Gaji Ecommerce Manager

Berapa Gaji Ecommerce Manager?

Gaji Ecommerce Manager adalah salah satu potensi penghasilan di Era Digital. Yakin ga penasaran ulasan lengkapnya? Yuk simak!

Ecommerce telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat modern. Di balik geliat transaksi online, terdapat sosok penting di balik layar, yaitu Ecommerce Manager.

Peran dan Tanggung Jawab Ecommerce Manager

  • Menyusun strategi dan mengembangkan bisnis online perusahaan.
  • Memimpin dan mengelola tim ecommerce, termasuk buyer, seller, dan customer service.
  • Menentukan produk dan strategi marketing yang tepat untuk meningkatkan penjualan online.
  • Mengoptimalkan website dan platform ecommerce untuk meningkatkan user experience.
  • Melacak dan menganalisis data penjualan dan kinerja ecommerce.

Faktor-faktor Penentu Gaji Ecommerce Manager

Gaji Ecommerce Manager dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain:

  • Pengalaman: Semakin lama pengalaman seorang Ecommerce Manager, semakin tinggi pula gajinya.
  • Keahlian: Keahlian dalam bidang ecommerce, digital marketing, dan analisis data sangatlah dibutuhkan dan dapat meningkatkan gaji.
  • Ukuran Perusahaan: Perusahaan yang lebih besar umumnya menawarkan gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan perusahaan kecil.
  • Lokasi: Gaji di kota-kota besar umumnya lebih tinggi dibandingkan dengan di kota-kota kecil.
  • Kinerja yang baik, seperti mencapai target penjualan dan meningkatkan profitabilitas online, dapat berujung pada kenaikan gaji.

Kisaran Gaji Ecommerce Manager di Indonesia

Berdasarkan data dari berbagai sumber terpercaya, kisarannya di Indonesia adalah sebagai berikut:

Perkiraan Gaji Ecommerce Manager Per BulanSumber
Rp6.500.000 – Rp16.000.000JobStreet
Rp9.000.000 – Rp18.000.000Talentpool
Rp8.000.000 – Rp19.000.000Glassdoor

Perlu diingat bahwa kisaran gaji di atas adalah perkiraan dan dapat bervariasi tergantung pada faktor-faktor yang telah disebutkan sebelumnya.

Contoh Gaji Ecommerce Manager di Berbagai Industri

Berikut adalah beberapa contoh gaji di beberapa industri berdasarkan data dari Talentpool:

  • Industri Fashion: Rp9.000.000 – Rp17.000.000
  • Industri Elektronik: Rp10.000.000 – Rp18.000.000
  • Industri Makanan dan Minuman: Rp8.000.000 – Rp16.000.000
  • Industri Kosmetik: Rp9.500.000 – Rp17.500.000

Gaji Ecommerce Manager di Indonesia terbilang cukup menjanjikan, terutama bagi mereka yang memiliki pengalaman dan keahlian yang mumpuni di bidang yang jarang orang kuasai.

Memahami kisaran gaji di posisi ini dapat menjadi referensi bagi para profesional yang ingin mengembangkan karir di bidang ini.

Catatan:

  • Informasi gaji di atas adalah perkiraan dan dapat berubah sewaktu-waktu.
  • Untuk informasi gaji yang lebih akurat dan spesifik, Anda dapat menggunakan platform riset gaji online atau berkonsultasi dengan pakar HRD.

Daftar Gaji Posisi Lain

Ada juga beberapa daftar gaji di posisi lain yang di antaranya bisa menjadi referensi bagi kamu dalam mencari pekerjaan:

Semoga daftar informasi ini dapat memberikan manfaat bagi kamu dalam merencanakan karier dan mencari pekerjaan yang sesuai kedepannya ya.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Sumber