Gaji Vendor Management

Berapa Gaji Vendor Management?

Vendor Management merupakan salah satu bidang penting dalam pengelolaan rantai pasokan (supply chain) perusahaan. Kira-kira berapa ya Gaji Vendor Management? Yuk simak info lengkapnya dalam artikel ini.

Seorang Vendor Management bertanggung jawab untuk membangun, memelihara, dan mengembangkan hubungan dengan vendor agar tercapai efisiensi dan efektivitas dalam pengadaan barang dan jasa.

Gaji VM di Indonesia bervariasi tergantung pada beberapa faktor, seperti:

  • Pengalaman Kerja: Semakin lama pengalaman kerja, gaji nya umumnya semakin tinggi.
  • Keahlian: Keahlian khusus yang dibutuhkan, seperti negosiasi, manajemen kontrak, dan analisis data, dapat meningkatkan gaji.
  • Tingkat Pendidikan: Seorang VM dengan pendidikan tinggi (misalnya, S1) berpotensi mendapatkan gaji yang lebih tinggi.
  • Lokasi Kerja: Gaji di kota besar umumnya lebih tinggi dibandingkan di daerah.
  • Ukuran Perusahaan: Gaji di perusahaan besar umumnya lebih tinggi dibandingkan di perusahaan kecil.
  • Kinerja: Kinerja yang baik dapat berujung pada kenaikan gaji atau bonus.
  • Kebijakan Perusahaan: Setiap perusahaan memiliki kebijakan gaji yang berbeda-beda.

Kisaran Gaji Vendor Management di Indonesia

Berdasarkan data dari berbagai sumber, kisaran gaji VM di Indonesia per bulan adalah:

  • Junior Vendor Management (1-3 tahun pengalaman): Rp 4.000.000 – Rp 6.000.000
  • Mid-Level Vendor Management (4-7 tahun pengalaman): Rp 6.000.000 – Rp 9.000.000
  • Senior Vendor Management (8 tahun ke atas): Rp 9.000.000 – Rp 15.000.000

Perlu diingat bahwa:

  • Informasi gaji di atas adalah perkiraan dan dapat berbeda-beda.
  • Gaji Vendor Management juga dapat dipengaruhi oleh tunjangan, bonus, dan insentif.
  • Sebaiknya lakukan riset lebih lanjut dan konsultasikan dengan profesional HR untuk mendapatkan informasi gaji yang lebih akurat.

Faktor Lain yang Mempengaruhi Gaji Vendor Management

Selain faktor-faktor di atas, beberapa faktor lain juga dapat memengaruhi besaran gajinya, seperti:

  • Sertifikasi: Memiliki sertifikasi terkait Vendor Management dapat meningkatkan gajinya.
  • Kemampuan Bahasa Asing: Kemampuan bahasa asing, seperti bahasa Inggris, dapat menjadi nilai tambah dan meningkatkan gaji.
  • Keterampilan Interpersonal: Keterampilan interpersonal yang baik, seperti komunikasi, negosiasi, dan kepemimpinan, sangat penting untuk Vendor Management dan dapat meningkatkan besaran gajinya.

Sumber Informasi Gaji Vendor Management:

  • Lowongan Kerja: Lowongan kerja di situs web seperti Jobstreet, Glassdoor, dan LinkedIn sering kali mencantumkan kisaran gaji untuk posisi Vendor Management.
  • Situs Web Statistik: Badan Pusat Statistik (BPS) dan Kementerian Ketenagakerjaan menyediakan data upah minimum dan gaji rata-rata di berbagai sektor pekerjaan, termasuk posisi VM.
  • Survei Gaji: Lembaga tertentu, seperti Jobstreet dan Michael Page, melakukan survei gaji secara berkala dan menerbitkan hasilnya dalam bentuk laporan.
  • Berdiskusi dengan Vendor Management di perusahaan lain untuk mengetahui gaji mereka.

Tips Meningkatkan Gaji

  • Tingkatkan pengalaman kerja.
  • Kembangkan keahlian dan ikuti pelatihan yang relevant.
  • Tingkatkan tingkat pendidikan.
  • Dapatkan sertifikasi terkait Vendor Management.
  • Kuasai bahasa asing.
  • Asah keterampilan interpersonal.
  • Tunjukkan kinerja yang baik.
  • Bangun jaringan dengan profesional di bidang Vendor Management.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi kamu yang ingin berkarier di bidang Vendor Management!

Daftar Gaji Posisi Lain

Ada juga beberapa daftar gaji di posisi lain yang di antaranya bisa menjadi referensi bagi kamu dalam mencari pekerjaan:

Semoga daftar informasi ini dapat memberikan manfaat bagi kamu dalam merencanakan karier dan mencari pekerjaan yang sesuai kedepannya ya.

Semoga informasi Gaji Vendor Management ini bermanfaat!

Sumber

Comments

Tinggalkan Balasan