Jual Rumah Bekas

Berapa Jual Rumah Bekas?

Menentukan Harga Jual Rumah Bekas yang Pas dan Tepat? Gak boleh sembarangan, nih. Biar dapat untung yang maksimal, kamu perlu nentuin harga yang pas. Yuk, simak caranya!

Faktor Penentu Harga Jual Rumah Bekas

Apa aja sih yang nentuin harga jual rumah bekas? Beberapa faktor penting yang bisa mempengaruhi harga rumah antara lain:

  1. Kondisi Pasar Properti
  2. Lokasi dan Akses
  3. Reputasi Pengembang
  4. Fasilitas Terdekat
  5. Keamanan Lingkungan
  6. Kondisi Interior dan Eksterior Rumah
  7. Potensi Perbaikan atau Renovasi
  8. Ukuran Rumah
  9. Luas dan Bentuk Tanah
  10. Kelengkapan Dokumen dan Sertifikat

Menurut Petty, Son, & Prestwich, ada juga faktor tak terduga yang bisa ngaruhin harga, misalnya lokasi yang nyaman buat parkir atau dekat pusat hiburan.

Cara Menentukan Harga Rumah Bekas dengan Tepat

Setelah paham faktor-faktornya, gimana caranya nentuin harga jual rumah bekas sebelum dijual? Ada tiga cara yang bisa kamu coba, seperti saran dari Ziauddin Iqbal, Market Intelligence Manager dari Pashouses.

  1. Harga Rata-rata Dikurangi Penyusutan
    • Bandingin sama harga rumah dan tanah di sekitar.
    • Perhatiin penyusutan nilai tahunan, terutama kalau rumahnya udah tua.
    • Contohnya, harga rata-rata rumah di area kamu Rp500.000.000, tanah Rp200.000.000, dan rumah udah berumur 10 tahun. Jadi, harga rumah bekas kamu bisa sekitar Rp630.000.000.
  2. Perhitungan Berdasarkan NJOP
    • NJOP ada di bukti pajak. Hitung harga rata-rata rumah dari NJOP, terus bandingin sama faktor lain buat dapetin harga yang lebih akurat.
    • Misalnya, NJOP rumah dan tanah kamu Rp2.000.000 dan Rp3.000.000 per meter persegi. Jadi, harga dasarnya Rp2.600.000.000.
  3. Perhitungan Berdasarkan Kelayakan
    • Hitung persentase kelayakan rumah. Misalnya, harga rata-rata rumah dan tanah Rp500.000.000, tapi kondisi rumah 80% bagus, 20% perlu perbaikan. Harga jual yang disesuaikan jadi Rp400.000.000.

Solusi Mudah: Gunakan PAS Estimator di Pashouses.id

Setelah dapetin harga yang menurut kamu cocok, pastiin juga tempat kamu jualannya tepat. Pashouses.id bisa jadi solusinya!

Mereka punya PAS Estimator, sistem kalkulasi harga rumah berdasarkan data dan sistem. Isi formulir penjualan rumah, dan kamu bisa dapetin perkiraan harga yang bisa jadi pegangan buat jualan.

Ingat, biar dapet pembeli yang oke, jual rumah bekas kamu di tempat yang tepat. Semangat jualan rumahnya! 🏡💰

Sumber
Pashouses. 2024. Tips Menentukan dan Meriset Harga Rumah Bekas. kita baca pukul 02:08 WIB hari Jumat, 5 Januari 2024. https://pashouses.id/pages/panduan/menjual-rumah/harga-rumah-bekas/

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *