Gaji Senior Product Manager

Berapa Gaji Senior Product Manager?

Senior Product Manager (SPM) adalah pemain kunci dalam pengembangan produk di sebuah perusahaan. Kisaran Gaji Senior Product Manager di Indonesia antara Rp. 35 juta sampai Rp. 65 juta/bulan.

Mereka punya tanggung jawab yang besar untuk memastikan produk sukses di pasaran.

Gimana nggak, mereka harus bisa ngerti kebutuhan user, ngawasin tim product, dan ngeluarin produk yang inovatif dan laku keras. Wajar dong kalo gajinya juga menarik!

Berapa kira-kira gaji senior product manager di Indonesia?

Gaji SPM bisa bervariasi tergantung beberapa faktor, kayak:

  • Industri: Gaji SPM di perusahaan teknologi (tech) biasanya lebih tinggi dibanding di perusahaan manufaktur.
  • Lokasi: Gaji SPM di kota besar kayak Jakarta biasanya lebih tinggi dibanding di daerah.
  • Perusahaan: Perusahaan multinasional biasanya menawarkan gaji yang lebih tinggi dibanding perusahaan lokal.
  • Pengalaman: Semakin lama pengalaman, biasanya gaji SPM juga semakin tinggi.
  • Skill dan pengalaman: SPM yang punya skill khusus kayak data analysis atau product design mungkin bisa dapet gaji yang lebih tinggi.

Tanggung Jawab Senior Product Manager:

  • Menetapkan visi dan roadmap produk: SPM harus bisa ngebayangin gimana produk yang ideal dan ngerencanain langkah-langkah buat ngewujudinnya.
  • Ngumpulin dan nganalisa data user: SPM harus paham banget kebutuhan dan keinginan user biar produk yang dihasilkan emang sesuai sama target market.
  • Ngatur tim product: SPM sebagai pemimpin tim product harus bisa ngedelegasikan tugas, ngasih arahan, dan ngawasin kinerja tim.
  • Bekerjasama dengan tim lain: SPM harus sering komunikasi sama tim lain kayak tim engineering, marketing, dan sales.
  • Meluncurkan produk dan ngawasin performanya: SPM punya tanggung jawab buat ngeluarin produk ke pasaran dan ngawasin performanya biar bisa terus ngembangin produk sesuai kebutuhan.

Senior Product Manager vs. Product Manager:

Senior product manager punya tanggung jawab yang lebih luas dibanding product manager biasa. Mereka dituntut untuk punya kemampuan kepemimpinan yang kuat, kemampuan ngambil keputusan yang strategis, kemampuan nganalisa data, dan pemahaman bisnis yang mendalam.

Tertarik Buat Punya Gaji Senior Product Manager?

Kalo lo tertarik jadi senior product manager, perlu banget ningkatin skill dan pengalaman lo. Lo harus ngerti tentang product development, user research, data analysis, dan product design. Selain itu, lo juga harus bisa ngembangin kemampuan kepemimpinan dan komunikasi yang jempolan.

Tips buat yang mau jadi Senior Product Manager:

  • Dapatkan pengalaman kerja yang solid. Minimal punya pengalaman 5-7 tahun di bidang product management.
  • Kejar ilmu dan skill yang relevan. Ikutin kursus, baca buku, dan cari pengalaman sebanyak-banyaknya.
  • Bangun network yang luas. Kenalan dan jalin hubungan baik sama orang-orang di bidang product management.
  • Tunjukin dan bikin portofolio yang keren buat ngelamar posisi senior product manager.

Daftar Gaji Posisi Lain

Ada juga beberapa daftar gaji di posisi lain yang di antaranya bisa menjadi referensi bagi kamu dalam mencari pekerjaan:

Semoga daftar informasi ini memberikan manfaat bagi kamu dalam merencanakan karier dan mencari pekerjaan yang sesuai kedepannya ya.

Untuk informasi gaji yang disajikan hanyalah perkiraan. Gaji yang sebenarnya bisa lebih tinggi atau lebih rendah tergantung faktor-faktor yang disebutkan di atas.

Senang berbagi.
Semoga informasi Gaji Senior Product Manager ini bermanfaat.

Sumber
Glassdoor. 2024. Senior Product Manager Salaries. kita baca pukul 07:15 WIB hari Jumat, 16 Februari 2024. https://www.glassdoor.com/Salaries/jakarta-senior-product-manager-salary-SRCH_IL.0,7_IC2709872_KO8,30.htm 

Comments

Tinggalkan Balasan