Gaji Teknisi Kapal

Berapa Gaji Teknisi Kapal?

Di Indonesia, gaji teknisi kapal junior biasanya berkisar antara Rp5.000.000 hingga Rp8.000.000 per bulan. Untuk teknisi senior atau yang sudah berpengalaman, gaji bisa mencapai Rp10.000.000 hingga Rp20.000.000 per bulan.

Di luar negeri, gaji teknisi kapal bisa jauh lebih tinggi. Teknisi yang bekerja di kapal komersial internasional atau kapal pesiar, khususnya di perusahaan maritim besar, bisa mendapatkan gaji mulai dari USD 2.000 hingga USD 5.000 per bulan atau lebih, tergantung pada pengalaman dan spesialisasi.

Tugas Utama dan Tanggung Jawab Teknisi Kapal

Setelah memahami berapa kisaran gaji teknisi kapal, penting juga untuk mengetahui apa saja tugas dan tanggung jawab yang mereka emban. Berikut ini adalah beberapa tugas utama yang harus dilakukan oleh seorang teknisi kapal dalam menjalankan pekerjaannya.

  1. Perawatan Preventif: Melakukan pemeriksaan rutin dan perawatan preventif terhadap mesin utama kapal, sistem listrik, sistem pendingin, sistem bahan bakar, dan sistem hidrolik. Tujuannya adalah untuk mencegah kerusakan yang lebih besar dan memastikan keandalan operasional kapal.
  2. Perbaikan dan Troubleshooting: Bertanggung jawab untuk memperbaiki dan menangani masalah teknis yang terjadi di kapal. Ini meliputi memperbaiki mesin yang rusak, mengganti komponen yang sudah aus, dan memastikan bahwa semua sistem berfungsi dengan baik.
  3. Instalasi dan Upgrade: Melakukan instalasi peralatan baru dan melakukan upgrade sistem untuk meningkatkan efisiensi dan kinerja kapal. Misalnya, menginstal mesin baru yang lebih efisien atau meningkatkan sistem navigasi dan komunikasi.
  4. Pemeliharaan Dokumentasi: Mencatat semua pekerjaan perawatan dan perbaikan yang dilakukan ke dalam dokumen yang sesuai. Hal ini penting untuk memantau sejarah perawatan kapal dan memastikan bahwa semua prosedur keamanan dan perawatan terpenuhi.
  5. Kepatuhan Regulasi: Memastikan bahwa semua perawatan dan perbaikan dilakukan sesuai dengan standar keselamatan dan regulasi yang berlaku di industri pelayaran. Ini termasuk memastikan kapal memenuhi semua persyaratan teknis dan keamanan sebelum berlayar.
  6. Pelatihan dan Pengembangan: Mengikuti pelatihan reguler untuk memperbarui pengetahuan tentang teknologi terbaru dan praktik terbaik dalam industri perkapalan. Ini membantu mereka tetap relevan dan efektif dalam pekerjaan mereka.

Bagaimana Cara Menjadi Teknisi Kapal?

Setelah memahami berapa kisaran gaji teknisi kapal, penting juga untuk mengetahui apa saja tugas dan tanggung jawab yang mereka emban. Berikut ini adalah beberapa tugas utama yang harus dilakukan oleh seorang teknisi kapal dalam menjalankan pekerjaannya.

  • Pendidikan minimal D3 Teknik Permesinan atau Teknik Kelautan
  • IPK minimal 3.0
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Berpengalaman di bidang permesinan kapal (khusus untuk pelamar dengan pendidikan D3 Teknik Kelautan)

Pengen Tahu Lebih Banyak?

Selain posisi di atas, beberapa perusahaan lain juga membuka peluang karir untuk:

Penasaran dengan gaji posisi lainnya? Kunjungi situs resmi di berbagai jenis Koperasi atau platform pencarian kerja untuk informasi terbaru.

Senang berbagi.
Semoga informasi gaji Data Analyst ini bermanfaat.

Sumber:

https://gajimu.com/tips-karir/indonesia-pekerjaan-dan-gaji/indonesia-ahli-ahli-teknik-perkapalan