Site Manager Gaji

Berapa Site Manager Gaji?

Penasaran ga sih kalau Site Manager Gaji nya di Indonesia itu berapa? Lulusan baru start Rp. 6.000.000, tapi ini bervariasi juga tergantung pada beberapa faktor, seperti:

  • Pengalaman:
    • Fresh graduate: Rp 6 juta – Rp 8 juta per bulan
    • 1-2 tahun pengalaman: Rp 8 juta – Rp 10 juta per bulan
    • 3-5 tahun pengalaman: Rp 10 juta – Rp 14 juta per bulan
    • 5 tahun pengalaman: Rp 14 juta – Rp 20 juta per bulan
  • Lokasi:
    • Gaji di kota-kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dan Bandung umumnya lebih tinggi daripada di kota-kota kecil.
    • Site Manager yang bekerja di proyek-proyek besar atau kompleks umumnya mendapatkan gaji yang lebih tinggi.
  • Keterampilan dan kualifikasi:
    • Kandidat dengan keterampilan dan kualifikasi yang lebih tinggi, seperti gelar sarjana di bidang teknik sipil atau konstruksi, umumnya mendapatkan gaji yang lebih tinggi.
    • Kandidat dengan sertifikasi profesional, seperti PMP (Project Management Professional), juga umumnya mendapatkan gaji yang lebih tinggi.
  • Tingkat kinerja:
    • Site Manager yang berkinerja baik umumnya mendapatkan bonus dan kenaikan gaji.

Site Manager bertanggung jawab atas perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan proyek konstruksi.

Mereka bekerja sama dengan tim profesional lain, seperti arsitek, insinyur, dan kontraktor, untuk memastikan proyek selesai tepat waktu, sesuai anggaran, dan sesuai dengan standar kualitas yang tinggi.

Pekerjaan dan Tanggung Jawab Utama Site Manager

  • Membuat dan mengelola rencana proyek: Ini termasuk mengembangkan jadwal proyek, anggaran, dan strategi manajemen risiko.
  • Memimpin dan mengelola tim proyek: Ini termasuk menetapkan tugas, memantau kinerja, dan memberikan umpan balik.
  • Berkomunikasi dengan semua pemangku kepentingan proyek: Ini termasuk klien, kontraktor, subkontraktor, dan vendor.
  • Memastikan kepatuhan terhadap semua peraturan dan kode bangunan yang berlaku.
  • Mengelola anggaran proyek dan memastikan proyek tetap sesuai anggaran.
  • Mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah proyek dengan cepat dan efisien.
  • Menjaga situs proyek tetap aman dan terkendali.
  • Melaporkan kemajuan proyek kepada klien dan manajemen senior.

Perlu dicatat bahwa gaji yang tercantum di atas adalah perkiraan. Gaji yang sebenarnya kalian dapatkan mungkin berbeda.

Tips Untuk Dapat Gaji yang Lebih Tinggi sebagai Site Manager

  • Dapatkan pengalaman kerja yang relevan.
  • Tingkatkan keterampilan dan kualifikasi Anda.
  • Dapatkan sertifikasi profesional.
  • Lakukan negosiasi gaji dengan percaya diri.
  • Bekerja dengan baik dan tunjukkan kinerja yang unggul.

Daftar Gaji Posisi Lain

Ada juga beberapa daftar gaji di posisi lain yang di antaranya bisa menjadi referensi bagi kamu dalam mencari pekerjaan:

Semoga daftar informasi ini memberikan manfaat bagi kamu dalam merencanakan karier kedepannya.

Semoga informasi Site Manager Gaji ini bermanfaat!

Sumber