Gaji Data Analyst

Berapa Gaji Data Analyst?

Perusahaan menawarkan gaji Data Analyst mulai dari Rp 5.500.000 hingga Rp 8.000.000, dan untuk posisi senior, gaji berkisar antara Rp 15.000.000 hingga Rp 25.000.000 per bulan.

Dengan tanggung jawab besar dalam mengelola operasional cabang secara keseluruhan, posisi ini menawarkan peluang karier yang menjanjikan.

Dengan tanggung jawab yang signifikan dalam mengelola data dan menghasilkan wawasan yang mendukung pengambilan keputusan, posisi Data Analyst tidak hanya menjanjikan dari segi kompensasi, tetapi juga memberikan peluang karier yang luas. Seiring dengan tanggung jawab yang diemban, Data Analyst memiliki kesempatan untuk mengembangkan diri menjadi peran-peran strategis lainnya dalam perusahaan.

Peran dan Tanggung Jawab Data Analyst

Pertama, seorang Data Analyst bertanggung jawab mengumpulkan data dari berbagai sumber seperti database internal, survei, atau data eksternal. Data yang dikumpulkan bisa mencakup angka penjualan, data pelanggan, atau bahkan informasi pasar yang penting untuk membantu strategi bisnis.

Data Analyst memegang peran kunci dalam membantu perusahaan membuat keputusan yang lebih baik. Mereka bertugas untuk mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data agar dapat memberikan rekomendasi yang tepat kepada manajemen. Proses ini melibatkan beberapa tahapan penting yang semuanya memiliki dampak signifikan pada operasi perusahaan.
Beberapa tugas utamanya meliputi:

  1. Mengumpulkan Data
    Data Analyst bertugas untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber seperti database internal, survei, atau data eksternal. Data ini bisa berupa angka penjualan, data pelanggan, atau informasi pasar.
  2. Menganalisis Data
    Setelah data terkumpul, mereka menggunakan berbagai teknik statistik dan perangkat lunak seperti Excel, SQL, atau Python untuk mengolah data tersebut. Tujuannya adalah menemukan pola atau tren yang bisa membantu bisnis.
  3. Membuat Laporan
    Hasil analisis data perlu disajikan dalam bentuk laporan yang jelas dan mudah dipahami. Biasanya, mereka akan membuat visualisasi data menggunakan alat seperti Tableau atau Power BI supaya tim lain bisa melihat data dengan lebih mudah.
  4. Memberikan Rekomendasi
    Data Analyst menganalisis data dan merekomendasikan perusahaan untuk mengambil langkah-langkah yang tepat. Mereka mengusulkan strategi pemasaran yang lebih efektif dan meningkatkan area yang memerlukan perbaikan dalam operasi bisnis.

Tanggung Jawab Utama

Selain menyelesaikan tugas-tugas di atas, seorang Data Analyst juga bertanggung jawab memastikan data yang digunakan akurat dan dapat dipercaya. Mereka juga harus menyajikan data dengan cara yang mudah dipahami oleh tim non-teknis. Tidak hanya itu, mereka perlu terus memperbarui pengetahuan tentang tren dan teknik baru dalam dunia analisis data untuk tetap relevan dan efektif dalam perannya.

  1. Memastikan data yang digunakan akurat dan bisa dipercaya.
  2. Menyajikan data dalam bentuk yang mudah dipahami oleh tim non-teknis.
  3. Terus memperbarui pengetahuan tentang tren dan teknik baru dalam analisis data.

Kualifikasi

Untuk menjadi Data Analyst, seseorang harus menguasai beberapa kualifikasi dan keterampilan.

Salah satu kualifikasi utama adalah pendidikan. Banyak Data Analyst yang memiliki latar belakang di bidang Matematika, Statistik, Ilmu Komputer, atau Ekonomi.

Kualifikasi Utama

  1. Pendidikan
    Biasanya, Data Analyst punya latar belakang pendidikan di bidang Matematika, Statistik, Ilmu Komputer, atau Ekonomi.
  2. Keterampilan Teknis
    1. Microsoft Excel: Dasar yang penting, terutama untuk mengolah dan menganalisis data sederhana.
    2. SQL: Kemampuan ini penting untuk mengambil data dari database.
    3. Alat Visualisasi: Seperti Tableau atau Power BI untuk menyajikan hasil analisis dalam bentuk grafis atau dashboard.
  3. Pemahaman Statistik
    Analisis data butuh pemahaman dasar tentang statistik, seperti mean, median, regresi, dan korelasi. Ini penting untuk memahami pola data dan menarik kesimpulan yang tepat.
  4. Kemampuan Problem Solving
    Data Analyst harus bisa berpikir kritis dan memecahkan masalah bisnis dengan pendekatan berbasis data. Kemampuan ini membantu mereka menemukan solusi yang berguna dari data yang ada.
  5. Komunikasi yang Baik
    Selain ahli dalam mengolah data, Data Analyst juga harus bisa menjelaskan hasil analisis mereka dengan jelas ke tim lain, terutama yang mungkin tidak paham soal teknis data.

Kualifikasi Tambahan:

  1. Pengalaman dengan big data atau machine learning akan jadi nilai plus.
  2. Pemahaman tentang industri tempat bekerja, misalnya e-commerce, keuangan, atau pemasaran, bisa membantu analisis lebih relevan dengan kebutuhan bisnis.

Pengen Tahu Lebih Banyak?

Selain posisi di atas, beberapa perusahaan lain juga membuka peluang karir untuk:

Penasaran dengan gaji posisi lainnya? Kunjungi situs resmi di berbagai jenis Koperasi atau platform pencarian kerja untuk informasi terbaru.

Senang berbagi.
Semoga informasi gaji Data Analyst ini bermanfaat.

Sumber: