Gaji Supply Chain Manager

Berapa Gaji Supply Chain Manager?

Dalam konteks ini, dua profesi penting dalam Supply Chain Management (SCM) adalah Supply Chain Manager dan Supply Chain Engineer (SCE). Mari kita pelajari lebih dalam mengenai peran dan gaji mereka yang dimulai sekitar Rp. 8 Juta/bulan.

  • Secara umum, gaji Supply Chain Manager di Indonesia berkisar antara Rp 8 juta hingga Rp 25 juta/bulan.
  • Secara umum, gaji Supply Chain Engineer di Indonesia berkisar antara Rp 6 juta hingga Rp 20 juta per bulan.

Dunia Supply Chain (rantai pasokan) menjadi semakin penting dalam era globalisasi dan digitalisasi. Kelancaran dan efisiensi rantai pasokan menjadi kunci utama bagi perusahaan untuk bersaing dan mencapai kesuksesan.

Supply Chain Manager

Peran Utama:

  • Memimpin dan mengelola seluruh proses Supply Chain: Ini termasuk perencanaan, pengadaan, produksi, distribusi, dan layanan pelanggan.
  • Mengawasi dan mengoptimalkan kinerja Supply Chain: Ini termasuk analisis data, identifikasi masalah, dan implementasi solusi.
  • Membangun hubungan strategis dengan pemasok, pelanggan, dan pemangku kepentingan lainnya.
  • Memastikan kepatuhan terhadap peraturan dan standar industri.
  • Mengintegrasikan Supply Chain dengan strategi bisnis perusahaan secara keseluruhan.

Keahlian dan Kualifikasi:

  • Gelar sarjana di bidang Supply Chain Management, Business Administration, atau bidang terkait lainnya.
  • Pengalaman minimal 3-5 tahun dalam Supply Chain Management.
  • Kemampuan analitis dan pemecahan masalah yang kuat.
  • Keterampilan komunikasi dan interpersonal yang baik.
  • Kemampuan untuk bekerja secara mandiri dan sebagai bagian dari tim.

Gaji:

Gaji Supply Chain Manager di Indonesia bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti:

  • Pengalaman kerja
  • Keterampilan dan kualifikasi
  • Lokasi
  • Industri
  • Kinerja

Supply Chain Engineer (SCE)

Peran Utama:

  • Merancang dan mengembangkan sistem dan infrastruktur Supply Chain: Ini termasuk sistem pergudangan, sistem transportasi, dan sistem informasi.
  • Menerapkan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas Supply Chain.
  • Mengoptimalkan proses Supply Chain melalui analisis data dan simulasi.
  • Memastikan kepatuhan terhadap peraturan dan standar industri.
  • Bekerja sama dengan Supply Chain Manager untuk mencapai tujuan bisnis perusahaan.

Keahlian dan Kualifikasi:

  • Gelar sarjana di bidang Teknik Industri, Teknik Informatika, atau bidang terkait lainnya.
  • Pengalaman minimal 2-4 tahun dalam Supply Chain Engineering.
  • Kemampuan analitis dan pemecahan masalah yang kuat.
  • Keterampilan teknis yang kuat dalam pemrograman, desain sistem, dan analisis data.
  • Kemampuan komunikasi dan interpersonal yang baik.
  • Kemampuan untuk bekerja secara mandiri dan sebagai bagian dari tim.

Gaji:

Gaji Supply Chain Engineer di Indonesia bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti:

  • Pengalaman kerja
  • Keterampilan dan kualifikasi
  • Lokasi
  • Industri
  • Kinerja

Perbedaan Utama:

Secara singkat, Supply Chain Manager lebih fokus pada aspek strategis dan manajerial dari Supply Chain, sedangkan Supply Chain Engineer lebih fokus pada aspek teknis dan desain dari Supply Chain.

Peluang Karir:

Baik Supply Chain Manager maupun Supply Chain Engineer memiliki peluang karir yang cerah di Indonesia. Permintaan untuk profesional Supply Chain yang terampil dan berpengalaman terus meningkat seiring dengan pertumbuhan ekonomi dan kompleksitas Supply Chain.

Supply Chain Management merupakan bidang yang dinamis dan menantang dengan banyak peluang bagi para profesional yang terampil dan berpengalaman.

Baik Supply Chain Manager maupun Supply Chain Engineer memainkan peran penting dalam memastikan kelancaran dan efisiensi Supply Chain, yang berkontribusi pada kesuksesan perusahaan.

Daftar Gaji Posisi Lain

Ada juga beberapa daftar gaji di posisi lain yang di antaranya bisa menjadi referensi bagi kamu dalam mencari pekerjaan:

Semoga daftar informasi ini dapat memberikan manfaat bagi kamu dalam merencanakan karier dan mencari pekerjaan yang sesuai kedepannya ya.

Tetap semangat untuk meraih gaji yang tinggi!

Semoga informasi Gaji Supply Chain Manager ini bermanfaat.

Sumber

Comments

Tinggalkan Balasan