Biaya Kuliah Jurusan Farmasi

Berapa Biaya Kuliah Jurusan Farmasi?

Mau Kuliah Farmasi? Intip Biaya Kuliah Jurusan Farmasi di 5 Universitas Top Ini!

Jurusan Farmasi menjadi salah satu primadona di dunia perkuliahan. Saking tingginya minat, peminat di jurusan ini pada SNMPTN 2022 bahkan berkali-kali lipat melebihi kuota!

Nah, buat kamu yang bercita-cita menjadi apoteker handal, yuk cek perkiraan biaya kuliah Farmasi di 5 universitas terbaik Indonesia:

Universitas Negeri:

  1. Universitas Indonesia (UI):
    • Biaya: Rp 100.000 – Rp 7.500.000 per semester (sistem UKT)
    • Kelebihan: Tidak ada uang pangkal, sistem UKT adil sesuai kemampuan.
  2. Universitas Gadjah Mada (UGM):
    • Biaya: Rp 500.000 – Rp 17.500.000 per semester (sistem UKT)
    • Kelebihan: Sistem UKT transparan dan terjangkau.
  3. Universitas Padjajaran (Unpad):
    • Biaya: UKT Rp 12.000.000 + Dana Pengembangan Rp 75.000.000 (jalur mandiri)
    • Kelebihan: Kampus ternama dengan reputasi baik di bidang Farmasi.

Universitas Swasta:

  1. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS):
    • Biaya: Dana Pengembangan Rp 31.185.000 + Biaya SKS Rp 434.300 per SKS
    • Kelebihan: Universitas swasta ternama dengan biaya tergolong moderat.
  2. Universitas Ahmad Dahlan (UAD):
    • Biaya: Semester 1: Rp 22.390.000, Semester 2-6: Rp 20.890.000, Semester 7-8: Rp 10.115.000
    • Kelebihan: Biaya sudah termasuk SPP, Herregistrasi, Pembinaan Mahasiswa, Asuransi, Kuliah Kerja Nyata dan DPPT.

Tips:

  • Biaya di atas adalah perkiraan dan dapat berubah sewaktu-waktu. Pastikan untuk mengecek informasi terbaru di website resmi universitas terkait.
  • Cari tahu program beasiswa yang ditawarkan oleh masing-masing universitas.
  • Pertimbangkan biaya hidup di sekitar kampus.
  • Buatlah perencanaan keuangan yang matang untuk membiayai studimu.

Yuk, bagikan di kolom komentar! Universitas mana yang jadi incaranmu? Kamu penasaran juga sama gaji yang dihasilin dari jurusan lain? Berikutnya adalah informasi terkait hal-hal itu, yuk bahas lebih dalem!

Daftar Gaji Posisi Lain

Ada juga beberapa daftar gaji di posisi lain yang di antaranya bisa menjadi referensi bagi kamu dalam mencari pekerjaan:

Semoga daftar informasi ini dapat memberikan manfaat bagi kamu dalam merencanakan karier dan mencari pekerjaan yang sesuai kedepannya ya.

Semoga informasi Gaji Project Executive ini bermanfaat!

Lalu gimana pertimbangan kamu kedepan? Semoga yang terbaik!

Sumber