Harga Rumah Dijual

Berapa Harga Rumah Dijual?

Pastiin rumah jualanmu harganya pas, Bro/Sist! Nah, biar nggak pusing, kita punya cara buat menentukan harganya.

Tips Simpel

  1. Ngertiin Nilai Tanah dan Bangunan Rumus dasarnya begini: Total Harga Tanah + Total Harga Bangunan. Cari info harga tanah di kantor kecamatan atau perbankan, atau pakai NJOP yang ada di struk PBB.
  2. Hitung Harga Tanah Contohnya, kamu punya tanah seluas 600 m² dengan harga Rp5 juta/m². Hitungnya gampang, tinggal kaliin aja, jadi Rp5 juta x 600 m² = Rp1 miliar.
  3. Hitung Harga Bangunan Kalo rumahnya ada di Catalia Residence 3 dengan harga Rp2 juta/m² dan total luas bangunan 600 m², hitungannya juga simpel: Rp2 juta x 600 m² = Rp1,2 miliar.
  4. Gunain NJOP (Nilai Jual Objek Pajak) NJOP jadi acuan buat nentuin harga rumah berdasarkan aturan pemerintah setempat. Hitungannya gini: (Luas Bangunan x NJOP per meter bangunan) + (Luas Tanah x NJOP per meter tanah). Cek NJOP di kantor pajak atau BPN.
  5. Nambahin Biaya Renovasi Kalo rumah ada renovasi, misalnya Rp10 juta, bisa ditambahin ke harga jual.
  6. Bandingin dengan Harga di Sekitar Cek harga rumah serupa di area sekitar. Jangan kebanyakan atau kelebihan murah, harus pas.
  7. Cek Kondisi Rumah Kalo rumah masih oke, bisa langsung jual. Kalo perlu renovasi, tambahin biaya renovasi ke harga jual.
  8. Perhatiin Lokasi Lokasi yang oke bikin harga rumahnya naik. Cek fasilitas dan infrastruktur di sekitarnya. Kalo berkembang pesat, harga bisa lebih tinggi.
  9. Cari Info di Situs Jual Beli Banyak situs jual beli properti yang bisa bantu. Cari referensi di situs-situs kayak 99.co Indonesia.
  10. Nanya Agen Properti Kalo masih bingung, tanya aja agen properti terpercaya. Mereka tau harga pasaran.
  11. Jangan Ngepasar Harganya harus masuk akal, jangan terlalu murah atau mahal banget. Gunain rasionalitas buat nentuin harga, bukan emosi.

Semoga tips ini membantu. Semoga sukses jualan rumahnya! 🏡💰

Sumber
Rachmi Arin Timomor. 2023. 9 Cara Menentukan Harga Jual Rumah dengan Mudah dan Tepat. kita baca pukul 07:46 WIB, Selasa, 31 Oktober 2023. https://www.99.co/id/panduan/cara-menentukan-harga-jual-rumah/

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *