun kalian banyak dikunjungi.

Dengan kata lain, kalian udah berhasil memiliki satu sistem yang bisa dijalankan sendiri.

Banyak kelas diluar sana yang mengharuskanuntuk membayar mahal tapi ZERO VALUE.

Tau ga #MasBro #MbakBro

Kasih fakta unik

Ada pertanyaan lagi soal marketing instagram 2020?

Seneng bisa berbagi.

Pasti bermanfaat.

Sumber Tulisan
alona.co.id

Kata kunci lain yang sering dicari …

Tinggalkan Balasan